PDA

View Full Version : punya pengalaman seru mancing liar di sawangan depok!



planetdivingbali
02-12-2007, 15:45
guys mau share dikit nih tentang pengalaman mancing sy,
pengalaman ini dimulai kora-kora 23 thn yg lalu, waktu umur 4thn yg lalu sampe kuliah, di dekat komplex sy ada sungai dan rawa serta danau, sy mencoba pertama kali memancing di sungai, diajarin sama anak pembantu sy dari cipanas puncak, cmn pake joran kawat/bambu yg tipis tapi lentur dan kuat untuk narik ikan sampe 1 kg, ud gitu kailnya sueper kecil(nb gak bakal ada di toko pancing) alus tajem, kuat lagi dibuat pake kawat baja, kenurnya halus sekali (kayak rambut bayi) nah umpannya pake elur/cacing tanah, cacing pohon pisang/cacing sawah. mulailah sy memancing dari hilir sungai deket komplex sampai muara sungai lmyn jauh jg muaranya (-+1 km) lingkungannya masih asri ada sawah, rawa, cmn belom ada yg mancing, ikan yg saya dapat ( ikan lunjar(sejenis ikan cere/nama latinnya rasbora seukuran jari jempol panjang hingga 10 cm, ikan beunter/mirip ikan mas/ masuk golongan carp/barbus/ (gak tau deh) cmn bagian punggung lebih tinggi dan ada warna kemerahan dekat ekor belakang, ukuran max bisa sampe setelapak tangan, ikan keting/ sejenis baung kecil dan hanya punya 4 sungut 2 kecil, 2 panjang, warna abu-abu, kalo kena pancing pas diangkat bunyi "ckoot-ckoot", ikan lainnya hanya tawes, nilem, betutu/gabus males, gabus sawah/rawa sering sy teger pake kodok / casting pake kodok ijo idup beli di jalan kartini murah bgt Rp.1000 dpt 10 ekor pernah sekali casting dapet 8 ukuran lumayan 1 jengkal-2 jengkal, lele dumbo 1kg, dan ikan sili 2 jengkal yg mulutnya kecil dan berduri sepanjang punggungnya, setiap habis mancing pasti bawa pulang 2-3 plastik kresek ukuran keluarga penuh!!! ikannya saya pelihara diakuarium dgn dekorasi water plant buat aqua scaping berstyle kayak takashi amano(pioneernya aqua scaping garden) dan sebagian sy taruh di kolam sampe sekarang masih ada beberapa yg hidup, sebagian tewas karena perubahan cuaca yg mendadak seperti hujan, belakangan saya coba mancing lagi di tempat yg sama cmn hasilnya sungguh mengecewakan karena belakangan sy liat bnyk orang nuba kali sampe rawa, nyetrum, dll... :(:(:(

sedikit pendapat dari saya :
sy sangat kecewa karena masyarakat ind tidak bisa memikirkan tentang konservasi alam, dan hanya mementingkan perutnya saja, bagaimana nasibnya nanti lingkungan kita ???

ikan terakhir yg saya pancing sudah saya anggap keramat dan kalo bisa saya budidayakan, karena spesies yg ini sangat terancam kalo menurut saya terutama ikan lunjar, beunter dan keting ini, mereka adalah penghuni asli perairan sawangan-depok.

karena saya juga penghobi akuarium dan kolam ikan, maka sy jg terus mengkoleksi beberapa ikan buas lainnya terutama ikan air tawar seperti, toman, toman bunga, dan jenis gabus lainnya, belida batik, hampala sebagian beli di barito, sebagian bawa dari waduk cirata, jurung/ ikan keramat yg ada di jawa tengah cuman ada sepasang tapi batu ukuran sejengkal, peacock bass (ada 2 jenis), tapah ada sepasang ( ikan ini batu berukuran 1 jengkal masih baby) kalo paling gede pernah liat di majalah sirip segede pintu rumah, koi sebagian asli jepang sebagian asli waduk ciratadi cipanas, gabus males/betutu ada 5 ud segede paha orang, gy terakhir kakap/ mangrove jack ud di air tawar, (ikannya yg ada garis biru terang dikanan-kiri pipinya) dulu pernah punya dari kecil ukuran 2 jari sampe seberat 2 kg sy taruh di akuarium besar dan kasih makan 2 hari 1 kali, pake ikan kembung / ikan selar, sekali makan langsung di telan. pernah ikan tsb menyantap habis 7 ekor ikan mas komet merah yg dibeli oleh bapak sy.

mungkin teman-teman sekalian di forum ini ada yg punya pengalaman kayak saya untuk disharingkan, biar tambah wawasanmengenai seputar ikan liar air tawar di daerah tertentu.

semoga pengalaman dan sedikit sharing sy bisa menambah wawasan para angler di fishy forum ini.

sekian dan terima kasih

best regards
david

hampala
02-12-2007, 18:27
Ha3. Pengalamannya kok mirip dg saya? Sy jg piara aquarium ikan buas. Dl kecilnya jg suka mancing di kali dll.

