PDA

View Full Version : Lele Kolam Harian Buanyaaakk tapi nggak mau makan



dyo_donjuan
09-01-2008, 08:16
mohon pencerahannya ya para sesepuh :D .. 2 hari lalu berangkat ke kolam pemancingan Waribang , Denpasar

sampai disana segera membayar tiket harian sebesar 30.000 , situasi kolam sangat bagus .. air tidak terlalu keruh dan buanyak penampakan lele besar / master (2-3kg per ekor)utk mengambil udara ke permukaan air

Melihat keadaan itu tidak sabar rasanya utk segera melempar umpan , sekedar info umpan yang saya bawa hari itu adalah Cacing , Udang hidup , Anak ikan mujair , ikan gatul , Ikan kepala timah , Keong Mas , dan Kroto

Lemparan pertama menggunakan udang hidup di kedua rangkaian kail'nya , pelampung berdiri tegak di tengah kolam tersebut .. baru menyiapkan kursi lipat yang saya bawa dan segera menyalakan sebatang rokok , dan begitu saya lihat ke tengah kolam pelampung saya sudah lenyap :confused: .. ternyata strike pertama datang padahal blom 5 menit saya melemparkan umpan .. :smt023, wlo ukurannya cuma sekitar 2 ons :p

dan masalah yang sebenernya datang setelah itu , semua umpan yang saya bawa hari itu dan saya lempar setelah itu tidak sekalipun ada yang mau memakannya :smt087 , hal ini terus berlanjut sampai hari menjelang gelap :smt013

dengan hati gondok saya pulang dan menerima kekalahan saat itu :D
tapi pagi hari ini saya kembali ke kolam tsb , umpan yang saya bawa hari ini adalah Sepingan ( Cacing laut ) , Udang Hidup dgn size yg lebih besar , Katak , Usus Ikan Lele serta usus ikan patin dan beberapa Belut .. :rolleyes:

yang saya mau tanyakan apa umpan2 tsb cukup ampuh utk ikan lele master ?? dan jika menurut rekan2 fishy forum umpan tsb kurang ampuh lantas umpan apa lagi yg mesti saya bawa ?? :confused:

sekalian mohon doa'nya biar hari ini tidak gagal maning ya .. :D , trims sebelumnya , Dyo .

dyo_donjuan
09-01-2008, 08:36
oh iya , sekedar tambahan pada saat saya memancing hari pertama itu juga ada beberapa pemancing yang menggunakan umpan jangkrik dan orong-orong .. tp hasilnya sama , nihil :(

M-BEI
09-01-2008, 08:46
mas dyo,
umpan anda itu sudah standard untuk mancing lele, dari cerita yang anda sampaikan salah satu faktor adalah air terlalu bening. Lele makan galak pada saat air butek/keruh, selain itu lele jika sudah lama di empang akan susah untuk makan. biasanya, pada saat di taruh, langsung letakkan umpan pada siraman lele tadi, biasanya langsung reaksi.

selain umpan di atas, coba gunnakan umpan perlak/cere/kecoa, dan kalo mau sadis cobalah cicak bakar, dan juga jangkrik, biasanya master yg makan. Kalo kroto, cacing biasanya ikan-ikan sekilo 5-8. atau anda bisa juga membusukkan usus ayam, taruh dalam plastik, biarkan 2 atau 3 hari.

semoga bermanfaat:smt023.

salam
ePemula

M-BEI
09-01-2008, 09:23
oh iya , sekedar tambahan pada saat saya memancing hari pertama itu juga ada beberapa pemancing yang menggunakan umpan jangkrik dan orong-orong .. tp hasilnya sama , nihil :(

