PDA

View Full Version : Teknik Galatama



ariefbali
20-01-2008, 11:43
Mancing Galatama ikan mas mempunyai teknik yang sebenarnya sama seperti kegiatan mancing lainnya, untuk teknik mancing ikan mas dapat dilihat di Mancing Ikan Mas Home Page. Beberapa teknik akan diulas di sini sebagian dikerjakan kenek mancing sedang pemancing dapat mengatur atau mengawasi saja yang lainnya tentu harus sang pemancing kuasai sendiri, seperti :

Meramu Umpan
Dalam hal meramu umpan sebagian besar dilakukan oleh kenek mancing , namun untuk resepnya pemancing sendirilah yang menentukan bahan dan takarannya. Untuk umpan tabur (bom) sediakan pelet yang agak kasar, dapat dibeli di arena pemancingan, cukup diberi sedikit air aduk dengan tangan sampai merata hingga umpan sudah dapat dikepal-kepal tetapi masih dapat hancur di air. Umpan tabur dapat ditambahkan vanila bubuk atau black vanilla yang cair produk Labor Day. Penyajiannya dapat dikepalkan di bagian rangkaian peniti dan kili-kili sehingga menutupi timah pemberat. Sedangkan umpan untuk mancingnya ada baiknya tanyakan dulu kedi atau kenek mancing mengenai umpan yang baik saat itu. Biasanya bahan-bahannya dapat juga dibeli di pemancingan. Sebagai awal dapat anda ramu, bahan umpan berikut ini yang biasanya cukup bagus digunakan di arena mancing galatama manapun. Tuangkan pandan pasta 1 bagian ( kira-kira 1/4 botol pasta yang kecil ) tambahkan juga 1 bagian vanili pasta atau 1 bungkus kecil vanili bubuk. Beri air secukupnya aduk hingga larutan merata. Masukkan pelet halus kira-kira 1/3 bungkus, aduk rata hingga umpan menjadi liat dan agak lembek. Penyajian umpan seperti saat mancing ikan mas biasa tetapi pulungan umpannya masih lebih kecil dari kelereng. Pulung umpan menjadi bulat tekan kail kedalamnya lalu dipencet sedikit agar lekat di kail.

Melontar Umpan
Kesulitan melontar umpan adalah meletakkannya pada suatu titik tertentu yang diyakini banyak terdapat ikan (hotspot). Titik potensial dapat dengan mudah dikenali karena terletak di tengah empang dimana air sirkulasi mengalir. Sesungguhnya semua bagian air di muka lapak dapat menjadi tempat yang baik karena banyak ikan yang ditebar. Cara melontar umpan tentu sudah dikuasai , mula-mula arahkan pandangan ke tempat yang menjadi hotspot lalu ayunkan umpan ke depan hingga joran mengarah ke tempat itu. Gerakan joran ke arah belakang dan dengan cepat lontar umpan ke tujuan. Banyak latihan akan memperbaiki arah lontaran anda. Sebaiknya untuk empat atau lima lontaran umpan pertama digunakan hanya bertujuan untuk menempatkan umpan tabur (pengeboman) agar ikan segera berkumpul barulah setelah itu lakukan lontaran untuk umpan yang sebenarnya.

Deteksi Sambaran
Karena mancing galatama kebanyakan menggunakan metoda rangkaian langsung (glosor) maka deteksi sambaran ikan pada umpan dapat dilihat pada kenur.
Setelah melontar umpan taruhlah joran pada cagaknya (rod rest) kemudian kencangkan kenur dengan memutar engkol penggulung. Perhatikan kemana kenur itu masuk ke air, lihat titik tersebut baik-baik. Bila titik pertemuan itu tiba-tiba menjauh dan benang tampak terangkat saat itulah gentak joran jauh ke belakang. Kondisi lainnya yang mengisyaratkan pemancing bahwa umpan sedang dimakan yaitu kenur yang kencang tadi tiba-tiba mengendur atau titik masuk kenur ke air bergerak-gerak menjauh dan mengendur. Bila lontaran umpan sekitar satu atau dua meter di depan lapak maka ikan yang makan umpan juga dapat ditandai dengan bergeraknya ujung joran secara perlahan terkadang sampai melengkung.
Untuk yang menggunakan pelampung, rata-rata mancing galatama ikan mas di Jakarta dan Bandung melarang penggunaan pelampung kecuali pada beberapa daerah, deteksi pelampung yaitu tampak pelampung bergerak turun naik, tenggelam atau pelampungnya tergeletak rebah di permukaan air. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat di Mancing Ikan Mas Home Page.

