PDA

View Full Version : All About Live Bait



m112co
11-12-2007, 00:23
Salam Strike para ankler,

Saya ingin share pengalaman memancing dengan macam2x live bait yg pernah saya coba, semua ini saya dapat dari para pemancing tradisional di desa, dan akan saya sertakan juga opini saya berdasarkan pengalaman saya selama mancing, definisi live bait disini adalah umpan yg digunakan dalam keadaan hidup sebelum di pasang ke Hook.

keterangan: angka efektifitas (AE)skala 1-10

1. Cacing tanah, Mancing kolam AE 7, sungai AE 7 (skala 1-10), tehnik mancing ngoncer dan glosor, dengan kondisi air bening/butek, berarus tenang. Tersedia sepanjang tahun dan ada penjual, Ada 2 jenis yg pernah saya coba, cacing lur berwarna merah, kuat hidup dalam air, getas(mudah putus), dan cacing fosfor warna coklat, berlendir dan bearoma khas, tidak tahan air, agak ulet, ukuran cacing di sesuaikan dengan target ikan.

2. Jangkrik, Mancing kolam AE 4, tehnik mancing ngoncer, untuk sungai tidak saya anjurkan. Tersedia sepanjang tahun dan ada penjualnya juga, tidak ada pengalaman istimewa dengan umpan jenis ini.

3. Menje, Mancing kolam AE 7, sungai AE 6, tehnik mancing ngoncer dan glosor, keadaan air butek, arus tenang.Tersedia sepanjang tahun, nyari sendiri, sejenis serangga mirip kecoa tanpa sayap, biasa hidup dibawah kayu busuk dan bekas kandang ayam yg sudah kosong. Sangat disukai ikan lele, gabus.

4. Kroto(Larva semut rangrang), Mancing kolam AE 8, sungai AE 7, tehnik mancing ngoncer dan glosor dengan kondisi air bening/butek berarus tenang.
Tersedia sepanjang tahun dan ada penjualnya, ikan-ikan lumayan fanatik dengan umpan ini, kekurangannya gampang hancur.

5. Larva Lebah madu dan tawon, Mancing kolam AE 8, sungai AE 7, tehnik mancing ngoncer dan glosor. Dengan keadaan air bening/butek berarus tenang. Tersedia sepanjang tahun, tetapi agak sulit diperoleh dan tidak ada penjual, jadi biasanya saya cari sendiri atau nitip anak buah saya kalau ke hutan, minat ikan terhadap umpan ini hampir sama dengan kroto, angka efektifitas bisa meningkat jika mancing glosor.

6. Ulat Keket, Mancing sungai AE 7, tehnik mancing ngoncer dan glosor. Dengan kondisi air bening/butek dengan arus tenang. Hanya tersedia pada saat musim kemarau dan disediakan alam, Sejenis ulat yg ada pada daun pohon pisang, berwarna hijau kecoklatan dan jika kena ke tangan sulit sekali melepaskannya.

7. Cuyu/kepiting air tawar, Mancing Sungai AE 7, tehnik mancing glosor. Dengan kondisi air bening/butek dengan arus tenang. Tersedia setiap saat oleh alam, biasanya terdapat di pematang sawah, teknik mancing glosor dengan kail lebih dari 2.

8. Laron besar, Mancing kolam AE 9, sungai AE 9 (skala 1-10) tehnik mancing ngoncer dan glosor. dengan kondisi air bening/butek tetapi berarus tenang. Tersedia hanya ada pada awal musim hujan, tidak ada yg menjual. umpan istimewa, ikan apa saja senang, bahkan jenis herbivora juga.

9. Orong-orong, Mancing kolam AE 5, tehnik mancing ngoncer, untuk sungai tidak saya anjurkan. Tersedia sepanjang tahun tdk ada penjualnya, tidak ada pengalaman istimewa dengan umpan jenis ini, hanya saja serangga ini sangat lincah, sehingga sulit di pasang ke hook.

