PDA

View Full Version : Cara Mematikan Tehnik Kroto ... !!!



metzad
04-04-2008, 01:03
Kroto adalah telur/calon semut rangrang. Kroto ini banyak dicari orang, mulai dari pencinta burung, sampai pemancing Tombro natural (empang) yang biasanya menggunakan tehnik pelampung & engkel pada saat lomba dengan target tepi2 lapak, sambil menabur kroto2 tersebut (jengkel dech ...:-? :-? :-? )

Nah, berhubung ini dunia mancing memancing, maka yang saya tanyakan :
- Bagaimana cara mematikan tehnik angler yang menggunakan kroto ini.... ???.
Karena bila kita berhadapan dengan tehnik kroto ini, ikan kelihatannya tidak mau makan dan posisinya agak mengambang mengikuti kroto yang memang cenderung sulit tenggelamnya & umpan dengan aroma essen kelihatannya diacuhkan.

Mohon saran dan pencerahan dari para rekan-rekan senior !!!

TheTonkTech
04-04-2008, 07:11
saya termasuk yang pake tehnik kroto sisiran, hmmm.. tehnik ini mati kutu kalo kena BOM yang cocok, ikan akan segera pergi ke dasar dan mencari umpan yang wanginya sejenis dengan BOM tadi.. menurut saya sih gitu... maaf kalo kurang sip... :cool: :eek:

kakang
04-04-2008, 13:59
tehnik ini mati kutu kalo kena BOM yang cocok, ikan akan segera pergi ke dasar dan mencari umpan yang wanginya sejenis dengan BOM tadi.. :cool: :eek:

Wah mantab bro..., boleh sharing dong wangi buat bomnya.

bam_gdar
04-04-2008, 15:27
Kl menurut ak ini sebagai pemacing katro bukan kroto...penggunaan kroto sebenarnya dimulai waktu pemancingan dahulu kala (tahun brapa yah pemacingan lomba or harian pertama dimulai yah??? ada yg tau gak yah???) hiii!!
Karena sifat pemancing dulu hanya menggunakan pelet biasa krn pemijahan ikan mas dahulu kala pakannya ikan mas hanya menggunakan pelet kasar saja...timbul trobosan2 baru yg dikembangkan oleh pihak pemancing and industri makanan ikan...karena experimen pemancing dikala itu penggunaan pelet tanpa emble2 and ikan semakin berkembang...maka pemacing membuat alternatif lain and mencari solusi apa sajakah pakanan ikan mas selain pelet kasar tersebut. Timbulah umpan2 trobosan-trobosn baru yang menggunakan tambahan (selain pelet) tersebut...maka dikembangkan berbagai campuran makanan yang disesuaikan dengan selera makan ikan mas tersebut...penggunaan kroto sebetulnya hanya sebagai experiman pemancing didalam menambah and mengelola umpan ikan mas dan sifatnya dulu pun hanya mencoba..mencoba bagaimana reaksi ikan mas makan...bagaimana ikan mas memberikan respon terhadap umpan + penggunaan kroto...alhasil...ikan mas gemar akan kroto...maka pemacing yg tadinya menggunakan umpan pelet murni sesuai dengan perkembangan dunia pancing and timbulnya umpan2 yang aneh2 and penggunaan kroto...maka bahan kroto menjadikan komoditas utama di dalam kita memenacing ikan mas baik dalam acara lomba harian and lomba (tiket uang)...!!!

Sampai saat ini pun..kroto merupakan primadona pemancing dlm mencampuran umpan tuk umpan ikan mas yah karena sifat dr pemancing dalam membuat umpan2 yang bisa membuat ikan mas gemar makan...maka terciptalah berbagai macam umpan2 + campuran2 yang di kelola berdasarkan dari pengalaman, tuntunan dr pera pemancing lain atau referensi dr majalah mancing lainnya..!!

