PDA

View Full Version : Panjang Ideal Joran Custom



andykoshuma
09-04-2008, 20:52
Hai saudara2ku sekalian.

Saya ada rencana mau bikin Joran Jigging Custom, apa masih ideal antara kekuatan dan actionnya bila panjang keseluruhannya saya buat 1.5M rencananya saya pake Blank Expert dan akan menjadi one piece!

Terima kasih sebelumnya atas saran dan tanggapannya!

silver_sanma
10-04-2008, 10:22
Mister Andy,

Menurut saya, pertanyaan itu sangat sulit dijawab atau bahkan tidak bisa di jawab? Menurut saya yang belum pernah membuat joran custom, tapi hanya berdasar logika saja... joran jigging memang kebanyakan pendek, bahkan ada yang pendek sekali. Katakanlah mister mau buat total panjang 1,5 meter udah termasuk handle-nya, artinya area action sisa sekitar 90 cm.....

Nah, blank seperti apa, ukuran berapa, posisi line guide-nya gimana.... dsb-dsb itu, ya nota bene kudu diatur sedemikian rupa sehingga nantinya joran yang jadi itu tetap balance dan nyaman dipakai...

coba mister lihat di sini... オシアブルーローズ [OCEA BLUE ROSE]: 製品情報|シマノ (http://fishing.shimano.co.jp/cat/detail.asp?k=100171) di situ banyak contoh joran shimano yang seri OCEA yang pendek-pendek... saya pernah coba dan asyik banget....

Tapi terus terang saya tidak bisa menyarankan apapun di sini mengenai bagaimana membuat rod yang baik dan bagus, serahkan saja sama rod makernya... :D

fishy
10-04-2008, 10:36
Pak:

Pembuat joran custom yang baik akan menyesuaikan panjang, action, dll dengan kondisi fisik dan gaya mancing anda. Jadi panjang ideal ini akan berbeda-beda untuk setiap orang.

andykoshuma
10-04-2008, 17:03
@Lorensius & @Fishy : Terima kasih Pak, ya betul sekali yang Pak Lorensius dan Admin bilang, saya merasa pasnya joran itu tadi saat menngunakan hanya di panjang 1.5M, jadi blank custom yang rata2 panjangnya 1.8M harus saya potong, nah itu yg saya takutkan apakah action dan kekuatannya tetap sama setelah dan sebelum dipotong?
Apakah jg memang ada yang menjual blank dgn panjang awal sudah 1.5M sehingga tidak perlu dipotong lagi!

Terima kasih sebelumnya!

Lodewijk
10-04-2008, 17:32
... jadi blank custom yang rata2 panjangnya 1.8M harus saya potong, nah itu yg saya takutkan apakah action dan kekuatannya tetap sama setelah dan sebelum dipotong?

Setelah blank dipotong (cropping), tentu saja 'action' akan berubah. Apalagi anda memotongnya cukup banyak, sepanjang 30cm. Kalau dipotong di depan saja, rod akan jadi lebih kaku. Kalau hanya dibelakang (bagian butt), action rod bagian depan masih tetap sama, tapi 'lifting power' dan 'lock-up point'-nya akan berubah.

Blank yg panjang sekitar 150cm tentu saja ada, berapa poundage class-nya ?
Btw, yg anda maksudkan blank dng panjang 180cm itu berapa poundage class-nya ? (edited, Sorry gak teliti baca posting anda, pakai Expert yah ?)

Note: memotong blank perlu teknik khusus, anda sudah tahu caranya ?

andykoshuma
10-04-2008, 20:39
@lodewijk : Memotong blank perlu teknik khusus, anda sudah tahu caranya ?

Terima kasih Pak! Nah klo masalah ini saya serahkan ke Eqe pak ( Kenalkan sama dia ) masalahnya dia tuh orangnya senengnya bilang bagus terus, tanpa memperhatikan etiket blank itu sendiri!
Kata dia tidak ada disini Blank dgn ukuran 1.5M. Poundage class tu maksudnya apa pak? (apa yg tertera 300Gr itu ya)
Saya juga bingung apa nanti hasilnya akan sebagus Jigging Master yg di Jepang (walaupun blanknya asli ) masalahnya saya yg saya inginkan cuma panjangnya yg harus 1.5M karena sesuai dgn tubuh saya!

Terima kasih

Lodewijk
10-04-2008, 21:03
Oh, anda bikin custom sama Eqe toh ? Kalau begitu tenang saja, dia tahu apa yg mesti harus dilakukan. ;)

Maksud dari poundage class adalah berapa pound (lbs) kelas dari blank rod-nya.
Kalau disebutkan 300gr biasanya ini adalah rekomendasi berat max. jig yg bisa dimainkan.

Good luck...! :D

fishy
12-04-2008, 00:38
Jigging Master itu Taiwan deh pak bukan Jepang