PDA

View Full Version : fiber boat



rie_sambal
14-01-2008, 18:38
saya & rekan2 pengen beli kapal fiber nih.. rencananya mungkin pake longboat dgn ukuran 8x1,5 m. minta saran dari rekan2 di FF (terutama om richard), apa aja yang perlu kami perhatikan agar safety di laut, baik dari segi body maupun mesin.. thanks

archiebald
22-01-2008, 15:36
om udah punya yang bikin, saya ada informasi untuk om dg harga murmer di http://www.fishyforum.com/t11794/ kalo strike bisa pm saya om.

albatross
22-01-2008, 18:09
salam kenal om ary,

kalau mau beli kapal, pertama2 harus cross check harga dulu, cari yang paling ekonomis, dalam arti, produknya di jamin bagus dan harganya reasonable. terus mau di pakai di mana? danau, laut, atau samudra? kalau bicara mesin, double pasti lebih safety dari pada single. dan pemakaian jarak jauh atau dekat? kalau untuk jarak dekat, out board masih bisa di pakai, tapi kalau untuk continuous usage, lebih baik pakai diesel engine, karena memang mesin diesel di design untuk pemakaian jangka panjang. sebenarnya lebih asik dan seru kalau bikin sendiri. karena ada kepuasan tersendiri om. dan designnya bisa sesuai dengan kemauan kita.
kalau masalah safety di kapal itu sendiri bisa menggunakan PU ( Polyeurethane Foam) atau menggunakan air bag system yang mana jauh lebih murah dan lebih mudah perawatannya.
mudah2an bisa menjadi masukan yang berguna om.
kalau masih mau tanya lebih detail silahkan telf saya saja. thank you.

rie_sambal
05-02-2008, 13:29
salam kenal om ary,

kalau mau beli kapal, pertama2 harus cross check harga dulu, cari yang paling ekonomis, dalam arti, produknya di jamin bagus dan harganya reasonable. terus mau di pakai di mana? danau, laut, atau samudra? kalau bicara mesin, double pasti lebih safety dari pada single. dan pemakaian jarak jauh atau dekat? kalau untuk jarak dekat, out board masih bisa di pakai, tapi kalau untuk continuous usage, lebih baik pakai diesel engine, karena memang mesin diesel di design untuk pemakaian jangka panjang. sebenarnya lebih asik dan seru kalau bikin sendiri. karena ada kepuasan tersendiri om. dan designnya bisa sesuai dengan kemauan kita.
kalau masalah safety di kapal itu sendiri bisa menggunakan PU ( Polyeurethane Foam) atau menggunakan air bag system yang mana jauh lebih murah dan lebih mudah perawatannya.
mudah2an bisa menjadi masukan yang berguna om.
kalau masih mau tanya lebih detail silahkan telf saya saja. thank you.

om, kita sih pengen dapat yang murah dan bagus. rencananya mau pake dilaut. body rencananya ambil yg seken, mau kita rehab.. untuk mesin pake yg outboard 40 hp 2 biji.. kalo kita pake mesin mobil gimana ya, baik dari segi ekonomis ataupun maintenance, ngerepotin gak ?
thanks

albatross
05-02-2008, 13:43
siapa sih di dunia ini gak mau dapet barang murah dan bagus? hehehe...
tapi sepenglaman saya, saya belum pernah nemu tuh. :p
kalau saran saya, jangan ambil body second trus di rombak, karena menurut pengalaman saya, makan waktu yang lebih lama dan biaya yang lebih tinggi pada akhirnya. dan pada fiber glass, ada banyak sekali jenis resinnya. jadi kalau mau merenovasi kapal, usahakan menggunakan resin yang jenisnya sama persis. agar supaya lebih senyawa. trus kalau mau renov kapal, usahakan jangan sampai ada kotoran atau lapisan minyak yang menempel, karena dapat berakibat fatal.
seperti yang om John bilang, konstruksi body(bottom hull) untuk aplikasi mesin inboard baik itu long shaft maupun stern drives, juga out board engines, itu sangat berbeda om ary. setau saya, mesin inboard khususnya diesel jauh lebih tahan untuk pemakaian jangka panjang. sedangkan out board kebanyakan hanya untuk speed dan tidak di design untuk pemakaian endurance.