Mudah2an bisa sebagai acuan and yah anggaplah opini buat bahan bacaan terhadap soal diatas...kl ada yg salah mohon dimaafkan....kl memang benar yah ambil saja yg benar...yg salah dibuang saja...ok!!!

Sebagai tambahan :
Dalam mejawab - Bagaimana cara mematikan tehnik angler yang menggunakan kroto ini.... ???
Cara tuk mematikan tehnik angler penggunaan kroto ini sudah jelas kita lihat dlm acara lomba Galatama...krn galatama penggunaan umpannya adalah non kroto...tapi hanya campuran aci and penggunaan essense...!!!

saiful
05-04-2008, 07:07
Tambahan dikit...(tp ini jahat:smt074:smt074:smt074) umpan pellshon...pellet ma reumashon, tp ini berlaku kalo kita bersebelahan lapak/berhadapan....sekali lagi ini jahat, mo mancing kok jahat...katanya mo seneng2 ngeliat orang strike terus gerah....mending kita intip apaan sich umpannya...besok tinggal kita ikutin dengan model umpan yg sama...bravo mancing sehat!!!!

rianzona
05-04-2008, 14:37
Tambahan dikit...(tp ini jahat:smt074:smt074:smt074) umpan pellshon...pellet ma reumashon, tp ini berlaku kalo kita bersebelahan lapak/berhadapan....sekali lagi ini jahat, mo mancing kok jahat...katanya mo seneng2 ngeliat orang strike terus gerah....mending kita intip apaan sich umpannya...besok tinggal kita ikutin dengan model umpan yg sama...bravo mancing sehat!!!!

Tambahan jahat.......kampers/kapur barus jamin ikan pasti gak mau makan (mendingan jangan deh daripada orang ngeliat kita pada merinding muka merah kepala bertanduk pegang joran trisula:smt096:smt074 :smt077 syaiton donk!!!)

kenzo
05-04-2008, 14:58
hahahahahahahha.................
terusssssssskannnnnnnnnnnn hihihihihihihi

budhi
05-04-2008, 15:00
Ambil pelet/bom satu sendok dan essen menthol 1 tutup botol dan lempar ke lapak yg pake kroto.....di jamin bubar.... Ato minyak rem???? ihihihihi:smt068:smt068

Bukannya kalo galatama ga boleh pake kroto????

metzad
06-04-2008, 15:36
Terima kasih atas respon2nya para senior :smt023

Sebetulnya kalau kita lagi Galatama dengan angler lokal, umpan2 dasar kita pelet semua. Dengan tehnik glosor dengan target dibawah blower.
Dan kebetulan kemarin pas lomba bulanan, orang2 luar daerah pada pake kroto semua...jadi mati kutulah kita semua......hehehehe.
Yang lebih extreem lagi, banyak angler dari luar nge-boom pake tehnik yang agak2 curanglah, yaitu air bilasan di campur kroto 1-2 genggam & kemudian di siramkan ke Kolam.......wah...wah...wah...mungkin tehnik beginian sudah dijalankan sejak awal lomba...tanpa sepengetahuan panitia & kemarin dapat info lagi dari rekan lokal , yang kebetulan lapaknya bersebelahan dengan yang mendapat topskor (ikan terbanyak), bahwa dibawah korangnya dibanduli bungkusan yang kami curigai adalah kroto... :smt093:smt093

Kebetulan saya sendiri join sama rekan (maklum belum bisa mancing sendiri & cuma nge-ramukan umpannya....hehehe) & saya datang setelah 2 jam lomba berjalan...dan lihat sikon kolam sudah penuh dengan kroto diatas air. Langsung saya teringat guyonan senior kita disini, "kalau ikan pada ngambang pake aja essen yang keras"....hehehehe....
Kebetulan saya bawa essen Garlic, dan langsung tanpa basa basi sisa umpan boom yang tinggal dikit saya siram Garlic 4-5cc saya jatuhkan ke dekat lapak samping kiri kanan......hehehee....bathin saya, "Impas dah, saya boncos, lainnya harus boncos.....heheheehe":smt074:smt074:smt097


