PDA

View Full Version : Ikan mas gemuk susah makan??



adam luthfi
11-02-2008, 08:34
Teman2...
Saya mau tanya, apa betul bentuk badan ikan mas mempengaruhi pola makan ikan? Sebab kalau saya perhatikan ikan mas yang agak kecil dan berbody panjang lebih rakus dan liar makannya dibanding yang "buntek".
Gimana menurut teman2 dan adakah perbedaan umpan untuk ikan mas yang panjang dan buntek??
Mohon pencerahan...:smt100

Salam mancinggg..

innoth
12-02-2008, 09:06
Menurut pengalaman saya sih, malah bukan gemuk atau kurusnya yang mempengaruhi. Tapi kecil besarnya. Contoh, kalau ikan mas beratnya dibawah 1kg, biasanya lebih rakus..kus..:p
Trus, kualitas air juga sangat mempengaruhi tuh boss..aq sering ngalami, kalau kolam airnya kehijauan gitu (apalagi + bau), selera makan ikan mas berkurang..


"Salam Pancing"
:smt023

Lucky Man
12-02-2008, 09:16
@ Mas Adam, Sepengalaman saya hanya beda pas tarikannya saja, kalo masalah rakus ato ngga nya tergantung ' kapan di beri makan terakhir ', kalo ikan mas yang berbodi panjang tenaganya lebih besar dan dia bergerak cepat, sedangkan yang buntek kebalikannya, karena kalo pas ikan ngga pada makan pasti semua sama....

Mungkin dari senior yang lain bisa nambahin.....

adam luthfi
12-02-2008, 09:30
Thanks bang Agus, om Andrie...
terus nanya lagi nih... agak nyimpang sih tapi gapapa khan??
Pernah gak mesiangi ikan mas, buang isi perutnya? Nah, kadang kita menjumpai kalo ikan mas yang agak gendut walau badannya kecil tapi ada semacam "telur" di perutnya berupa bintil kecil2 yang banyak? itu benar telur ikan pa bukan ya? bisa ga buat dijadikan campuran umpan?

Salam mancinggg

Lucky Man
12-02-2008, 09:45
butiran kecil, betul itu telur ikan, tapi saya belum pernah nyoba untuk campuran umpan.... tapi kalo ikan mas nya sendiri ( yang Merah ) pernah di coba..he3....

widyatmoko
12-02-2008, 09:59
beda cara makan ikan mas yang panjang dan yang "buntet" ??
kalo berdasarkan pengalaman sih :
ikan mas berbody panjang --> cenderung lebih ngotot makannya
ikan mas "buntet" --> lebih halus cara makannya

meskipun ini gak bisa jadi pegangan pasti, tapi paling nggak 80% dari pengalaman pribadi berlaku perbedaan cara makan yang disebutkan diatas ..
... ayo manceeeeng ...:wink:

adam luthfi
12-02-2008, 11:41
Oh, jadi begitu...ngerti nih..Pantas saja saya sering ngalamin "telat gentak". cara makan yang halus yang jadi penyebabnya, apalagi kalo ikan yang buntek yang ditebar pemilik empang, pelampung cuma gerak turun - naik pas lagi dimakan..abis itu udah..lari entah kemana..Tanya lagi pak..masalah pelampung nih, saya selalu pakai pelampung bulu merak yang 3 cm tiap mancing ikan mas. tapi berhubung sudah susah didapat karena terkena imbas flu burung, saya menggantinya dengan yang sedang in saat ini yaitu dari styrofoam.. nah tolong dong disharring pelampung apa yang biasa dipakai rekan2 sekalian buat mancing ikan mas, buat bahan referensi..Thanks, Salam mancing selalu...

innoth
12-02-2008, 12:03
@Adam
Rada OOT, tp gpp deh..:p
Masih berdasarkan pengalaman, Pelampung yang saya pilih, tergantung dari besar/kecil kolam.
Untuk bahan yang digunakan, saya cenderung pilih Stryofoam, soalnya bahan nya ringan.(menurut saya, lbh ringan, lbh sensi..) trus bentuknya pun kerucut/panjang.
Saya pernah lihat pelampung model Bulu merak tp dari bahan Stryofoam..kok mas. Coba cari deh di toko2 Pancing, kali aja ada..


"Salam Pancing"
:wink: