PDA

View Full Version : PE Braided lines....



Lodewijk
29-08-2006, 10:19
:D
Guys, ini ada article yg menarik tentang itu.
http://www.sportfishingmag.com/article.jsp?ID=43557

Mulai dari testing breaking strength dengan mesin Instron 5543 line tester di IGFA's headquarters, Dania Beach, Florida, sampai testing dengan knots dan hal2 menarik lainnya seputar braided lines.......

Happy reading....! :lol:

Djo
29-08-2006, 12:12
Ini dia yang ditunggu-tunggu.
Merci beaucoup pak Lod. Kalo ada link lainnya yang berguna buat kita-kita, jangan lupa bagi-bagi pak.

isnaeni
29-08-2006, 21:06
Om Lod, mohon pencerahan :)

Dari artikel itu kayaknya Berkley Fireline superior bgt ya, dari sisi kekuatannya Fireline lbh bgs dari Powerpro maupun Tufline XP yg sangat populer :)

Nah, kenur semacam Fireline itu ada yg bilang masuk kategori braided tp bukan PE/dyneema melainkan dibuat dari gelspun atau apa namanya gitu :)
Apa bedanya or keunggulan masing2 ya ? :)

Thanx bgt 8)

Lodewijk
30-08-2006, 09:38
Pak Isnaeni,

Betul sepertinya dari result test tsb. Fireline yg paling unggul breaking strength-nya. Tapi ini adalah hasil dari mesin Instron, pak. Mungkin kalau dalam praktek hasilnya akan lain lagi, karena waktu ikan strike, tarikannya (impact) yg cukup besar dan mesin saya kira tidak bisa mensimulasikan fenomena ini......
Karena itu kita biasanya pakai shock leader, agar PE tidak mudah putus.

Saya kira asal-usul 'spesies' yg dinamakan PE braided line ini sudah pernah dibahas panjang lebar di ForLa (Forum Lama.....,:D)

Seingat saya yg pertama kali menemukan (dan memegang patent-nya) adalah perusahaan asal Belanda. Jadi apa yg dinamakan PE (Poly Ethylene), Gelspun, Dyneema atau Spectra Fibre adalah sebenarnya kurang lebih sama saja, berasal dari hanya satu atau tiga pabrikan (Eropa, Jepang dan Amrik). Yang membedakannya hanya cara memintal dan cara melapisinya.

Beberapa pabrik memilih untuk ketipisan diameternya dan yg lainnya lebih pada kekuatannya, sebetulnya kalau mereka mau, dapat saja semua PE dibuat identical. Semakin tipis diameternya tentu akan semakin tidak tahan terhadap gesekan (abrasi) dan semakin cepat untuk 'rantas'.....

Nah,....tinggal anda sendiri saja yg menentukan pilihan mau pilih yg mana...... :lol:

Sportfisherman
30-08-2006, 12:47
Bahan benang PE adalah Poly-Ethylene fiber dan ada beberapa produsen nya , antara lain DSM ( Belanda ) , AlliedSignal ( dulu tetapi sudah di akuisisi oleh perusahaan lain dan satu dari Jepang ( engga ingat namanya ) . Setaip perusahhan ini menggunakan Trade Mark masing masing , Dyneema adalah merk dagang dari DSM sedangkan Spectra adalah merk dagang dari AlliedSignal sedangkan perusahhan Jepang umumnya menggunakan nama generik PE = PolyEthylene . Nama lain nya spt. ; GelSpun tuh terminology Ozzie yang umumnya disingkat lagi jadi GSP ( GelSpunPolyEthylene ) .

Bahan PE fibre bisa dirajut menjadi benang PE yang penggunaannya antara lain adalah yang kita kenal baik , yaitu benang pancing tetapi selain ini , masih banyak produk lainnya yang menggunakan PE line , antara lain parachute , bullet resistance vest , tambang kapal , etc. , etc. . Benang PE bisa ditenun menjadi kain , dirajut menjadi benang/tambang , etc. .

Kita focuskan ke benang pancing , ada beberapa manufacturing process untuk menggunakan PE fiber menjadi benang pancing ;
1. Di co-extrude dgn nylon menjadi FUSED line , contoh nya Fireline Fusion . 2. Di rajut dalam 4X atau 8X .
Proses co-extrusion menghasilkan benang pancing dgn harga murah tetapi tidak tahan lama sedangkan proses rajutan , 4X lebih murah tentunya daripada 8X . Benang PE semuanya dilapisi sesuatu sehingga fibre nya tidak mudah ter-urai yang dapat mengurangi kekuatan benang bila sudah mulai ter-urai , masing masing merk mempunyai cara tersendiri .

