PDA

View Full Version : Membina Umpan di Kolam Galatama



kakang
31-12-2007, 04:55
Tanpa bermaksud yang berlebihan apalagi menggurui, saya mencoba menyajikan artikel yang saya baca dari sebuah majalah mancing yang ditulis oleh Bapak Sulistiono, dengan disana sini saya mencoba menambahkan sedikit pengalaman yang saya alami.

Tulisan ini hanya untuk rekan rekan yang belum sempat membaca artikel dari Bapak Sulistiono dan untuk para senior saya memohon izin dan mohon bimbingannya untuk melengkapi artikel ini.


LANGKAH TAKTIS MEMBINA UMPAN DI KOLAM GALATAMA

Membina umpan di kolam galatama sangat diperlukan, karena ikan mas diketahui mempunyai daya ingat yang cukup tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya, sehingga di kolam galatama tidak pernah suatu umpan menjadi tren dalam waktu yang cukup panjang.

Ikan mas mempunyai kemampuan menemukan kembali tempat tempat dimana ia pernah menemukan makanannya, ia juga mampu mengenal bentuk, warna dan aroma makanannya, sehingga umpan yang telah terlalu lama menjadi tren semakin lama akan semakin memudar akibat dari kewaspadaan ikan terhadap umpan yang sering membuatnya terpancing.

Untuk itulah kita harus membina umpan kita sendiri, agar di saat ikan sudah sangat waspada terhadap aroma tertentu, kita sudah mempunyai umpan yang baru dan tentu saja umpan ini hanya kita yang tahu komposisinya, karena umpan ini adalah hasil kreatifitas kita dalam mencampur berbagai essen.

Tehnik membina umpan dapat dilakukan dengan dua cara :
1. Pembinaan Jangka Pendek
2. Pembinaan Jangka Panjang

Dasar dari pembinaan umpan adalah bahwa ikan mas akan memakan umpan yang biasa dimakannya sehari hari, jadi disini kita akan mengenalkan umpan kita kepada ikan di kolam tujuan.

Inti tehnik membina umpan ini adalah pemancing mengenalkan umpan dengan aroma baru hasil kreatifitas pemancing dan berbeda dengan aroma yang sedang tren, sehingga ikan menjadi terbiasa dan menyukainya.

Agar bisa berhasil, komposisi ramuan umpan yang dipakai selama masa pembinaan harus selalu sama, tidak peduli umpannya “jalan” atau “tidak”.


1. PEMBINAAN JANGKA PENDEK.

Disebut pembinaan jangka pendek, karena tujuannya cuma untuk kompetisi dalam satu babak atau satu hari mancing saja, targetnya jelas bukan ikan rame, tetapi ikan induk atau babon.

Syarat pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui umpan dengan aroma bagaimana yang sedang “dimakan” oleh ikan di kolam tersebut, informasi ini bisa didapat dari pemancing yang sudah kita kenal maupun dari kenek/kedi.

Selanjutnya buatkan dua buah jenis umpan
Umpan pertama, dibuat dengan komposisi persis dengan umpan yang sedang “dimakan” atau istilahnya sedang tren.
Umpan kedua, adalah umpan binaan kita yang baru yang merupakan penggabungan dari umpan yang sedang tren ditambah dengan satu atau beberapa essen yang kita inginkan.

Pertama tama umpan yang di pulung di mata kail seluruhnya adalah umpan yang sedang tren, sedangkan umpan binaan kita ditempelkan/dicampur dengan kepalan “bom”, lakukan terus menerus selama kurang lebih 15 menit pertama.

Setelah 15 menit pertama lewat, mulailah menempelkan umpan binaan ke salah satu mata kail (biasanya ada 3 mata kail), untuk memudahkan pengamatan, tempelkan umpan binaan ke mata kail paling atas.

Selanjutnya setiap umpan kita disambar ikan, perhatikan umpan mana yang dimakan, kalau beberapa kali umpan binaan telah menghasilkan sambaran ikan maka gantilah seluruh umpan yang digunakan dengan umpan binaan, karena sang ikan sudah mulai menyukai umpan binaan kita.

Tetapi kalau umpan binaan belum menghasilkan sambaran maka teruskan dengan komposisi umpan binaan di taro di mata kail paling atas dan dua sisanya tetap memakai umpan yang sedang tren.