10. Bekicot, Mancing kolam AE 8, sungai AE 8 (skala 1-10), tehnik mancing ngoncer dan glosor. Dengan kondisi air bening/butek tetapi berarus tenang. Tersedia sepanjang musim hujan, ada yg menjual. ikan apa saja senang, bahkan jenis herbivora juga. hanya saja agak repot karena harus memecah shellnya terlebih dahulu.

11. Laba-laba sawah, Mancing kolam AE 9, sungai AE 9 (skala 1-10), tehnik mancing ngoncer dan glosor. dengan kondisi air bening/butek tetapi berarus tenang. Tersedia sepanjang tahun disawah tidak ada yg menjual. termasuk umpan istimewa, ikan apa saja senang, bahkan jenis herbivora juga.

12. Capung, Mancing kolam AE 8, sungai AE 8 (skala 1-10), tehnik mancing ngoncer dan glosor. dengan kondisi air bening/butek tetapi berarus tenang. Tersedia sepanjang tahun dipersawahan tidak ada yg menjual. termasuk umpan istimewa, ikan apa saja senang, bahkan jenis herbivora juga.


Demikian beberapa jenis live bait yg pernah saya coba karena dapat saya peroleh di tempat tujuan saya mancing dengan cukup mudah, jika ada kekurangan atau ada tambahan live bait khas daerah lain saya minta kritik dan masukan.

hampala
11-12-2007, 07:40
wah.. udang sungai kok malah gak ada ??

afif
11-12-2007, 08:04
wah.. udang sungai kok malah gak ada ??

Kalau bisa yang salt water juga, jadi makin lengkap dech live baitnya, thank's.

purwanto
11-12-2007, 08:31
Kodok dan anak ikan ?

maztrie
11-12-2007, 08:47
ulet bambu/bumbung masuk yg mana ? trus skor berapa ya ?

bonito
11-12-2007, 09:41
Apakah menje itu dikenal dg nama ga'ang di Betawi?
Mirip jangkrik tanpa sayap, warna coklat muda dgn 2 capit kecil di kepalanya.

Nes-Lyn
11-12-2007, 09:54
Menarik...namun bebrapa live bait ga pernah sy pake/ga pernah nyoba....dan ini kan dari pengalaman pribadi, mungkin para mania yg lain punya data tambahan gt...

m112co
11-12-2007, 14:59
Terima kasih atas masukan dan tambahannya, mengenai udang kali, anak kodok, ikan kecil semacam halfbeak(cucut), cebol dan bahkan cere juga bisa di jadikan umpan, tapi saya sendiri belum melakukan percobaan yg serius seperti pada umpan-umpan yg telah saya deskripsikan sebelumnya.

Sebagai tambahan, cara saya menilai Efektifitas dari setiap umpan adalah dengan memancing dengan umpan yg sama selama 12 jam Nonstop pada Hotspot berpindah pindah, dan semua kondisi air, dengan 2 rod (rod Ngoncer dan Glosor) sebanyak 2 kali. Lalu saya hitung perolehan ikan berdasarkan jumlah dan jenis (Tolok ukur saya adalah hasil ikan dengan mengesampingkan faktor keberuntungan), kemudian saya melakukan perbandingan antara pemancingan pertama dan kedua, dan mungkin saja hasil saya belum akurat/maksimal karena masa uji coba yg minim dan kendala pada beberapa jenis umpan yg memang cukup sulit diperoleh.

Kesimpulannya mungkin hasil uji coba masih akan berubah pada AE dan teknik memancing tawar yg lain.
Berikut saya coba sertakan foto macam macam umpan tersebut secara berurutan.

m112co
11-12-2007, 16:28
berikut foto live bait sesuai urutan thread saya :

m112co
11-12-2007, 16:33
lanjutan foto di atas

roel
11-12-2007, 16:52
Apakah menje itu dikenal dg nama ga'ang di Betawi?
Mirip jangkrik tanpa sayap, warna coklat muda dgn 2 capit kecil di kepalanya.

