PDA

View Full Version : boat equipment



waklabu
24-09-2006, 20:59
Saat ini saya pengen membangun sebuah boat pancing dengan center console, untuk boat dan mesinnya sudah saya dapatkan dengan spek:

panjang: 6,2 m
lebar : 1,85
jenis : fishing boat
mesin : mariner 40 PK

dan setelah browsing internet, saya ngambil keputusan ingin memasang steer dan control merek teleflex serta steering whell type destroyer, yang menjadi permasalahan buat saya adalah mencari barang-barang tersebut sangat susah di kota saya (medan), mungkin teman2 disini dapat memberikan saran ataupun informasi dimana saya bisa mendapatkan barang tersebut, spek yang ingin saya cr adalah sbb:

-Teleflex NFB Safe T II stering system (11')
-Teleflex control CH 7500 (CH 7500.000000)
-Teleflex universal cable control 3300 (11')
-Destroyer steering whell white control knob stainless steel
(rims 13,5", taper shaft 3/4, dish 20 derjat)

Apakah pemasangan accesories tsb cocok dengan boat punya saya?
dan apakah pemakaian cable control 3300 cocok dengan ch 7500 nya? atau adakah kit lain yang harus saya tambahkan? atau ada alternatif lain untuk barang2 tsb diatas kalau ternyata susah didapat?

Nb; Saya masih baru dalam dunia boating

Terima kasih sebelumnya dan infonya saya nantikan...

Regards,-

waklabu
01-10-2006, 14:16
Kok gak ada yg reply..? hehehe
tapi gak apa saya udah dapet semua barangnya di singapore, ternyata di indo gak ada yg jual.. kasian ya indo.. hhehe

untuk teman2 yg pengen cari barang tapi gak mau shiping costnya terlalu tinggi, singaporemiror.com boleh menjadi guide untuk cari barang-barang yg susah didapat..

Ok, semoga FF lebih rame...

babybaracuda
01-10-2006, 22:00
6.2 meter kok mesinnya cuma 40 PK?? Wahhh kesian atuh itu mesin bisa gempor hehehe, fibre glass apa kayu pa? Boleh tau kenapa pake mesin 40 PK?

6.2 meter minimum 150 HP, ambil yang 4 stroke kalo bisa (outboard). Untuk steering saya ga familiar merek2 itu karena di australia beda. Cuma saya rasa merek apa aja asal kualitas bagus. Yang perlu diperhatikan malah menurut saya hull pa, supaya nyaman dalam menembus ombak.

Kalau bisa di desain hullnya dengan tipe deep V maksudanya makin ke astern, hullnya melebar dan di ada stabilizer nya.

Tapi bener deh asli 40 pk kekecilan pa hehehe

waklabu
02-10-2006, 00:58
eh rupanya ada yg koment juga ya, thanks... masukan seperti ini yg penting untuk saya... hehehe

boatnya dari fiber saya dapat dari teman yg usahanya tambak di riau... boat produk 2005 buatan jakarta, gak tua2 banget dah, keadaan masih lumayan bagus,

Saya berpikir faktor ekonomisnya pak barakuda, dan lagian trip mancing yg akan saya jalani nanti juga gak jauh2 x ketengah laut, dan info dari yang punya boat 40 pk juga sudah cukup dan spek list boatnya max 65 pk.., wah saya rasa kalau saya pakai yang 150pk bisa bisa boat malah susah dikendalikan...

tentang hull saya kurang ngerti, tapi yg saya tau stabilitas sebuah boat paling ditentukan oleh hullnya, bener gak yah?

Mungkin kedepan saya akan berpikir untuk menaikan pk mesinnya sesuai sarannya kalau ternyata jalan boat lambat....

Thanks babybaracuda...

ini saya lampirkan pic boatnya (boatnya masih didarat didepan rumah) traileernya n console dalam penngerjaan

regards,-

babybaracuda
02-10-2006, 20:58
Ga tau ya pa, dulu saya punya boat 4.7 meter fibreglass pake 75 HP outboard. Beratnya 752 KG Max speed 40 knott, emang kenceng bener. Mustinya 60 hp cukup.