Monggo kalau ada masukan lagi...!!!

giriwil
06-04-2008, 17:31
bathin saya, "Impas dah, saya boncos, lainnya harus boncos.....heheheehe":smt074:smt074:smt097
Monggo kalau ada masukan lagi...!!!

masukan saya mah hanya mau mengutip signature anda sajah ah hehehe:

(Ahlaq : Amalkanlah Ilmu Kebaikanmu, Sebelum Habis Masa Hidupmu)

kalo di suatu lomba mancing (+ kegiatan apapun) ada yg curang... sebaiknya sih jangan membelas dengan perbuatan yg sama :cool: Itu suatu prinsip yg alhamdulillah masih saya pegang. Jangan biarkan diri kita menjadi pecundang seperti mereka. Pas kita dicurangi, kemudian malah kita yg menang.... kepuasannya berlipet2 dah :D

Sebuah prestasi yg dicapai dgn menjunjung sportivitas maknanya akan lain sekali dgn yg didapat dr kecurangan.

Dgn berjiwa sportif kita pun akan punya banyak teman.

Peace euy :cool:

metzad
06-04-2008, 18:04
Ok, trims sudah mengingatkan :)

Tapi bagaimana, jika bapak berposisi seperti kami...???

Padahal kolam itu sudah tak keloni (sudah paham) seluk beluknya, cara & aroma apa yang cocok u/ ikan makan saat itu, kami sudah tahu betul.

Maaf, kami memang khilaf juga saat itu...panas, merinding, sakau akan tarikan ikan...malah yang didapat puluhan kilo kroto yang mengambang.
Memang ada sih, peserta lokal yang dapet ikan tapi jauh dari nominasi.

Memang, panitia sudah melarang menge-boom pake tangan. Tapi apa dayalah panitia yang berjumlah cuma belasan, memantau peserta yang berjumlah 130-an, apalagi tehnik kecurangannya sulit dideteksi (seperti yang sudah disebut diatas).

Thread "Cara mematikan tehnik Kroto" ini kami paparkan sebagai senjata pamungkas saja. Biar rekan2 angler tombro pada tahu tehnik menangani kecurangan macam ini.
Dan bagi angler2 yang sering melakukan kecurangan2 diatas, biar merasa jeri, karena semua orang pada tahu cara mematikan kecurangan2 tersebut.
(Ini-kan termasuk mengamalkan ilmu kebaikan juga)


Kami sudah dapat saran dari senior disini,
- Panitia harus melarang (tegas), penggunaan kroto kalau ada lomba lagi--- setuju.

munkin ada lagi dari senior2 ???

metzad
06-04-2008, 19:24
Segala masukan dari senior2, akan kami laksanakan

giriwil
08-04-2008, 19:19
@Tapi bagaimana, jika bapak berposisi seperti kami...???

Tetep ajah mancing bro….. kalo mau angkat joran...cabut hehehe... keep calm n stay cool:cool:

Emang ngeselin dan sayah mah cenderung jijix sama pemancing yg gituh.... mancing ajah kok reseh hehehe

Tahun 2000 Lomba harian ikan mas di lebak bulus.
Lapak penuh. Bahkan 1 lapak boleh 2 org.

Tetangga di sebelah saya pake rangkaian 10 or 15 kail…. Gile enggak? Org2 pake Cuma 3 kael
Dia mancing paling pake umpan Cuma 1 kail… sisanya poloshhhh….loshhhh
Selama 1 hari mancing dia …. Lempar… pura2 nunggu strike…. gentak…… lempar… kura2…. Embat… begitu terus seharian.
Say amah cuex ajah… protes juga engga… begitu juga temen2 pemancig laen yg kebetulan di sebelahnya
Akhirnya seharian ngembat dia dapet dua ekor. 0,5 kg 1 ekor + 2,7kg-an 1 ekor. Gelonya doi Juara II lage hahahaha….. nyebelin engga?