amberjack_jg
05-02-2008, 20:59
siapa sih di dunia ini gak mau dapet barang murah dan bagus? hehehe...
tapi sepenglaman saya, saya belum pernah nemu tuh. :p
kalau saran saya, jangan ambil body second trus di rombak, karena menurut pengalaman saya, makan waktu yang lebih lama dan biaya yang lebih tinggi pada akhirnya. dan pada fiber glass, ada banyak sekali jenis resinnya. jadi kalau mau merenovasi kapal, usahakan menggunakan resin yang jenisnya sama persis. agar supaya lebih senyawa. trus kalau mau renov kapal, usahakan jangan sampai ada kotoran atau lapisan minyak yang menempel, karena dapat berakibat fatal.
seperti yang om John bilang, konstruksi body(bottom hull) untuk aplikasi mesin inboard baik itu long shaft maupun stern drives, juga out board engines, itu sangat berbeda om ary. setau saya, mesin inboard khususnya diesel jauh lebih tahan untuk pemakaian jangka panjang. sedangkan out board kebanyakan hanya untuk speed dan tidak di design untuk pemakaian endurance.

Selamat malem pa, boleh ikutan nimbrung ya karena topiknya sama mengenai kapal bahan fiber...mohon pencerahan dan infonya dari suhu nih.... kebetulan kami (team) punya kapal speed boat kecil cuma masalahnya sekarang sering bocor, yang ingin ditanyakan kalo lambungnya saya kasih / inject sama PU (polyurethane foam) kira2 gimana ? :confused: apakah bahan ini nyerap air atau nahan air ?....Saat ini lambungnya kosong tidak diisi bahan pelampung pa...semoga infonya dapat bermanfaat buat temen2 lain.....trims

albatross
05-02-2008, 22:59
Selamat malem pa, boleh ikutan nimbrung ya karena topiknya sama mengenai kapal bahan fiber...mohon pencerahan dan infonya dari suhu nih.... kebetulan kami (team) punya kapal speed boat kecil cuma masalahnya sekarang sering bocor, yang ingin ditanyakan kalo lambungnya saya kasih / inject sama PU (polyurethane foam) kira2 gimana ? :confused: apakah bahan ini nyerap air atau nahan air ?....Saat ini lambungnya kosong tidak diisi bahan pelampung pa...semoga infonya dapat bermanfaat buat temen2 lain.....trims

kalau menurut saya, langkah yang paling penting adalah mencari letak kebocorannya dulu, lalu harus sesegera mungkin di perbaiki. baru kita bisa bicara ke arah yang lebih lanjut pak.
kalau masalah inject PU, bagus2 aja, yang penting densitynya sesuai dengan kubikasinya, kalau tidak pas, daya apungnya juga tidak berarti buat kapal itu sendiri. tapi sepengalaman saya, dalam kurun waktu yang cukup lama, (saya kurang tau persis berapa lamanya), PU bisa hancur sendiri kalau kapal itu ada kebocoran. jadi kapal tambah berat. kalau usul saya, buatkan sebanyak mungkin sekat2 ruang udara. itu juga dapat berfungsi sebagai pelampung kapal pak. dengan catatan pembuatannya harus rapih dan benar2 kedap udara yah. jadi lebih murah dan lebih tepat sasaran.

amberjack_jg
06-02-2008, 22:50
kalau menurut saya, langkah yang paling penting adalah mencari letak kebocorannya dulu, lalu harus sesegera mungkin di perbaiki. baru kita bisa bicara ke arah yang lebih lanjut pak.
kalau masalah inject PU, bagus2 aja, yang penting densitynya sesuai dengan kubikasinya, kalau tidak pas, daya apungnya juga tidak berarti buat kapal itu sendiri. tapi sepengalaman saya, dalam kurun waktu yang cukup lama, (saya kurang tau persis berapa lamanya), PU bisa hancur sendiri kalau kapal itu ada kebocoran. jadi kapal tambah berat. kalau usul saya, buatkan sebanyak mungkin sekat2 ruang udara. itu juga dapat berfungsi sebagai pelampung kapal pak. dengan catatan pembuatannya harus rapih dan benar2 kedap udara yah. jadi lebih murah dan lebih tepat sasaran.
Malem Oom, trims atas sarannya saya yakin info ini sangat berguna :smt023:smt023..mau tanya satu hal lagi yaitu bagaimana cara tercepat, terbaik dan efisien serta murah untuk mencari titik kebocoran itu gimana ? menurut saran orang lain katanya mending lantainya dibuka (posisi lantai udah paten jadi harus dibongkar-biaya lagi) terus kapal diberi beban di air sehingga bisa langsung ketauan dimana letak kebocorannya....adakah cara terbaik untuk alternatif lainnya ? :confused: mohon pencerahannya....trims

