PDA

View Full Version : umpan ikan mas harus ada rasanya?



awaludin_arif_sujatmoko
10-04-2008, 12:26
Kang.. Mas...Pa...Om...
Sudah lama saya ninggalin dunia pancing-memancing juga Fishy forum, alhamdulillah sudah 4 bulan ini saya ga pernah sempet nengokin empang..:mad:
dan kemarin saya kembali terlibat dalam obrolan di pinggir empang...
dan mendapat info dari caddy teman saya yang kebetulan juara.. kalo umpannya dia pake garem..
lupa saya mereknya... tapi dia bilang made in Perancis..(garem bukannya sama aja yah?)

gimana ya... bener yah... kalo umpan itu harus ada rasanya? mohon masukannya dari para mania pancing nih...

Ma'af ya bos kalo kata2nya kurang berkenan...

arief

TheTonkTech
11-04-2008, 12:21
waduh....
baru denger nih ada umpan garam garem?
beneran bisa yach? sempet liat gak cara make nya gimana?
:smt032


BR
TheTonkTech

innoth
11-04-2008, 13:50
wah.. baru tau nih..
Seumur-umur mancing, blm pernah sih ngrasain umpan .. :p

Bisa-bisa nya Kedi kali tuh om.. Garam Inggris ada, tapi kalo Perancis..??
:confused::confused:

bam_gdar
11-04-2008, 14:00
Kalau menurut analisa soal garem...kadang2 umpan2 yang aneh2 bisa juga dimakan ma ikan mas....pemakaian garem ini mungkin pengaruh thp umpan tersebut malah kadang2 gula pasir or gula jawa juga dibuat bahan campuran tuk mancing ikan mas...

Tapi ngemen-ngemeng (lawakan Srimulat hiii) ini buat acara lomba or galatama penggunaan garemnya????

adam luthfi
12-04-2008, 09:49
Kalo menurut ane, umpan mas gak harus ada rasanya, mau manis, asem, asin gak terlalu terpengaruh juga. Justru aroma umpan yang terpenting. pasalnya ikan mas mengendus umpan dulu baru dimakan. Lagipula belum sempat ikan mas nyicipi rasa umpan, sudah kita gentak.

Salam mancinnggg

rdipanegara
17-04-2008, 10:33
Mungkin yang dimaksud adalah garam yang dicampur dengan bubuk bawang putih atawa garlic powder. Produk ini sangat umum dibelahan eropa dan amerika. Di indonesia juga sudah ada produk seperti ini buatan lokal merknya K**U-K**U. Saya pernah mencoba menggunakan garlic powder untuk mancing mas dan patin, hasilnya oke kok. Hanya garlic powder buatan lokal biasanya garlicnya kurang galak, jadi kalo ga mo report beli yang produk import. Kalo mo repot, ambil 5-10 siung bawang putih lalu di blender kemudian ambil garam tidak beryodium (penting, karena kalo sy gunakan yang beryodium ... ga galak tuh) lalu campurkan deh dengan bahan dasar (sagu, jagung, ubi, dsb). Aroma bawang putih yang membawa ikan dari kejauhan mendekat sementara penggunaan garam sendiri saya kurang mengerti.

Mengenai apakah ikan dapat merasa atau tidak, sy juga tidak bs jawab. Tapi, ikan mas menyenangi bahan-bahan yang manis (mungkin) bukan karena rasanya tapi kandungan protein dan lemak yang ada dalam bahan-bahan manis. Saya sering menggunakan susu kental manis dalam campuran umpan wangi dan hasilnya memuaskan.