PDA

View Full Version : Hurrayyyy...viva casting bawal



Kelabawgagak
27-12-2007, 11:28
Pemancing : - Nadi
- Ricky (adik)
- Firman (abang ipar)
Rod : - Daiwa CrossFire (Nadi)
- Shimano Stimula (Ricky)
- Daiwa araito (Firman)
Reel : - Daiwa CrossFire 2000
- Hemmingway HZ series
- Shimano CrestFire (Baitcasting Reel)
Lure : Maglure, SureCatch, Rapala, Yo Zuri
(semuanya minnow shallow)
TKP : Kolam Pemancingan Teratai Singkawang
Tanggal : 25 Desember 2007
Pukul : 09.00 - 17.30

Hari Natal kmaren jadi hari yang paling bersejarah, gara2nya saya akhirnya bisa ngerasain sentakan bawal yang aduhay bangeeetssss...
Awalnya kami memang sudah berencana pengen casting di pantai sedau Kal-Bar, sudah terlalu lama kami tidak memancing, mungkin adalah sekitar 5 harian hehehehehe...udah lama banget kan ? jadi badan cepet banget pegel2..gak karuan. setelah sebelumnya seminggu yang lalu kami sempat juga casting nila di kolam pemancingan yang sama sekali belum di buka untuk umum.yeah mayan deh waktu casting nila sempet juga mendaratkan nila sampe total 4 Kg. Puassss banget.. cuma yang bahayanya kami bertiga jadi bener2 sudah terkontaminasi dengan casting... buset dah,parah !!! :rolleyes:
kembali lg ke cerita mau ke pantai, malam tanggal 24 saya di telp dgn abang ipar saya, " dek, besok kita casting ke sedau yuk ? pinggir pantai aja, denger2 disana banyak barracuda sama barramundi.." mendengar dua ikan primadona casting, jelas aja telingaku langsung berdiri..."hehehehe ayo lah,besok jam 5 subuh ya kita brangkat" usul saya, dan langsung di iyain dengan abang ipar.

Besok pagi, abang ipar saya sudah menjemput ke rumah ibu saya.langsung aja kami bertiga berangkat menuju singkawang.
perjalanan di temani dengan keadaan air laut mulai pasang,dan airnya mulai menggenangi jalan raya yang menjadi salah satu urat nadi lalu lintas kal-bar ke sepanjang kota dan desa desa pantai utara.
"wah kalo telat berangkat dikit aja, pasti udah gak bisa lewat neh" pikir ku gitu.karena kalau sudah musim bulan desember gini jalan2 tersebut langganan banget kerendem banjir.

akhirnya jam 8.30 kami tiba di pantai sedau, pantai tersebut ternyata sedang di benahi untuk keperluan pariwisata, denger2 ada 4 investor asing yang menanamkan sahamnya di pantai tersebut. dalam hati saya mudah2an pengelolaannya bisa professional seperti di Bali.pantai tersebut bukan lah pantai pasir, tapi lebih tepatnya lagi pantai batu karang. spanjang pesisir nya penuh sekali dengan batu karang..."wah kayanya spot yang bagus neh..." dengan gak sabar kami mulai merakit peralatan perang kami. tapi....ternyata, angin terlalu keras..banyangin aja popper yang sberat kurang lebih 1/2 ons di lempar ke depan bisa balik lagi ke muka saya...gila kan? alih2 congor barramundi yang terkait, bisa2 bibir gw neh...hiiii nggak bangeeetsss....

agak kecewa juga karena gak bisa casting di alam lepas gini, daripada kesel, kami bertiga memutuskan untuk mengakhiri casting yang cuma berhasil melempar 3 x doang dan duduk m inum di pinggir pantai yang banyak banget dengan bangunan kios baru. sambil minum kami iseng nanya2 ke ibu2 pemilik kios. Nanyain ada ikan apa disini ? ternyata bener katanya yang paling banyak kakap dan kerapu, cuma kalo musim sperti ini, emang ikan2 seperti itu susah didapat bahkan gak ada sama sekali.wueeeehhh emang percuma kaleee...yah udah jauh2 ke sini tapi gak mancing kan garing banget..trus kita mutusin buat ke singkawang aja sambil iseng nanyain lokasi mancing di sana.eh bener dong, ada lokasi pemancingan di singkawang yang namanya teratai..hehehe makin semangat pas denger ikan2 yang ada disana predator semuaaaaaaaaahhh hahahahahahahaha :smt055 AZZZEEEEEEKHHH.....

Sesampai disana kami dicegat dengan penjaga pintu, oooh bayar toh masuknya. satu orang kena charge Rp.3000,-. iseng saya tanyain ke penjaga itu " mas, ada kolam pemancingan disini ya?", " ada pak, ikan2nya bawal, gurame, jelawat tapi musti bawa alat sendiri.."..
mendengar koleksi ikan2 yang predator seperti itu, kami makin gak sabar.begitu masuk ke dalam area rekreasi tsb, kami tercengang melihat "woow...luasss bang geeeeet........kolamnyah" mirip2 danau kecil gitu deh.makin SEMANGAAAAAATTTTT !!!! :smt066

Karena peralatan sebelumnya emang sudah siap dengan kondisi siap casting, jadi kami cepet aja sudah dengan posisi masing2.saya dan adik saya milih kolam yang gak terlalu besar di samping restoran, sedangkan abang saya milih di kolam yang ada restorannya.
syuurrrrrr.........lemparan pertama saya mulai di kolam yang airnya tenaaaaang banget tanpa riak sama sekali (gak keliatan banget ada kehidupan didalamnya gitu), "bul...blub...blub..." tiba2 ada busa2 air yang keluar ke atas dari semua pinggir kolam ke arah lemparan saya...saya pandang2an dengan adik saya. "hehehehe...kayanya banyak neh rick...".saya retrieve pelan aja Maglure Jointed minnow 3 cm warna item pink buatan kyai magelang..."eh kok boncos..."
syuuuurrrrr......lemparan ke dua....retrieve pelan lagi sekali2 brenti skitar 2 detik tapi dengan interval yang acak, baru sekitar 5 kali gulung "BREETTTTTTT.....!!!!" tarikan yang sangat kencengggg banget didalam kolam narik lure saya, KRRRRRRRRRIIIIINGGGGGG...KRRRIIINGGG...KRRRIIING reel saya berbunyi nyaring..adrenalin langsung terpompa, ketawa saya gak bisa di tahan HAAHAHAHAHHAHAHA ada ikan yang berhasil di Abusiiiiiiiii....:smt044
girangnyaaaaa....belum selesai ikan itu mendarat, gak lama adik saya juga bernasib sama lure surecacth 4.5cm dibaham jga dengan bawal...hampir aja tali kami berdua berlilitan. tarikan bawal2 ini sangat dahsyat, sampe akhirnya "BYUURRR...3x" bawal2 tersebut melumpat2 berusaha melepasin ikan yang membodohi preman2 kolam.ehehehhe akhirnya berhasil didaratkan yang sebelumnya bawal2 tersebut berusaha lari ke semak2..mayan mungkin se ekornya beratnya sekitar 1 Kg lebih deh.."weh, yang segini aja udah lumayan tarikannya, apalagi yang gede 3kg ya?" pikir saya gitu.dengan bangga saya berteriak ke abang saya sambil mamerin ikan bawal tsb adik saya juga sama2 ngeliatin. abang saya ngacungin jempol dari jauh sambil tangan kanan nya megang erat joran,bretttttt...... tiba2 tangan abang saya ditarik, hampir aja joran kesayangannya terlempar.ternyata ada yang menghajar lure rapala nya.saya sempat melihat muka nya ampe pucet dengan tarikan ikan itu..."Lauk naon yueh....?" katanya sambil teriak panik...tapi cepat nguasai keadaan, gak lama ikan itu meloncat tinggi banget ke atas..."Walaaaaahhhhh...ARWANA GOLDEN RED ...!" panjang arwana tersebut sekitar 90 cm - 100 cm deh.ghede bang get.pertarungannya ngabisin waktu beberapa menit tapi yang pasti gak lebih dari 10 menitan, "TUSSSSS...." heheheheh putus dong...wakakakakakak....saya dan adik ketawa2 gila ngeliat muka abang saya yang bengong tiba2..."Sialaaaaaan lure gw di embat tuuuuuh..." katanya sambil ketawa."mas, maap.Arwana nya gak boleh di pancing" tiba2 ada pegawai yang mendatangi kami, "loh? saya kan gak tau kalo disini ada arwana,lagian kok saya gak dilarang? padahal jelas2 anda sudah lihat kami mancing disini..? jelas bukan salah kami dong kalo sampai arwana nya kepancing kan..?" si penjaga nya langsung ngomong gini "yaaah saya pikir bapak gak bakal dapet mancing nya kalo make umpan gituan..." hehehehehe keteepuuuuuu...ikan sama penjaganya sama2 o'on nya..hihihihi...:smt044:smt044
akhirnya abang saya pindah ke kolam yang lain, bgitu juga saya dengan adik saya pindah ke kolam yang ada sepeda2 air yang hilir mudik. yang emang salah satu fasilitas tempat rekreasi di situ.
sekitar 7 sampai 10 x lemparan, akhirnya kami mkembali berpesta berantem dengan bawal2 yang gede di kolam tersebut. sampe2 orang2 yang make speda air pada brenti nonton kita bertiga.banyak banget bawal yang berhasil kami naikin.pikir2 bisa melorot neh dompet, adik saya ngambil inisiatif buat nego sama si penjaga, selipin duit dikit sambil bikin perjanjian ikan2 nya gak bakal kami bawa pulang.(karena emang daging bawal air tawar emang gak enak kan, atau ada resep yang paten?bagi dong kalo ada yang tau?) kami cuma pengen fun aja.untunglah si penjaga masih ada mental korup..hihihiihi dasar ya..? jadi kami dibiar2in aja gak dijaga,sampe2 kami bosen casting dgn bawal, karena saya juga liat ada gerombolan gurame di sudut kolam, dan body2nya gede2 banget.
saya coba casting di tempat gurame2 ngumpul, kayana mereka lagi ada arisan deh..soalnya rame banget.cuma yang aneh sampai puluhan kali kami casting tapi tetep aja boncos, sampe si lure dilewatin depan mata mereka, mereka teteup cuek tuh... WHY...?????? :confused::confused:
udah ganti semua koleksi lure tapi teteup aja cuek, dan udah ganti semua jurus retrieve teteup aja cuek...
akhirnya capek lagian udah terlalu sore, sudah saatnya kami pulang.