Oka_1010
02-12-2007, 19:36
Pak david bisa saya minta phot ikan lunjar, beunter dan keting ngak mo tau bentuknya gimana :D:D:D, pak saya mau tanya nich tentang ikan mangrove jack. ikan mangrove jacknya dapet dimana kok bisa piara yang air tawar. karna siapa tau ada conncetion so bisa masukin ke kolamku :smt023:smt023:smt023.

Untuk kang soni, ada inputan ngak jangan cuma casting ato buat lure doank ;););)

planetdivingbali
03-12-2007, 12:32
bpk adi salam kenal, nama saya david leonard, adiknya jonathan iskandar, rupanya pengalaman sy ini mirip dgn anda kalo boleh tahu gimana yah pengalamannya ? masih sering mancing ikan hampala ? kalo boleh tau di indonesia terutama di jawa ada berapa jenis sih ikan hampala ? sy mau koleksi lagi, cmn makannya agak boros! hahaha... namanya jg predator!

untuk bapak oka, sy belom punya fotonya, cmn nanti saya cari kalo ada saya posting ke sini biar tahu deh karena ketiga ikan tsb adalah ikan pancingan saya paling favorit, mungkin kalo sekarang lagi susah nyarinya karena tempatnya sering diubek-ubek, paling dapet mento cuman 5 ekor cuman sizenya grander semua 1 jari lebih.
sabar aja nanti saya upload fotonya.

salam mancing

david

planetdivingbali
03-12-2007, 12:53
setahu saya sih ikan ini saya dapet pernah di pasar burung dan akuarium barito di jakarta, di daerah jalan kartini di kota, cmn ukurannya masih terbilang juvenile bgt paling 2-3,5 jari jadi kalo mau ngegedein musti tunggu sekitar 1 tahun.
ikan ini harus di perairan yg bening dan berarus sedangdan satu lagi dia ini (sangat teritorial) pernah punya 5 tapi 4 disikat juga sama yg satu ini dan dialah yg jadi highlander para kakap (the one and only) ikan saya taruh di akuarim raksasa di pojokan rumah dgn kedalaman 1,5 m sudah mencapai umur 2 tahun dgn berat 2,5 kg dan sekali makan 2 ekor selar/ kembung, ud gitu pompa yg saya pake kekecilan, eh si kakap malah kena stroke, pas saya bedah di cek jantungnya tinggal seukuran biji jagung doank!!! dan lemaknya buanyak banget. mungkin ini kakap kena obesitas/ jantung koroner/ apalah istilah penyakit jantung lainnya...

kalo masih kecil lucu sekali mau dilatih makan pake tangan kayak koi tapi ati-ati jari sobek kesamber giginya yg gondrong kayak drakula dan warnanya kalo waktu kecil jelas bgt, badan warna merah tua semu kecoklatan dan ungu, hanya punya garis warna biru cerah dari belakang mata sampai bawah mata (di pipinya).

kalo mau coba silakan saja cari di tempat yg sudah sy sebutkan di atas. good hunting!

salam
david

planetdivingbali
03-12-2007, 13:53
foto pertama adalah ikan cere/lunjar/seluang mungkin ikan ini sudah familiar dimana-mana dari sumatra sampe jawa.

foto kedua adalah ikan beunter/ gak jelas masuk golongan barbus/cyprinus carp yah ?

yg ketiga sori gak ada fotonya susah cari di net, yg jelas bentuknya mirip baung cmn punya 4 sungut 2 pendek bgt, 2 panjang banget, warna atas abu-abu, warna perut putih, sirip punggung tinggi, sirip punggung belakang panjang hingga ekor, ekor cagak belah 2, sirip perut pendek dan badan agak streamkine hanya dari punggung ke muka agak menukik. paling gede hanya sejengkal lebih. ikan ini hanya ada di kategori perairan cetek 1m sungai berarus tenang hingga sedang

berikut upload fotonya


oya satu hal lagi ikan mangrove jack tsb sudah dalam keadaan air tawar, kalo mau adaptasi sendiri butuh waktu lama aling 3 bulan baru bisa tapi gak jamin.

kali dulu pernah ngadaptasiin kerapu macan yg warna hitam dan bercak-bercak kuning gelap seukuran 1/2 jengkal, cuman 1 bulan dari makan udang rebon idup sampe bisa disuapin pake tangan dan dikasih makan udang air tawar idup beli di grogol jakarta di makaliwe / cari di daerah kuningan jakarta/ daerah sumenep.

