PDA

View Full Version : mohon info untuk cara ngedapetin ikan jurung ?



planetdivingbali
03-12-2007, 13:02
rekan-rekan sekalian ada yang punya info tentang ikan jurung gak, sy penasaran sekali kayak apa sih ikan jurung ini ?

pernah di ceritain sama anak pembantu saya, dia tinggal di cipanas puncak sering mancing jurung cuman jauh bgt lokasinya masuk ke pedalaman sekitar 4-5 km berjalan kaki, ud gitu umpannya katanya pake ulat pohon pisang / cancilung/ apalah namanya ? terus dia mancing di sungai yg super deras dan berbatu dengan lebar leboh dari 10 m dan kedalaman lebih dari 2 m katanya ikan ini termasuk perenang ulung dan mampu lompat tinggi / suka melawan arus ke hulu sungai.

apakah ikan ini sama dengan yg ada di keraton jawa / sang ikan kancra / tambra ? sy rasa sih lain karena dulu cuman pernah punya kancra 1 kali sepasang tapi gedenya lama, dan ikan ini termasuk golongan omnivora.

ada yg punya info ?

salam
david

m112co
03-12-2007, 13:39
Salam Strike, Setau saya jurung memang ikan sungai beraliran deras dan bening, suka daerah berbatu, pemakan segala, tetap lebih ke karnivore, ikan yg sudah cukup langka, merupakan ikan akuarium(hias) saya pernah memeliharanya pada tahun 1982, sekarang sudah jarang, bukan jenis tombro, lebih mirip wader atau tawes.
sekian info dari saya bro.

planetdivingbali
03-12-2007, 13:42
punya fotonya gak ? jadi pengen liat ?

m112co
03-12-2007, 13:46
waduh klo foto aku ga punya. orry bro ga bisa bantu

planetdivingbali
03-12-2007, 13:57
gak punya yah? sayang! penasaran bgt sy ini tapi thx bgt ud berbagi pengalamannya, eh ikannya masih idup gak sampe sekarang ? kalo mau nyari tu ikan bisa mancing / beli dimana yah ?
dulu sy punya kancra sepasang tapi susah gedenya cmn modiar pas pompa kolam rusak! (hiks-hiks-hiks...):(:(:(

m112co
03-12-2007, 14:05
sekarang dah ga ngetren sebagai ikan aquarium lagi, coba bro liat di thread yg di bawah thread ente ada ulasan lengkap, para bro FF menyebutnya Hampala

planetdivingbali
03-12-2007, 15:11
oh jadi jurung / hampala itu sama aja toh ? pantesan ngebingungin, btw thx atas infonya cmn sy punya ikan tsb buat di kolam bukan di akuarioum karena pasti lompat, cmn kalo ukuran kecil gak masalah!

satu lagi thread di bawah sy itu di medan mah jauh bgt gak mungkin sy kesana, sekarang sy berdomisili di bali-sanur, pertengahan desember nanti mau mudik ke jakarta.

salam
david

iwan rambe
03-12-2007, 16:34
bung david ngak usah susah2 ,beli aja CD mancing sirip saya lupa edisinya disitu diterangkan cara mancingnya , kalau dimalaysia namanya ikan kelah, ikan ini mirip dengan ikan mas tapi bentuknya memanjang , besarnya bisa sampai satu meter lebih.

candra
03-12-2007, 18:40
halo bung David, ikan jurung kemungkinan besar masih satu keluarga dgn ikan kancra (masih dalam keluarga "tor sp"), sedangkan hampala nama speciesnya "hampala macrolepidota";)

planetdivingbali
04-12-2007, 14:27
thx buat sarannya pak iwan dan pak candra saya ud langganan majalah sirip dan dvdnya, mungkin saya salah baca kalo kelah / jurung itu sama kayak hampala, (my mistake) ok deh sekarang udah ngerti jadi jurun itu yg kayak tambra cuman agak kemerahaan kan ? ngomong2x dimana bisa dapetin ikan jurung ini di jawa barat ? apakah masih ada / sudah terancam punah ? kalo fotonya ikan jurung yg asli dari jawa ada yg punya ?

candra
04-12-2007, 15:15
Pak David, kemungkinan besar (dugaan saya) jurung = "tor soro sp" sedangkan kancra dgn "tor tambraides sp". Ini baru dugaan saja pak.
Ikan jurung/soro/tor soro sepertinya sdh punah/tinggal sedikit tersebar di pedalaman jabar.

Di Kuningan ada pemandian alam yg banyak kancra/tombro/kelah (ini juga masih dugaan masih dalm species yg sama) yaitu objek wisata Cibulan, di pemandian ini ikan kancra di keramatkan/dilindungi, kemungkinan besar masih bisa didapatkan di sungai2nya, tapi di sana jenis kancranya dgn warna sisik lebih gelap.

Kalo ga salah ada yg pernah posting yg mancing di sekitar Tasik dan Ciamis masih terdapat ikan kancra?