PDA

View Full Version : ask;daiwa saltist



blangkon2007
02-04-2008, 17:52
mohon pencerahan para pakar nih, reel daiwa saltist apa ideal utk trolling....and shimano torium juga reel trolling. rod yang ideal utk reel dimaksud apa ya,...saya pengin coba trolling tengiri...makasih.

Lodewijk
04-04-2008, 21:05
Sebenarnya kalau memang tujuannya untuk trolling, lebih enak pakai yg model 'lever drag', pak. Seperti TLD, Tyrnos, dsb.
Sehingga ketika terjadi strike, lebih mudah kita menaikkan drag-nya ke batas yg diinginkan.

Kalau pakai 'star drag seperti Torium atau Saltist, untuk menaikkan tekanan drag sampai batas yg diinginkan agak susah. Karena memang system drag-nya yg seperti itu (bisa diputar terus sampai habis). Takutnya kita 'ke-bablasan' mutarnya sehingga membuat kenur malah putus... :D

eriko susanto
05-04-2008, 10:09
saltist ,torium, sepertinya memang sedikit dipaksakan utk memenuhi kebutuhan multifungsi :baitcast, light trolling dan jigging.. cuma kalo saya pribadi tidak menyarankan untuk memakainya utk trolling dan jigging apabila frequensi cukup tinggi kecuali tipe type kecilnya utk jigging ... alesannya cape.. deh... .
u trolling speed nya terlalu cepat, jadi efisiensi tenaganya kurang... for example saya punya tyrnos 30 yang high speed nya cukup tinggi kalo ga salah 5 : 1 utk gulung minnow aja berat ( kalo buru buru pas ada joran lain yang strike ) untungnya ada low speednya 2:1 , dengan minnow yang sama jauh lebih ringan pake tld20 yang 3.9:1 .u jigging speed per crank cepat tapi weigt dari alatnya sendiri yang berat bikin lengan cepet pegel.
selain ya kelemahan dari star drag itu sendiri seperti sdh disebutkan oleh seorang senior sebelumnya ....saya sangat setuju dng kesulitan tersebut utk set dragnya rada sulit hrs bener 2 feeling .. .

blangkon2007
05-04-2008, 18:09
thanks. atas pencerahannya pak.