Saya di sini gak dapet apa2…. Hanya lulus tes kesabaran sajah

Selanjutnya tu org gak pernah nongol2 lagi batang kemal.... eh hidungya di empang...

2004 – now. Galatama-an
Bbrp kali nemuin kelakuan nakal… macem2 dah kalo org pada money minded… . Alhamdulillah kesabaran saya berbuah rejeki for the next several fishing trip.

Kroto?
Emang agak sulit dihapuskan kayaknya bro….. kebetulan sayah bukan krotoxmaniax… jadi setujuw kalo krotoq dihapuskan…. Hehehe hidup KROCO :smt101

metzad
09-04-2008, 02:49
Ok...teng yu :smt023

Salam Serok.....hehehehe

giriwil
09-04-2008, 19:05
makasih kembali :D

salam

AYAX
11-04-2008, 10:20
salam kenal
coba pak pakai bom pelet sinta, warnanya agak kehitaman karakternya itu pelet langsung tenggelam ,amisnya nyengat buat ngumpulin ikan oke juga sih.mancing nya satu titik aja ,bisa dipakai umpan juga kalau mata kail ada 3 yah yang satu pake umpan pelet tsb.
hanya sekedar masukan,maaf kalau salah
salam

Lefziht
14-04-2008, 02:12
Numpang komentar yach... Benernya kroto tuch memang umpan alamiah ikan mas jd emang sulit bgt tuk ditaklukan. Apa lg kroto sifatnya mengambang. Tp kroto tuh cenderung ikan kecil yg makan jd ndak usah terlalu dicemasin. Klo menurut teman2 disini kroto malahan sebenernya kalah ma essen. N Aci essen kalahnya ma timun. Coba dech bom nya kasih dikit campuran essen yg dipake umpan. Ato kalo ndak gitu ya niru aja dech, bom nya dikasih kroto.

metzad
15-04-2008, 17:48
Ok...ok...sip :smt023...:smt023

didinbejo
15-04-2008, 20:41
Tambahan jahat.......kampers/kapur barus jamin ikan pasti gak mau makan (mendingan jangan deh daripada orang ngeliat kita pada merinding muka merah kepala bertanduk pegang joran trisula:smt096:smt074 :smt077 syaiton donk!!!)
Tambahan nih mas kalo nyari kamper susah pake aja permen relaxa pasti ikan kabur

Van$taal
24-04-2008, 19:40
sekedar share aja..
kejadian2 nakal/curang di saat mancing memang sangat menyebalkan dan menjengkelkan...:mad:
tapi kita musti dan kudu inget...
bahwa niat kita mancing untuk hepi :p
terserah orang mo curang kayak gmana...
akhirnya tes kesabaran yang berlaku...

mudah2an...
para pemancing FF dapat lebih sabar dalam setiap pertandingan...:p
tidak money oriented...:D

keep peace :cool:

kang sastro
25-04-2008, 15:08
(tahun brapa yah pemacingan lomba or harian pertama dimulai yah??? ada yg tau gak yah???) hiii!!


jaman kuda gigit joran kali hehehe......:D
gw th 81 pernah ikut lomba harian ikan mas tiketnya waktu itu cuma 250 perak berhadiah joran daiwa yg waktu itu klo beli di toko harganya sekitar Rp. 2500,-
lokasi nya di pemancingan pertani Jl. raya ps. minggu...disamping TMP Kalibata klo di bayangin jadul banget yah joran nya...:D

kalper
02-05-2008, 10:25
Sekedar share aja, paling tidak untuk mengimbangin kroto... coba pake nasi Pak... nasi di campur air...di lumatkan supaya halus ( air nya yg buat boom ) ..ambil ikan pake nasi yang di lumatkan halus.

ikuaku1
02-05-2008, 10:43
Nah, berhubung ini dunia mancing memancing, maka yang saya tanyakan :
- Bagaimana cara mematikan tehnik angler yang menggunakan kroto ini.... ???.
!!!


Jokes:
hati-hati jangan sampai Anglernya juga mati..