Kalo maksudnya mau irit bensin, blom tentu loh pa, kalo keberatan 40 pk bapa bisa minum lebih banyak dari 60 PK.

Berat kotor boat nya berapa pak? Kalo diatas 1 ton minimum 90 HP setau saya.

Kalo disini 40 HP motor biasanya dipake buat alumunium boat, karena lebih ringan. Itupun buat roundabout type alumunium 4.5 meteran.

Memang stabilitas boat ditentukan oleh hullnya makanya saya bilang soal steering etc mah gampang itu pa, yang penting desain hullnya. Mau boat sebagus apapun kalo hullnya jelek bisa mabok laut 7 keliling hehehe.

Hull yang bagus adalah hull yang bisa memotong ombak dan membagi rata terpaan/tekanan ombak ke kiri kanan dan ke arah astern. Boat saya kecepatan 30 knott bisa seakan2 melayang di atas air karena begitu dia menerpa ombak dia tidak oleng. Ini karena deep v hull, kalo hull yang tidak deep v akan ada feeling 'ayunan" waktu menerpa ombak, bisa mabok hehehe. Contoh: kapal kayu nelayan.

Contoh deep v hull, lihat di sini, ini boat saya panjangnya mirip panjang kapal bapak.http://www.fishyforum.com/attachment.php?attachmentid=1904&d=1157802838

Dari belakang: http://www.fishyforum.com/attachment.php?attachmentid=1905&d=1157803100

waklabu
03-10-2006, 01:39
wah kalo dibandingin dengan boatnya baby punya saya gak ada apa2nya pak baby... mungkin suatu saat saya akan punya yg sperti seafoxnya bapak... (muda mudahan), berat boat sesuai specs 460 kg, draft 30 cm dengan beban penuh kira 8 orang dewasa dan menurut informasi dr yg punya itu deck bawahnya bisa diisi dengan air jadi kalau boat pada kondisi laut berombak boat jadinya tidak berapa oleng karna berat tapi jadinya boat tambah berat, itu katanya dia tapi belom pernah dicoba...

mungkin pak baby bisa ngasi komentar hull boat saya. apa termasuk deep v apa tidak, tapi nurut saya tidak deep V karena memang saya rasa boat ini dibuat bukan untuk kecepatan tinggi terbukti dari speks max mesin cuma 65 Hp..

Barang yang saya cari sudah nemu di singapore tapi ada satu yang gak ada, sepertinya mereka gak kenal tu merk mungkin hanya beredar di usa aja kali ya... mungkin pak baby pernah dengar steering wheel merk schmitt? seafoxnya pak baby pake steerr merk apa keliatan dari stainless steel juga ya...?

mkn dengan accesoris yg bagus bisa nutup kurangnya boat saya ini pak baby... hahahaha (keciaan ya)

ini ada saya lampirkan pic hull nya



regards,-

babybaracuda
03-10-2006, 16:37
Hahah bisa aja, punya saya sih sebenarnya sama aja pa, cuma dikasi kabin itu aja. Punya bapa juga bisa kalo mau di bikin seperti itu. Tinggal tambahin fibreglass aja kok.

Oo beratnya 460kg, berarti kosong dong pa ya, ga ada kabinnya? Trus kalo ujan gimana? hehehe.

Mungkin kalo cuma 460 kg, 40 pk sih cukup ya karena punya saya meski panjang cuma 6.5 meter an, beratnya ampir 1.2 ton (dengan mesin)

Untuk steering saya ga tau tuh dia pake apa karena saya beli dalam keadaan jadi.