sepanjang perjalanan kami ketawa2 aja mengingat pengalaman tadi...
sayangnya foto2 nya gak ada, kami terlalu eophoria jadinya lupa deh.maap ya...laen kali kalo saya bikin thread baru, insya Allah bakal ada foto2nya deh...

burski
27-12-2007, 11:51
Manteeeph bangeth dah Tu Trip! pake strike arwana, lagiih! hehehe! Selamat ya!

Viva casting bawal.!! :smt055

Greys
27-12-2007, 22:02
mantaffff...STRIKE GOLDEN RED.....
foto-nya dong bosss..biar tambah asyik...

william
27-12-2007, 23:22
Busyet dah kok diem2 aja sih. Pdhal ke sedau dan teratai ga bilang2 hehe. Pdhal saya ada d rmh tuh. Coba bilang haha3. Arwana bos atung tdk boleh d pancing, hati2 1kg 25rb loh. Ada toman juga. Tmpt main perahu ada bawal 5-6kg tuh. Toman 8kg. Haha. Nga berani mahalnya. Untung bisa nyogok hahaha, btw mantap deh pak.

william
27-12-2007, 23:27
Busyet dah kok diem2 aja sih. Pdhal ke sedau dan teratai ga bilang2 hehe. Pdhal saya ada d rmh tuh. Coba bilang haha3. Arwana bos atung tdk boleh d pancing, hati2 1kg 25rb loh. Ada toman juga. Tmpt main perahu ada bawal 5-6kg tuh. Toman 8kg. Haha. Nga berani mahalnya. Untung bisa nyogok hahaha, btw mantap deh pak.

hampala
28-12-2007, 06:52
Arawana 25rb sekilo ?? mau doooooooong....

william
28-12-2007, 09:01
Arawana 25rb sekilo ?? mau doooooooong....