2. PEMBINAAN JANGKA PANJANG

Pembinaan jangka panjang ditujukan untuk meraih target juara total dan juara induk dalam waktu yang lama. Waktu yang dibutuhkan sampai umpan kita jadi, bisa sangat panjang, mungkin seminggu, dua minggu atau sebulan bahkan mungkin lebih tergantung dari seberapa luasnya empang.

Pembinaan ini kalau sudah matang bisa menjadikan kita berkali kali juara, karena selama pemancing lain belum dapat menyaingi atau membajak komposisi umpan kita, selama itu pula kita berpeluang selalu unggul.

Tetapi tetap harus diingat umpan yang sudah jadi, tidak akan selamanya unggul, tetap harus dipersiapkan umpan binaan yang baru pada saat “umpan jadi” sudah mulai memudar akibat dari tingkat kewaspadaan ikan yang semakin tinggi terhadap umpan kita.

Pada prinsipnya pembinaan jangka panjang hampir sama dengan pembinaan jangka pendek, yaitu pembinaan melalui beberapa tahap, hanya saja pembinaan jangka panjang menggunakan umpan yang benar benar berbeda dengan umpan yang sedang tren.

Umpamanya umpan yang sedang tren beraroma wangi buah (nangka, strawberry, jambu biji, durian) maka umpan binaan menggunakan wangi kue (pandan, vanila, coklat dll) bisa juga ditambahkan dengan aroma amis dari choya, sari laut dll.

Yang harus diperhatikan disini, mutlak kita harus mengingat komposisi umpan binaan, karena setiap kali mancing komposisi ramuan harus tetap sama.

Sebagai permulaan umpan buatan selama sehari dua hari cukup ditempelkan di umpan bom, sedangkan umpan di kail tetap menggunakan umpan yang sedang tren, kemudian berlanjut dengan menempelkan umpan binaan di salah satu mata kail, setelah intensitas sambaran pada umpan binaan semakin sering baru umpan binaan digunakan sebagai umpan utama.

Pembinaan jangka panjang sangat membutuhkan kesabaran , tapi pada saat telah jadi, maka umpan kita akan menghasilkan sambaran baik ikan rame maupun ikan super.


Semoga ada manfaatnya untuk rekan rekan.

chris
31-12-2007, 07:22
mantep om... :smt023:smt023:smt023

msukamto
31-12-2007, 11:01
Wah Kakang ini memang murah hati sekali.

Memang pada dasarnya semua yang disampaikan Kakang itu bener banget. Saya sudah pernah coba sebelumnya beberapa bulan lalu dengan membuat umpan tren yang dipasang di kail dan di bom nya saya gabungkan dengan kreasi sendiri yang ukurannya saya catat supaya tidak lupa. 3x saya pake umpan kreasi di bom nya bikin saya pun gak percaya kalau ikan pada ngumpul. Nah pas uji coba yang ke 4 saya coba umpan tren di 2 mata kail bawah sedangkan kreasi diatas dan ternyata setelah +/- 45 menit mulai ada yang nyambar umpan kreasi. Saya coba lagi beberapa kali seperti itu dan hasilnya pun tidak mengecewakan. Pas waktu tinggal tersisa 30 menit lagi, saya merubah posisi yaitu yang kreasi bikin 2 dibawah dan tren cuma 1 diatas. Hasilnya pun yang kreasi kita dimakan. di uji coba ke 5 saya nekat pake umpan kreasi disemuanya baik mata kail atau boman, yaah walaupun gak dapet ikan babon tapi hasilnya lumayan banyak mencapai 90kg dan itu pun belum masuk kategori prestasi karena cuma beda selisih beberapa kg.
Terima kasih banyak nih buat Kakang yang sudah memberikan advice nya yang baik.
Maju terus pecinta empang dan selamat tahun baru 2008

kakang
31-12-2007, 12:24
Saya pun berharap begitu pa maulana
Semoga empang kita semakin menggeliat
Selamat taun baru juga

ku2bima
31-12-2007, 13:06
Yahud........Sip Tenan.....
thanks buat para senior sdh bagi-bagi pengalaman.
tapi berhubung saya baru mau belajar mancing galatama, bisa gak di bantu dasar2 meramu umpan itu gimana? coz selama ini kalo di empang/ kolam biasanya mancing kiloan bawal dgn casting. katanya perlu trik khusus meramu umpan buat galatama ya om? tergantung cuaca juga ya? bagi ilmunya dong.................

metzad
01-01-2008, 18:49
Cap 2 Jempol mas Wawan .... :)
Nanti tak kirimi cendol ijo

kakang
02-01-2008, 03:48
Yahud........Sip Tenan.....
katanya perlu trik khusus meramu umpan buat galatama ya om? tergantung cuaca juga ya? bagi ilmunya dong.................