Benang PE rajutan 4X contohnya adalah YGK Jigman sedangkan 8X contohnya Jigman Ultra , berbedaan harganya bisa 2-3 kali lipat dalam satu merk , di pasar banyak merk lain yang lebih murah ataupun lebih mahal dari merk yang saya sebutkan itu , a.l. Varivas , Daiwa , etc. . Kalau soal merk , kita sesuaikan dgn kantong dech dan umumnya PE line jarang yang ber predikat IGFA rated karena masih belum diperoleh secara tetap sambungan yang terbaik antara PE line dan nylon mono-filament leader kendati sudah ada progress kearah yang positive .

Khusus untuk perbedaan PE line utk jigging n popping/casting , umumnya
utk jigging lebih disukai yang tipis tetapi kuat sedangkan untuk casting lebih disukai yang agak tebal . Yang dikatakan Lod itu sangat benar , yang tipis kalau tergesek sedikit sudah langsung putus sedangkan yang tebal masih lebih tahan tetapi umumnya semua PE line sangat rendah " abrasion " resistance nya bila dibandingkan dgn benang mono .

Untuk impack resistance nya , Inchtron machine bukan test apparatus yang ideal karena aplikasi load nya secara increment bukan seperti ketika di strike ikan dan juga kalau mau meniru waktu di strike ikan , masih ada rod yang meredam impact tersebut dan tangan kita dan lain sebagainya , saya lebih melihat persoalan sangat komplex dan terlalu banya external factor nya utk menjadi guideline .

Menggunakan shock leader sangat berguna , khususnya untuk melindungi graphite rod yang tidak di design untuk penggunaan dgn PE line dan untuk menghindari hook terbuka karena impack dari strike ikan . Semakin panjang shock leader , semakin besar impack absorption nya .

Apa yang saya uraikan akan ada overlapping nya dgn contributor yang lain tetapi kalau tidak begini , jadi terputus putus dan tidak dimengerti isi nya , jadi bukan mau berpanjang panjang essay nya nih !

Jon .

fishy
30-08-2006, 15:38
Yang lebih penting sebenarnya impack resistancenya. Itu yang biasanya bikin putus, cuman yaa, mungkin agak susah ngetestnya.

johnbudi
30-08-2006, 18:39
Maksih Pak Lod dan Pak Jon atas sharing pengetahuannya,
abis baca2 artkelnya, surprise juga kalau ternyata yucatan knot katanya paling kuat sebagai knot PE to leader

isnaeni
30-08-2006, 19:55
Thanx utk penjelasan om Jon, om Lod, om Adri :)

Kl saya sbg orang awam mnrt pemahaman saya selama ini ngeliatnya cm dari breaking strength (BS) aja, kl BS tinggi kayak Fireline itu misalnya, maka berarti kenur tsb mestinya 'impact resistance-nya" tinggi jg (kl kena beban gak gampang putus) tp gak tau jg sebenarnya gmn :) :) :)

Soal arsip Forum Lama, mmg seingat saya dulu ada yg soal PE tp udah saya cb search blm ketemu jg :)
Kayaknya intinya mo PE, fused line, braided, gelspun, dyneema or apapun namanya mgkin sbnrnya sama aja barangnya cm beda teknik pembuatan kali ya :)

Thanx bgt 8)

Lodewijk
30-08-2006, 21:39
kl BS tinggi kayak Fireline itu misalnya, maka berarti kenur tsb mestinya 'impact resistance-nya" tinggi jg (kl kena beban gak gampang putus)

:D
Apakah Breaking Strain berbanding lurus dengan Impact Resistance ? Hmmmm,.... tampaknya mesti ada yg meneliti ini, bagaimana pak Isnaeni ? Apakah anda bersedia menjadi volunteer ? :lol:

Disamping itu masih ada juga pertimbangan2 lainnya, seperti tingkat kemahiran kita dalam membuat knot. Seperti yg telah di ulas oleh Doug Olander, knot dapat mengurangi secara umum 25% dari BS. Saya pernah mencoba dengan beberapa teman, membuat sebuah knot dengan menggunakan kelas kenur yg sama. Kemudian di test dengan cara menarik kuat2....... Dalam 3 kali percobaan, punya saya selalu putus di kenurnya dan punya teman2 saya putus ketiga2-nya pada knot-nya.....

