PDA

View Full Version : Yamaha 40 pk kerosene to gasoline



jst
27-02-2008, 18:45
Karena adanya konversi pemerintah dari minyak tanah ke gas, maka sekarang saya kesulitan mendapat minyak tanah untuk mesin tempel yamaha 40 pk 2 tak.
Ada di coba langsung pemakaian minyak tanah di ganti dengan bensin yang di test oleh saya tanpa menganti karburator bensin tidak ada masalah,
hanya ada hal hal yang mau di tanyakan pengantian bahan bakar tersebut:

1. Apa ada efek jangka panjang untuk pengantian tersebut.

2. Apa perlu ada pengantian part di dalam karburator untuk hasil yg optimal dan bagaimana
setelan anginnya apa di kurangi atau di tambahkan.

3. Bagaimana efisiensi pemakaian bahan bakar bensin dengan karburator minyak tanah, atau lebih baik menganti karburator bensin yang mungkin lebih irit jauh dari karburator minyak tanah.

Tolong pencerahan dari rekan2 atau sharing pendapat bagi yg mengalami hal serupa karena konversi pemerintah tersebut.
Terima kasih.

jst
28-02-2008, 15:01
tambah point lg
4. Apa silinder kop mesti di ganti, atau ada trik khususnya supaya kompresi bensin yg lebih tinggi bisa sesuai dengan silinder kop nya..

KuweRambut
28-02-2008, 20:32
Om Jusito..saya coba bantu jawab sebisanya, mudah2an rekan-rekan lain bisa membantu.
Asal dikerjakan dengan ahlinya rasanya bisa saja Om.
Cylinder head rasanya harus di papas lebih tinggi untuk mengindari efek bolong/ gompal2 di piston dan bibir cylinder head karena naiknya kompresi.
Terus main jet dan pilot jet di carburator harus disesuaikan, plus setelan angin dan setelan gasnya, CMIIW.
Paling enak sih dijual aja Om mesinnya, beli yang bensin..

jst
29-02-2008, 12:36
Makasih om budi, untung blom langsung di pergunakan untuk waktu yang lama, berarti gak bisa yah langsung di pake dengan bbm bensin...
Emank dari dealer yamaha mengharuskan pengantian karb dan head silinder.:smt023
Klaau di jual mase dalam bbm kerosene gak ada yg mau, karena susah nyari minyak nya...