Hull nya bikin dimana pa? Beli sudah jadi apa bapa yang mau seperti itu?

waklabu
03-10-2006, 20:36
Rencananya saya akan buat atap dengan rangka tersendiri yang akan nempel diconsolenya untuk ngindari panas matahari... ya kalau ternyata ujan sewaktu lg mancing ya terpaksa pulang pak baby... hehehe atau setiap trip mancing mbawa pawang ujan... :)), saya dapat boat ini udah dalam keadaan jadi begini itupun dapat dari teman yg dia pesan dari sebuah pabrik di jakarta.

mungkin setelah console dan mesin terpasang mkn berat boat ngelonjak sampai ke 600 kg ditambah empat orang penumpang kurag lebih 200 kg jadi total bobot boat menjadi 800 kg, wah keknya keberatan ya pak baby dengan mesin 40 pk itu..:confused:

mungkin bener juga kata pak baby itu mesin kekecilan..

sekedar info apa pak baby juga tau apa kegunaan dr trim tab? n pengaturannya secara manual apa electric? saya buta sama sekali sama ini alat...trus efisiensi dari alat tersebut baru kerasa pada kecepatan berapa knot? rencananya saya juga mau memasang alat itu untuk boat saya karena menurut informasinya juga boat saya ini kalau lg jalan agak terlalu mendongak keatas n dengar dengar trim tab solusinya...

mungkin saja pak baby tau..


regards,-

babybaracuda
03-10-2006, 20:57
Hmmm...

Gini pak, sebenarnya ga perlu pake trim tab, saya sih ga pake ya, karena memang semua kapal kalo di genjot langsung throttle nya ya pasti dongak, kalo saya sih saya maenin di throttle dan tilt motor aja, pelan dulu makin lama makin kencang gitu.

Dengan begitu efek ndongak yang extreme akan berkurang.

Kegunaan trim tab adalah supaya menguarangi efek ndongak yang bawa kuatirkan itu. Semua boat pasti dalam speed tertentu (dengan berbanding berat yah) pasti akan "plane" atau datar/stabil, tapi misalnya kalo berat bertambah (nambah penumpang), menantang angin, etc boat akan plane pada speed yang berbeda. Trim tab yang saya tau adalah electric bisa di atur.

Cuma pa, sebelum pasang trim tab, saya tanya dulu, motor mariner 40pk bapak bisa otomatis tilting ga? (motor bisa naek turun melalui tombol di throttle) kalo bisa bapa bisa coba adjust di tilt, kalo baling2 motor terlalu dalam tenggelam kapal akan gampang dongak waktu start, coba motor dinaekan sedikit demi sedikit. Karena pak, kalo bapak genjot motor waktu baling2 tenggelam terlalu dalam, kerja motor akan makin berat, makin dalam baling2 tenggelam makin boros bensinnya, tapi juga ga boleh terlalu naek karena kalo lagi high speed, baling2 bisa loncat dari air dan rpm bisa naik tiba2, bisa jebol lama2. Bunyinya kira kira: rrrrrrrrrrrrrrriiiiiinnnngggg gitu hehehe.

Kalo saya pak, saya tilt up sedikit motor nya waktu dorongan pertama begitu saya sudah dapat speed kira2 15 knot tilt saya turunkan pelan2, nah makin stabil. Asal bapak tau, makin naek tilt motor makin kencang boat nya karena tahanan air makin kecil.

Saya kira trim tab itu buat motor yang ga punya tilt otomatis alias pake tangan hehehe. 40 hp sih harusnya sudah ada tilt otomatis ya karena beratnya juga dah mulai lumayan.

Nah itu juga kenapa saya sarankan at least 90 hp lahpa karena kan bapak blom bawa beban blom pasang ini itu, kalo keberatan pake 40 pk, efek dongak akan makiin makin loh pak.

waklabu
04-10-2006, 17:13
Ooo begitu toh rupanya... asik juga bisa tukar cerita ttg tapi sayangnya saya baru ini punya boat jadi gak bisa mberi masukan apa apa..

jadi dengan kata lain kalau body keberatan dan mesin kekecilan posisi plane (datar) akan susah didapat karena untuk mencapai suatu kecepatan tertentu akan lama dikarenakan tenaga mesin yg kecil... begitukah maksudnya? dan dengan menggunakan trimtab posisi plane lebih gampang didapat... jadi ngarti gua:D

mesin 40 pk nya masih manual tiller alias masi pake tangan kalo mau diangkat makannya alternatif trimtab saya masukin dalam option saya pak tapi gak tau juga kalau seandainya saya ganti mesin yg lebih gede n ada tiltnya, saya rasa automatic tilt itu memang perlu untk dapat njelajah air dangkal dan mempermudah pengoperasian boat....

Wah sepertinya saya pengen nayak lagi ni pak, boleh ya.. hehehe
apa kegunaan Hydrofoils yang dipasang di sirip penyeimbang mesin (diatas baling) apapula fungsinya itu...? trus tentang bilgepump.. teman saya manganjurkan agar saya juga memasang bilgepump di boat yg saya punya, sebenarnya itu pompa apaan seh? n terus kalo dipasang bilgepumpnya ditaruh dimana ya? atau harus dibuat tempat khusus?

jangan bosan2 ya pak.. saya ini fishybaby yg lg butuh
pencerahan...;) :rolleyes: hehehe


regards,-

babybaracuda
04-10-2006, 20:38
Hydrofoil yang di pasang di atas baling2 itu gunanya juga mirip dengan trim tab cuma versi murahnya (disini sekitar 100 dolaran) cuma di baut doang. Sirip mesin di pasangin sayap yang mana bisa lebih menahan tekanan beban belakang boat saat lagi take off. Bapak bayangin kaya selembar triplek diatas air pak kalo dia di telentangkan di atas air bapak coba tekan dari atas kan susah tenggelam betul? Coba kalo triplek itu di buat vertical dan gampang tenggelam betul?

OK, gini pa, untuk lebih gampang nya, bapa tau kenapa boat ndongak ke atas? Semua ini karena baling2 kapal pak, nah kok bisa? Waktu boat dalam waktu stationary, motor akan lebih susah untuk mendorong beban kapal untuk maju kalo sudah maju lebih enak karena sesuai hukum fisika energi yang diperlukan untuk mendorong kapal lebih rendah apabila boat sudah jalan, sama dengan mobil makanya ada gigi 1-5, coba start mobil pake gigi 5, mesinnya ga kuat pa bukan giginya lho. Nah berhubung kapal cuma punya 2 low gear ratio (forward and reverse) jadi susah ngaturnya. kenapa low gear karena diperlukan untuk crank up the engine waktu mendorong kapal pertama2. Kalo high gear ratio wah ga jalan kapalnya.

Nah kenapa sekarang kok bisa dongak? Ok, waktu mendorong pertama2 kan berat, nah berat kapal akan tersalur kebelakang. (bayangin di dalam mobil kalo injek gas kitanya kehentak kebelakang kan?) karena baling kapal didalam air, otomatis pantat kapal akan lebih masuk/tenggelam ke dalam air nah baling2 yang tadinya posisinya vertikal didalam air berubah sudut nya kekanan. Makin besar kemiringan sudutnya terhadap garis lurus, makin dongak pak, hati 2 pak, jangan sekali2 full throttle tiba2 waktu dalam keadaan stationary hidung bisa naek 90 derajat alias kebalik.

Kapal bapa dongak karena mungkin desain transomnya salah? Bisa jadi. Apalagi ditambah dengan tidak otomatis nya tilter 40pk bapa. Kalo tilter otomatis mungkin bisa diatur, tapi coba atur dengan manual posisinya, who knows problem solved.

Sama saja dengan mesin kapal pak, sirip kapal itu bagaikan triplek yang vertikal gampang nusuk air, nah dikasih sayap supaya bisa menghambat tekanan ke dalam air. Ngerti ya pa? Cuma menurut saya buat apa beli gituan buang duit, kalo saya sudah biasa mengatur throttle dengan tilt motor. Cuma memang dengan hydrofoil boat lebih mudah untuk plane.