Dalam hal ini, yang putus di kenur menandakan kekuatan knot itu 100% dari kekuatan kenur. Jadi tingkat kemahiran seseorang untuk membuat knot yg baik sangat vital selain dari kualitas (brand) PE itu sendiri.......



surprise juga kalau ternyata yucatan knot katanya paling kuat sebagai knot PE to leader

yah,....sayangnya kok tidak ada MidKnot disitu. Mungkin MidKnot kurang populer di Amrik sana yah ?

Sportfisherman
31-08-2006, 00:41
Lod ,

Kebanyakan braided line tuh rating nya agak konservatif , maksud saya dibilang 50 lbs ternyata bisa mencapai 80 lbs atau lebih , jadi kalau anda menggunakan mono leader yang breaking line nya sama , kemungkinan
mono leader nya yang putus .

MidKnot mendapat juara 1 n 2 di Jepang dalam satu " knot " competition dgn sekitar 98% rating dari breaking strain nya PE line , saya sendiri sudah menggunakan MidKnot sejak pertama tama saya menggunakan braided line dan ABK saya sudah sangat mahir mengikat MidKnot .

Persoalan " impact " resistance dari PE line , disebabkan hampir tidak adanya
" stretch " maka begitu melampaui breaking strain nya , benang PE langsung putus dan ini bisa ketika strike , melempar popper ataupun ditarik ikan sedangkan nylon line bisa stretch sampai 30+% sebelum putus . Baru baru ini saya kehilangan satu lure saya karena kesalahan waktu casting menggunakan PE1.5 line , jadi impact bisa saja terjadi karena whipping action ketika casting .

Breaking strain tidak sama dgn impact resistance , makanya kita menggunakan ratio 1:4 waktu initial drag setting , umpamanya benang PE 8 = 80 lbs , initial drag setting nya hanya 20 lbs .

Jon .

PS : Kenapa saya tidak bisa posting image yah , selalu keluar " pop up
window was blocked " ?

johnbudi
31-08-2006, 02:00
Pak Lod,
midknot utk semisal dipakai untuk PE ke Leader yang beda diameter dan kekakuannya, apakah breaking strainnya masih sekuat kalau diameternya sama ?

Pak Jon,
sepertinya ada yang namanya pop-up blocker di browser internet bapak turned on pak.

Sportfisherman
31-08-2006, 07:38
Guys ,

Nih MidKnot ! Jangan lupa , PE 1.5 kebawah , weave nya minimum 30 kali tapi PE8 keatas , 12 kali weave sudah OK . Selamat ber experiment !

Jon .

Lodewijk
31-08-2006, 08:48
Baru baru ini saya kehilangan satu lure saya karena kesalahan waktu casting menggunakan PE1.5 line , jadi impact bisa saja terjadi karena whipping action ketika casting .


Pak Jon baru sekali yah ? Wah,...saya sudah berkali2 pak. :lol:
Kalau naik boat sih biasanya bisa diambil kembali,.....tapi kalau casting dari tebing ? :cry:

Sportfisherman
31-08-2006, 10:29
Lod ,

Hilangnya waktu casting " frog " di rawa rawa sekitar PIK , waktu itu sudah gelap jadi saya tidak nyari , kemungkinan sih masih bisa tercari tapi berhubung nyamuk sudah mulai banyak , jadi saya relakan dech .

Kalau dari kapal sih dulu sering tetapi sesuai dgn apa yang anda bilang , mudah untuk di " jemput " , memang kalau di tebing yah susah , resiko nya terlalu besar .

Jon .

Lodewijk
03-09-2006, 12:57
midknot utk semisal dipakai untuk PE ke Leader yang beda diameter dan kekakuannya, apakah breaking strainnya masih sekuat kalau diameternya sama ?


Maaf pak John, saya bingung dengan pertanyaan anda.......
Biasanya sih memang MidKnot u/ knot antara PE vs leader mono. Dan sepertinya kalau diameternya sama (antara PE & leader mono) tentu sangat riskan yah ? Karena diameter PE seperti yg kita tahu adalah kecil sekali, bahkan beberapa diantaranya amat sangat kecil (Varivas Avani, etc.)