albatross
07-02-2008, 00:21
kalau teknik pengerjaan bisa beragam pak. tapi kalau saran saya, yang namanya kapal fiber itu biasanya bocor kalau sudah di bolongi, umpamanya untuk lubang sounder, atau lubang untuk saluran air pendingin, dsb. tapi kalau posisi body tanpa di lubangi dengan sengaja, berarti waktu pembuatan kapal itu, lapisannya tidak merata pak, jadi pastinya akan sangat sulit untuk mengetahui letak kebocorannya. kalau sudah seperti itu, umumnya memang harus di buka total, dan di papas untuk di tipiskan baru di laminasi ulang pak. baik dari bagian luar maupun dari bagian dalamnya. baru kebocoran akan terselesaikan pak.
mudah2an masukan saya bisa bermanfaat, dan maaf kalau ada yang salah.(sama sekali tidak bermaksud menjerumuskan)

amberjack_jg
08-02-2008, 23:20
kalau teknik pengerjaan bisa beragam pak. tapi kalau saran saya, yang namanya kapal fiber itu biasanya bocor kalau sudah di bolongi, umpamanya untuk lubang sounder, atau lubang untuk saluran air pendingin, dsb. tapi kalau posisi body tanpa di lubangi dengan sengaja, berarti waktu pembuatan kapal itu, lapisannya tidak merata pak, jadi pastinya akan sangat sulit untuk mengetahui letak kebocorannya. kalau sudah seperti itu, umumnya memang harus di buka total, dan di papas untuk di tipiskan baru di laminasi ulang pak. baik dari bagian luar maupun dari bagian dalamnya. baru kebocoran akan terselesaikan pak.
mudah2an masukan saya bisa bermanfaat, dan maaf kalau ada yang salah.(sama sekali tidak bermaksud menjerumuskan)
Kayanya mending dibuka dan dilaminasi ulang ya pa...? karena kapal saya tidak pernah dilubangi secara sengaja dan kayanya itu cara terbaik agar masalahnya teratasi...Oom terima kasih atas sarannya..saya jadi bisa menambah wawasan mengenai kapal....saya coba dulu laminasi nanti kalo ada progressnya saya report dan tanya lagi ya....thanks a lot :wink: !!!

rie_sambal
28-02-2008, 11:54
om richard, kita udah dapat bodi nih, kita ambil yang baru, sekarang tinggal finishing aja (thanks atas sarannya).. ntar kalo udah selesai saya posting gambarnya.. untuk mesin kita tetap pake yg outboard engine.. bagusnya merk apa ya om ?? (dari segi perawatan maupun ekonomisnya)..

albatross
28-02-2008, 12:05
Wah kalau mesin out board sudah banyak pilihannya om. Yamaha, Suzuki, Mercury, Honda, Tohatsu, Johnson, Mercruiser, Mariner.
Ukuran mesinnya berapa PK? kalo Yamaha sparepartsnya paling gampang, tapi katanya paling cengeng. kalo suzuki 4 stroke katanya udah bagus, Mercury Verado lebih powerfull, tapi lebih mahal. merk2 yang lainnya agak jarang di Indo om.
tapi kalau mau murmer ya saya saranin pake yamaha aja. tapi yang 4 stroke udah mahal juga sih. bensin jauh lebih irit 4 stroke dari 2 stroke. dan yang pasti suaranya jauh lebih halus yang 4 stroke. :p