PDA

View Full Version : Mancing pake "saweran".



adam luthfi
06-02-2008, 11:59
Dear all...
Pernahkah sewaktu mancing di kolam harian, sedang waktu sudah tengah hari dan ikan sudah gak galak lagi, sontak terdengar teriakan dari pemancing lain "nyawerr yoookkk"... Ucapan yang dengan cepat direspon pemilik empang dengan cepat2 menarik uang tambahan dari pemancing yang besarnya bervariasi mulai dari 5rb s/d 15rb..
setelah uang kumpul, pluung... beberapa ekor ikan diturunkan ke kolam oleh pemilik empang, seperti menambah "darah baru" bagi pemancing yang sudah terlihat "pusing" karena umpannya gak dicoel2 ikan.
Nah, bagaimana menurut teman2 mengenai fenomena "nyawer" ini?
Apa menguntungkan pemancing atau sebaliknya.. sebab ada beberapa kolam pemancingan yang "nyawer" sampai berkali-kali sampai tiket harian sama nyawernya banyakan nyawernya hingga terkadang ada pemancing yang sudah kewalahan memutuskan mundur dari arena pertarungan.
Saat ini hampir semua empang menerapkan cara ini.. bagaimana menurut forumers sekalian??

Salam Mancinggg

saiful
06-02-2008, 14:28
bang adam...kalo nyawernya/nyiramnya sekali aja waktu ikan ga makan itu wajar & saya sendiri pernah ngalamin, tp kl nyiramnya sampai beberapakali dalam satu hari mancing itu yang kudu waspadain, bisa aja tuch orang suruan yg punya empang...apalagi yg punya empang gesit banget kl dibilang nyawer langsung mungutin duitnya...(kudu dicurigain)

Bang adam lihat juga kalo saban mancing perlakuannya sama...kl mancing sekalian aja bawain pellet yang udah diubek ama potas ceburin dah tuch umpan...biar sekalian gulung tiker tuch empang...

banyak sekarang ini pengelola empang yg mempunyai kelakuakn aneh...
awal2 pembukaan empang mereka semangat & jujur banget....pas empangnya udah rame mulai dah kelihatan belangnya......ngurus empang semaunya & pelepasan ikan juga sering dimainin timbangan & ukurannya..

damar118
08-02-2008, 18:06
bro..adam sekarang hampir semua empang pasti nyiram...
apalagi kalo mancing lele itu pasti......ya..kalo cuma sekali or dua kali
masih bisa di maklumi tapi kalo sehari bisa tiga sampe empat patut di pertanyakan...:confused:
kita mancing ngilangin strees bukannya malah tambah strees....tull ga....?:cool:

adam luthfi
09-02-2008, 08:43
Ya, betul juga sih..
Ane pernah ngalamin sekali, abis itu ogah mancing disitu lagi..
Ceritanya begini.. Itu empang ikan mas gak begitu besar, malah bisa dibilang kecil, yang mancing juga paling banyak 10 orang, Main harian 30 rb, ikan turun 6 ekor perorang... Sumpah ikan cepet banget makannya, begitu taro umpan langsung disamber, yang umpannya gak jitu pasti ketinggalan, dan ane salah satunya..Gara2 kehabisan kroto, jadi pake yang umpan biasa aja, Alhasil baru jam 10 pagi ikan udah keangkat semua, ane cuma baru dapat 1 ekor, bengong lima menit, ada yang teriak "nyirem yookk".. Ya udah ane ngikut juga nyiram, kali aja kali ini beruntung.. Ga lama ikan dicemplungin lagi, sibuk lagi pada ngegentak..lagi2 ane cuma nonton doang, ikan yang diturunin abis lagi, Nyiram lagi yang kedua kali..ane ngikut lagi...boncosss lagi:confused:,,,begitu yang ketiga kali ane "KO" juga.. gulung benang, lipat joran, duduk manis di pinggir empang, ternyata pada hari itu ane hitung nyiram sampai 5 kali, iseng2 nanya ma orang yang biasa nongkrong disitu kata dia "mancing disitu asal kuat aja mas"....hehehe, dalam hati salah sendiri mancing pas2an..

Salam mancingg...

Lucky Man
09-02-2008, 09:45
Wah,,, akumah sering acara kaya gituan......
kadang sampe 1jt uang yang dikumpulkan......
tapi kalo ikannya sakit sama aje..... hanya nguntungin yang punya empang..he3....

Ariel_top94
09-02-2008, 10:07
Kalau saya lebih hebat lagi. Kalau di empang lele deket rumah nyawer setiap 1-2 jam sekali. orang2 bilang sih kolam saweran, bener ga yah???