PDA

View Full Version : Sendok Buat Lure??



mahbubillah74
02-02-2008, 11:40
apa bener sendok makan/sendok teh bisa dpke bwt lure trolling.ada yg udh prnah nyoba? soalnya klo bisa gak usah beli lure ditoko nih,stok sendok aja yg bnyk he he.txs.

Fish Finders
02-02-2008, 15:13
sekalian aja disiapin garpu ama bomnya (mie instant goreng ato rebus.....)
wakakakakakak.........kang dani ini bisa2 aja. emang ada yang ngasih tau itu???
salam kenal bung,...
Regards,... Budi

kino
02-02-2008, 15:26
Saya pernah casting di sungai pakai sendok yg dimodifikasi, bagian gagang dipotong trus dibolongin dan diberi semacam shaft trus di pasang hook no. 4 sebanyak 5 pcs, aksinya mantap terputar-putar kayak baling2 waktu di retrieve, cuma sayang blm sempat rasakan strike and keburu nyangkut diakar pohon:D:D

bonito
02-02-2008, 15:41
Guys, krn topik pembahasannya tentang lure maka thread ini akan sy pindah ke Fishy Lure. Harap maklum. Thx.

Undull
02-02-2008, 15:42
emang bener bro ,sendok bisa di bikin lure buat casting hampala.
Kemarin waktu kita trip diwaduk riam kanan make lure tsb yg paling sering strike

aris_pasirputih
02-02-2008, 20:34
Lure tipe spoon kalee?
Masa iya?Sendok dipake lure?
Ikan juga udah tau table manner donk,hehe

Lodewijk
03-02-2008, 00:45
Saya pernah menyaksikan sendiri nelayan traditional di Pulau Sapeken (Madura). Mereka hanya memakai jig dari bahan baku sendok dan leader memakai kawat stainless. Hanya dengan menggunakan hand line dapat menarik perhatian tenggiri dengan mudahnya.... ! :shock:

Malah kita2 ini yg pakai rod&reel plus kenur PE dan jig yg 'bagus'2 kalah dibuatnya ! :(

billfish
04-02-2008, 04:22
Kalo ga salah pernah lihat ice fishing dengan umpan mirip2 sendok juga deh.....
Lagi pula menurut saya ikan ngga terlalu perhatiin bentuk dengan detail deh, asal mirip2 ikan , atau mengganggu teritorial ikan predator kemungkinan besar akan "dihajar" sama tu ikan, simple nya selama ada ikan nya pake apap pun yg ga terlalu nyeleneh bisa kok cari perhatian ikan & berharap dimakan umpannya....

billfish
04-02-2008, 04:24
SETUJU sekali pak !!!
Banyak yg berharap semakin mahal umpan semakin besar kemungkinan untuk mendapatkan ikannya.....padahal seharusnya kita belajar dari nelayan tradisional....coba deh renungkan

mahbubillah74
04-02-2008, 11:27
maaf sy jg taunya surf di google> http://www.make-your-own-fishing-lures.com/fishing-spoons sy blm nyoba dilaut,tp dites dibak mandi,sendok yg dipotong gagangnya klo ditarik pke knur emang liukannya ky ikan idup.btw haturnuhun atas infonya.

candra
04-02-2008, 12:54
apa bener sendok makan/sendok teh bisa dpke bwt lure trolling.ada yg udh prnah nyoba? soalnya klo bisa gak usah beli lure ditoko nih,stok sendok aja yg bnyk he he.txs.
Jawabnya adalah sangat bisa dan sangat memungkinkan, saya pernah ketemu seorang pemancing hampala di Citarum, dia membuat sendiri lure sederhana, hanya menggunakan potongan kaleng biskuit yg dibentuk seperti spoon, dgn riging kail engkel dan timah secukupnya.
Da terbukti sukses menipu hampala di depan hidung saya yg berbekal lure2 canggih buatan pabrik, saya malah tak berhasil memikat seekorpun.

Rahasianya ternyata sederhana, lure sederhana buatan pemancing itu, bisa mencapai dasar sungai yg berarus (kebetulan hampala di sini lebh senang ngumpet di dasar air yg berbatu2, walaupun dia sering tersangkut, tapi mudah lepas krn menggunakan satu kail single saja) sedangkan lure2 yg saya bawa tdk memungkinkan untuk bisa mencapai dasar air, kalaupun ada yg bisa mencapainya, keburu nyangkut karena saya menggunakan kail treble.

Kalau bapak ingin membuatnya untuk percobaan pilih saja sendok teh/kopi yg kecil2 dulu, soalnya target ikan predator air tawar di jawa jarang2 yg ukurannya melebihi 2kg.
Bubut salah satu ujungnya agar lebih ramping, buntutnya lebih lebar, tujuannya supaya lemparan lebih mudah krn buntut lebih berat.;)

Yang terpenting, apa dulu target ikannya? ada ikan predator? seberapa besar targetnya? kebiasaan makan sang target? dll.

Semoga membantu.;)

santana
04-02-2008, 13:14
Sepertinya sudah ada deh anggota FF yang pernah ngaku membuat jig dari sendok yang dipatahin, siapa ya??? di thread apa lagi??? :smt120:smt120:confused:

Pecuk
04-02-2008, 15:47
Salam kenal pak Dani,
Saya pernah lihat di acara mancing pada salah satu TV swasta. Kalo tidak salah teknik macing tradisional yang dikenal dengan nama "Kici-kici" Lure berbentuk melengkung seperti sendok dengan warna mengkilap namun terbuat dari bahan plastik.
Lure meluncur ke dasar laut dengan bantuan batu yang diikatkan pada daun kelapa kering dan disangkutkan pada mata kail. Lure mulai beraksi jika kenur ditarik2x (Seperti teknik jiging).
Jadi saya rasa tidak ada salahnya kalo sendok dijadikan lure, namun harus digurinda dibeberapa sisi untuk melancarkan aksinya di dalam air.

bonito
04-02-2008, 16:00
@ Pecuk: Pak Danny, mungkin ada kekeliruan penulisan lure menjadi rule.
Ijinkan sy edit post anda. Thx.

izzuman
06-02-2008, 10:59
maaf sy jg taunya surf di google> http://www.make-your-own-fishing-lures.com/fishing-spoons sy blm nyoba dilaut,tp dites dibak mandi,sendok yg dipotong gagangnya klo ditarik pke knur emang liukannya ky ikan idup.btw haturnuhun atas infonya.

nih bos gw kasih gambarnya biar gampang...
oke juga idenya nelayan...
gw rasa yg bikin jig spoon juga idenya dari nelayan yg kehabisan uman di tengah laut terus dia improvisasi..:smt023

ikuaku1
06-02-2008, 11:03
Selain sendok bisa juga menggunakan gagang/pegangan pisau besi yang sudah di krom jadi mengkilat.
Ikan predator makanannya aneh,.. Sendok, Pisau, kayu.. etc.
joke buat temen.., bekas stabilo di pasang treble hook juga di hajar ikan predator..haha..