kyk nya bukan deh bos, ini kalo di daerah saya namanya kacua,emang mirip kecoa tapi cuman seukuan kuku jari kelingking, warna nya gak glosy kyk kecoa cenderung abu-abu hitam. habitanya ada di tanah" yg berdebu deh di kolong" rumah panggung, di penggilingan padi..ampir sama habitanya ma undur-undur.

bonito
11-12-2007, 17:45
kyk nya bukan deh bos, ini kalo di daerah saya namanya kacua,emang mirip kecoa tapi cuman seukuan kuku jari kelingking, warna nya gak glosy kyk kecoa cenderung abu-abu hitam. habitanya ada di tanah" yg berdebu deh di kolong" rumah panggung, di penggilingan padi..ampir sama habitanya ma undur-undur.


Iya Pak, sy keliru. Yg sy maksud ga'ang itu ternyata undur2. Thx atas koreksinya.

stingy-ray
13-12-2007, 14:42
tikus bisa ga ya? :D

anyway thanks buat infonya brur!

m112co
14-12-2007, 16:21
hahaha, ini baru nih, mancing pake tikus? ide bagus, tapi belum pernah tau tuh, mungkin mancing laut bisa kali, klo air tawar kayanya ikannya pada takut kecuali ada arapaima gigas atau arowana ukuran 70 cm up.

stingy-ray
14-12-2007, 16:59
hmm, barusan liat berita di forum sebelah, kangguru aja dicaplok hiu >.< kasian tuh mas kangguru. gw terpikir tikus soalnya pernah ngeliat tikus bisa berenang. so kalo lagi sial ketemu ikan gede, bisa dicaplok juga kan?

14-12-2007, 17:10
nice info pak ! juga di sertai dgn gambar dan juga sudah di test di lapangan !:smt023:smt023:smt023 , btw untuk live bait ikan laut gimana nie !

m112co
16-12-2007, 14:16
untuk live bait Mancing laut saya belum banyak pengalaman, karena biasanya cuma make Udang dan ikan sarden itu aja yg saya tau, belum pernah make yg lain. mungkin para anglers bisa membantu melengkapi.

stingy-ray
16-12-2007, 17:00
gw pagi sempet casting nyari toman ma haruan... hasil 0 besar >.< ujung2 diganggu ma B-2 bomber a.k.a orang mancing live baiting pake lele, cuman umpannya di retrieve trus di lempar lagi.. imho, terus terang gw sebel ma tu orang.. maaf kalau ada yang cara mancingnya gitu, tapi itu lele ukuran 20cm kalau nyemplung di air, toman yg lagi asik2 ML(make love) di dasar sana juga bisa bubar.. dan lagi toman gede kaya gajah doank yang bakalan nyambar lele 20cm.. udah itu nyarinya di kumpulan teratai lagi. mana ada toman segede gituan dibawah teratai... terus terang gw rada kesel ma orang TOLOL td and kasian tuh lele dibanting-seret trus.. setelah 5 kali lempar aja badannya udah compang camping. isi perutnya aja udah pada keluar semua.. masi dipegang, diperiksa, masi bisa gerak ga? buset tolol abis dah... tadi sempet strike 2 kali, tapi mocel gara2 "BOM UDARA" lele tadi. gw make soft lure berkley gulp.. sebel banget ma orang2 yang merusak acara mancing orang sekitar. apalagi dengan animal abuser

Sportfisherman
16-12-2007, 17:47
Henky ,

Lele adalah makanan favourite toman / haruan jadi tidak heran kalau pemancing saingan anda tuh menggunakan lele untuk mancing toman . Soal anda pakai lure dan dia pakai lifebait yah , yang satu adalag sportfisherman dan yang lain nya meatfisherman , kendati terlihat sangat tidak sportif dimata kita tetapi masih jauh lebih baik daripada setrum / racun dalam mencari haruan / toman .

