PDA

View Full Version : Live bait VS Lure



m112co
13-12-2007, 11:20
Salam,

Saya ingin mencoba memaparkan perbandingan antara live bait dengan lure, untuk menepis semacam kefanatikan/kecenderungan pada salah satunya, sebab menurut pengamatan saya olahraga memancing itu hampir mirip dengan olahraga otomotif. Saya sendiri suka menggunakan keduanya secara bergantian.
berikut penjelasan saya.

1. Live bait : Umpan hidup, umpan yg sangat disukai ikan, tidak terpaku pada jenis ikan apa, bahkan kadang satu umpan bisa untuk semua ikan baik itu herbivore, omnivore, atau predator.
kelebihan : Murah, disediakan oleh alam, umpan netral(segala ikan).
kekurangan : ada beberapa jenis umpan sudah cukup langka, tergantung musim, dan perlu penanganan khusus dalam penyimpanan.
Unsur sport dan tantangan utama adalah pada kejelian kita mengatur jenis umpan, menilai kondisi air, dan pemasangan pada hook. kalau dalam olahraga otomotif mirip dengan skill setting mesin dan ban untuk medan.

2. Lure : umpan buatan yg di buat mirip ikan kcl pada alam (popper, minnow,dsb), biasanya digunakan untuk menarget ikan predator.
Kelebihan : mudah dalam penyimpanan, bisa di dapat setiap saat, tahan lama, bisa di service.
Kekurangan : tidak disukai semua ikan (hanya predator dan omnivore), tidak dianjurkan untuk pemula, harga yg relatif tinggi untuk kondisi ekonomi seperti sekarang ini.
Unsur sport dan tantangan utama adalah pada keahlian kita mulai dari ketepatan melempar(casting) sampai memainkannya(retriving) dalam air dan kemampuan membaca lokasi (located) ikan. Kalau dalam olahraga otomotif mirip dengan skill mengemudi.

nah semuanya kembali kepada kita sebagai pemancing, mau pake umpan apa, kalau saya sih menganjurkan gunakan saja semua umpan, tanpa kecenderungan pada salah satu jenis, sebab umpan manapun memiliki unsur ketegangan dan kesenangan masing masing.

sekian, wassalam.

stingy-ray
13-12-2007, 14:20
sekedar tambahan, buat yang live bait, biasanya joran bisa dibiarin dan kita amati dari ujungnya ataupun dari benangnya. lebih santai lah dibandingkan dengan lures ^^

igo
13-12-2007, 14:24
sekedar tambahan, buat yang live bait, biasanya joran bisa dibiarin dan kita amati dari ujungnya ataupun dari benangnya. lebih santai lah dibandingkan dengan lures ^^

kalo gitu pemakain lure lebih kental unsur sportfishing-nya dong. saya pilih lure aja deh, biar ada keringatnya ;)

stingy-ray
13-12-2007, 14:37
hahaha kalau itu mah ada yang lebih sporty lagi. udah pernah nyoba jigging blon? dijamin tangannya jadi berotot ^^

maztrie
13-12-2007, 20:19
klo pas mancing dengan live bait saya cenderung banyak merokok, klo pake lure hampir nggak pernah sambil merokok...jadi pake lure bagi saya mancing dengan lebih sehat, sayangnya ampe sekarang frekuensi pake live bait masih 4-5x lebih sering dari pake lure, he3x...

m112co
14-12-2007, 16:14
Iya, unsur sportnya memang agak berbeda, tapi klo mancing live bait juga harus sering diangkat untuk ngecek kondisi umpan apa sudah habis? bukan sama saja dengan lure? :P, memang klo di lihat lagi penggunaan lure tetep lebih repot dan capek.

Yoyok Bogor
03-01-2008, 10:39
sekedar tambahan, buat yang live bait, biasanya joran bisa dibiarin dan kita amati dari ujungnya ataupun dari benangnya. lebih santai lah dibandingkan dengan lures ^^
.....

Tambahan lagi umpan live bait..
Mirip begawan jaman tempo behuela....Lempar kailnya yang ada umpan.. semedi sambil pegang pancing .. mungkin bisa jg umik umik yang dibaca mbohhh..
Dan belajar konsentrasi dan sabar itu positifnya.... lha wong nunggu strike dari ikan :smt067

GT Man
09-01-2008, 02:12
Jika menggunakan lure, kita tidak bakal pusing nyari umpan jika umpan tidak ada yang jual. Tapi jika lure nyangkut trus ilang, ongkosnya lebih mahal daripada pake umpan hidup.
Kalau aku biasanya gabungan keduanya, mancing make umpan hidup, tapi selalu sedia lure. Kalau BT nungguin umpan hidup disambar ikan, tinggal banting stir mainin lure ajah