sekian info dari saya

david

BLOWfish
03-12-2007, 13:58
Wah .... oom David ini diam2 pengalamannya segudang ......:smt023:smt023

planetdivingbali
03-12-2007, 14:17
:smt087 wah jadi malu nih padahal kan saya belom jadi the true fisherman loh cuman emang hobi saya dari kecil ud demen sama namanya piara ikan, dari situ saya dapet ketenangan jiwa. dulu sih serig ngadaptasiin ikan laut cuman gak semua bisa, artinya hanya ikan tertentu seperti ikan di daerah muara sungai aja dan ikan di rawa bakau yg bisa di adaptasiin kayak kerong-kerong, tanda-tanda, bahkan sweet lips sy juga pernah liat di daerah makaliwe grogol loh!

ngomong-ngomong soal piaraan di kolam, saya sering sembari memakai peralatan scuba buat nyelem membersihkan dasar kolam dari kotoran, membersihkan lumut, fish feeding ikan hampala, tarpon dan ikan gabus males, cmn yg satu ini pernah memakan korban semua jaritangan di keluarga saya dari ibu, kaka, bahkan saya pernah di "emit" sama si gabus bego ini, alhasil : robek 4 cm di 1 jari. (SHIT!!!) ups sorry mustinya disensor, kan disini gak boleh ngomong jorse, ntar di banned bung admin, kepada bung admin mohon maaf atas perkataan saya, abis nyeritainnya kebawa perasaan sih, sekali lagi sorry yah gak kan keulang deh! SWEAR!!!

planetdivingbali
03-12-2007, 14:35
ni ada beberapa foto ikan yg sy masih pelihara sampe sekarang

ikan pertama : tarpon/ bulan-bulan
deskripsi :
NAMA LAIN: Silver King, Sabalo
JENIS: Megalops Atlanticus
UKURAN: Dari 30 cm hingga 38 kg, bisa mencapai 75 kg lebih
REKOR DUNIA: 283 pounds
KARAKTER: Terkenal sebagai tontonan dan akan lompatannya. Tarpon raksasa tidak sebanding dengan yang lebih kecil dalam hal akrobatiknya, tetapi mereka kerap kali melompat diperairan dangkal dengan marahnya.

kalo ikan yg ini sy baru punya yg jenis megalops pacificus alias tarpo lokal, ikan ini hanya bisa berukuran paling panjang yg pernah saya lihat di ancol paling 1 m aja

kalo megalops atlanticus bisa berukuran raksasa segede 1 1/2 pintu rumah, liat aja fotonya di majalah salwatersportsman edisi lama ada berbagai cara mancing tarpon mulai dari casting dgn lure, bahkan flyfishing.

planetdivingbali
03-12-2007, 14:45
ikan ini namanya bonefish/ kalo disini bilangnya bandeng cecurut karena mulutnya kecl.
berikut datanya :
NAMA LAIN: Bonefish, Silver Ghost, White Fox, Macabi
JENIS: Albula Vulpes
UKURAN: Rata-rata 0,5-5 kg, dapat mencapai 10 kg lebih
REKOR DUNIA: 19 pounds
KARAKTER: Sangat terkenal dalam hal melarikan diri di laut dangkal. Sekuat jenis Kuwe jika bertarung di kedalaman laut. http://visit.geocities.yahoo.com/visit.gif?us1196666965 http://geo.yahoo.com/serv?s=76001086&t=1196666965&f=us-w61

dulu pernah nyobain mancing pas waktu masih umur 12 thn ke p. seribu di p. bidadari, dulu masih bagus, sekarang udah ancur, air ijo, pokoke parah.
sempet nyoba pake udang kupas, udang idup, cacing laut/darat, umang, semua mau di baham dengan galaknya, bahkan sempet bawa joran fly dan reel fly buatan daiwa. asik bgt tarikanya kayak kuwe, pantang menyerah dan bergairah!:smt023
pernah dapet gedenya 2 jengkal dan rasanya kalo digoreng wuih nikmat!

hidupnya biasanya di daerah yg berpasir dan ada sedikit rumput laut yg halus(panjang -+ 1-2jengkal) dan berair tenang dan bersih.

ada yg pernah dapet ?

smartangler
03-12-2007, 14:48
Salam kenal mas David, bener mas saya setuju 3x (bukan cuma sekali)heheheh... mustinya kan tempat-tempat alami seperti rawa, sungai dijaga dan kalo bisa dikembangkan bukan malah diberantakin pake strum, tuba atau yang sejenisnya. Mudah-mudahan dimasa datang akan bertambah komunitas pemancing yang lebih arif dan bisa menjaga serta mengembangkan setiap potensi alami yang ada...