Ok sekarang bilge pump. Pa semua kapal hendaknya punya bilge pump. Bilge pump itu adalah sebenarnya pompa air. Gunanya untuk memompa air yang tergenang di dalam bilge atau bak tadahan air. Yang bagus adalah automatic bilge pump yang mana apabila ada air sebanyak sekian di dalam bilge dia akan otomatis nyedot keluar.

Harus punya lo pa, kalo ada apa 2 ntar bisa fatal. beneran ini bukannya nakutin. Kalo bisa yang otomatis.

Saya harap bisa membantu.

waklabu
05-10-2006, 00:54
OK ok... saya ngerti sekarang pak baby... sebenarnya masi banyak yg saya belom tau tentang detail dari suati boat tapi penjelasannya bapak agak membuat saya sedikit lebih paham dari sebelumnya... mungkin dilain waktu pasti timbul pertanyaan2 yg lain yg mkn saya akan menanyakannya kembali kepada yg expertnya, setidak2nya pak baby lebih bayak tahu dari saya... hehehe...

jadi sekali lagi thanks banget yah..

regards,-

midship-section
21-10-2006, 23:50
Hai .... Ikut nimbrung dong ......,

Saya baru gabung di forum ini, tau ni forum secara kebetulan. Saya kerja di galangan kapal fiberglass. Setiap kapal/boat yang kita bangun pasti pake bilge pump, Orang2x ditempat saya nyebut pompa ini "pompa petak", fungsinya untuk mengeluarkan air yang tergenang pada bagian lambung kapal/pada compartement. Untuk boat kecil, Bilge pump yang dipake bagusnya jenis submersible pump alias pompa celup (merek TMC 2000 harganya gak mahal tuh...), tapi kalo pake bilge pump berarti butuh daya listrik dari accu ....

midship-section
21-10-2006, 23:51
Hai .... Ikut nimbrung dong ......,:D :D

Saya baru gabung di forum ini, tau ni forum secara kebetulan. Saya kerja di galangan kapal fiberglass. Setiap kapal/boat yang kita bangun pasti pake bilge pump, Orang2x ditempat saya nyebut pompa ini "pompa petak", fungsinya untuk mengeluarkan air yang tergenang pada bagian lambung kapal/pada compartement. Untuk boat kecil, Bilge pump yang dipake bagusnya jenis submersible pump alias pompa celup (merek TMC 2000 harganya gak mahal tuh...), tapi kalo pake bilge pump berarti butuh daya listrik dari accu ....

waklabu
22-10-2006, 00:17
Selamat bergabung pak midship... saya juga baru disini, thanks infonya, tp yg buat saya bingung ngeletakin pumpnya dimana ya.. soalnya saya ndapatin boatnya tanpa ada pump tersebut, wah asik juga bisa kalo bisa share nih itung itung nambah ilmu ttg boat...

mkn kalo pak midship ada info lain yg bisa diberi ke saya... soalnya saya lagi mbangun boat mana tau ada masukan dr teman disini.regard,-

midship-section
22-10-2006, 00:22
letaknya gak perlu khusus, alias bisa dipindah-pindah tergantung bagian mana yang mau dikeringin ..... bentuknya kira-kira mirip pompa aquarium ... ukurannya kecil aja kok ....

waklabu
22-10-2006, 00:38
sekitar berapaan harga tmc2000 nya pak? trus bisa infokan ke saya toko n no tlp yg jualnya ? soalnya ditempat saya susah mau cari barag beginian..

regards,-

midship-section
22-10-2006, 21:30
Harga Tmc 2000 cuma S$ 46 atau Rp 266.800 (dollar singapore, kurs sekitar 1 $S 5800), nanti saya kasih info spek pompa yang harga ini, kalo toko di Jakarta saya kurang tau karena saya di tanjung pinang, disini gak susah carinya, hampir disetiap toko peralatan marine ada jual atau biasanya kita langsung ambil di singapore karena lokasi kita dekat (hanya 1,5 jam naik ferry)

Krakatoa
23-10-2006, 10:45
Wah sepertinya saya pengen nayak lagi ni pak, boleh ya.. hehehe
apa kegunaan Hydrofoils yang dipasang di sirip penyeimbang mesin (diatas baling) apapula fungsinya itu...?

