PDA

View Full Version : Reel yang PE Ready pls...



r4024bd
09-04-2008, 12:36
Hari minggu siang abis mancing kemaren saya bersih2 rel abu garcia (dibeliin bini neh he3). Disitu saya baru sadar kalo gagang line spoolnya (bener gak ya namanya - pokoknya yg bisa musti dibuka kalo mau lempar itu lho he) udah kemakan sama benang PE 2 nya. Jadi sekelilingnya terkikis, dan tajem2. Benang PE nya juga jadi "mbruduli" karena berantem ama yg tajem2 tadi. Nah belajar dari situ, saya lagi mikir mo nabung buat beli reel. Tapi jelas harus reel yg PE ready dan masih dalam budget wajar. Udah buka2 tread ketemu Daiwa Fream J yg ready utk PE4.

Nah disini saya mohon nih.... buat rekan2 untuk ngasih masukan dari pengalaman masing2 mengenai daftar reel yang bener2 PE ready, gak dipaksa ready :) Maklumlah kalo angler kaya saya cuma bisa punya 1 pendamping hidup dan 1 set joran. Mo dipake apa aja kek... dasaran, koncer, jigging, popping... sing penting awet & nyaman. Value for money... Mending nabung daripada nyesel lagi... Dikepala sekarang cuma ada daiwa fream j. Kalopun rekomendasinya dalam budget yg guedhe ya tolong di posting aja, mungkin ada temen2 lain yg punya pertanyaan sama dan punya duit bisa mendapatkan pencerahan juga.

Om Irwin, Pak Budi, dan temen2 mancing kemaren juga ditunggu sarannya. Matur nuwun sebelumnya...

martinez
09-04-2008, 14:04
pak kalau menurut ogut reel apa saja bagus semua cuma terganung perawatan aja biarpun pake stella 20000 kalau abis trip gak pernah dibersihin bakal sama saja pak.
ogu juga pernah kok reelnya kemakan sama pe waktu iu ogut usahain untuk pakein amplas bae whAWkKWKAKWKw jadi yang bagian kasarnya ogu amplas biar bablas.
and kalau menuru rekomendasi ogut pake Navi 8000pg aja pak:D

rabbit
09-04-2008, 17:25
Mungkin yang dimaksud bail armnya, dan disana ada line roller, perkiraan saya karena pake benang PE, sementara line rollernya ga bisa muter karena karatan ya kemakan ama benang PE.
Saran saya, utk reel yg pake benang PE harus dibersihkan saban hari abis mancing dan diminyakin.
Kalau budget cukup belilah reel yang berkwalitas (shimano/daiwa dll) yang nota bene line rollernya cukup awet.

Kalau mau reel yang mempunyai benang PE ready, pergi aja ke Dunia Pancing Latumenten, beli reel sekalian benang PE dan sekalian minta pasangin disana. Mereka punya alat untuk memasang benag PE ke spoll.

salam

Rudy 007
09-04-2008, 17:31
Gampang2 susah sih menentukan reel yg aman memakai PE khususnya yg kelas budget. Kalo saya biasanya melihat spoolnya, kalo dr bahan logam sdh ok jgn yg spt plastik/grafit. Ga kuat u menggulung PE yg hrs padat. Juga kalo di spool ada tulisan kapasitas PE hrsnya jg ok.
Yg sulit masalah roller di bail arm, logam atau plastik agak sulit buat di bedakan. Tp biasanya kalo buat mancing yg ringan2 aja, faktor ini saya abaikan.
Mungkin rekan2 yg lain bs menambahkan atau mengkoreksi.

jst
09-04-2008, 17:58
Syarat reel untuk memakai benang pe menurut saya yang line roller nya udah memakai bearing. Karena sifat pe itu tajam bisa memotong line roller yg mase memakai bushing(kurang licin). Jadi kalau mau reel memakai pe coba tanya line rollernya udah memakai bearing atau blom.
Begitu juga dengan rod nya, harus di tanya ring guide itu udah bisa blom pake pe, kalau tidak juga akan hancur ring nya dan lama2 pe nya ikut rusak juga...
Saran merek dan tipe reel yg udah line roller bearing yaitu freamJ dari daiwa atau navy dari shimano.

andykoshuma
09-04-2008, 20:38
Pak Sukrisno gmn klo anda coba cek Okuma Salina SA 80 hrgnya ampir 800rb! Saya dah pake Ril ini untuk Jigging yang Notabene teknik paling memberatkan bailarm, cukup tangguh Pak saya rasa dgn hrga yang lumayan terjangkau! Bahannya dari Aliminilite!

r4024bd
10-04-2008, 17:58
Wah ternyata udah banyak pencerahan nih... terima kasih informasinya semua. Memang kemaren waktu saya bersih2 iseng2 saya buka line rollernya dan ternyata pake sistem bushing. Dan jelas... sudah macet:) Udah dibongkar trus dikasih minyak bawaan Abu. Hasilnya lumayan bergerak sih he3. Tapi tetep aja yg yg sudah kemakan benang gak bisa alus lagi. Mungkin harus di amplas kali ya he3...

Ntar coba saya pas weekend jalan ke toko pancing.. liat2 he3... Terima kasih atas bekal dari temen2 semua...