PDA

View Full Version : Hanya faktor Lucy or keberuntungan



bam_gdar
17-03-2008, 13:31
Teman2 di ff mungkin sudah faham and sering menjumpai or mengalami perihal yang terjadi kalau kita sedang ikut suatu lomba, baik lomba jenis ikan mas, bawal dll. Banyak faktor yang sering kita abaikan dalam mengikuti aturan dalam lomba tersebut and semuanya itu menjadikan kita faham and sarat pengalaman kita dalam tehnik and peracik umpan.
Pada dasarnya semuanya itu hanya 1 faktor utama tuk kita bisa menjuarai dlm setiap turnamen or lomba, yaitu faktor : Lucy or keberuntungan.
Kenapa ak bilang begitu mari kita telaah and renungi bersama kasus ini.
Sebagai bahan pertimbangan :
Pagi2 kita menyiapkan segala piranti buat ikut dalam sebuah lomba yang akan kita ikuti...kita set peralatan arsenal kita and tidak lupa juga kita buatkan umpan yang menurut kita cocok and manjur and akan menjadikan kita tuk meraih predikat sebagai juara I,II or III or pemegang juara terberat. Kita membeli and memilih ramuan apa yg cocok tuk nanti kita buatkan...and sebelunya juga kita membelanjakan sebagian uang kita tuk membeli segala macam racikan and ramuan yang mungkin kita kumpulkan dr reverensi kita and teman2 kita ttg cara pembuatan umpan yang baik.
Terlepas dari segala hal diatas...kita juga harus tau..bahwa tuk ikut dalam sebuat event or lomba or turnamen sekelas "Galatam" or "Lomba" dengan iming2 tiket yg dimulai dr Rp. 50 ribu s.d ratusan ribu mungkin juga mencapai jutaan rupiah and hadiah yg buanyak yg akan kita trima jikalau kita menjadi juara...kita harus tahu sarat2 yang harus kita penuhi...teruta - Kepercayaan kita tuk menjadikan juara and siap menerima kekalahan and yang tidak kalah penting adalah menjaga kebugaran and stamina kita di masa lomba.
Kenapa demikian??? karena kl tubuh kita sehat and pikiran kita bersih, segar tidak kemungkinan kita akan menjadi pemenangnya.

Terlepas dari itu semua...dengan peralatan arsenal yang buagus...umpan yang No.1 (umpan super kt kang wawan:D), semangat '45 yang tinggi..ternyata ada faktor yang kita sendiri lupa...yaitu : faktor Luck or Keberuntungan lah sarat utamanya. Percuma kita punya umpan yang bagus..lapak yang bagus..piranti yang canggih toh kalau unsur Luck or keberuntungan gak dipihak kita..ujung2nya yah Boncos yah tetap aja boncol alias pulang tangan hampa:smt120:smt120 udah bayar tiket....beli umpan...bela2in dr malam hingga pagi buat umpan...:confused::confused:

Terlepas dari soal diatas...sedikit kasih tips buat para pemancing and rekan2 ff disini, apa saja yang harus kita ketahui tuk seorang pemacing dlm mengikuti suatu lomba :
1. Jaga kesehatan di saat mau lomba..hindarkan tidur terlarut malam
(kecuali dapet jatah jaga di kantor or ditempat lain:D)
2. Siapkan umpan sedemikian rupa and buat umpan lain dr pemancing
lainnya (umpan usahakan bawa 2 kantong plastik)
3. Disaat pemilihan lapak...cari yg agak tengah...menurut pengamatan ak
disaat mancing lomba ikan 60% bermain di tengah...selebihnya di pinggir
4. Amati pergerakan ikan dengan melihat setiap rembesannya...
5. Berdoa sebelum lomba
6. Siap menerima kekalahan and menjadikannya sebagai awal sebuah
kemenangan.