planetdivingbali
03-12-2007, 14:57
mas Chayana, thx bgt, saya setuju juga, cuman sayang yah yang nuba/nyetrum itu bukan angler jadi yah mo dibilang apa ? wong mata gelap begitu ngeliat air dikit penuh ikan langsung panggil temen sekampung buat nuba, ya hasilnya rusak lah dunia! tul gak? kalo ud gini buat recovernya gak cukup 1/2 thn aja bahkan lebih lama, bayangin kalo ud sekali kena potas semua mahluk hidup musnah bahkan sy pernah ngeliat rawa abis kena tuba 1 hari sebelonnya malahan ada bebek ngambang bahkan ud bengkak gara-gara masuk ke rawa yg ud ke ubek-ubek kena potas, apa ini gak parah namanya ? emang gimana juga usaha kita untuk menyadarkan para perusak ini akan banyak kendala yg dihadapi, mungkin karena kebutuhan ekonomi yg mendesak sehingga segala cara mereka halalkan buat mendapatkan ikan dengan cara mudah, mereka juga gak mikir kalo tindakan mereka itu merugikan diri mereka sendiri, karena ud pasti kalo mo cari ikan pasti susah lah, akhirnya gimana ? mancing gak ada ikan, di tuba lagi juga sama aja, akhirnya paling kriminal? ni cuman pendapat loh, tapi mungkin faktanya dilapangan seperti itu bukan ?

gimana pendapat anda ?

salam damai!
david

m112co
03-12-2007, 14:57
Saya setuju sekali dengan bro Planetdiving tntang prusakan perairan darat indonesia, karena di spot langganan saya mancing sekarang sudah rusak parak, pemancing kalah ama orang ngobat dan ngelanet ikan, klo nyetrum saya masih bisa toleransi, pernah saya tegor malah ngajak ribut, akhirnya sekarang klo mancing saya suka bawa senapan angin. buat nakutin tukang ngobat ikan.

planetdivingbali
03-12-2007, 15:02
ngelanet wah blom pernah denger tuh ? gimana caranya ? saya paling benci kalo ngeliat ada orang yg melakukan hal destruktif ini, pernah sekali waktu di sungai saya lagi mancing gabus males, eh malah dateng segerobolan tukang tuba (bukan gerombolan siberat) dan langsung aja mereka masuk ke sungai tanpa ba bi bu/ kulonuwun dulu kek/ apa lah! terpaksa sy pulang sembari ngoceh sendri dan bersumpah serapah yg gak karuan sama mereka, pernah lagi ditempat yg sama, ada yg nyetrum trus lewat di depan saya dengan muka yg innocent begitu saya liatin aja sambil melototin dia, eh dia gak respon apa-apa malah nerusin nyetrumnya. damn!

Oka_1010
03-12-2007, 15:10
pak ternyata kita punya hobby yang sama hehehe, saya juga mau ntar kalo dana ada mo buat bak semen yang isinya ikan so bisa sambilan feeding frenzy+berenang bareng ikan heheehe
tapi pak david di bali, kalo ada kesempatan ntar saya mo dech ke bali jalan2 sambil liat ikan2nya pak david :smt055:smt055:smt055
thanks untuk info2nya pak :smt023:smt023:smt023
memang pasti ada kontra antara pemancing dengan penangkap ikan yang menghalalkan segala cara, dolo lagi asik2 mancing di sungain tau2 dateng orang naik kapal nyetrum kesel bener ngak ada permisi lagi saya lempar timah ukuran 50gram pletuk kepala benjol trus ngacir. itu pengalaman yang buat saya emosi dengna pencari ikan yang menghalalkan segala cara.

monyet
03-12-2007, 15:10
Bettuuuul sekali guys, sayah juga sedih banget. Ikan ikan waktu sayah kecil suka mancreng boleh dibilang hampir punah. Cuma ada di spot spot tertentu ajah dan itupun sangat terancam.

Waktu jaman SMA (1980-an) saya suka ke Situ Lembang - Cisarua Parongpong. Beunteurnya (Barbus bimaculatus) banyak banget. Pake umpan nasi putih dicantolin di hook yg paling kecil (no 20). Sehari biasa dapet di atas 50 ekor. Sayah gak pernah masak tuch ikan, tapi piara di kolam. kalo udah pada beranak suka saya lepasin di kali kecil sekitaran rumah (daerah Turangga Bandung). Gak tahu dech sekarang apa hasil lepasan saya itu masih ada ato enggak.

Waktu th 1980-an di kali deket rumah saya, pernah dapet bulus lumayan gede (sekitar 3kilo). Saya gak bunuh, tapi lepasin lagi di Citarum deket Dayeuh Kolot. Waktu itu sayah juga suka 'ngurek' belut di got ato sawah. Dapetnya lumayan gede - gede.

Kalo sekarang ini mah, relatif susah banget nyari ikan liar bahkan saya curiga kalo pelbagai ikan 'pribumi' kita udah di ambang kepunahan. Tapi, kok pemerintah sendiri (yang punya otoritas dan kewenangan) kok tidak melakukan tindakan apa apa terhadap pengrusakan lingkungan.

Di sekitaran rumah saya sekarang, sayah pernah hampir berantem sama orang gara - gara saya larang nyetrum. Dapetnya seh lumayan, suka ada gabus 1/4 - 1/2 kiloan, tapi kan ngerusak??.