Coba kolamnya di aduk bli, biar airnya butek......:smt023

ariefbali
09-01-2008, 09:24
Salam kenal mas Dyo..
Menurut saya umpan yang mas Dyo siapkan sudah sangat cukup.. apalagi sudah ada tambahan lagi dari om Bei pake cere/kecio kecil, biasanya memang kalau pakai yang lain sudah di tidak mau pake cere mau dan cicak bakar ampuh di pakai sore menjelang malam atau malam, jangan salah lele juga suka yang hangat2.. spt cicak bakar, jair bakar ;-)
Di Waribang tgl 6 Jan kemarin ada lomba master yang diadakan oleh Bali Mandiri Fishing Club memang banyak ikan master yang di tebar berkisar 2 - 3 kg per ekor, saya ikut lomba hari minggu kemarin yang saya pake umpan belut sama cacing..kebetulan dapet peringkat ke II hadiah TV Flasma 21 inch dan ke IV hadiah DVD aturan lomba Juara boleh merangkap. Peringkat pertama 2,75 Kg, ke II 2,68, ke III 2,58kg, ke IV 2.50, ke V 2,40 kg.
Biasanya setiap hari Sabtu sore saya kesana, kalau sering kesana mungkin bisa ketemu..

damar118
09-01-2008, 10:12
kalo mancing lele biar yahud coba pake cicek di bakar.....gw dah coba....:smt023

b3j0
09-01-2008, 10:20
Salam kenal Bro donjuan...
Sekedar mau ikutan sharing nih..untuk umpan gacoan ikan lele selain yang sudah disebutin di atas oleh para senior..boleh dicoba nih :
1. Galanggati/garanggati (kalo di jakarta) gak tahu deh ditempat bro Dyo apaan namanya. Itu binatang sejenis laba-laba yg ada di pohon-pohon, yg bodynya agak panjang, warnanya hitam, ngetemnya di jaring-jaringnya.
Nah tuh galanggati diambil perutnya aja, kalo ukuranya gede bisa untuk dipotong dua. Nih umpan top markotop dah buat lele..Cukup pake kail satu saja dan sedikit nggantung.
2. Daging kepiting.
Umpan ini jg saya temukan secara gak sengaja. Kebetulan lg mancing lele dapet lapak paling pinggir, pas tuh pelampung ajrut-ajrutan lsg saya gentak..eh yg kena kepiting ternyata. Spontan timbul naluri pemancing yg emang suka eksperimen, saya kupas tuh cangkang kepiting, saya peretelin kaki-kakinya, trus dipotong-potong..
Saya peke tuh buat umpan pake kail satu, pas saya lempar tuh umpan ke tengah, belum jg sempet ngedip nih mata (bumbuin dikit biar seru..hehehe) tuh pelampung dah ngilang dari pandangan..blessss....strike bro..berturut-turut begitu sampai tuh daging kepiting habis. Sampe kaki ama capitnya yg tadinya mau dibuang, dipake lg buat umpan dan masih laku. Total tuh kepiting satu menghasilkan k.l. 8 ekor lele. Wow...surprise kan??!!!...
3. Telur ikan lele dipepes setengah mateng, jadi masih empuk tapi gak buyar di air..cara pakenya dipotong-potong segede ruas jari lah kira-kira..
Ini umpan jg Gud Marsogud buat lele..

Itu saja dari saya.. mudah-mudahan bermanfaat dan didoyanin sama lele bali jg.

Salam..

wsaputra
09-01-2008, 10:47
aduh kalo mancing lele umpannya sadis sadis ya....
bacanya sampe merinding...
mancing ikan emas aja deh
hiyyyyy :D

Way

iwan rambe
09-01-2008, 11:27
saya pernah ngilah seorang bapak2 mancing ikan lele dengan mudahnya, tiap kali kail jatuh ke air langsung disambar sama lele. saya coba pancing dengan pelet dekat dengan bapak tersebut , pancing saya ngak mau disentuh. lantas saya pertanyakan umpan apa yg beliau pakai , rupanya beliau pakai umpan kulit dari ikan mas yg dibakar atau yg udah digoreng katanya. memang saya lihat sendiri umpan tersebut sangat manjur untuk ikan lele .

