PDA

View Full Version : Kenur sebaiknya kendur atau tegang



b3636eh
30-01-2008, 16:23
Saya baru bergabung di FF tapi sudah dapat banyak info dari pakar2 di FF (racikan Esen, membina upan dll), bagus banget dech infonya.
sekali lagi salam kenal untuk semua pecinta FF.
Ada sedikit pertanyaan untuk mancing galatama itu sebaiknya kenur di buat tegang atau agak kendur? sebab sering kali saya nyeplos kalau posisi benang kendur.

BLOWfish
31-01-2008, 09:14
Salam kenal kembali oom Kiki .........

strike
31-01-2008, 16:26
Salam kenal kembali ...

Kenur untuk mancing dasar / glosoran / GT, sebaiknya atur ketegangan sedemikian rupa sehingga kita bisa tahu apa yang terjadi dengan kail kita dibawah air. Semakin kendur, semakin kita kehilangan sensitifitas kail kita dan semakin gak tahu / terlambat tahu kalau umpan kita dimakan ikan.

Mudah2an infonya berguna bung, saya yakin rekan2 FF yg lain bisa lebih canggih jelasinnya.

bobbo
31-01-2008, 16:37
welcome di FF fren... sering2 akses FF, dijamin wawasan mancing n teman bakalan nambah lhow..

Lefziht
31-01-2008, 16:44
Saya baru bergabung di FF tapi sudah dapat
Ada sedikit pertanyaan untuk mancing galatama itu sebaiknya kenur di buat tegang atau agak kendur? sebab sering kali saya nyeplos kalau posisi benang kendur.

Numpang kasih saran nech... Mending te2p dibikin tegang mas kenurnya. Tapi setelan Dragnya diperlonggar biar ndak putus pas di makan ikan sambil lari (Lari ato renang ya...???) :D

mpangari
31-01-2008, 17:08
salam kenal juga bung Kiky, dan selamat bergabung di FishyForum...tuh kan, teman-teman di FishyForum langsung nyamber dan sharing pengetahuan atas pertanyaan bung Kiky.

kakang
01-02-2008, 22:14
@b3636eh : Betul apa yang di bilang pa andy kenur harus diatur ketegangannya, cuma jangan lupa kenur yang terlalu tegang akan menambah kewaspadaan ikan, terutama yang super, begitu pula kenur yang terlalu kendor akan mengakibatkan terlambat menggentak joran.

Jangan lupa drag juga disetel seperti kata mas hervian.

rdipanegara
03-03-2008, 08:07
Hari Minggu kemarin (2MAR08) aq baru pertama kali mencoba teknik glosor (itu juga setelah beberapa kali menggunakan pelampung mocel semua) di kolam pemancingan pasir mukti (kolam ikan mas) dan aq coba beberapa kombinasi teknik:

kenur diatur agak longgar, drag dibuat kenceng abis, pada saat ikan memakan umpan terlihat (spertinya sih menurut aq, koreksi kalau salah) dari kenur yang bergetar lalu tidak berapa lama kemudian kenur tertarik dengan kencang dan joran pun membungkuk tajam. Aq buru-buru mengendurkan drag (tidak banyak) dan membiarkan ikan berlari tapi dengan tetap mempertahankan coefficient drag yang cukup (mobil apa ikan yach :rolleyes:?). Hasilnya ikan seberat 1.5 kg dapat diangkat.
Kenur diatur tegang dan drag dibuat kenceng abis. Pengaturan seperti ini mudah untuk mendeteksi pada saat ikan memakan umpannya, tapi kalo ikan besar yang makan sambil sprint (seperti kasus yang aq alami kemarin), belum sempat aq bereaksi kenur sudah putus (aq pakek mono ukurannya lupa cuma kalo ga salah untuk berat 4lbs, jadi kenurnya cukup halus).
Kenur diatur agak longgar dan drag dibuat agak longgar, hasilnya ikan berhasil dinaikkan dengan posisi mata kail terkait sempurna dibibir/mulut ikan (ikan mas seberat 1kg).
Kenur diatur tegang dan drag dibuat agak longgar, hasilnya ikan berhasil diangkat juga dengan posisi mata kail sempurna dibibir ikan. (ikan mas seberat 0.5 kg).
Kenur diatur sangat longgar (kenur terlihat ngapung di air) dan drag diset kencang abis, ikan terangkat (1.8kg) tapi dengan posisi mata kail yang jauh didalam kerongkongan ikan sehingga untuk membukannya harus menggunakan tang yang agak panjang.Itu adalah hasi dari 'eksperimen'-ku menggunakan teknik glosor. Hasil diatas bukan bersifat definitif terutama hasi dari seorang pemula kaya aq gini. Jadi untuk para anglers, teruslah bereksperimen dan catat serta bagikan hasilnya pada anglers yang lain sehingga ilmu memancing ini dapat terus ditingkatkan .... :D:D