Pencegahan pengrusakan lingkungan kayaknya masih cuma di awang - awang, sementara peranan para angler dalam pelestarian alam - kok kayaknya masih nol besar?? ato relatif minimal??.... sayah mah udah bosen teriak, tapi layaknya gak ada nyang nanggepin....... Sedih dech....

fisherJunky
03-12-2007, 15:15
ikutan belajar ya om david

gambar bonefish/bandeng cecurtnya mana ya?

planetdivingbali
03-12-2007, 15:31
sorry fotonya telat, tadi udah mau masuk eh ke post dulu sebelom sempet upload foto.

ada yg pernah dapet gak ?

planetdivingbali
03-12-2007, 15:39
bung oka saya sekarang memang tinggal di bali, tapi ikan piaraan saya ini ada di jakarta tepatnya di rumah saya disawangan depok komplex reni jaya blok e14 no 8 sawangan pondok petir 16517

kalo mau liat koleksi saya boleh dateng ke rumah saya aja/ janjian kapan mau ketemu dan bisa kontak saya di 081519299097/ no telp kakak saya di 02193304256 dengan jonathan.

rencananya sih saya mau mudik ke jakarta tgl 21 desember 2007 nanti sampe 1 januari 2008 kalo sempet mampir biar bisa kenalan.

kalo dibali mah sekarang saya lagi gawean, jualan alat diving. tapi kalo mancing sih pasti tetep jalan gak kenal lelah dan tak takut meski badai menantang! yg penting cast!

salam
david

monyet
03-12-2007, 16:04
Hi... pak David jualan alat scuba merk apa?? sayah mah 'connected' sama Mares. Kantor Bali ada yang di ruko jl Raya menuju Nusa Dua. Dulu sayah chief of Mares Diving club....

planetdivingbali
03-12-2007, 16:06
biasanya dulu pas abis pulang kuliah, kan bete gak ada kerjaan, paling maen pc/ berendem dikolam ikan, lumayan dalem 1m, ud giu pake alat scuba terus sambil fish feeding, mengelus-elus ikan buas yg berenang mengelilingi saya terutama hampala, tarpon, peacock bass, dan gabus males, kadang ngasi pelet merah ke ikan koi sy, eh malah 1 jari di emut! dasar, emangnya jari gw dot apa? pake di emut segala!

kadang 1 hari berendem dari pagi ampe malem cuman pake alat snorkeling + weight belt 8 kg biar gak nimbul kepermukaan, ngeliatin ikan gimana siklus hidup hariannya, mengamati polah tingkahnya, bercanda ria dan makan bersama, sungguh asik!


ada yg punya pengalaman kayak gini ?

planetdivingbali
03-12-2007, 16:21
bung ferry jualan alat selam juga yah ? wah sama dong, kalo saya ada di sanur, megang brand oceanic, gimana bisnis lancar ?

sorry agak off topic dikit cuman berhubung teman sehobi yah gak papalah. ok

salam kenal
david

planetdivingbali
03-12-2007, 16:26
dulu pas waktu kecil pernah ngeliat orang lagi nuba dideket kompleks ada kali kecil cmn airnya agak surut, trus dapet ikan aneh baru pertama kali ngeliat, bentuknya seperti catfish tapi lebih menyerupai glass catfish, dan ukurannya hanya 2 jari saja, punya sungut cuman 2 panjang 3/4 panjang bodynya, sirip atas cmn 1 kayak baung, sirip bawahnya persis kayak belida, cmn dari sirip bawah sampe ekor nyambung jadi satu dan ekornya sedikit bercabang.


ada yg tahu ikan apa ini?

oen_y
03-12-2007, 16:28
Salam kenal Pak David,

Ada 1 hal yang lagi saya pikirin, Pasti rumah anda besar sekali yah :D:D:D. Ada kolam bisa dipakai scuba.

hehehehe Interesting Hobby.

Kalo saya juga hobbynya kelaut, mancing, diving, jemur-jemur dimatahari dll dll. Tapi blom punya rumah yang ada kolamnya seukuran anda. Mungkin kalo tuhan kasih rejeki saya juga bikin kolam seperti anda. :smt023:smt023

PS: ada hubungan dengan planet diving di sahid?

planetdivingbali
03-12-2007, 16:35
pernah sesekali saya ke daerah pamulang untuk beli makanan ikan, trus ngeliat ikan menarik dgn ciri-ciri sama seperti yg saya posting sebelum ini, tapi ukurannya kecil sekali 3/4 jari kelingking saja, trus saya beli 2 harganya lmyn mahal, 30rb/ekor, makanannya cuman pake bloodworm, trus gak lama selang beberapa hari kakak saya beli ikan baru dari daerah jakarta di jalan kartini kota, namanya ikan tapah, ud gitu gedenya hampir sejengkal dan sepasang, rupanya ikan ini lah yg pernah saya lihat waktu kecil, cmn kalo kecil memang bening warnanya, kalo ud gede berubah jadi warna coklat butek dan bermotif marble/ kayak lantai marmer gitu deh, ikan ini juga punya gigi halus di sepanjang bibirnya halus cuman buanyak!