Mau nimbrung dikit pak. Kebetulan saya dari dulu sudah pakai Hydrofoil untuk outboard saya. Sekitar 5 tahun lalu saya beli (pesan dari Amrik) dengan harga $50. Saya gunakan pada Suzuki 25HP. Waktu itu saya gunakan untuk perahu karet. Memang terasa bedanya, pak. Perahu langsung planning pada kecepatan rendah. Artinya disamping menolong tidak 'dongak' (istilah kerennya - anti cavitation) pada saat start jalan, juga saya pikir menghemat bahan bakar. Logikanya, dengan rpm yang sama kecepatan cruising lebih tinggi, karena perahu sudah planning.

Apalagi hydrofoil yang saya beli (merek SE Sport - terlampir) didisain dengan 'thrust channel' pada bagian belakangnya jadi nambah 'tendangan' air ke belakang juga.

Perahu karet sudah saya afkir, dan sekarang saya beralih ke perahu aluminium. Hydrofoil saya pindahkan ke mesin 75HP (foto terlampir). Hydrofoil sampai saat ini masih dalam kondisi sangat bagus. Tidak heran, karena pabriknya memberi life time guarantee :smt023

Hydrofoil ada yang jual di Jakarta nggak ya?

waklabu
27-10-2006, 01:03
Thanks masukannya pak krakatoa... mkn saya akan masukan ini dalam option saya, jadi penggunaan hydrofoil ini dilekatkan dengan jalan membor anti kafitasi yg ada di body mesin pak? atau pake semacam perekat untuk ngelekatkannya? tp keliatan dari picnya pake baoy ya pak.. takutnya malah ngerusak body aslinya lagi, n kemaren waktu mesan hydrofoilsnya totals biaya keselurahnnya sampe indo berapaan seh pak? kalo boleh tau, soalnya saya coba2 mo belanja online setelah dikalkulasi ternyata ongkos kirimnya aja ampir sepertiga dari harga belom termasuk tax n duty waktu ngambil barangnya... atau pak krakatoa punya cara yg lain agar menghemat efisiensi biaya...

regards,-

Krakatoa
27-10-2006, 07:44
Benar pak. Pemasangannya dengan mem-bor anti cavitation plate yang ada pada mesin. Baut sudah termasuk dalam harga hydrofoilnya dan terbuat dari bahan stainless steel yang gradenya sangat tahan terhadap korosi air laut. Sampai sekarang baut yang saya pasang disitu masih 'kinclong' pak.

Gak usah khawatir untuk mem-bor plate yang ada dimesinnya, pak. Bekas bor-an pada mesin 25HP saya yang lama saya rapiin lagi dengan diisi sunpolac lalu dicat semprot pylox. He he.. gampang kok pak. Mesin itu akhirnya dibeli oleh salah satu dealer Suzuki di Jakarta, untuk mereka jual lagi.

Mengenai cara pembelian yang lebih hemat, terus terang saya kurang tahu juga ya, pak. Dulu itu saya beli melalui teman saya yang mau pulang ke Indonesia. Jadi saya nitip dia. Mungkin Bapak bisa cek di dealer outboard (Suzuki, Yamaha etc) siapa tahu mereka juga menjual asesoris hydrofoil ini. Good luck..pak.

waklabu
11-02-2007, 23:13
Akhirnya selesai juga walaupun masih banyak kekurangan.... hehe tapi cukuplah mengingat saya bukan seorang insinyur toh..., tinggal atapnya yg masih belum rampung binun mau buat yg seperti apa....