Lucky Man
03-03-2008, 08:15
Met gabung di FF pak Kiky....

ikuaku1
10-03-2008, 13:48
ikut nimbrung tehnik glosor,
kalau ikannya makannya langsung bawa lari sih tidak terlalu banyak problem. ngacir..., gimana kalau ikan makannya halus cuma ndul-ndul aja ("tantangan buat yg umpan dasarnya pelet")?, tali kenceng salah, kendor juga salah. bete dech..
katanya perlu timing dan power menghentak jorannya yg pas,

ong_edward
27-03-2008, 02:03
kalo cuma ndul2 doang kata teman saya mending ditarik dikit soalnya kita kan nga tau kondisi dasar kolam gimana, apakah umpan kita masuk lumpur dan senarnya kena kibasan ekor ikan sehingga ndul2an atau memang dibuat mainan hehehe...
jadi gimana dong tanggapan dari pro?

TheTonkTech
03-04-2008, 12:05
saya baru2 aja terjun ke Galatama (biasa harian), tapi semenjak susah cari waktu untuk harian jadi pindah haluan ke Galatama, menurut saya kenur kendur atau tegang itu sama saja, tergantung feeling kita melihat gerakan kenur...
kalo saya sih suka "mencoba" menggentak joran walau cuma ndul2an hehehehehe :D alhasil dengan tehnik "mencoba" beberapa kali, tingkat keberhasilan nya 5:2, 5 kali "mencoba" 2 kali ada ikan nya.
Lumayan lah buat pemula seperti saya........ ;)

kakang
03-04-2008, 12:48
gimana kalau ikan makannya halus cuma ndul-ndul aja, tali kenceng salah, kendor juga salah. bete dech..
katanya perlu timing dan power menghentak jorannya yg pas,

Kalau ndul ndul nya hanya sekali atau beberapa kali dengan jarak yang agak lama, menurut saya biarin aja, liatin aja sapa tau detik berikutnya ngacir.
Tapi kalau ndul ndulnya beberapa kali dalam jangka waktu yang sangat cepat, lebih baik langsung gentak aja.
Betul untuk ikan yang makannya seperti itu, perlu timing yang cukup tepat untuk menggentak joran.


kalo cuma ndul2 doang kata teman saya mending ditarik dikit.


menurut saya selama kenur engga kendur biarin aja bro..



kalo saya sih suka "mencoba" menggentak joran walau cuma ndul2an hehehehehe :D

Top bro.... setuju
Gentak aja coy.... ala teman kita rushday
Untuk jaga jaga siapa tau yang makan ikan besar, disamping itu semakin kita sering menarik dan melempar umpan, semakin banyak pula stock makanan yang menumpuk disitu.

rushday
03-04-2008, 13:23
Top bro.... setuju
Gentak aja coy.... ala teman kita rushday
Untuk jaga jaga siapa tau yang makan ikan besar, disamping itu semakin kita sering menarik dan melempar umpan, semakin banyak pula stock makanan yang menumpuk disitu.

Muantabzzzzz bos........... YePeGeCe...Yang Penting Gentak Coy..... hahahahaha.........
perkara dpt ga dpt, dimakan ga dimakan, kena ga kena ....... ga usah dipikirin.........;):D:D

bqchoutbalap
09-04-2008, 14:37
wah dapet ilmu lagi ni... maanfaatna gede bgt de gabung ma FF... THX suhu2 mancing se Indon walo ilmune dapet dr thread org laen...

mukedot
09-04-2008, 18:37
tambahin YGYKC Yo'i gentak yg kuenceng coy..........dari pada waktu habis umpan masih nyisa..tapi hati2 yg liwat di belakang harus asuransi ga berasa kail nyangkut di hidung .....:smt101:p

qpass26
10-04-2008, 11:00
Betul banget semua saran pakar2 FF nich, saya sdh coba2 dgn kendur ato kencang bisa jg hasil yang penting kejelian, timing dan kesabaran.
walau kadang tangan udach gatel pengen nyentak.

Maaf ganti nama login habis passwordnya lupa, tp orang sama kok. sekali lagi maaf banget yach Pak Admin.
b3636eh=qpass26
plat no mtr=qq password tgl lahir