PDA

View Full Version : Bagian Reel yang terbalik penggunaan grease dan oil



martinez
09-04-2008, 13:54
ogut kmaren liat tmn ogut dia lagi bersihin Reel dan dibongkarin semua macem kayak mekaniknya valenino rossi aja. rus gak sengaja ogut liat bagian yang harusnya dikasih grease kok malah dikasih oil/reel lube gt. trus ogut bilangin jgn digabung2 eh malah dia bilang udah lama begini reel ogut pakenya.

nah yang mau ogut tanyain kalau seharusnya onderdilnya dikasih grease tapi malah dikasih oil ada gak efek samping entah jangka pendek/panjang pada umur reel? trus gmn kalau seandainya terbalik bagian yang harusnya dikasih oil tapi malah dikasih grease?

Lodewijk
09-04-2008, 16:33
Saya sertakan gambar diagram reel (spinning) beserta keterangan; nama part, jenis oil/grease yg dipergunakan, berapa sering pemberiannya dan hal2 penting lainnya yg perlu untuk diperhatikan.

Semoga membantu... :D

Andri Jangkoeng
09-04-2008, 19:55
Saya sertakan gambar diagram reel (spinning) beserta keterangan.... Semoga membantu... :D

Ini benar2 membantu Pak Lod...
Apa bisa dijelaskan medium/Heavy grease spt apa, dan oil yg bagus spt apa...
Thanks...

ong_edward
10-04-2008, 18:46
pak, kalau nga salah medium dan heavy itu ukuran dari tingkatan kekentalan dan lubrikasinya pak. dan kalau nga salah lagi heavy punya kekentalan dan efek lubrikasi yang lebih. mohon koreksi kalau salah.

sekalian mau tanya ni pak... kalau grease spray yang pertama keluar cair lalu lama kelamaan jadi padat itu apakah bisa dipakai untuk gear di dalam reel? soalnya saya perhatikan efek lubrikasinya bagus dan benar2 bisa merata. jadi lebih terbebas dari air laut. sorry ya nimbrung nanya hehehe

Lodewijk
10-04-2008, 19:25
... kalau grease spray yang pertama keluar cair lalu lama kelamaan jadi padat itu apakah bisa dipakai untuk gear di dalam reel?

Grease dalam bentuk spray juga sama saja, hanya packaging-nya beda. Bawaan (original) Shimano Stella yg type SW, grease-nya juga dalam bentuk spray.

Kalau saya biasanya pakai Cal's grease untuk bearing, gear dan bagian2 penting lainnya yg butuh grease, sekaligus bisa untuk drag washer. Sedang untuk bagian yg kurang penting, (seperti misal untuk memberikan grease pada setiap ulir baut/sekrup sebelum dipasang) bisa pakai grease biasa, mis. STP grease for Marine atau Yamaha grease (warna biru).

Pemberian grease untuk setiap ulir sekrup/baut setiap akan dipasang ini adalah kebiasaan yg bagus dan sangat di sarankan oleh Alantani (reel's doctor). Maksudnya agar maintenance y.a.d kita tidak kesulitan karena sekrup/bautnya tidak berkarat/macet. Kadang begitu susahnya dibuka sampai-sampai 'kepala' sekrup/baut-nya bisa rusak... :(

Note: tapi tidak semua sekrup/baut harus diberi grease ulir-nya, pada beberapa part tertentu malah harus diberi 'Locktite', agar tidak gampang dibuka... :D

ong_edward
10-04-2008, 22:17
wah thx berat infonya boss... sorry cendol abis

martinez
11-04-2008, 13:15
om Lod untuk efek sampingnya pada Reel tersebut apa??
apakah reel tersebut bisa jadi tidak smooth lagi atau apa gt?
karna tmn ogut dia terkadang jika grease untuk reel abis dia suka menggunakan gemuk mobil < ogut sempet ngakak juga waktu dia bilang trus waktu dibongkar segala macem kotoran pada kumpul kayak arisan>
kalau nga gemuk mobil option berikutnya dia pake cairan / oil yang untuk mesin jahit katanya

Lodewijk
11-04-2008, 13:46
Meski saya bukan seorang ahli mekanik, rasanya secara logika sederhana kalau lubrikasi kurang bagus, peralatan bisa menjadi aus. Kalau aus-nya sudah banyak maka 'toleransi' atau pertemuan antara metal yg bergesekan menjadi besar celahnya. Akibatnya reel terasa kurang 'smooth' dan 'kocak' -> mungkin mirip seperti setir mobil yg lama tidak pernah ketemu mekanik yah ? Sudah diputar/dibanting tapi mobil masih belum berubah arah... :lol:

Kalau pakai minyak mesin jahit saya tidak rekomen dah. IMHO, masih mending pakai oli mesin biasa saja. Oli mesin jahit ini pernah saya ketahui kurang bagus untuk komponen2 reel lainnya yg bukan terbuat dari metal, bahan seperti plastik/non-metal akan menjadi rapuh (deteriorated) dan mudak retak/pecah.

martinez
11-04-2008, 14:43
thanks 4 om Lod penjelasannya cukup maknyus angkat 2 jempol:smt023:smt023 buat om lod + cendol ijo Crotsssss