Demikian aja sedikit pencerahan yg mudah2an bisa menjadi acuan buat kita semua dlm mengikut lomba baik jenis ikan mas and ikan yang lain..
Itu semua diatas tidak lepas dr unsur keberuntungan kita...umpan bagus...lapak bagus...stamina bagus...arsenal bagus...muka bagus (ops sorry gak masuk dlm persyaratan lomba yah:D) hanya unsur Luck or Keberuntungan diatas segala2nya...faktor umpan..lapak bagus dll...tidak menjamin kita tuk bisa menjadi juara...ok..mudah2an dpt berguna buat teman2 di ff sini..kl ada salah kata mohon di dimaafkan...
------------------------------------------------------
"SALAM DR PEMANCING KATRO":D:D:smt055

innoth
17-03-2008, 16:44
Saya Setuju Mas bam..
Faktor keberuntungan mmg no.1.
Soalnya kemaren aq dah yakin sama Umpan, pilih lapak ditengah, tapi cuma dapet ikan 3 ekor :((
Strike #1, Mocel / Lepas karena Mata Kail Patah di tarik sama Babon.
Strike #2-4, Dapet Ikan, cm kecil-kecil...:(
Selanjutnya Pelampung cuma Ngtrik, di gentak, ga ada. Sampai sore..
Padahal di lapak yang sama, saya pernah jadi Top Score.. :D

So, Nasib baek lagi pada kabur kemaren...:p

kakang
17-03-2008, 17:28
apa saja yang harus kita ketahui tuk seorang pemacing dlm mengikuti suatu lomba :
1. Jaga kesehatan di saat mau lomba..hindarkan tidur terlarut malam
.................................................. ..........................................
6. Siap menerima kekalahan and menjadikannya sebagai awal sebuah kemenangan.

Mas bambang ini semakin hari semakin top aja... :smt023:smt023:smt023

Saya tambahkan atu aja :
7. Perhatikan pergerakan arus, karena ikan sedikit banyak bergerak dipengaruhi arus.

bam_gdar
18-03-2008, 08:54
Mas andrie...kang wawan....sebelumnya mau minta permohonan maaf yg sebesar2nya buat kang wawan..akhir2nya buanyak gawean nich...jum'at ada jatah kerjaan ke daerah (Balongan) and pulang sabtu malam...jadi gak bisa ikut kegiatan kang wawan...insya allah dilain waktu and kesempatan (kl gak ada gawean) mudah2an ikutan acara kang wawan...minggu pagi dach sakau kepingin gentak ikan....ngajak teman ikutan lomba...rencana ke aman jaya...sampai disana gak ada peserta...cabut ke lubang buaya...ada pemancingan...giliran ngantri tiket ...lapak abiz...cuma dpt jd ban serep ke-6...akhirnya dr pada nunggu....cabut lagi ke pemancingan lomba pinang ranti...kebetulan masih ada lapak (tiket 50 ribu 2 joran)...teman pilih lapak...dpt lapak plng pojok (12)...set arsenal...siap umpan andalan (buat 3 macam umpan + umpan tambahan dr temen buat)...and lempar...gak ada 5 menit (itu juga rembesan) langsung straek...ikan mas dng bobot 0.8 kg berhasil diangkat (dlm hati walah baru dtng langsung straek...permulaan yg memuaskan)...teryata ampe jam 1 siang..ikan mainnya cuma di tengah...kuampret...di lapak ak itu bom berserakan...ikan gak mau ke pinggir...akhirnya tutup arsenal (pulang dng kekalahan)..cabut dr lomba...nguber ke kolam galatama....main di kolam teman...ikut sesi ke III...ampe jam 5 sore jd juara ke II...ngasih hasil lomba buat teman...dpt sedikit buat beli bensin...sakaunya terbayar lunas...tp di pemnacingan pinang ranti...lapak pojok blassss gak ada ikannya...ikan main di tengah...babon keangkat di lapak tengah itu juga babon terberat di depannya juga...jd kesimpulannya...lapak tengah memang lagi hoki buanget...lapak pinggir boncossssss....

cacakuraca
22-03-2008, 03:07
Setuju juga tuh, siapa sih yang bisa ngalahin 'luckyman'?
Namun ada faktor-faktor yang ada pengaruh dengan lucky tadi, menurut saya yang penting ialah 1. Umpan yang bagus 2. Ketrampilan, baik melempar umpan ke tujuan walaupun angin kencang, kepekaan umpan dimakan ikan, ketepatan membetot, efektifitas menarik dan kecepatan melepas ikan dari kail (kecuali boleh pake caddy) 3. Arsenal yang tepat mis. benang pancing, besar riil, ukuran mata kail, jenis, warna dan besar pelampung dst... tergantung besar kolamnya deh 4. Tempat / lapak, ini juga seringkali jadi penting, apalagi kalo ikannya kecil2 yang suka ikut arah angin dan arus atau kita ditengah pemancing dengan 'umpan bendung' wah... ga ada ikan yang bisa mampir ke lapak kita tuh.... tapi gimanapun lucky penting, kalo orang rumah lagi cemberut, boncos deh