Menaklukkan Ikan
Setelah joran digentak dan ikannya terkena pancing, dimulailah pertarungan antara pemancing dengan ikan yang terpancing. Bila joran saat digentak tadi berada pada posisi di atas kepala atau menjauh di belakang. Maka pertahankan posisi itu dan untuk menggerakkan joran ke arah depan lakukan dengan menggulung segera engkol ril. Hal ini dimaksudkan agar kenur tetap dalam keadaan tegang. Arahkan joran berlawanan dengan arah larinya ikan, gulung kenur dengan cepat sambil merendahkan joran lalu tarik joran ke belakang, gerakan bertumpu hanya pada siku, dan turunkan joran sambil menggulung ril dengan cepat lakukan gerakan ini berulang-ulang, teknik ini dinamakan pemompaan, setelah dekat buatlah agar ikan segera menyerah. Bila ikan yang terpancing itu cukup besar, biasanya ikan tersebut masih menyimpan tenaganya dan akan berontak untuk berusaha menjauh, kendurkan setelan drag biarkan ikan melarikan kembali kenur dari penggulungnya. Mainkan ikan secara sabar tak usah terburu-buru, posisikan joran tetap pada arah yang berlawanan bila ikan tiba-tiba merubah arah larinya. Lakukan lagi teknik pemompaan tadi bila perlu, dan saat ikan telah mendekat lagi harap berhati-hati kemungkinan masih ada gerak ikan yang meronta. Bila Ikan telah menyerah, ditandai dengan bergulingnya tubuh ikan atau kepalanya yang mendongak di atas permukaan air, segeralah untuk menyerok ikan. Namun bila ikan menyerah pada jarak yang belum dapat diserok jangan gulung kenur karena akan menyebabkan ikan tenggelam lagi kepalanya ke air dan kembali melakukan perlawanan, untuk mendekatkan ikan yang menyerah itu lakukan dengan mundur beberapa langkah ke belakang sehingga aman untuk diserok.

Melepas Kail
Menyerok dan melepas kail sepenuhnya menjadi tugas kenek atau kedi yang menemani pemancing. Tetapi jika terpaksa untuk melepaskannya sendiri maka biarkan ikan hingga tak lagi menggelepar . Pegang ikan dengan tangan kiri posisikan ibu jari pada begian perutnya dan tekan agak keras pada bagian itu agar ikan benar-benar tak bergerak. Kemudian lepaskan mata kail, hati-hati terhadap kail yang tak menancap yang bisa membahayakan tangan bila ikan berontak menggelepar.

kakang
20-01-2008, 12:29
:smt023:smt023:smt023.... sangat berguna buat pemula seperti saya he.. he..

AngleRboY
20-01-2008, 14:09
:smt023:smt023:smt023.... sangat berguna buat pemula seperti saya he.. he..

weleh..
klo dikau aja pemula, saya apa donk..?
kapan2 janjian GT yuuk :D

Lefziht
20-01-2008, 15:41
@ariefbali : Wah, info yg sgt berguna nich. Thanks bos...

Lefziht
20-01-2008, 15:42
:smt023:smt023:smt023.... sangat berguna buat pemula seperti saya he.. he..

Mas Wawan merendah nich... :D

kakang
20-01-2008, 23:04
@AngleRboY : Kapan mas bisa GTnya, saya siap menemani

@Lefziht : sorri oot - jadi kan nemenin saya di yala besok, sekalian bikinin umpannya, soalnya kalau dari tangan mpu nya langsung lain hasilnya he.. he..

Lefziht
21-01-2008, 22:51
@Lefziht : sorri oot - jadi kan nemenin saya di yala besok, sekalian bikinin umpannya, soalnya kalau dari tangan mpu nya langsung lain hasilnya he.. he..

Ndak janji ya bos... Klo ndak da halangan...

AngleRboY
25-01-2008, 14:18
@AngleRboY : Kapan mas bisa GTnya, saya siap menemani


hmmm..
hari senin daku di PIK nih..
bisa gabung?
klo ngga bisa, mungkin selasa atau kamis aja..
antara PIK, TMII atau cibubur deh..
rabu saya GT patin di puri..

hayo-hayo dipilih :D

kakang
25-01-2008, 15:11
Boleh mas, selasa ama kamis aja, tapi saya ikut sesi yang sorenya ya.. langsung kabur dari kantor..

Ditunggu kabarnya ya selasa dimana, kamis dimana.

Yang lain ada yang mau gabung...

HP 0811939925

chris
25-01-2008, 17:10
ikut dong...........:D

kakang
25-01-2008, 17:24
@Chris : pake nanya... otomatis lah.. bro.. he.. he..

chris
25-01-2008, 17:29
@kakang: hehehe... hore...:smt038:smt038:smt038

AngleRboY
26-01-2008, 21:43
selasa di PIK yah..
klo ga ada halangan, daku mancing dr siang jam 3.. 2 ronde
tp klo ada halangan, mungkin cuma yg sorenya aja, jam 6..

mas Chris ikutan kan?

kakang
28-01-2008, 00:36
@AngleRboY : maaf baru bisa posting nih, kemaren pake hp susah he.. he..

Saya lagi libur dulu (:smt014) ke PIK, bagaimana kalau ke TMII atau cibubur aja.

chris
28-01-2008, 01:02
@ Angler_Boy: Insya Allah sy ikut pak..

AngleRboY
28-01-2008, 22:42
oke besok di tmii jam 5 sore yah..
sekalian kenalan :D