Cara meramu umpan sudah banyak dibahas di forum ini, salah satunya coba bapak liat ramuan berbagai musim dari pa sawung.
http://www.fishyforum.com/attachments/14046d1195220085-ramuan-umpan-2.doc



Cap 2 Jempol mas Wawan .... :)
Nanti tak kirimi cendol ijo

Terima kasih cendolnya, udah diterima

M-BEI
02-01-2008, 09:02
Anda memang layak di sebut maestro, infonya seambrek darimana saja.... dan tentu probabilitasnya sepertinya selalu Kakang pergunakan..... semoga tips-tips seperti ini banyak bermunculan dan akhirnya makin banyak pencinta empang, yang berarti banyak memunculkan tenaga kerja baru, baik kedi, toko pancing dan produsen...... dan kembali ke pemancing yg menikmati hasilnya.....

Mantep-tep Kang..... salam strike :smile:

tombro balap
08-01-2008, 10:27
Siap dipraktekkan Boss.... lebih yahuud lagi kalo Kakang infoken juga resep oplosannya... tengkiyu Kakang.

AryoP
08-01-2008, 19:59
Terimakasih atas ilmunya bos. Saya termasuk orang yang nggak PD dengan umpan buatan sendiri. Soalnya, udah dipake beberapa kali tapi hasilnya tidak memuaskan. Setelah mendapat penjelasan "suhu",... jadi mulai tumbuh rasa PD. Sekali lagi,.. tengkyu berat

Van$taal
08-01-2008, 20:11
manteb bos...:smt023:smt023
bagi2 elmu biar nambah terus elmunya :D
saya juga mo bagi2 cendol ah...

kakang
09-01-2008, 01:08
lebih yahuud lagi kalo Kakang infoken juga resep oplosannya..

Untuk membina umpan, oplosan awalnya disesuaikan dengan oplosan yang "sedang makan" di kolam bersangkutan, untuk mendapatkannya bisa ditanyakan ke kedi/kenek atau pemilik empang, biasanya mereka dengan senang hati akan ngasih.



Saya termasuk orang yang nggak PD dengan umpan buatan sendiri

Jangan ragu mencoba umpan sendiri kang..., umpan yang bagus dihasilkan dari peracik umpan dengan jam terbang yang tinggi.

Di kolam ada rumor, pendatang baru di kolam tersebut biasanya akan menjadi juara, ini sudah banyak terbukti.
Kalau dipikir mungkin ini ada hubungannya dengan ikan super dikolam tersebut sudah sangat waspada dengan oplosan yang sedang tren, begitu ada pendatang baru dengan membawa ramuan yang baru, si super kurang waspada, umpan langsung di sedot.



manteb bos...:smt023:smt023
bagi2 elmu biar nambah terus elmunya :D
saya juga mo bagi2 cendol ah...

Terima kasih kang...

metzad
11-01-2008, 01:13
Jangan ragu mencoba umpan sendiri kang..., umpan yang bagus dihasilkan dari peracik umpan dengan jam terbang yang tinggi.

PM nya udah d buka blom ?

kakang
11-01-2008, 01:39
PM nya udah d buka blom ?

Udah saya replay..
Tapi seperti kata tukang kain

"Luntur Tidak di Tanggung", he.. he..

metzad
11-01-2008, 01:50
Udah saya replay..
Tapi seperti kata tukang kain

"Luntur Tidak di Tanggung", he.. he..


Ok, ok...gpp
Saya juga lagi belajar meracik umpan sendiri mas. Dan sebagai experimentnya, tak pakai teman2 disini (lempar batu sembunyi tangan....hehehe)

Tips anda "membina umpan di kolam GT" ini sangant bermanfaat sekali, ntar besok2 kalau udah bisa mancing sendiri lagi, tak pakai nich tip.

msukamto
17-01-2008, 17:15
Waduh Kang,

Umpan Pak Sawung memang jempolan banget. Kemarin saya main di Fishing Valley Bogor pake ramuan musim ujan dan WOOOOWWWW lumayan banyaj walaupun gak sampe prestasi.