wah senengnya punya ikan yg masih baby dan yg sudah beranjak dewasa, cmn kalo yg gede makan sehari bisa abis 3rb perk buat beli udang dan ikan mas, ikan ini saya lihat di majalah sirip besarnya bisa sampe segede pintu rumah. ada yang punya ikan ini ?

dulu waktu kecil pernah diceritain sama nyokab (org asli purwokerto kelampok) katanya ikan tapah ini kalo disungai suka makan monyet yg jatoh dari pohon, bener gak tuh ?

planetdivingbali
03-12-2007, 16:44
memang benar pak yulianto, saya karyawan di planetdiving cmn sy diajak buka cabang dibali dari pak agung di planet diving jakarta.

kalo rumah wah gak gede pak cuman btn type 45 digabung 2 terus ada tanah di hoek sedikit paling cuman 40 m2 yah males ngurus rumah gede-gede banget saya lebih suka rumah kecil dengan perbandingan 25% rumah/75% halaman rumah yah sempet berantem sama nyokab pas waktu mau bikin kolam dengan cara matok tanah lewat beberapa pohon kesayangan nyokab saya, terus ukuran kolamnya terpaksa dkecilin jadi 4,5m x 4 m dengan kedalaman -+ 1m aja trus pake filter 400 watt submersible pump merk jepang, + filter kolam renang yg ukuran sedeng merek Hyward aja. biar air kolam jadi crystal clear gitu.

monyet
03-12-2007, 16:49
Pak David, sayah gak jualan alat scuba. Tapi importirnya temen baek sayah, suka barengan jalan ; dari mancreng, scuba, ampe ehm ehm......

planetdivingbali
03-12-2007, 16:49
ni ada foto ikan tapah, kurang lebih sama kayak yang saya piara di rumah cuman belom segede ini.

eh ud dulu yah ceritanya mo makan dulu sekalian log off besok disambung lagi perbincangannya.

tetap mancing, utamakan keselamatan, be a eco angler, don't over fishing, and stay hover!

bye

david

smartangler
04-12-2007, 10:02
Dilematik banget ya? Tapi mungkin ga yah - (andai-andai boleh kan)...bikin proyek percontohan ideal seperti danau/rawa/sungai di suatu daerah dengan mengadakan pendekatan sama elder setempat dan lewat mereka kita kasih pengertian tentang bahaya perusakan lingkungan dan juga keuntungannya kalo kita bisa menjaga dan mengembangkannya...misalnya ada danau atau rawa didaerah A lalu kita bikin deal dengan pemda dan elder setempat, lalu kita bikin regulasi seperti bag limit, size limit, catch & release... dan juga denda atau hukuman bagi pelanggar, trus kita tanami ikan dalam jumlah yg memadai - gimana?
Kesadaran untuk menjaga dan mengembangkan musti terus di kumandangkan...
Susah yah???...hehehehe....namanya juga usaha...at least we try eventough in a very small part.

Oka_1010
04-12-2007, 11:15
bung oka saya sekarang memang tinggal di bali, tapi ikan piaraan saya ini ada di jakarta tepatnya di rumah saya disawangan depok komplex reni jaya blok e14 no 8 sawangan pondok petir 16517

kalo mau liat koleksi saya boleh dateng ke rumah saya aja/ janjian kapan mau ketemu dan bisa kontak saya di 081519299097/ no telp kakak saya di 02193304256 dengan jonathan.

rencananya sih saya mau mudik ke jakarta tgl 21 desember 2007 nanti sampe 1 januari 2008 kalo sempet mampir biar bisa kenalan.

kalo dibali mah sekarang saya lagi gawean, jualan alat diving. tapi kalo mancing sih pasti tetep jalan gak kenal lelah dan tak takut meski badai menantang! yg penting cast!

salam
david
wah asik tuch, ntar kapan2 boleh nich ke bali mancing bareng heheheehe. kalo mo ketemua di jakarta tanggal 21 des ampe 1jan ngak bisa dech. yang jelas dapet ngak dapet yang penting macing :smt023:smt023:smt023

m112co
04-12-2007, 12:54
about istilah nglanet yg di tanyakan pak david, itu istilah jawa timuran, prinsipnya sama dengan ngobat ikan, yg membedakan nya dengan apotas adalah menggunakan media TA1 (maaf), yg di aduk dengan racun ikan, ini hanya memakan korban ikan yg omnivore, dan herbivore, karena hampir semua dimakan oleh golongan ikan tersebut, klo predator pasti lolos karena tidak makan TA1, cuman baby fish juga kena dampaknya, dampak perusakan tidak separah apotas, cuman membuat ikan menjadi kapok dan sulit di pancing. itu berdasarkan pengalaman saya.

m112co
04-12-2007, 13:06
untuk pak David, klo saya boleh tau punya species ikan gabus apa saja? memperolehnya dimana? karena saya berniat koleksi ikan gabus, yg di nyatakan sebagai ikan berbahaya di perairan darat america. saya juga mempunyai kolam di rumah saya dan ikan pancingan saya juga saya pelihara, tp berhubung saya pemancing baru ya koleksi ikan saya masih minim, hanya ada 2 ekor ikan lele jawa ukuran 75 Cm berat 3 kiloan, dapetnya di bengawan solo, ikan gabus loreng(Lokal) ukuran 15 cm ada 2 ekor cuman yg atu di santap lele. trus untuk ciri ciri ikan bersungut 4 yg bapak ceritakan mungkin klo di daerah saya namanya ikan garingan (ukuran 8 Cm - 12 Cm) klo dah gede (ukuran 12 Cm - Up) namanya berubah jadi Besaran biasanya ada 2 warna, yg abu abu dan yg agak gold, klo di angkat dari air akan berbunyi seperti kucing kawin. klo sempet akan saya lampirkan fotonya.

monyet
04-12-2007, 13:20
Media TA1 (maaf) yg di aduk dengan racun ikan>> MIRCO

Bro Mirco, yg dimaksud dengan 'racun ikan' itu apa? yang sayah tahu yang paling populer ya : cyanida (portas)

Lalu,
memakan korban ikan yg omnivore, dan herbivore,
klo predator pasti lolos karena tidak makan TA1>> Mirco

Sayah kok rada binun yach?? kalo omnivora itu ya pasti predator donk..

dampak perusakan tidak separah apotas, cuman membuat ikan menjadi kapok dan sulit di pancing>> Mirco
Sayah gak ngerti juga

Satu lagi :
Do Tag/Catch & Release on A rare fish
Jadi T&R nyah cuma buat 1 ekor?? nyang laen dikemanain?

Sorry jahil neh.....

m112co
04-12-2007, 14:12
Jahil anda sangat membangun, maaf kan bahasa inggris saya yg agak njelimet.

yg saya maksud dengan racun ikan ya betul seperti yg anda katakan itu.

untuk ikan omnivore kadang TA1 juga mau di makan sedangkan pure karnivore ga mau nyentuh tuh lanet.

klo masalah dampak, racun tersebut akan segera tenggelam karena ada TA1 tadi lain dengan apotas yg murni.

berdasarkan pengalaman saya ngeliat org nglanet itu tdk pernah dapet ikan karnivore.

sekian keterangan saya, trims atas "Jahil" nya

planetdivingbali
04-12-2007, 14:51
kalo mau menetapkan regulasi memancing di perairan tawar kayaknya susah banget deh dan bisa dibilang mission impossible banget tuh! kalo di luar negri bisa aja, karena tingkat kesadaran akan lingkungannya beda banget sama orang sini !

motonya orang sini kan begini : ada air, ada ikan, pertama mancing, hasil kurang banyak jala pun ditebar, masih kurang juga ? potas merajalela, kalo masih kurang lagi mah kebangetan, gak sekalian aja cabut nanas (granat) trus lemparin deh kesono biar kena semua (ala G.I. cari ikan di vietnam) ha ha ha...

masalahnya gak ada yang mau memulai itikad baik tsb dan satu lagi orang sini itu sungkan kalau menegur orang, belum tentu orang yg di tegur itu mau menghentikan perbuatannya/ bahkan tersinggung dan jadi perkara. apalagi kalo mancing bukan di daerah sendiri. tul gak?

mulailah tanam itikad ini dari diri sendiri lambat laun orang lain pasti akan mengikutinya, biasa lah kayak tren pasar aja, dulu pager, sekarang hp / semacam gitu lah!

planetdivingbali
04-12-2007, 15:03
sy sama kakak saya nyari / beli ikan gabus di rawa dideket rumah saya, di tangerang bsd sampe ke kota di blok-m pasar burung barito, sampai ke jalan kartini di kota (banget).
lokasinya gampang-gampang susah! musti apal jalan kota.

gabus yg saya pelihara itu gabus lokal yg berwarna hijau tua ada loreng sedikit sepanjang badannya, perut putih, trus ada toman yg ada warna oranye/kuning tua di sepanjang badannya, trus ada lagi toman dari malaysia dan dulu sempet punya toman bunga yg langka.

sy dah gak pernah liat lagi karena selama 6 bln ini saya di bali jadi yg ngurusin piaraan kakak dan ibu sy, tapi gabus ini walau ditaruh kolam tetep bisa lompat loh ? bahkan ada yg kanibalisme kalo ada sesama jenisnya yg kecilan dikit!

wah asik tuh lelenya giant banget yah pak, cmn ikan yg bapak bilang sampe 12 cm lebih itu ikan apa pak keting / tapah ? sy agak bingung

planetdivingbali
04-12-2007, 15:07
kalo ngelanet racun yg dipakai apa ? bukankah (SH#T) yg sudah dicampur racun tersebut akan terurai / menyebar juga racunnya ? / ataukah selama ikan predator tidak menelan (SH#T)racun ini maka akan fine-fine saja ? agak make sense sih, kan kalo potas itu jadi meracuni air dan terhirup oleh insang ikan. btul gak ?

planetdivingbali
04-12-2007, 15:20
terkadang saya dulu seminggu sekali suka keliling ke semua penjual ikan di jakarta, salah satu tokonya suka ada yg menyembunyikan ikan-ikan langka bin cantik+muahal!!!

nah ni tips dari saya, kalo mau cari ikan langka kayak gabus toman/ hampala / tapah / belida sungai nile atau apapun ikannya minumnya teh botol sosro... ups, salah maksudnya lebih baik kita melongok sedikit kedalam toko/ kalo perlu diubek-ubek aja siapa tau ketemu tuh ika langka.

dulu sy pernah nemuin ikan hampala dari yg baby-yg sebesar 2 jengkal dan belida sungai nil, trus ada lagi yg lebih aneh, tau ikan frogfish gak? itu loh yg kayak batu, cmn punya tangan kanan dan kiri yg berfungsi sebagai sirip dan buat berjalan di pasir/ karang dan warnanya macem-macem trus insangnya persis kayak knalpot jetski, dan bahkan ikan sturgeon penghasil telur kaviar yg terkenal itu pun pernah ada di pasar barito di jakarta! percaya gak ?

ini kisah nyata dan bukan rekayasa / pintarnya saya ngarang namun ini fakta, yg disayangkan hanya harganya pas ditanya kadang memang penjual suka seenak udelnya aja kalo jual ikan! muahal buanget deh, huh dasar!:mad:

Oka_1010
04-12-2007, 15:36
terkadang saya dulu seminggu sekali suka keliling ke semua penjual ikan di jakarta, salah satu tokonya suka ada yg menyembunyikan ikan-ikan langka bin cantik+muahal!!!

nah ni tips dari saya, kalo mau cari ikan langka kayak gabus toman/ hampala / tapah / belida sungai nile atau apapun ikannya minumnya teh botol sosro... ups, salah maksudnya lebih baik kita melongok sedikit kedalam toko/ kalo perlu diubek-ubek aja siapa tau ketemu tuh ika langka.

dulu sy pernah nemuin ikan hampala dari yg baby-yg sebesar 2 jengkal dan belida sungai nil, trus ada lagi yg lebih aneh, tau ikan frogfish gak? itu loh yg kayak batu, cmn punya tangan kanan dan kiri yg berfungsi sebagai sirip dan buat berjalan di pasir/ karang dan warnanya macem-macem trus insangnya persis kayak knalpot jetski, dan bahkan ikan sturgeon penghasil telur kaviar yg terkenal itu pun pernah ada di pasar barito di jakarta! percaya gak ?

ini kisah nyata dan bukan rekayasa / pintarnya saya ngarang namun ini fakta, yg disayangkan hanya harganya pas ditanya kadang memang penjual suka seenak udelnya aja kalo jual ikan! muahal buanget deh, huh dasar!:mad:
pak david boleh ke daerah latumenten di sono jug abanyak yang jual ikan aneh2 bin unik, adik saya beli ikan sturgeon disono. saya juga pernah liat ikan mulut bebek disono, ikan pari brazil. kalo ikan belida dijambi untuk anakan masih buanyak bener :smt023:smt023:smt023
ngo2 om mirco ama om david ada YM ngak so kita bisa berYM ria bareng2

planetdivingbali
04-12-2007, 15:52
kalo ke latumenten jg sering dulu pas waktu kuliah dan nge-kost di susilo, tapi kakak sy yg getol!
boleh aja kit speak di YM tapi jangan lupain juga forum ini nanti sepi gak ada yg ngeramein gini, YM saya planetdivingbali, email : [email protected]

salam
david

m112co
04-12-2007, 15:53
klo nglanet obatnya ga terlalu keras karena ternetralisir TA1 td, trus ikan tuh ga langsung mati, hanya mabok aja, ga sampai ngambang.
dan yg makan paling ikan wader, tawes, cere. ikan nila aja jarang kena. lele bisa kena karena makan TA1, selain itu saya ga tau lagi karena ikan di tempat saya madiun sungainya hanya ada jenis ikan ini Lele, Gabus, Wader,Tawes,Bader,Garingan,Besaran,patin sungai, wader pari(cere),betutu.

planetdivingbali
04-12-2007, 16:31
buanyak sekaleee ikannya di madiun, tapi memang sih di daerah jawa lebih banyak ikannya, eh tahu ymnya patrick888leung gak ?

planetdivingbali
05-12-2007, 23:09
to pak Adi Wisaksono, katanya punya pengalaman masa kecil mirip saya, boleh ceritain gak ? pengen tahu nih semirip apa sich ?

salam
david

m112co
06-12-2007, 12:10
Ini YM saya [email protected], email saya juga sama.