Sportfisherman
03-09-2006, 14:32
Maaf pak John, saya bingung dengan pertanyaan anda.......
Biasanya sih memang MidKnot u/ knot antara PE vs leader mono. Dan sepertinya kalau diameternya sama (antara PE & leader mono) tentu sangat riskan yah ? Karena diameter PE seperti yg kita tahu adalah kecil sekali, bahkan beberapa diantaranya amat sangat kecil (Varivas Avani, etc.)

Lod ,

Umumnya PE line lebih tipis dari mono leader , malah kalau Varivas mungkin
PE6 = 80 lbs , benang mono nya bisa 5 x lebih tebal dan sesuai dgn fungsinya leader , saya sih biasanya menggunakan 130 lbs mono leader untuk PE6 .

Dalam guideline MidKnot , kalau PE 1.5 atau lebih kecil , untuk memperoleh grip yang baik antara PE n Mono diperlukan 30+ wraps sedangkan untuk PE8 atau lebih hanya diperlukan 12 wraps dan untuk PE2 - 7 , yah antara 12 wraps n 30 wraps .

Kalau PE nya sama tebal dgn Mono nya , bukankah tidak ada gunanya tuh leader nya yang hanya 1/5 b.s. ( breaking strain ) nya dari benang PE ?

Jon .

johnbudi
05-09-2006, 14:35
Maaf pak John, saya bingung dengan pertanyaan anda.......
Biasanya sih memang MidKnot u/ knot antara PE vs leader mono. Dan sepertinya kalau diameternya sama (antara PE & leader mono) tentu sangat riskan yah ? Karena diameter PE seperti yg kita tahu adalah kecil sekali, bahkan beberapa diantaranya amat sangat kecil (Varivas Avani, etc.)

Pak Lod,
maaf pak, karena saking semangatnya untuk mencari the truth mengenai sambungan leader ke main line,
nah saya baca lagi pertanyyan saya, saya juga bingung :D
lha wong ternyata saya salah sangka, saya kira midknot itu adalah Bloodknot, yang dimana mid = tengah knot = simpul, maaf ... maaf , akhirnya animasi dari pak Lod dan ilustrasi dari pak Jon H menyadarkan saya bahwa persepsi saya keliru :)

kembali ke midknot, leader ke mainline pak,
itu leader tanpa di simpul uniknot-kan ke main line apa kuat pak?

kalau misal di simpul seperti yang di animasi, ujung leader dibiarkan terbuka, tanpa di lem, memang bagus bisa mulus masuk ke spool reel tanpa halangan.

Lodewijk
05-09-2006, 18:44
:D
Pak John,

yah memang justru disitulah keunggulan dari MidKnot. Seperti yg senior kita sarankan;

"Dalam guideline MidKnot , kalau PE 1.5 atau lebih kecil , untuk memperoleh grip yang baik antara PE n Mono diperlukan 30+ wraps sedangkan untuk PE8 atau lebih hanya diperlukan 12 wraps dan untuk PE2 - 7 , yah antara 12 wraps n 30 wraps . "

Nah, lilitan (wraps) PE ke mono itulah yg menjadi tumpuan 'pegangan' (grip) dan selama ini tuh masih belum pernah u/ melorot (lepas)......
Biasanya yg putus yah di leader atau di PE-nya, masih belum pernah lepas di MidKnot-nya.......:D

Silahkan mencoba dan bereksperiment..... :lol:

BornToFish
06-09-2006, 23:17
ini baru pertama kalinya saya lihat mid knot! kok di aus ga pernah ada yang pake ya?biasanya cuman pake GT knot ato albright

tadi saya coba2, pake braid 30lb sambungin ke leader 40lb...pertama2 coba aku mikirnya mana mungkin ga lepas ini...tapi aku ngetest narik...kuat abisss!
tapi aku coba goyang2in knotnya dan beberapa half hitchnya kelepas...dan akhirnya copot...mungkin tadi ga terlalu kencang ngikatnya ya...
2nd time aku coba ngikat kuat2....tarik....dan 30 lb nya putus duluan!!!!
knot yg sangat kuat, dan casting pasti NO problem ya

tapi masih sulit meyakinkan diri sendiri untuk memakainya melawan ikan gede..ato even casting...soalnya keseringan pake GT knot yg selalu diakhiri dgn 1 half hitch yg gede spy ga meluncur....

apakah mid knot ini sudah terbukti? serem selalu kepikir braidnya bakal melorot...:rolleyes:

apa yg harus dicemati saat mengikat knot ini agar kuat?
oh ya dan apakah half hitch 10-20x yg terakhir itu penting??


