PDA

View Full Version : Beunteur / wader in my aquarium



candra
23-07-2006, 18:49
Karena banyak halangan ke laut, nih hasil mancing bersama konco gw di sungai2 sekitar Cianjur, ikan jenis ini paling sip sebagai umpan untuk mancing baung/tagih di Citarum Rajamandala, atau Cirata.

isnaeni
24-07-2006, 07:57
Mas candra, gurih sekali ikan itu....pake umpan apa kmrn? :D

Thanx bgt :)

Asfur
24-07-2006, 08:40
Can, itu ikan hias yah???? Keliatannya kok kecil2 gitu???

M-BEI
24-07-2006, 12:53
kalo tidak salah ikan tersebut ikan wader dan susehnya minta ampun di pancing..... di tempat budhe di jgj dijual per toples kering/renyah Rp.15k ..... nyammm nyammmm....... waktu di waduk lagi musim pernah makan sepiring ikan tersebtu di goreng kering.... ludesssssssss.......

Sportfisherman
24-07-2006, 13:47
Karena banyak halangan ke laut, nih hasil mancing bersama konco gw di sungai2 sekitar Cianjur, ikan jenis ini paling sip sebagai umpan untuk mancing baung/tagih di Citarum Rajamandala, atau Cirata.

Chandra ,

Dulu sekali sekitar permulaan tahun 60' an selagi saya masih belia , saya sering mancing ikan benteur di sungai di daerah Cipayung , umpan nya
raron yang dikumpulin kalau mereka keluar pada malam hari nya , pernah dapat yang hampir sejengkal di lubuk sungai dibelakang villa yang disewa oleh ortu saya , rupanya masih ada juga ikan benteur tsb dan menurut saya perlu di lestarikan , hanya saja caranya bagaimana saya engga ngerti tuh .

Jon .

isnaeni
24-07-2006, 16:54
Di jogja mmg msh byk yg jual wader goreng kering....gurihnya minta ampun tp stock terbatas/langka bgt....di sungai jg byk yg disetrum habis....dulu kl mcg wader ini pake hook+kenur ukuran plg kecil/lembut...dpt wader ukuran sekelingking aja rasanya selangit :D ....kepikiran jg utk ternak...cm gak tau apa bisa di-ternakkan kayak ikan lain semacam lele, nila, dsb :D

Thanx bgt :)

candra
24-07-2006, 21:50
Mas Is,
Kita pake umpan "colek" chiki snack dicampur dgn merah telor bebek, disekitar Cianjur juga kegiatan nyetrum ikan ini cukup marak, biasalah pada akhirnya kembali ke urusan perut.
Mestinya sih bisa juga diternakkan, tp entah nilai ekonomisnya memadai atau tidak, wong ikannya kuecil2 dan pembesarannya agak lambat.
Aku dipinjemin joran beunteur ama teman, cukup menghibur hati.

Bung Hengki,
Ini ikan asli penghuni perairan tawar/sungai di sekitar p.Jawa/Sumatra, ada juga sih yang menjualnya untuk ikan hias, max panjangnya mencapai sktr 12 - 15 cm.

Mas Bei,
Di daerah jawa namanya wader, kalo ga salah sih wadernya yg di jateng dan jabar ada sedikit perbedaan, nama ilmiahnya jg agak laen. Correct me if I'm wrong.

Pak John,
Jaman dulu emang ga susah menemukan ikan ini di sungai2 sekitar kita, sekarang sih sudah rada susah, mesti nyari ke pelosok kampung yang masih ada perairan bersih tidak tercemar.
Umumnya ikan ini nyaris omnivora, dikasih chiki + telor mau, ramuan lemak kambing+tempedisambar, laron okeh, belatung jadi, rayap jg diembat, dan yg ekstrem, pemancing yg disebelah saya pake pake umpan ramuan (maaf) "wc umum" alias kotoran sang pemancingnya. :)

isnaeni
25-07-2006, 07:51
Saya biasanya pake kroto atau cacing....dulu pernah jg pake "WC umum" :D
mmg ikan ini enak bgt....kl ada yg ternak pasti laku tuh....kabarnya restoran di jogja aja byk yg kurang stok :D

Thanx bgt :)

Asfur
25-07-2006, 08:39
Waduh sayang sekali yah, ternyata ini ikan udah nyaris punah dan bahkan ngak masuk status CITES spt arwana atau burung merak misalnya. Yah mgkn nasib mu wader, kenapa ngak bisa semahal arwana shg bisa di cap stempel nyaris punah shg mgkn aja ada lembaga yg mau membudidayakannya.