Thx,

kakang
17-01-2008, 18:22
@msukamto : Sawung aka vanstal dari gunung putri gitu lho...... so... pasti... lah tokcer

Roberts
18-01-2008, 10:02
Thx atas infonya kang...

Semoga bagi pemancing pemula di kolam GT bisa mendapatkan hasil yang lumayaan.....
Memang kadang-kadang sebagai pemula sewaktu mengoplos umpan sudah merasa pesimis ini umpan "jalan" atau tidak.
Kalau Kakang berkenan tolong bagi ilmunya... untuk aroma atau essence yang tidak disukai ikan super atau babon sehingga keyakinan kita bisa tumbuh akan oplosan umpan yang akan dibina ok...

thx

Van$taal
18-01-2008, 13:01
wah...jangan gitu ah...
saya mah belon ada apa2nya kalo dibanding ama akang Kakang...:p
mungkin kebetulan aja umpan pas jalan...:)
BTW selamat ya pak MSukamto...:smt023
kapan2 bisa ketemuan mancing bareng (asal hari libur)

M-BEI
18-01-2008, 13:17
Wah pa sawung kemana aja neh? kita kemarin nungguin di muara binu sampe ngantuk nggak nongol2, ya jadinya batal ngejig deh!

oia, ramuan pa sawung pasti lebih ok untuk daerah sana, karena beliau kan tinggal di sekitar daerah itu. jadi beliau ini mungkin sudah try-error.

itulah salah satu manfaat dari forum ini. kita banyak informasi dari mana-mana, jadi begitu turun sedikit-sedikit sudah ada bayangan medannya.

salam:smt023

Van$taal
18-01-2008, 13:56
@M-BEI: kemana aja neh? kita kemarin nungguin di muara binu sampe ngantuk nggak nongol2, ya jadinya batal ngejig deh!

OOT dikit,
iya pak, nyesel juga si...ada pekerjaan yg ga bisa ditinggalin...
mudah2an the next bisa ikutan...:p

kakang
20-01-2008, 01:36
@Roberts : aroma yang kurang disukai ikan mas biasanya garlic, almond dan sejenisnya (menyengat), tapi terkadang saya malah lempar bom yang udah dicampur garlic yang cukup banyak.

Maksudnya biar ikan kecil kecil pada menyingkir, dan diharapkan ada babon yang datang, tapi harus super sabar.

Terkadang kalau lagi sebel sama tetangga yang ngambangin ikan sehingga ikan bergerombol ngambang dilapaknya, dilempar aja pake bom yang dicampur garlic, pada kabur semua tuh ikan tetangga hi.. hi..

Tapi jangan di contoh ya... karena mengandung unsur sirik ha.. ha.., abis sebel udah tau mancing dasar, eh.. ikan diambangin :D:D:D

Lefziht
20-01-2008, 20:17
Waduh Kang,

Umpan Pak Sawung memang jempolan banget. Kemarin saya main di Fishing Valley Bogor pake ramuan musim ujan dan WOOOOWWWW lumayan banyaj walaupun gak sampe prestasi.

Thx,

Yang resep musiman itu klo ndak salah aslinya dr blognya mas hotma ato siapa gitu, aq agak lupa. Aq jg pake dan bener2 ndak ngecewain dech...

Roberts
21-01-2008, 08:43
Matur Suwon sangat Kang.... ntar aq coba kasih Garlic untuk umpan bom, trus pelet bom yang bagus pakai apa kang ?
Untuk info dikolam GT Surabaya biasanya pelet 789 + Pelet Bandul Spesial merk BaPaKe ok thx ......

metzad
21-01-2008, 19:31
Om Bets, katanya disurabaya pake "ACIAN", lho koq masih ada yang pake 789 ... ???

kakang
21-01-2008, 19:44
@Roberts : untuk pelet bom menurut saya merek engga berpengaruh, sama aja, yang penting si pelet ngambang atau tenggelam.

nah kalau boleh pake pelampung pake pelet yang mengambang, kalau sistemnya glosoran pake pelet yang bisa tenggelam.

Semoga bermanfaat

metzad
21-01-2008, 20:11
@Mas Wawan aka KAKANG, Kalo peletngambang itu maksudnya gimana ?
Apa seperti Othok2 (masih Butiran pelet), gitu ?

kakang
21-01-2008, 20:21
@metzad : Kalau di sini untuk mengambangkan ikan dipake pelet lele, berupa butiran butiran kecil, kalau dilempar ikan akan berserakan di permukaan air.

Kalau untuk pelet yang tenggelam dipake pelet shinta, berupa butiran butiran besar sehingga sering juga disebut pelet babi, kalau dilempar si pelet akan langsung tenggelam.

Penggunaan kedua jenis pelet tersebut harus disesuaikan dengan dimana kita mancing, karena ada pihak kolam melarang dan ada yang membolehkan penggunaan kedua pelet tersebut.

metzad
21-01-2008, 20:29
Ooo...gitu toch !!
Kalau disini (Tuban), Pelet ngambang (Othok2) dilarang mas.
Disini, rata2 GT Fisher, pake pelet halus & essen bebas....hehehe...

Tapi kalau di daerah Lamongan bebas & rata2 pake glosor tuch tehniknya (mungkin keberadaan ikan ngga terlalu ngambang kepermukaan)

Lefziht
21-01-2008, 22:45
Tapi kalau di daerah Lamongan bebas & rata2 pake glosor tuch tehniknya (mungkin keberadaan ikan ngga terlalu ngambang kepermukaan)

bener mas... Kok tau...??? Pernah turun d Lamongan jg ya???

metzad
21-01-2008, 23:14
ngga juga, info dari rekan2 yang pernah turun disana saja

Tb Fauzan
23-01-2008, 10:03
Wuah sebagai pemula di galatama.... dan baru join di FF, dah dapet ilmu dari para senior dan master....wah pantesan kemaren ikutan turnamen cuma bisa nyengir liat orang pada ngangkatin ikan he he he...terima kasih berat Pak wawan atas ilmunya....
meramu umpan = seni.....Jadi pemancing bisa juga disebut seniman...he he he..

Lefziht
24-01-2008, 00:59
Setuju.......................

metzad
24-01-2008, 16:56
Mas Wawan, udah dibuka PM saya ?

Trim's Sebelumnya

Bagoes
24-01-2008, 17:48
Thanks bos infonya.....ngeracik lagi ahhhh....tapi temen seperjuangan gua waktu ngeracik dimana yaa....TIIIIIIII ngeracik yukkk......

kakang
24-01-2008, 19:00
Mas Wawan, udah dibuka PM saya ?

Trim's Sebelumnya


Engga ada tuh bro... salah masuk kali

msukamto
25-01-2008, 13:54
Bos semua,

Gimana kalau Sabtu besok atau Sabtu kapan aja kita mancing bereng di PIK yang jam 3 sore.

Mungkin dari semua rekan FF disini pasti kenal dengan PIK.
Nama empang saya : Marimas

Rencana Sabtu besok mau ke sana ikut yang jam 3 atau kalo gak sempet yang jam 6

kakang
25-01-2008, 16:40
Bos semua,

Gimana kalau Sabtu besok atau Sabtu kapan aja kita mancing bereng di PIK yang jam 3 sore.

Mungkin dari semua rekan FF disini pasti kenal dengan PIK.
Nama empang saya : Marimas

Rencana Sabtu besok mau ke sana ikut yang jam 3 atau kalo gak sempet yang jam 6


Boleh mas.. kapan kapan kita sana, nama empang saya tetep kakang.

Untuk sabtu besok coba konfirmasi dulu kesana, soalnya minggunya ada lomba gede disana, takutnya sabtu ini PIK libur untuk persiapan lomba minggu.

msukamto
28-01-2008, 13:30
Sabtu Yang pahit Kang,

Umpan diramu dirumah pake musim teduh, pas nelpon tau nya tutup, daripada mubazir kita gebrak aja di Puri Metropolitan yang jam 1/2 6. Gile bener semua jagoan PIK banyak yang ngungsi kesana gara-gara tutup. Saya aja dapet lapak nomor terakhir pas pengundian nomor 70 dapet lapak 16. Disitu kurang beruntung karena cuma dapet 2 ekor doang tapi rata ke semua lapak.

Kapan-kapan atur deh sama Kakang buat kita bisa barengan tempatnya yang enak aja kalo gak di PIK berarti ya Puri.
0817784236

kakang
28-01-2008, 15:32
Dengan senang hati, kalau pa maulana tinggal di bogor, apa engga pengen nyoba cibubur atau TMII.

Sekedar informasi, pa maulana pernah nyoba ke buperta cibubur engga, sebentar lagi mau tutup, kontraknya abis engga diperpanjang lagi, kalau belum nyoba kan entar penasaran keburu tutup he.. he.., maaf... becanda.

HP saya 0811939925, kalau hpnya mati pa maulana sms aja.

Terima kasih

msukamto
28-01-2008, 17:06
Kapan mulai tutupnya yang di Buperta ?

Rencana saya mau ikutan yang tanggal 29 Maret lomba IFT Galatamania.

Tiket di TMII dan Cibubur berapa Kang, terang teu ? Abdi mah can ngaraosan didinya

kakang
28-01-2008, 17:35
Saya juga mau ikutan acara IFT di cibubur, besok deh saya daftar.

Lamun teu salah sateuacanna tutup taun payun kang, cibubur tos tutup.

Di TMII sama di cibubur tiket normalnya 100 ditambah c 50, sekitaran segitulah...

Cuma di cibubur sekarang sering ngadain tiket gede, biasa lah kang... mau tutup... jadi di geuber abis.

msukamto
29-01-2008, 14:20
Mulai jam berapa aja tiap harinya ? tiket gak berubah-rubah kan kaya di PIK ?

Lamun hari kerja enaknya ambil yang hari apa aja Kang ?

Btw, Where is every body ? ngan 2 an wae yeuh !!!!!

AngleRboY
30-01-2008, 17:16
Btw, Where is every body ? ngan 2 an wae yeuh !!!!!

hehehe..
hadir pak!
jgn pakai bahasa sunda atuuh..
abdi teh ente paham :D

kmaren sempat mancing GT di tmii ama om Wawan alias kakang & mas Chris..
istrinya om Wawan berhasil mendapat juara 1 dengan ikan mas seberat 10+kg.

anyway, thx again yah om Wawan..
you know what i mean lah.. hehehe ;)

msukamto
30-01-2008, 17:20
Waduuh, Kalo ada kegiatan barengan gitu yang kira-kira di PIK atau Puri kabarin doong di HP saya 0817784236
Saya juga kan pengen kenal juga sama semuanya

AngleRboY
30-01-2008, 17:31
heheee..
saya rencana besok mau di pik yg sesi I jam 3..
pa maulana mau gabung?
siapa lg yg mau gabung? :)

ps: td nya hari ini mau GT patin di puri..
eh pas telp ga kebagian tempat :(

giriwil
30-01-2008, 19:41
Buperta mo tutup? euleuh euleuh... dah lama aku gak mancing di sana semenjak ada cibubur junction macetnya tambah parah euy.

Gimana kalo Kang Wawan menjadi investor baru menggantikan h.Wili?:rolleyes: ane pasti ke sana lagi deh :D :smt035

kakang
30-01-2008, 22:29
Mulai jam berapa aja tiap harinya ? tiket gak berubah-rubah kan kaya di PIK ?
Lamun hari kerja enaknya ambil yang hari apa aja Kang ?
Btw, Where is every body ? ngan 2 an wae yeuh !!!!!

Tiket biasa standar 100, kecuali ada even khusus, naik kaya roket, di cibubur sama tmii senin sampe jumat, sama enaknya pesertanya banyak, tanya tuh bro.. ary kemaren hari selasa pesertanya lumayan banyak.




kmaren sempat mancing GT di tmii ama om Wawan alias kakang & mas Chris.. ;)

He.. he.. bro ary.. dari cara mainnya, ketauan sudah malang melintang di dunia persilatan.. eh.. dunia pemancingan



Waduuh, Kalo ada kegiatan barengan gitu yang kira-kira di PIK atau Puri kabarin doong

Gabung tuh besok sama bos ary di PIK, ai engga bisa ikut reportnya aja deh he.. he..
Entar 29 maret ikut IFT di cibubur kan, sebelumnya tanggal 24 pebruari di cibubur ada Shimano Fishing Tournament, daftarnya di aneka ragam atau di kolam cibubur.



Buperta mo tutup? euleuh euleuh... dah lama aku gak mancing di sana semenjak ada cibubur junction macetnya tambah parah euy.