Terima kasih in advance
Budi

johnbudi
07-09-2006, 00:22
Pak Budi di Oz,
Gt Knot itu seperti apa ya pak?

kalau midknot , dulu saya sering buat tabahan uni-knot di akhir leadernya, tapi kok agak seret kalau masuk ke reel, agak gede gitu, tapi saya dengan midknot sedikit buat variasi, instead puter2 polos (half hitch ?) saya balik-bolak silang menyilang kedua sisi PE nya, dan tanpa uni knot sebagai ganjel diakhir leader, saya rasa kuat pak...

yang masih saya pikirkan spt ini,
suatu ketika saya menarik simpul penutup PE terlalu kuat dan menggeser, PE tersebut memotong dirinya sendiri, jadi berbulu dan terus putus/menipis,
pertnyan saya, walau belum terbukti, ketika ada tekanan besar/strike, apakah PE yangtajam tidak akan memotong leadernya?

Sportfisherman
07-09-2006, 08:36
Guys ,

Saya sudah menggunakan MidKnot sejak 2001 , tidak ada problem sama sekali n untuk extra insurance , ujung mono leader nya dibakar sehingga kalau slip , masih ada " burl " yang menghentikan slippage itu .

Dgn MidKnot saya pernah naik-kan GT seberat 50 kg ( tidak sendirian ) , GT 46 kg ( sendirian ) and YFT 67 kg ( sendirian ) , jadi MidKnot ini sudah terbukti bagi saya sendiri dan banyak teman teman lain nya .

Di Jepang dalam kompetisi bikin knot , MidKnot berhasil memenangkan No. 1 n No. 2 , yang penting adalah menggunakan soft mono leader / shock leader dan bukan yang biasanya digunakan untuk trolling .

Jon .

hatuala
07-09-2006, 08:59
Pak moderator, bisa gak kalo di ujung mono leader kita press pake sedikit timah yg biasa dipake utk buat knot pada sling (benang kawat), ada pengaruh ke performa gak?

________________________

Gone fishing:rolleyes:

Sportfisherman
07-09-2006, 09:22
Biasanya kalau GT fishing , leader nya masuk ke guides dari rod jadi kalau pakai " sleeve " , hanya bisa untuk leader pendek .

Jon .

Lodewijk
07-09-2006, 10:03
Pak moderator, bisa gak kalo di ujung mono leader kita press pake sedikit timah yg biasa dipake utk buat knot pada sling (benang kawat), ada pengaruh ke performa gak?


Saya pernah diberitahu capt. Indra (SearcherII) bahwa ada juga beberapa orang yg memakai 'bite leader' untuk GT fishing. Material yg digunakan adalah mono 300-400lbs panjang kira2 1.0 s/d 1.5 feet.

Nah, kalau diurai mulai dari main-line PE;

PE (8-10) to Leader Mono (100-150lbs) -> MidKnot

Leader Mono (100-150lbs) to Bite Leader Mono (300-400lbs) -> Albright Knot

Bite Leader mono (300-400lbs) to swivel/popper -> pakai sleeve & di crimping

Sportfisherman
07-09-2006, 11:18
Lod ,

Saya pakai " Bite leader " untuk stickbait / swimbait type fluorocarbon 300 lbs , so far so good hasil nya tetapi di " sleeve " seperti trolling leader , panjangnya tidak lebih dari 50 cm . Bite leader ini saya sambung dgn Albright knot dgn mono leader yang lebih tipis .

Kalau popper lain , langsung mono leader dgn solid ring + splitring .

Jon .

Lodewijk
08-09-2006, 17:36
:D
Sebagai tambahan, selain MidKnot ada juga satu lagi yg belakangan lazim dipakai untuk menyambung main PE ke leader dalam teknik casting/popping, yaitu Twisted Leader.......

Selain kuat, knot ini juga cukup smooth untuk di-casting-kan, seperti halnya dengan MidKnot. Terutama kalau kita tinggal hanya punya leader ukuran kecil (50-80lbs) dan ingin pakai yg lebih besar. Nah.....kalau 60lbs dibuat twisted leader 'kan sudah jadi 120lbs 'tuh ? :lol: