PDA

View Full Version : Mohon info Boat 60 PK 4 stroke



Halim Mfc Sby
01-03-2008, 19:55
Kawan2 .......mohon info penjualan boat 60 pk 4 stroke ya........
Kalo di Surabaya udah tak ubek2 nyariknya gak dapet juga.........kecuali inden.
Dan sekalian mohon info, perbedaan 60 pk 2 stroke dengan 60 pk 4 stroke secara fisik. Terima kasih sebelumnya.

Salam.
Halim.

Sportfisherman
01-03-2008, 20:37
Yg pasti , 4 stroke lebih berat , lebih halus , lebih mahal n lebih ekonomis dalam penggunaan bahan bakar disamping lebih " eco-friendly " .

Jon .

Halim Mfc Sby
02-03-2008, 02:05
Yg pasti , 4 stroke lebih berat , lebih halus , lebih mahal n lebih ekonomis dalam penggunaan bahan bakar disamping lebih " eco-friendly " .

Jon .

Thanks pak jon.............maksud saya mungkin businya kek yang beda ato gimana gitu.......mungkin bisa yang lain yang mudah dikenali dg kasat mata.

Surya P
02-03-2008, 05:34
Pak Jon,

Izin jawabin Pak Halim yah...


Pak Halim,

Beda Fisik ........

01. Di engine cowling ( tutupan mesin ) akan ada tulisan FOUR atau Four Stroke.

02. Tidak ada kaburator, Yahama dan Suzuki 60HP sudah fuel injection.

03. Lebih cantik dari 2 tak modelnya, lebih rounded tuh engine cowling ( yamaha ). Very futuristic deh, ketimbang 2 tak yang kotak dan old fashion.


Lain-Lain :

04. 4 tak gampang start, mau panas mau dingin kek karena EFI dan auto choke ldan ignition nya lebih pandai dari pada versi kaburator.

05. Tidak ada asap ( ampir nil ), kalo 2 tak saat start dingin dan pakai choke, biasa ya kayak tukang sate sebentar

06. Halus saat idling, nyaris tidak terdengar untuk 4 tak..ini Pak John sudah bilang. tapi saya reinforce lagi...sering kapten kecolongan start engine 4 tak yang sudah hidup karena bener2 tidak kedengaran. Liat RPM nya saja atau cooling water output, pake kuping susah.

07. Fuel savings akan luar biasa, apalagi minyak 2 tak tidak perlu. Biasanya 4 tak lebih irit 50% ( 1/2 ) dari 2 tak konvesional. 2 tak di Indonesia nyaris 99.99% adalah 2 tak konvensional, kecuali import sendiri bagi yang fanatik ama yamaha HDPI atau E-Tech ( Johnson/Evinrude ). Cara melihat fuel savings yang lebih mengejutan adalah, 2 tak 2x lipat lebih boros dari 4 tak.

Contoh gampang :
3 x 250 Yamaha 2 tak dipakai oleh Bali Hai untuk RIB ( perahu karet ) yang bisa 30 seater, hull aluminium namanya Ocean Rafting Lalu di ganti ke Suzuki 250HP 4 tak. Dalam 600 jam saja perbedaan harga antara 2 tak dan 4 tak x 3 mesin udah impas. Sisah nya savings besar.

08. Jika anda pakai mesin sekitar 300 jam pertahun, impas cepat lah pakai 4 tak dan sisahnya untung.

09. 2 tak konvensional itu mesin jorok sebab pollution level nya tinggi sekali dan sudah di banned ( new sales ) dari hampir semua negara maju.

10. Jika anda senang trolling dan engine RPM dibawah 1,500, 2 tak konvensional akan perlu sering di bersihkan busi nya karena pada RPM rendah burn nya paling jelek. Yang burn optimal biasanya di 3,500 RPM dan keatas.

11. Alternator output 2 tak konvensional kecil sekali. Jika anda banyak electronic atau sering mancing malam, hati2 tehadap aki tekor. Yang 4 tak juga tidak gede amat antara 17-25Ampere tetapi yang 2 tak sih payah banget deh.

12. Enggak ada istilah 4 tak banjir di kaburator dan susah start, karena gampang start itu loh dan EFI tidak akan kasih over-fueling jika mesin tidak start. 2 tak kalo susah hidup dan di cranking terus, sering banjir kaburatornya.

13. Karena mesin 2 tak melumasi komponen gerak melalui bensin campur, jika ada pompa bensin yang macet atau gempos, itu liner dan piston bisa kena/rusak cepat pada silinder yang fuel pump nya gagal. Tanpa bensin, artinya tanpa pelumasan.

Contoh 200HP Yamaha 2 tak yang pakai 3 fuel pump, atau 1 pump per 2 silinder. Pump ini model diagrhram karet dan banyak orang yang hanya ganti tuh memrane jika sudah rusak, padahal jika mereka baca buku manual dengan seksama, fuel pump membrane ini adalah comsumable item dan perlu di perhatikan per sekian ratus jam.


14. Jeleknya 4 tak juga ada, sebenarnya ini bukan jelek, tetapi bagi yang sudah biasa pakai mesin 2 tak yang relatif bandel terhadap jorok nya cara user merawat atau memakai mesin tersebut, 4 tak seolah-olah jadi lebih cengeng.

Jadi harus di lihat, who is talking dulu. Contoh gampang mobil jaman sekarang lah. Kijang saat pertama keluar pakai mesin super bandel toyota Corolla 1,300cc. Simple kaburator dan platina. Sekarang Avanza ajah yang 1,300 sudah VVTi dan EFI. Jadi kalau user yang tidak biasa terhadap kemajuan teknologi dan berasumsi bahwa kebutuhan perawatan ke dua mesin adalah sama, kasian yang mesin modern, bisa jebol duluan.
Ini sih perbandingna yang masih kurang tepat, sebab kedua-dua mesin adalah 4 tak. Sebab kalo saya bandingkan mesin 2 tak, kudu mobil Mazda roti atau bajaj yah ? He he he he.

Berbedaan yang mencolok pada 2 tak dan 4 tak mesin tempel adalah, thermal efficiency nya. Suhu operational mesin 4-tak lebih tinggi karena memang lebih efficient dan lean burn. Disini banyak user kecolongan, apalagi yang tidak pakai water pressure gauge dan sering pakai kapal nya untuk di gresekin ke pantai atau sering di kandaskan di sungai. Maksud saya adalah situasi dimana impeller jadi sering masuk pasir dan cepat rusak. Karena suu operational 4tak lebih tinggi, jadi untuk mencapai overheat lebih cepat tuh yang 4tak....jika impeller ada masaaalah.
Nah water pressure gauge bisa memantau output tekanan sea water impeller sih mesin tempel...ini alat haruslah semua mesin tempel pakai, supaya keadaan cooling system bisa di pantau tanpa meraba-raba. Cara melihat "kencing" cooling water mesin tempel sudah tidak zaman, tidak akurat.

Keadaan overheat adalah penyebab utama mesin rusak atau hancur total sekalian. Kedua adalah pelumasan yang buruk. Ketiga adalah overload.

Overheat pada mesin 4tak berbeda dengan mesin 2 tak. Maksud saya berbeda adalah kenapa kok sih 4 tak lebih pekah atau babak belur terhadap overheat. Ada mesin 2 tak yang cylinder head nya individual per silinder, bukan in-line kayak kebanyakan mesin 4 tak. Saat overheat terjadi, cylinder head suka warped ( melengkung ). Jika mesin 4tak nya adalah V-6, maka per satu cylinder head panjang akan melayani tiga silinder. Jika overheat terjadi dan ada melengkung dikit, bisa bisa ada gap atau nga-ngah lah gasket di salah satu cylinder. Jika gap ini membuat sealing area si gasket buruk dan jika air laut kecolongan masuk ke mesin...mati lah tuh mesin. Jadi bukan secara langsung overheat yang merusak total tuh mesin, tetapi overheat merusak cylinder head dan air jadi masuk ke dalam mesin...aw-uwo lah...good by my love.