Gimana kalo Kang Wawan menjadi investor baru menggantikan h.Wili?:rolleyes: ane pasti ke sana lagi deh :D :smt035


Hi.. hi.. aya aya wae si akang, lain atuh H. Willi mah kelasna

AngleRboY
31-01-2008, 11:45
Tiket biasa standar 100, kecuali ada even khusus, naik kaya roket, di cibubur sama tmii senin sampe jumat, sama enaknya pesertanya banyak, tanya tuh bro.. ary kemaren hari selasa pesertanya lumayan banyak.
iyahh.. peserta di tmii lumayan banyak




He.. he.. bro ary.. dari cara mainnya, ketauan sudah malang melintang di dunia persilatan.. eh.. dunia pemancingan
hehee.. ngga lah om..
saya mah masih jauh dibawah om kakang..
daku mohon petunjuk dr dirimu :D




Gabung tuh besok sama bos ary di PIK, ai engga bisa ikut reportnya aja deh he.. he..

om Msukamto td telp daku, beliau ga bisa hadir karena ada kerja.

setelah hari ini mau istirahat dulu ah GT nya..
dah mulai bosen.
mau beralih ke casting aja.
sabtu ini mau ke tempat temen di kebumen, mau rockcasting..
mungkin lain waktu mau light casting di pulau ayer..

btw, kapan nih mancing tenggiri nya om?
hari biasa atau weekend, daku sih oke aja..
mumpung lg liburan di jkt nih.. hihihii :-D

msukamto
31-01-2008, 12:45
Wah, di Kebumen deket tempat rumah temen saya tuh. Dia anggota FF juga namanya Willy tapi saya gak tau nick name nya

msukamto
31-01-2008, 12:46
Tanggal 24 tiket berapa Kang ?

M-BEI
31-01-2008, 13:03
mau beralih ke casting aja.
sabtu ini mau ke tempat temen di kebumen, mau rockcasting..
mungkin lain waktu mau light casting di pulau ayer..

btw, kapan nih mancing tenggiri nya om?
hari biasa atau weekend, daku sih oke aja..
mumpung lg liburan di jkt nih.. hihihii :-D

Gile ini mah master, kalo gue golongan apa dong rie? play group kali ya!
Ke Kebumen ame siapa aja bro? :smt055

AngleRboY
31-01-2008, 13:15
Wah, di Kebumen deket tempat rumah temen saya tuh. Dia anggota FF juga namanya Willy tapi saya gak tau nick name nya

hmmm..
apa memang nick nya @willy jg kali yah..
tp kyknya mungkin org gombong.
tp ga tau jg deh.
udh lama beliau tidak online di ff..

AngleRboY
31-01-2008, 13:20
Gile ini mah master, kalo gue golongan apa dong rie? play group kali ya!
Ke Kebumen ame siapa aja bro? :smt055

hahaha..
bukan master lah.
ini lg kejar setoran liburan aja.
soalnya di beijing mancingnya ga enak.
jauh banget dari laut, harus keluar beijing.

ksana nya sendirian ajah.
tinggal di tempat temen.
sekalian ktemu si doi hehehe :smt055

kakang
31-01-2008, 20:09
lain waktu mau light casting di pulau ayer..
btw, kapan nih mancing tenggiri nya om?
hari biasa atau weekend, daku sih oke aja..
mumpung lg liburan di jkt nih.. hihihii :-D

Wah asik tuh di pulau ayer
Chris udah ngajak, minggu ini engga bisa, mungkin minggu depan bisa



Tanggal 24 tiket berapa Kang ?

Kalau engga salah 1 jt, yang ngadaain Shimano



Ke Kebumen ame siapa aja bro? :smt055

Bro Ary lagi liburan kang, jadi muter muter kaya gasing, terusin bro.. mumpung masih muda, pinggang masih bagus, engga kaya saya sama om Bei pinggang udah mulai miring miring he.. he..



sekalian ktemu si doi hehehe :smt055

Jadi judulnya antara joran dan cinta ya bro ary...

Afdolnya sebelum selesai liburan ketemu om Bei dulu, entar kita atur..., biar di beijing tenang kalau udah ketemu om Bei mah.

AngleRboY
01-02-2008, 23:20
oke sip, klo ada trip ke p.1000 cari tenggiri kabarin aja.

iya nih, muter2 terus supaya puas liburannya.

yup, joran dan cinta.. :smt055

ketemu om Bei? boleh, siapa takut.. hihii :-D
hayo2 dimana? galatama? atau..?

mau absen dulu bbrp hari dr ff nih..
bsk pagi ke jogja naik pswt yg jam 7.45
trus ke kebumen.
balik hari selasa.. mlm thn baru imlek..