Thanks bagi rekan-rekan yng udah ngasi sarannya....

deliaptech
12-02-2007, 07:50
ikutan nibrung juga deh.... :D

wah..selamat deh wak..akhir nya jadi...jaman nenek moyang juga nggak ada yang insiyur..tapi dulu juga banyak kapal wak ...nyebrang samudra lagi wak...

kira2 brp total cost untuk kapal nya ?

U-dive
18-02-2007, 15:03
Kalo mau cari steering untuk boat bapak mungkin bapak bisa pesan di Jakarta. Mereknya Vetus, buatan belanda jadi kualitasnya bagus tuh.
Mesin 40 pk itu saya kira sudah cukup untuk boat bapak tersebut.
Di aceh banyak yang pakai boat tersebut dan juga memakai mesin mariner 40 pk.
Kebanyakan boat tersebut merupakan bantuan untuk korban tsunami.

waklabu
20-02-2007, 23:06
deliaptech==>>gak sempat diitung pak tapi lumayan juga seh.. duit kesedot semua kesitu :) tp gak mahal mahal amat kok karena semu bahannya saya beli dan pasang sendiri kecuali trailer yg terpaksa ditempahkan karna saya gak pande ngelas... :rolleyes: , dan keterbatasan alat, tapi kemaren sempat bingung pada saat trailernya dah siap... gimana ya naikin boatnya ke atas trailer? terpaksa harus buat tiang gawang dulu dah sekalian biar lebih gampang nyetel dudukan trailer.. (sekedar mbagi crita neh...)

Wah saya gak tau kalo di Aceh banyak boat yg seperti ini pak... tapi kemaren saya dapat dari temen di Pekan baru yg usaha tambaknya tutup, untuk stiur dan dan control remote saya dapat dari singapore harganya cukup kompetitiflah, Thanks infonya,

regards,-

chris
14-04-2007, 18:07
Ga tau ya pa, dulu saya punya boat 4.7 meter fibreglass pake 75 HP outboard. Beratnya 752 KG Max speed 40 knott, emang kenceng bener. Mustinya 60 hp cukup.

Kalo maksudnya mau irit bensin, blom tentu loh pa, kalo keberatan 40 pk bapa bisa minum lebih banyak dari 60 PK.

Berat kotor boat nya berapa pak? Kalo diatas 1 ton minimum 90 HP setau saya.

Kalo disini 40 HP motor biasanya dipake buat alumunium boat, karena lebih ringan. Itupun buat roundabout type alumunium 4.5 meteran.

Memang stabilitas boat ditentukan oleh hullnya makanya saya bilang soal steering etc mah gampang itu pa, yang penting desain hullnya. Mau boat sebagus apapun kalo hullnya jelek bisa mabok laut 7 keliling hehehe.

Hull yang bagus adalah hull yang bisa memotong ombak dan membagi rata terpaan/tekanan ombak ke kiri kanan dan ke arah astern. Boat saya kecepatan 30 knott bisa seakan2 melayang di atas air karena begitu dia menerpa ombak dia tidak oleng. Ini karena deep v hull, kalo hull yang tidak deep v akan ada feeling 'ayunan" waktu menerpa ombak, bisa mabok hehehe. Contoh: kapal kayu nelayan.

Contoh deep v hull, lihat di sini, ini boat saya panjangnya mirip panjang kapal bapak.http://www.fishyforum.com/attachment.php?attachmentid=1904&d=1157802838

Dari belakang: http://www.fishyforum.com/attachment.php?attachmentid=1905&d=1157803100
pak baby, buat kapal begitu bisa kena berapa duit ya?

babybaracuda
14-04-2007, 20:24
Wah pak chris, saya ga tau pak, saya beli jadi. Ini seafox dari trophy boat. (kayanya se group sama bayliner) tipenya 2052 20 feet. Saya beli bekas dulu AUD$48000