PDA

View Full Version : minta info umpan mancing di sungai



tottalRiot
08-02-2008, 13:51
to all FF sesepuh, saya minta info tentang umpan mancing si sungai, selama ini saya mancing di sungai pake cacing atau lumut, pada pagi hari dan sore hari tarikannya banyak tapi pada siang hari kok ga da ikan yang yambar umpan. thanks to all :smt120:confused:

haryanto satim
08-02-2008, 14:51
targetnya ikan apa pak? tp memang umumnya 'jam makan' ikan pada pagi hari atau sore pak. klo siang emang agak kurang bagus. untuk sungai pasang surutyang paling berpengaruh adalah pasang surut. paling tepat pada saat air mulai pasang atau pas puncaknya.
pd jm atao kondisi di atas ikan umumnya 'rame' n mau makan apa saja, buktinya ditipu dengan minnow, plug ato popper jg strike..

tottalRiot
09-02-2008, 09:37
kl saya biasanya targetnya gabus, nila dan mujair, kira? nila or mujair bisa di tipu ga?
thanks

adam luthfi
09-02-2008, 10:39
Wah, senang sekali di daerah masih banyak sungai yang bisa dipancing..Andai di Jakarta masih ada sungai yang banyak ikan terus bisa dipancing.. asyik..

haryanto satim
09-02-2008, 16:19
kl saya biasanya targetnya gabus, nila dan mujair, kira? nila or mujair bisa di tipu ga?
thanks
nila/mujair bisa 'ditipu' pak.. apalagi gabus..
mancing nila/mujair paling bagus waktunya pagi/sore. klo siang ngumpet, cb cari tempat yang agak terlindung biasanya itu ikanngumpet di situ..
umpan alami yg menurut sy terbaik adalah laron untuk nila/mujair, klountuk gabus biasanya anak katak (untuk gabus besar), gabus ukuran kecil mah gampang banget...

awan_awan
09-02-2008, 22:16
kalo ikan2 itu mah semua orang pasti pernah memancingnya, umpan alaminya memang bagus pake cacing,laron buat nila/mujaer, atau anak katak sama ikan kecil buat gabus.
tapi pasti lebih menyenangkan lagi kalo anda bisa ngibulin tuh ikan.

aris_pasirputih
10-02-2008, 10:11
Pake umpan hidup seru bgt tuh pak.Bisa pake anak kodok buat gabus yg gedean(kalo mancing di sawah).
Bisa juga pake serangga yg klw disini namanya Angge2.Rating strikenya lumayan bagus,bisa di sungai atau sawah.

tottalRiot
10-02-2008, 22:05
thanks to all brothers, nanti tips tips nya ku kumpulin, lumayan bwat nambah nambah jurus mancing. aku suka mancing kl kerja lg off and kuliah jg liburan. o ya di bali masih banyak jg sungai yang masih bisa di pancingin, bahkan di denpasar jg. ya tapi ikannya udah kecil2 ga kaya dulu lg waktu kecil bisa hook up ikan besar, mungkin dah kalah sama orang yang pake jaring. jg skrg mulai banyak limbah dr pabrik tekstil(skala kecil). mungkin 20 thn lg sungai di desa2 ja yang masih da ikannya. and sungai yang di kota dah rusak.