Jon .

exso
16-12-2007, 19:19
Didaerahku sini mancing ikan tagih pake umpan biji kapuk randu, bahkan ada juga yg suka mancing pake umpan sabun batangan (semacam superbusa) yang dipotong2 kecil2. :-D

lamun_lamun
17-12-2007, 07:40
Umpan utk mancing di sungai :
1. Usus ayam target patin, baung dan ikan lawang (sejenis patin tp lebih tipis badannya)
2. Ulat sagu target patin
3. Pisang palembang target patin
4. Ulat bunga kaca piring target patin
5. Tempe dan tahu yg di goreng seperti mendoan target patin dan ikan lawang.
6. Kecoa target patin dan baung.
Tekhnik mancing dasar

sigit_y
17-12-2007, 08:27
kyk nya bukan deh bos, ini kalo di daerah saya namanya kacua,emang mirip kecoa tapi cuman seukuan kuku jari kelingking, warna nya gak glosy kyk kecoa cenderung abu-abu hitam. habitanya ada di tanah" yg berdebu deh di kolong" rumah panggung, di penggilingan padi..ampir sama habitanya ma undur-undur.

Kalau di jogja namanya cere. Asal mula nama ini mungkin karena ukurannya lebih kecil dari kecoa yang disebut coro. cere yang afdol untuk umpan adalah yang masih berwarna putih sampai coklat muda.
Ampuh untuk ikan bader, tawes, lele, gabus, pokoknya semua ikan air tawar gaak nolak termasuk nila dan gurami.

Sedangkan Ga'ang, jika membaca deskripsi Om Jerry sepertinya yang dimaksud adalah gangsir. Memang persis jangkrik, berwarna coklat muda, tidak bersayap serta relatif bisa tumbuh lebih besar dari jangkrik. Rata-rata gangsir ditemukan tidak bersayap karena memang belum tumbuh dewasa penuh. Tetapi jika sudah dewasa akan tumbuh sayap juga.

begitu, mohon koreksi
sgt

iwan rambe
17-12-2007, 09:13
di sungai wampu saya pernah dengar dari kawan ikan disana pernah nyambar monyet , mungin ikan begahak (bahasa malaysianya). kalau dimuara kali aceh pernah liat ikan makanin bebek ini nyata ikannya ikan kerapu yg ukuran 100kg.dan ikan ini sudah ditangkap dan dimakan.

gendut
17-12-2007, 09:47
Kalo untuk air tawar mungkin perlu ditambahkan Uret tlethong (ulat yang hidup di kotoran sapi)! Besarnya bisa sampe jempol kaki! Untuk fresh water terutama di jogja! Umpan ini sangat bagus sekali untuk mancing ikan sidat! Tapi sebaiknya pake penutup hidung waktu memasang dan pake plastik tangannya, karena baunya sangat menyengat! Tapi ada juga yang tidak bau dan bentuknya sama yaitu Uret Kambil (Ulat pohon kelapa yang sudah mati)! Saya kalo mancing sidat selalu bawa umpan ini! Karena dengan umpan ini saya sering dapet ikan sidat dan rekor ikan sidat yang pernah saya dapet pake umpan ini sebesar 10,2 kg! So, selamat mencoba!

stingy-ray
18-12-2007, 14:23
Henky ,

Lele adalah makanan favourite toman / haruan jadi tidak heran kalau pemancing saingan anda tuh menggunakan lele untuk mancing toman . Soal anda pakai lure dan dia pakai lifebait yah , yang satu adalag sportfisherman dan yang lain nya meatfisherman , kendati terlihat sangat tidak sportif dimata kita tetapi masih jauh lebih baik daripada setrum / racun dalam mencari haruan / toman .

Jon .

gw memang ga anti dengan orang yang mancing dengan cara live baiting.. soalnya itu salah satu trik jitu buat dapetin ikan.. tapi caranya itu loh? dengan dilempar dan digulung berkali2 seperti artificial lure? sampai ikannya sekarat dan badannya compang camping? udah itu caranya yang mengganggu orang sekitarnya itu yang bikin hati panas...