:smt067:smt067enak aja tidak boleh di pancing om,,,, kalo bos nya ada kena tuh omelan hehehe,,, yang dalam restounrant kagak boleh di pancing arwananya banyak 1meteran deh,,,:smt067

tolong reply saya yang double iya Pak mod thx....

ku2bima
28-12-2007, 14:47
WAH........ acik tuh, casting bawalnya............:D:D;)

jadi pengen.......:( kalo di jakarta ada tempat cast bawal dimana bos? ajakin dong....... please.......:smt100

william
30-12-2007, 09:36
Selamat deh kemarin tgl 29 desember 2007 sore jam 4 nyajen lure di danau iya,,, itung itung buat perkenalan ama bawal air tawar,,, berminat ikut ke kandang mancing bawal 3 kilo,,, coba bawal mono 10 lbs aja, lempar bisa jauhan,,, ato PE 0,8lbs heheheh pasti asyik tuh pak,,,,,

inton
30-12-2007, 17:23
Selamat yah oom..
top banget dah casting-nya.. :-)
apalagi arwana-nya.. hehe.. :-)

candra
01-01-2008, 22:59
Mantep pak, eduuun ... casting dapet arwana, golden red lagi:eek::D

Kelabawgagak
04-01-2008, 19:29
Selamat deh kemarin tgl 29 desember 2007 sore jam 4 nyajen lure di danau iya,,, itung itung buat perkenalan ama bawal air tawar,,, berminat ikut ke kandang mancing bawal 3 kilo,,, coba bawal mono 10 lbs aja, lempar bisa jauhan,,, ato PE 0,8lbs heheheh pasti asyik tuh pak,,,,,


hehehehe ampe nyajen 4 biji donk...hik...tapi untung yang ada di pasaran..heheheh coba kalo maglure, gak mampuuuu nungguinnyaaahhh...ampuuun om soni hehehehe :rolleyes::rolleyes:, gara2 penasaran jadi saya ama kakak lagi cari2 lokasi neh, pengen buat kolam pemancingan bawal.coba kalo trip ke tmpat sodaranya om wil jadi, kan gak perlu penasaran ampe kaya gini neh..hahahahaha :D

firhan
14-01-2008, 20:03
wiiih enak banget ya narik arwana 100cm lagi

pengenzzz donkzzz!!!!!


sukses selalu tu u

hampala
22-01-2008, 06:20
ampuuun om soni hehehehe :rolleyes::rolleyes:, gara2 penasaran jadi saya ama kakak lagi cari2 lokasi neh, pengen buat kolam pemancingan bawal.coba kalo trip ke tmpat sodaranya om wil jadi, kan gak perlu penasaran ampe kaya gini neh..hahahahaha :D

Ayo.. mana nih report`nya ?? arsenal udah komplit kan ??

irwan riduan
22-01-2008, 11:56
waduh kayaknya bisa di coba nich
ditempaatku di tangerang haari minggu kemarin sempaat maancing ikan patin yang lumayan besar besar di danau galian pasir yaang dalemnya sampe 4 meter !
waktu mancing patin pake umpan sagu and pasta nangka , sempet strike juga karena joran saya kasih kerincingan buat kode kalau adaa yang makaan karrena susah banget daapetin patin disitu !!! sambil mancing mujair buat oleh-oleh orang rumah , semet dapet 4 ekor ukuran 6 ons tiba tiba joraan yaang dikasih kerincingaan bergerak ditaarik ikan besar daan bikin berantakan alat-alat pancing samaa umpan yang paadaa tumpaah daari tempatnya karena tersapu joran yang strike !!! baru angkaat joran paling lama 10 deting daan kelihatan badan ikan hitam nan tebal seperti bawal !!! eh ternyata benar kelihtaan baawaal yang lumaayan besar kira-kira 5 kg . karuaan hati saya jadi ragu bisa ngak naikin bawal karena pancing buat patin dan tentunya ngak ada neklin nya ......... paasti putus nich kena giginya yang tajem....... belum habis pikiran begitu ....... tess ngaak ada rasaa lagi cuma taarikan reel yang enteng banget !!! jadi deh gigit jari buat angkaat bawal yang katanya udaah lebiih dari 4 taahun aadaa distu daan belum pernah aada yaang dapet ,,
ok bisa dicoba kayaknya pake lure atau rapalaa yaach ....

tanks buat infonya nanti saaya coba walau lure yang saya punya ngak tau di taruh dimana tapi kalau ada rekom apa yang bagus lurenya ..?

irwan riduan \
tangerang
:smt055