b3j0
09-01-2008, 11:29
Emang terdengar sadis ya Bro wsaputra...hehehe. iya sih, tapi kalo mau jujur... menjadi pemancing itu emang pada dasarnya kita hrs siap dibilang orang sadis. lha wong mancing itu prinsip dasarnya adalah menyangkutkan kail ke mulut ikan terus kita menariknya ke pinggir, trus masih jg harus mengangkatnya ke atas, yg lebih sering kita lakukan gak pake serokan. betul gak?? :):):)
Malah kalo anda lihat di empang Galatama, byk ikan yg bibirnya dah sobek2, gompal, sumbing, dsb. Yang berarti melepaskan kail dari mulutnya gak hati2/tanpa perasaan (main betot aja).
Nah ini yang emang kalo dipikir2 pas otak lagi gak lussaakk gara-gara sakauww pengin mancing, "kasihan juga ya tuh ikan"..
Tapi semua itu kita kembalikan pada pribadi masing2 pemancing..bagaimana harus bersikap "welas asih/tenggang rasa" pada saat kita sedang menyakiti ikan (baca : Mancing)
Peace..:smt060:smt060

wsaputra
09-01-2008, 11:36
Betullll
blm lagi kalo nanti sampe rumah ikannya, di kuliti, dipotong potong, di kasih garem trus di goreng !
wahhh sadis banget dehh

hehehe
peaceee :D

Way

Denny
09-01-2008, 11:49
coba cacing sawah.. carinya di pinggir2 sawah... cacingnya agak putih bersih, pangalaman pakai cacing ini ngak pernah mengecewakan...

klok udah situasi kolam kayak gitu biasanya, saya cari laba-laba kecil trs pakai singel hook

cara pancingnya lempar ke tengah terus tarik pelan2, nya mirip2 klok kita casting lah.. cuman kita pakai umpan laba-laba kecil..
(jenis laba-laba ini biasanya hidup di tanaman padi di sawah, atau di saluran air..)


Semoga bermanfaat

Salam
Denny

dyo_donjuan
10-01-2008, 00:41
wuih capek .. tp wlo capek kali ini gk dongkol alias tidak gagal total :D

sebenernya hari ini saya datang ke lokasi agak kesiangan , kira2 sekitar jam 11.30 baru sampai di lokasi :)

keadaan air hari ini pun relatif tenang karena saluran air masuk yg 2 hari lalu deras tiba2 hari ini jadi mampet :confused: , warnanya pun menjadi hijau butek ..

wlo sempet ragu tp apa mau dikata lagi , segera menyiapkan umpan yang hendak dicoba hari ini , pilihan umpan pertama saya coba usus patin dan katak pada kedua joran saya .. hasilnya sampai sekitar 1 jam pelampungnya tetap diam seribu bahasa wlo sudah lempar sana-sini :D

pilihan selanjutnya saya coba pakai udang hidup dan sepingan .. tetapi lagi2 hasilnya nihil ...:smt120 .. alhasil mental sudah mulai down lagi nie .. jgn2 gagal maning kyk 2 hari sebelumnya ..

setelah itu saya mutusin utk mengganti sepingan dengan cacing tanah .. kebetulan hari ini saya membawa 3 macam cacing tanah , cacing tanah yg berwarna gelap dan berkulit kasar serta mudah melingkar , cacing tanah yg berwarna merah dan berkulit halus , serta 1 lagi cacing tanah yang berwarna agak kekuning2an dan ber'ukuran relatif kecil2 ..

dari ketiga jenis cacing tanah itu saya coba , akhirnya sekitar jam 3 sore strike pertama datang , dgn umpan cacing tanah yg berkulit kasar dan berwarna gelap tsb , karena mulai ada harapan saya mengganti joran yg satunya dengan umpan yg sama , sekitar 5 menit berselang kali ini strike ikan lele yg cukup besar +/- 2kg , wah .. semakin lebar nih senyum rasanya :D

setelah ikan tsb naik saya lihat spot tsb menjadi keruh , akhirnya saya malah nambahin meng'aduk2 pakai kayu balok di deket kolam spt saran pak M-BEI , setelah keruh dan berwarna coklat tua saya langsung masukin lagi umpan2 saya .. alhasil sampai jam 18.30 jumlah ikan lele yg naik 9 ekor , 6 diantaranya ukuran relatif kecil , 2 ikan yg cukup besar dan 1 ukuran sedang , juga ada 3 ikan bonus dari pihak kolam

salam kenal juga saya sampaikanbuat pak Ariefbali , ternyata senior kolam waribang ada disini juga :oops: , mohon bimbingannya ya pak jika kelak ada kesempatan bertemu ...