Sportfisherman
18-12-2007, 14:44
gw memang ga anti dengan orang yang mancing dengan cara live baiting.. soalnya itu salah satu trik jitu buat dapetin ikan.. tapi caranya itu loh? dengan dilempar dan digulung berkali2 seperti artificial lure? sampai ikannya sekarat dan badannya compang camping? udah itu caranya yang mengganggu orang sekitarnya itu yang bikin hati panas...

Henky ,

Relax man , semua orang tuh lain tabiatnya , mungkin orang itu juga kesel melihat kita lure fisherman casting terus ke tempat yang potential ada ikan nya , sebaiknya kalau ada orang yang begitu kita cari tempat lain saja jadi tidak saling mengganggu .

Pada permulaan popping juga banyak yang menyangka kita tuh tujuan nya menakuti ikan kendati mereka tidak marah sih tetapi bingung melihat cara popping , setelah kita dapat ikan mereka jadi kebingungan kenapa kita dapat dan mereka tidak .

Jon .

piery
18-12-2007, 15:51
--apused--...., kendati terlihat sangat tidak sportif dimata kita tetapi masih jauh lebih baik daripada setrum / racun dalam mencari haruan / toman .

Jon .

Sangat setuju.....:smt023

m112co
19-12-2007, 16:52
Tentang Live bait versus lure, sudah saya bahas pada thread Live Bait VS Lure, itu semua kembali kepada diri kita masing masing, karena kesenangan dan tantangannya jelas berbeda, saya juga suka Casting(casting lure, bukan casting cewe):p, pernah juga dapet ikan toman tapi ukuran kecil, karena memang lure yg saya pake cuma 2 gram, hanya bisa nyelem +/- 60 cm, sekedar info, semua ikan yg saya dapatkan baik dengan live bait maupun lure semuanya saya obati dan saya pelihara di kolam ukuran 5 x 5 M, cuman untuk lele dan toman jangan di campur, karena lele juga seneng makan toman, saya sudah kena getahnya, toman kesayangan ukuran 20 Cm di sikat ama lele ukuran 75 cm.

Chavunx
21-12-2007, 08:37
Tentang Live bait versus lure, sudah saya bahas pada thread Live Bait VS Lure, itu semua kembali kepada diri kita masing masing, karena kesenangan dan tantangannya jelas berbeda, saya juga suka Casting(casting lure, bukan casting cewe):p, pernah juga dapet ikan toman tapi ukuran kecil, karena memang lure yg saya pake cuma 2 gram, hanya bisa nyelem +/- 60 cm, sekedar info, semua ikan yg saya dapatkan baik dengan live bait maupun lure semuanya saya obati dan saya pelihara di kolam ukuran 5 x 5 M, cuman untuk lele dan toman jangan di campur, karena lele juga seneng makan toman, saya sudah kena getahnya, toman kesayangan ukuran 20 Cm di sikat ama lele ukuran 75 cm.

Iyah betulk banget mas .. jangan di campur :))
Just tambahan setahu saya klo makai lele itu pakai yang ukurannya kecil sekitar 10-15 cm. Mancingnya pakai pelampung sehingga sang lele dapat bergerak bebas kesana kemari sehingga menarik perhatian Sang toman.
Ada lagi umpan yang lagi trend di Palangkaraya untuk toman yaitu daging ayam.
Ayam di bawa hidup kemudian di sembelih di lokasi. Tekniknya daging ayam di potong kecil2 kemudian di renteng ke dalam line kira2 5-8 cm, kemudian daging tersebut dicelupkan ke darah ayam yang baru dipotong ... Lebih bagus lagi di sela2 daging ayam itu di selipin hati ayam .....
Wuih ... tokcer banget Om ... baru lempar langsung di samber ... tarikannya itu loz ...
Karena gak awas karena lagi nyiapin pancing satunya untuk dilempar, pancing saya hilang di bawa toman ke danau ...:(( ( lengkap sama trackernya lagi ) ... Apes banget

Undull
21-12-2007, 08:51
pa imam apa kabar nih lama nggak ol ,mana nih report haruan en tomannya yg bikin kita penasaran di tunggu lo