Jika mesin 2 tak yang pakai 1 cylinder head per piston/cylinder, dan kerana ukuran nya kecil, warping atau melengkung dikit-dikit masih bisa di toleransi ama gasket. Cuma jaman sekarang kan mesin dibuat dengan seminimal komponen kalo bisa, biar lebih cepat di rakit dan lebih murah dan etc etc. Jadi mau ganti komponen di zona A, bisa jadi si komponen ini melayani Zona A+B+C, jadi lebih mahal deh.

Bersambung................

Surya P
02-03-2008, 05:45
15. Ada lagi nih masaalah mesin 4 tak yang banyak orang tidak sadar dan dealer juga kurang berikan informasi ke pada user sebab user sulit menerima dan mengerti karena banyak user masih berpacu kepada kebiasaan mereka dengan mesin 2 tak.

Semua mesin perlu ada kenalpot, tidak terkecuali. Kita panggil ini exhaust manifold, sebab kalau kita bicara kenalpot terlampau umum, bisa2 di pikir tabung silencernya.

Mesin 2 tak karena membakar minyak 2 tak dan minyak itu tidak total terbakar, minyak itu akan melindungi exhaust manifold dengan lapisan film oli. Film ini akan memperlambat rate of corrosion di exhaust manifold.

Mesin 4 tak tidak ada pelumas yang ikut di bakar, jadi buangan gas pembakaran yang di dinginkan oleh air laut akan menjadi uap panas...sauna neh... . Nah musuh semua bahan logam apapun adalah garam dan suhu panas. Kalo di industri kita kenal sebagai Accelerated Salt Test. Garam kan biang korosif, eeehh ditambah suhu panas pula, yah top dah. Jika ada metallurgy engineer di forum ini, pasti anda pernah lihat tabel babak belur nya logam terhadap uap air garam dan jika melebihi treshold suhu tertentu terjadi akselerasi korosi yang tidak linear...alias cepet kaleee.

Untuk pemilik mesin inboard/dalam yang diesel atau bensin, pasti sudah biasa melihat exhaust elbow ( bagi yang awam, ini perangkat di mana gas buangan di jeksi air laut ) bocor dikit demi dikit. Kalau yang pakai mesin diesel dan exhaust elbow nya di buat oleh pabrik kapal yang pakai barang bagus, biasanya 1,600 - 2,000 jam atau 6 tahun baru bocor jarum lah. Ada sih kapal yang branded tapi baru 600 jam exhaust elbow udah patah.

Jika mesin inboardnya adalah bensin dan tipe Mercruiser, itu exhaust elbownya mass production dan lebih cepat jebol...maklum lah. Juga tidak mahal nih barang.

Nah, jeleknya di mesin tempel, exhaust elbow itu intergrated ama fungsi lain, biasanya jadi engine holder atau apa gitu. Karena mesin 4 tak itu bentuknya kompak dan dibuat sekecil-kecil tuh foot printnya, jika exhaust elbow bocor, bisa-bisa tuh lubang kena bagian lain mesin dan air laut/kenalpot migrasi ke tempat lain...cilaka lah. Kalo mesin inboard/dalam, hampir pasti exhaust elbow ada nya di atas gearbox..hampir bisa di pastikan, kecuali yang pakai V-Drive atau terbalik arah posisi mesin nya.

Enaknya mesin inboard jika exhaust elbow bocor, langsung kelihatan sama engineer/ABK. Kalo mesin tempel, tak nampak neh.

Sayangnya lagi di daerah terpencil, bensin suka di campur minyak tanah. Ini jelek buat sih exhaust elbow karena suhu pembakaran jadi tambah panas juga.....maklum detonasi/glitik yang sering terjadi...yah mangkin cepat jebol lah tuh exhaust elbow.

Sialnya, setau saya di Indonesia sampai saat ini belum ada importir yang keluarkan Tech Bulletin bahwa exhaust elbow di Indonesia untuk mesin 4 tak boleh di kategorikan sebagai consumable. Emang di negara maju kebocoran exhaust elbow ampir enggak pernah kedengaran dan karena banyak yang memang rawat mesin lebih baik, sehingga saat di overhaul kehausan dinding exhaust elbow bisa di deteksi awal dan tidak sempat jadi kasus. Sekarang saya kasih contoh, jarang-jarang di negara maju shock breaker, tie rod dan ball joint di anggap consumable parts..kalo di Jakarta dan apalagi abis musim ujan...parah man.

Diluar dari semua ini, polusi laut bagi yang di Jakarta, juga pengaruh bagi logam di exhuast elbow. Saya tidak tau kimia apa yang di buangi oleh pabrik2 ke sungai di Jakarta, yang jelas bagi kapal di Ancol Marina, sea water pump lebih cepat haus ketimbang kapal yang di Pantai Mutiara.
Pertama sendimentasi kotoran halus di Ancol lebih banyak dan air Ancol emang super jorok.


16. FUEL FILTER PRIMER - HEAVY DUTY & WATER SEPERATOR
Ini juga sering jadi titik problem mesin 4tak. Mesin 4 tak dan EFI biasanya ada dua macam filter di mesin nya sendiri. Filter kasar yang kertas kira2 sekitar 30 micron disebut low pressure filter dan yang tabung besi yang di sebut high pressure filter sekitar 10 micron. Kalo di mesin 2 Tak kaburator, filter biasanya cuma satu yang kertas.

Yang jelas EFI itu lebih irit dari kaburator karena metering fuel yang jauh lebih tepat dan atomization fuel vapor yang lebih sempurna untuk pembakaran. Kalo kaburator itu mesin yang minta bensin melalui suction dari saat piston turun, kalo EFI mesin yang di kasih bensin pada saat yang disesuaikan dengan mapping di komputer sih EFI. Karena atomization BBM yang lebih sempurna memerlukan filter yang lebih halus, bagi pemilik mesin 4tak yang tidak pakai filter awal seperti Racor Spin On, sering kena maasalah karena kotoran di BBM menyumbat filter bawaan mesin 4tak.
Jika kotoran tidak banyak, sering kali kecolongan di jumlah air yang masuk ke mesin.

Mesin 4tak biasanya ada alarm "Water-In-Fuel" dan jika user yang tidak mengerti saat mesin bunyi alarmnya dan jika sih komputer mesin melakukan pengamanan dengan mengkunci mesin untuk tidak lebih dari andaikata 3,500 RPM, user udah vonis duluan nih mesin kok cengeng....trouble terus.
Jika kita lihat filter kertas di mesin tempel, itu cuma bisa nampung air sekitar 50cc doank. Selebihnya bisa masuk ke chamber, saya lupa tuh nama tepatnya chambernya. Ini chamber dari besi dan ada drain plugnya, untuk buang air yang kecolongan masuk. Jika owner tidak sadar air masuk kedalam chamber ini, ini chamber bisa berkarat dan rontoklah logam karat kecil2 dan menyumbat high pressure filter. Lalu mesin endut2 tan lari nya atau maximum RPM tidak tercapai, biarpun air sudah di kuras. Damaged udah done, tapi user tidak sadar.

Bagi yang pakai filter tambahan sebelum suplai BBM masuk ke mesin, ini sebenarnya suatu ke harusan bahwa filter ini di pasang. Mesin di rancang untuk bakar BBM, bukan air. Pembuat mesin juga tidak mikirkan keadaan di Indonesia serbah parah sebab market terbesar di dunia adalah USA dan Eropa, dimana standard kebersihan BBM sangat baik.

Disini banyak pemilik mesin 4tak kecolongan. Mereka pikir reseh amat nih 4 tak. Apalagi yang BBM nya kecampur minyak tanah, minyak tanah itu cinta ama air dan doyan kawin ama air...he he he. Mangkin parah deh.
Jetting kaburator di mesin 2tak itu lubangnya gede jika di bandingkan ama jetting nozzle fuel injector, jadi 2tak lebih cuek ama kotoran.

Pokoknya baik mesin 2 tak ataupun mesin 4tak ataupun mesin apa kek, dilengkapi dengan filter yang bagus dan gede kapasitasnya dari tangki ke mesin...TIDAK ADA RUGI nya.

Juga saat beli filter, pastikan minimal adalah jenis dimana si filter ada mangkok untuk intip air yang terjebak dan so pasti ada drain plug nya. Ini artinya sih filter adalah juga coalescer ( pemisah air ). Di mesin kapal, kita takut banget ama air yang kecolongan masuk ke tangki BBM. Entah karena kondensasi, drigen transfer yang ada airnya, pom bensin yang tangkinya kerendem air laut kalo lagi pasang gila-gila an dan segala sesuatu yang buat air jadi masuk ke tangki. Kalo air sering ada di tangki dan tidak bisa dijejak dari mana......periksa tuh nipple ventilasi tangki. Kadang2 peletakan salah dan sudutnya salah. Air laut masuk saat ombak dan air cucian juga masuk.

Kalo yang bertanya kenapa air lebih banyak terdapat di tangki kapal walaupun tidak ada kebocoran, jawaban nya gampang.

AA. Karena tangki kapal itu besar, bisa 600 liter ke atas, otomatis total ruangan udara yang berpotensi untuk kejadian kondensasi lebih besar dari mobil.

BB. Mesin kapal kalo 200PK 2tak bisa bakar dengan gampang 75 liter perjam per mesin. Mau makan 1,000 liter jika kapal mesin nya 200x 3 itu gampang. Bayangkan jika 1% adalah air, banyak kan yang sisah di tangki.
Kalo mobil 1,600cc mau bakar 1,000 liter, kudu jalan 9,000 kilometer dan ini bisa 4-6 bulan baru abis. Di kapal 38-40 feet bermesin tempel, satu trip mancing saja 1000 liter itu tidak tergolong banyak.

CC. Mobil beli bensin di pom bensin dan langsung colok ke tangki. Kapal kudu pake drigen segala bagi yang tidak isi di Ancol Marina. Bayangkan resiko konteminasinya kayak apa.

Semoga bagi yang mau beli 4tak, informasi ini bisa membantu memberikan pandangan yang lebih realistis terhadap kebutuhan/kekuragan/kelebihan mesin tempel 4tak.


Fishy Regards,
Surya

Halim Mfc Sby
02-03-2008, 06:07
Surya P (http://www.fishyforum.com/member.php?u=7335) http://www.fishyforum.com/images/statusicon/user_online.gif

Pak Surya........terima kasih banyak atas pencerahannya yang cukup detail, mesti meng-ulang2 nich bacanya biar nggak lupa, minimal udah nggak repot2 lagi kalo mo maintenance ntar. 1x lagi thanks a lot.

Biccarix
02-03-2008, 06:47
btw om Halim ada pricelistnya yamaha/suzuki 4 tak???
saya pengen tau nih yang tipe 15 Hp 4 tak, harganya berapa???

Oh iya dimana yah kelebihan maupun kekurangan masing merek di atas dalam produk 4 tak nya???

murjana
02-03-2008, 09:33
pak surya dan pak jon, trimakasih infonya :smt023, wah lengkap banget, saya mohon bantuan apa ada yang tahu perkiraan harga 40,60 dan 80 hp 4 baik suzuki ato yamaha dan merk yang dipakai sendiri karena daerah saya ndak ada dealer khusus out board,musti jalan ke kota, duh jauh banget loh, berjam 2x...hehe

Sportfisherman
02-03-2008, 09:35
Pak Surya ,

Thanks untuk jawaban nya , mungkin anda lebih cocok sebagai moderator nih , bagaimana kalau saya ajukan kpd Adrianus agar anda nemenin saya di FishyBoat , setuju ?

Sangat berguna untuk pengguna outboard motor ! Fantastric input .

Jon .

Surya P
02-03-2008, 17:42
Dear Pak Jon,

Wah, saya sih siap nemenin Pak Jon, so pasti. Tapi kalo jadi moderator, nanti ajah ahh, sebab commitment nya Pak. Saya suka angin2 nan dan bisa ngilang berbulan bulan, entar enggak enak kalo can't do my duty well donk...he he he.

Saya sebenarnya lebih paham mesin diesel yang untuk pleasurecraft, kalo mesin tempel baru berapa tahun ini saya get into it in detail, karena ada 4 tak. Kalau 2 tak saya sebenarnya enggak begitu suka...bisa bangkrut beli bensin untuk si smokey bandit Pak..:p

BTW, Amanda & Noah are beautiful :smt023. Saya demen liat Amanda kecil making high speed corner, kelihatan lincah sekali. Tidak gampang cari kapal 30 feet inboard & shaft yang real good performer. Mau liat Noah do a 180* degrees high speed turn....must be a beauty to look at yah.

Kalo Noah ke Pel Ratu, udah ada temen tuh Pak, Ocean 53SS udah disana. Itu fuel filtration system nya saya yang upgrade, sayang pompa sirkulasi nya lagi jebol untuk fuel polishing nya. DC electrical systemnya juga udah di upgrade. Aki nya udah yang AGM dan ada tambahan independent house bank plus split charging, any 1 alternator will charge 3 isolated battery banks. Alternator juga saya ganti yang 140amps Prestolite, bukan yang kecil Bosch asli bawaan MAN engines.

Sayang its been a while saya enggak acak2 tuh kapal, semenjak new owner took over dan jauh dari Ancol. Udah setahun lebih ngak ke Pel Ratu, kangen juga nih.

Happy Fishing ,
Surya

c4del
02-03-2008, 19:14
pak surya dan pak jon, trimakasih infonya :smt023, wah lengkap banget, saya mohon bantuan apa ada yang tahu perkiraan harga 40,60 dan 80 hp 4 baik suzuki ato yamaha dan merk yang dipakai sendiri karena daerah saya ndak ada dealer khusus out board,musti jalan ke kota, duh jauh banget loh, berjam 2x...hehe

Sama dong pak surya, saya juga lagi nyari mesin boat.
Mohon informasi perkiraan harga utk yg 40,60 & 80 hp.
Saya tinggal di Jakarta Selatan, ada toko yg bapak rekomend?

Tks atas informasinya:smt023

Halim Mfc Sby
02-03-2008, 20:21
Biccarix (http://www.fishyforum.com/member.php?u=1062) http://www.fishyforum.com/images/statusicon/user_online.gif
Ronaldo

murjana (http://www.fishyforum.com/member.php?u=3497) http://www.fishyforum.com/images/statusicon/user_offline.gif
dwinda

(http://www.fishyforum.com/member.php?u=6866) c4del (http://www.fishyforum.com/member.php?u=6866) http://www.fishyforum.com/images/statusicon/user_online.gif
nahrawi
Kita sama2 nyari mesin yang sama, secara teknis udah diterangin pak surya secara detil, kebetulan saya browsing tadi dapat web dari negri sebelah, untuk yamaha.silahkan dicek.Yamaha Motor Australia (http://www.yamaha-motor.com.au/marine/index.htm?marine.asp)

Surya P
02-03-2008, 22:57
Kawan2,

Untuk mesin 4 tak Yamaha dan Suzuki.
Kalo saya biasanya deal ama Sumber Marine 021-6916050 Pak Agus
atau North Marine Sport, Pak Ruswan 081-7711405

Kalo harga saya enggak hafal, saya cuma pernah beli yang 250HP Suzuki dan udah lama.

Kalo filter Racor marine paling enak bisa di Sumber Marine atau Jasa Marine, Jasa saya tak ada nomornya di memory HP sebab jarang belanja di sana.

Di Bali ada dealer Suzuki, rasanya dekat Padang Bai. Shinta Marine. Nih nomor nya 081-23951872. Semoga nomornya masih yang ini. Kalo tidak tepat, bel Suzuki Marine di Indomobil pulo gadung 021-4611485

Itu doank database saya, semoga membantu.

Regards,
Surya

erwanlukman
04-03-2008, 22:24
Thanks Banyak Pak Surya, sy juga pake suzuki 4stroke 2x75pk, irit banget pak. Skrg abis baca penjelasan Bapak jadi lebih tahu cara ngerawat mesin, thanks a lot