tapi saya tetap akan mencoba lagi 2 hari ke depan di lokasi yg sama ... tetapi dengan agenda umpan yg bakar2an spt saran dari pak Damar118, hehehee .. serta juga ada rencana nyoba pake kecoak / cere

@ bapak b3j0 : Galanggati/garanggati

itu bukannya yang bisa gigit itu ya pak ?? saya pernah digigit sejenis laba2 gitu solanya .. jari jadi bengkak dan berwarna hitam ..

untuk daging kepiting itu maksudnya kepiting sungai ( bahasa jawa'nya Yuyu ) ya pak ??

trims sebelumnya ..

@ bapak Denny : terima kasih atas masukannya pak , saya akan coba mencari cacing sawah tsb dan di tes langsung 2 hari lagi :D

btw .. apakah maksud cicak bakar/mujair bakar tersebut dibakar sampai matang ato cuma sekedar ada gosong2nya saja ya ???

dyo_donjuan
10-01-2008, 09:38
sempet denger juga ada yg bilang pake umpannya anak ikan lele .. ada yg udah pernah nyoba nggak ya ?? :confused:

damar118
11-01-2008, 18:21
halooo bos...bakar ciceknya jangan sampe mateng....
tp yang penting bau daging kebakar...aja....
selamat mencoba...goood luck....:p

kubilaikhan
06-02-2008, 17:31
pake anak ikan mas dah coba blum, yang hidup yah di pakein mata pancing di ekornya, timah pake di ujung jadi kaya mancing glosor and tetap pake plampung, kalo gak mau juga coba aja pake nasi doang, bingung kan, ane saranin coba dulu deh baru tauuuu:smt023:smt023:smt023:smt023

endy.cahyadi
08-02-2008, 16:15
Untuk para suhu, pendekar, jawara mancing, boleh kan saya ikutan sharring, ya sebagai pemula harus permisi2x dulu dgn para suhu nih.
utk umpan lele ada beberapa umpan yg pernah saya coba antara lain :
1. Cacing Lur atau yg di sebut cacing sawah atau cacing kangkung rawa.
2. Terkelak ini bentuknya seperti kecoa tapi tidak ada sayapnya.
3. undur2x/ga'ang ga tau klo di sana namanya apa.
4. Cacing susu, ini warnanya agak putih & terlihat urat2x warna merahnya & kalau di sindik ke kail akan keluar cairan putih.
5. Belut ukuran telunjuk orang dewasa. caranya : belut hidup 2 ekor masukkan dalam plastik gula tambah air secukupnya, daun pandan 2 lembar, sereh di memarkan, garam 1/2 sendok teh, gula 1/2 sendok teh. semua bahan dimasukkan ke dalam plastik gula & bisa di rebus atau di kukus +/- 3/4 matang jangan terlalu matang karena akan hancur ketika di sindik ke kail. sesudah itu potong2x belut dgn ukuran +/- 1 ruas jari.
6. Ikan Mas kecil ukuran 1 ruas jari klo bisa yg warna merah & kuning klo bisa jgn pake yg warna hitam. caranya : ikan mas kecil yg hidup di goreng dgn minyak mentega +/- 1 sendok makan aja menteganya & klo bisa pake wajan teflon agar tidak lengket & yg terpenting gorengnya jangan lama2x sekitar 15 - 30 detik saja sesudah itu angkat & tiriskan.

Cuma itu saja mas umpan yg saya ketahui utk lele & terbukti cukup berhasil saya ngangkat lele babon lumayan dapet uang arisannya hehehe.... met mencoba ya..... moga2x menang.

pbof
09-02-2008, 03:13
^umpan paling sadis