PDA

View Full Version : Tips Meramu Umpan Istimewa



M-BEI
10-04-2008, 14:18
Wah yang punya tips di sharing yuk! maksud tips disini bukan umpan jadi lho, tapi bagaimana meramu umpan berdasarkan beberapa kriteria, contoh umpan dasar wangi, umpan dasar amis, umpan GT patin, GT mas, atau kebiasaan / kebanyakan umpan di pakai di suatu empang, dll.

Sedikit tips dari pemula:

Untuk GT patin: patin biasanya kebanyakan vegetarian, jadi usahakan membuat umpan dengan aroma yg sedap di cium tidak hilang aroma pada saat terkena air. pengalaman selama GT patin saya selalu ada asem dan wangi, untuk amis hanya sekedar saja jadi dominannya adalah asem dan amis.

Umpan GT patin kemungkinan beda dengan umpan di alam liar, di alam liar patin bisa di pancing dengan menggunakan sesuatu yg berbau busuk, seperti usus ayam, atau apalah yg beraroma menyengat.

Ref umpan patin:
asem, dan wangi.

GT Mas: wah ini sepertinya lebih komplek, karena lebih banyak macam daripada patin. Untuk mas rata-rata aromanya lebih amis dari pada wangi tapi pada saat kemarau tidak sedikit pula yg beraroma wangi. Saya gak ahli, prestasi cuman 28 ekor dalam satu session.

oia, buat umpan selembut mungkin, ini berlaku untuk GT or harian, kecuali umpan hidup.

yuk yg punya pengalaman di sharing yuk!

bam_gdar
10-04-2008, 14:40
Kang M-Bei...ada sedikit info nich tuk umpan ikan mas mudah2an dapat diketahui tuk pemcing lain...
Penganti Deho :
Sebenarnya pengalaman mancing tuk jenis ikan mas yang sering diketahui tuk menghasilkan aroma amis di umpan...kita sering menggunakan campuran daging kaleng seperti deho dll, essen dll...disini ak mengangkat kasus deho karena banyak pemancing yg masih mempergunakan media ini didalam tehnik meracik umpan...penggunaan deho yang terlalu banyak akan mengakibatkan aroma umpan menjadi amis...dan amis yang berasal dr campuran deho bisa kita netralkan dengan bahan2 dari kacang-kacangan...spr kacang tanah or kacang mete...jikalau kita merasakan aroma yang terlalu amis ak sering menggunakan campuran kacang mete yg ditumbuk and menhasilkan bubuk kacang mete (bukan di blender krn jikalau di blender kacang mete akan menjadi selai kacang mete)...!!!

Satu rahasia lagi nich kang M-Bei buat info yang lain...penggunaan deho bisa kita siasati dengan pencampuran bahan2 yang merasal dari ikan2 segar...bila ada kasus misalkan kita tidak sempat membeli kroto, deho....bisa kita siasati dengan mencampurkan bahan2 tuk umpan ikan mas dengan menggunakan daging ikan mas + daging ikan gabus...daging ikan mas and gabus kita kukus di plastik kiloan and kita hanya mengambil dagingnya saja...kegunaan daging ikan ini hanya pengganti deho or kroto yang dicampurkan dengan bahan2 yang lain..non susu...!!!hanya penggunaan pelet and pengeras (bubuk indome saj)...sudah sering ak lakukan bila mendadak ada panggilan kawan2 yg mengajak mancing lomba dadakan...!!!

Sifat dari daging ikan mas + daging ikan gabus ini adalah menghasilkan aroma amis yang tidak terlalu menyengat spt penggunaan deho dll...!!!

Mudah2an dengan sedikitnya info dr ak bisa membantu rekan2 pemancing yg lain dlm menyiasati penggunaan deho or kroto bila ada acara mendadak dlm rangka mancing bareng baik lomba or harian..!!tanks kang M-Bei..!!!

Yuri_5683
10-04-2008, 16:36
Bro...........pemula banget nich.....baru beberapa kali mancing di kolam pemancingan, bisa di hitung pake jari.:cool::cool:

Kalo umpan ikan bawal gimane tuh bro.....????:smt101:smt101

giriwil
10-04-2008, 18:37
umpan ikan bawal gimane tuh bro.....????

- cacing
- udang idup
- anak ikan mas idup
- tahu
- tempe
- pelet
- jangkrik dll

tapi harus ditanyain ke pemilik empang apa yg boleh dan dilarang

bisa juga coba casting pake artificial lure ex: minnow or minipopper.

Krn gigi bawal tajem, biar ga putus biasanya pake neckline (tali baja) (kecuali pake art lure, ga perlu) tapi kalo saya lebih memilih memakai leader monofilament 50lbs yg penting liat :D kail no. 6 or 7. Line 10lbs
Krn tenaga bawal sebenarnya tidak sekuat ikan mas ... kalo gak pake neckline maka pas strike bisa langsung dibetot tu ikan, jgn diberi kesempatan line out. Saya sih belum pernah narik bawal lebih dari 2,5kg

Coba patin bro.... sekali betot aja ane langsung melupakan narik ikan mas.... mirip kuwe gerong tarikannya euy

Kang Ito
10-04-2008, 18:45
Menurut sy umpan wangi juga harus ada dasar amis walaupun
sedikit sekali...., karena ini berdasarkan sifat alami ikan tersebut....
Yang paling sulit adalah menggabungkan kedua unsur itu

ekaipang
11-04-2008, 08:41
Ikutan rembuk ya Mas Bei ;menurut saya ikan Mas Tombro dan ikan Patin adalah ikan OMNIVORA (pemakan segala) larva,serangga,udang kecil, keong,juga tumbuhan air. Mereka membutuhkan protein untuk tumbuh. Untuk itu umpan seperti KROTO amat digemari ikan MAS (sayang kolam disurabaya tidak memperbolehkan) untuk itu saya punya alternatif pengganti KROTO yaitu putih telor dikukus lalu dipotong kecil-kecil sebesar pelet ikan,kalau mau mancing tinggal disunduk kayak sate. Untuk PATIN saya biasa pakai ACI atau ongol-ongol tapi agak keras karena cara makan patin beda dengan tombro. kalo tombro disedot sedang patin makannya sambil geleng-geleng kepala. Hal ini saya pelajari setelah mancing patin lepas melulu setelah digondol.Aroma patin saya pakai alami aja ikan kecil diblender lalu kasih air dan kanji masukan plastik dan dimasak. Hasilnya dalam 3 jam ngangkat 51 ekor dan juara 3. sampai seminggu ga bisa mancing(maklum tangan dan pinggul nya error).

M-BEI
11-04-2008, 08:56
Terima kasih rekan-rekan, hal ini dapat menambah khasanah dan pengetahuan bagi kita. O ternyata di surabaya itu begini, di magelang begitu, di jakarta seperti ini. sangat-sangat bermanfaat sekali, khususnya buat saya dan forum pada umumnya.

apapun tentang tips ini silakan di sharing ya, pls!

giriwil
11-04-2008, 17:23
Untuk itu umpan seperti KROTO amat digemari ikan MAS (sayang kolam disurabaya tidak memperbolehkan)

Apa ini berlaku di seluruh pemancingan kolam harian di sby Mas?

Yuri_5683
12-04-2008, 11:04
-cacing, udang idup,anak ikan mas idup, tahu, tempe, pelet, jangkrik dll

Thanks bro atas infonya....ente mending dah pernah ngerasain narik ikan mas...lha ane dari lahir sampe sekarang, kalo mancing ikan mas jangankan ngerasain narik, umpan disentuh ama ikan mas aja kagak pernah....makanya jadi Phobia kalo mancing ikan mas....:-(:-(:-(
Sekali lagi thanks atas infonya

kakang
12-04-2008, 13:42
Kalo umpan ikan bawal gimane tuh bro.....????:smt101:smt101

Kemaren waktu berkunjung ke Mina Puri sempet ngobrol sama pemiliknya pa Tedi kalau di FF beliau menngunakan ID Cakarawala.

Menurut beliau ikan bawal makan umpannya berubah tiap minggu, kalau minggu ini umpan yang galak dimakan "tempe", minggu berikutnya belum tentu "tempe" galak dimakan.

Jadi untuk teman teman yang akan mancing ikan bawal ada baiknya nanya dulu umpan minggu ini yang lagi galak dimakan umpan apaan.

Untuk itu untuk GP di Mina Puri kita belum umumkan umpannya apaan, nanti seminggu sebelum lomba baru kita akan sarankan menggunakan umpan apa.

Semoga Bermanfaat.

andaru
12-04-2008, 14:57
[QUOTE=giriwil;170514]- cacing
- udang idup
- anak ikan mas idup
- tahu
- tempe
- pelet
- jangkrik dll
Mau nambahin aja, coba pake lemak daleman kambing yang di potong kecil lalu ditindik ke kailnya trus dibakar pake korek sebentar aja


Lebih baik mancing dari pada sakit gigi

bam_gdar
14-04-2008, 10:38
Kang Poco...sekali2 ak baca report anda mengenai penggunaan lemak daleman kambing yang di potong kecil lalu ditindik ke kailnya trus dibakar pake korek...coba mancing bawal...tp kenyataan di empang malah ikan bawal gak nyentuh2 umpannya yah???justru pake cacing and belalang malah dimakan...!!!apa ikan bawalnya belum pernah makan lemak daleman kambing yah????

ekaipang
14-04-2008, 11:15
Apa ini berlaku di seluruh pemancingan kolam harian di sby Mas?

Tidak tau ya? Tapi kebanyakan deh tidak diperbolehkan. Tapi daerah Malang,Pasuruan diperbolehkan.

triaz!
14-04-2008, 22:39
umpan disentuh ama ikan mas aja kagak pernah....
Sekali lagi thanks atas infonya

jatah loe emang kuniran doang yur... huahahahaha...

ong_edward
14-04-2008, 23:12
wah kalau umpan rolling gitu tuh yang ada tantangannya boss...
kaya ikan harian yang udah kebanyakan kena bom ajah.

diluar kontext untuk lomba ni boss saya pernah denger kata master2 kalau mau sukses di kolam harus tau makanan asli ikan dan harus tau dari daerah mana ikan tsb. jadi dipasin aja kalau biasa makan kambing ya kasi kambing. kalau biasa makan capcay ya kasi aja. saya yang turun hehehe.... mohon koreksinya.

Miko
15-04-2008, 12:00
Klau lagi seru, ingin juga ikut nimbrung. Aq ikutan biar tambah ilmu ( masih pemula )
Mungkin lebih afdol kalau mau meramu umpan kita musti tau karakter dan sifat ikan mas dulu, lah.. yang aq belum tau apakah ikan mas bisa membedakan warna, apakah ikan mas bisa merasakan asin, gurih, dll, dan sejauh mana daya penciumanya. bisa membedakan berbagai aroma apa nggak atau yg penting bau aja.

mohon kalau ada info kita berbagi
Mancing....... ? Brangkat..... yuk

ong_edward
15-04-2008, 18:34
hehehe... wah pertanyaan susah nih. musti nyari ikan mas yang bisa berkedip baru bisa ditanya hihihi... kalau kesimpulan saya dari beberapa kumpulan resep master2 kolam kok keliatannya sebagian besar spesies ikan tuh buta warna pak. mereka hanya melihat bayangan, pantulan cahaya, bentuk dan gerakan. nahhh... Untuk rasa benar sekali ikan bisa merasakan makanan. untuk aroma atau bau, benar kalau ikan bisa membau. walaupun organ yang mereka gunakan untuk membau dan merasa tidak hanya 1 (seperti manusia atau kebanyakan mamalia darat). untuk lengkapnya bagaimana mereka membau dan merasa mungkin anda bisa mencari infonya dari bung google.

dari sini dapat digabungkan dengan fakta bahwa warna tertentu mempunyai kemampuan pantulan dan serap cahaya yang berbeda. hadi mereka melihat beda intensitas cahaya, rasa, dan aroma tertentu.

mohon dikoreksi ya kalau ada yang ngawur hihihi

Miko
16-04-2008, 10:36
Waduh thanks bang Edward infonya, soalnya saya browsing ke google aja gak dapat

bam_gdar
16-04-2008, 11:15
dari sini dapat digabungkan dengan fakta bahwa warna tertentu mempunyai kemampuan pantulan dan serap cahaya yang berbeda. hadi mereka melihat beda intensitas cahaya, rasa, dan aroma tertentu.


:smt041Tops mas Edward ulasannya...benar apa yg anda katakan and tulis disini...ikan mas cenderung mencari umpan itu dengan pantulan cahaya yg dihasilkan oleh warna2 umpan and selain itu ikan mas selalu mencium aroma amis or wangi dr umpan dengan cara menggerakan mulut or moncongnya di dasar.....penggunaan umpan yang letaknya di dasar merupakan prioritas utama..selebihnya ikan banyak bermain di tengah air...!!!Penggunaan warna and aroma tuk pembuatan umpan harus kita fahami and ketahui dlm tehnik meramu umpan...:smt038nicy info kang edward

rushday
16-04-2008, 13:01
untuk beberapa umpan bawal terutama untuk umpan gt an bawal mungkin bisa dilihat disini http://www.fishyforum.com/t7100/
tks.

wongcerbon
16-04-2008, 13:51
untuk umpan memang sangat tergantung suasana dan lingkungan alami si ikan
untuk ikan mas (ada yg panjang dan ada yg buntek), ini beda cara makan
dan juga umpannya
untuk daerahnya juga beda misal di bandung (dataran tinggi) dan cerbon
(dataran rendah) untuk bandung setahu saya wanginya lebih utama
untuk cerbon amisnya yang harus lebih utama
saya setuju sekali dengan info bahwa harus ada unsur amis dan wangi
contoh umpan patin dengan bahan roti tawar, walau pake esse wangi
pada dasarnya rotinya sudah ada aroma amis dari susu atau kejunya

untuk GT bawal mina puri berdasarkan info terakhir ikan lagi main di atas
dan umpan tempe memang lagi top margotop
untuk bawal umpan yg pernah saya coba dari pengalaman sendiri adalah
dgn daging kepiting diulek alus dicampur dengan putih telur lalu kukus
setelah matang dikerasin pake kinoy kristal (mantap juga - beberapa kali
juara)

salam
Wong Cerbon

rdipanegara
17-04-2008, 11:00
Kalau boleh sumbang suara, ikan bawal dan lele kan termasuk ikan predator dan pada umumnya mereka suka dengan bau yang dihasilkan oleh proses fermentasi seperti halnya yang terdapat pada proses pembuatan tempe sehingga wajar bila tempe disukai. Ikan predator juga menyukai sesuatu yang berbau amis atau menusuk sehingga penggunaan bawang putih (atau bentuk essence-nya) juga bisa dijadikan salah satu pilihan.
Penggunaan hati ayam/sapi (bila diperbolehkan) juga sangat berpengaruh dalam hasil memancing ikan predator. Saya pernah menggunakan hati ayam/sapi yang dicampur dengan seafood untuk lele, patin, dan bawal ... hasilnya sangat memuaskan. Pada waktu itu hati sapi/ayam dan seafood sy ambil dari makanan kucing dan anjing kalengan. Makanan kucing rasa seafood di bersihkan gelnya dan dicampur dengan makanan anjing yang bahan dasarnya hati sapi/ayam dan lemak2 sapi, dicampur dengan bahan dasar (bisa sagu, ubi, pelet, roti, dsb) ... mantap tuh!! Tapi digunakan pada kolam harian dan kiloan ... ga di GT soalnya pasti dilarang he.he.he.

andaru
24-04-2008, 09:22
Kang Poco...sekali2 ak baca report anda mengenai penggunaan lemak daleman kambing yang di potong kecil lalu ditindik ke kailnya trus dibakar pake korek...coba mancing bawal...tp kenyataan di empang malah ikan bawal gak nyentuh2 umpannya yah???justru pake cacing and belalang malah dimakan...!!!apa ikan bawalnya belum pernah makan lemak daleman kambing yah????

Bos Bams lemaknya yg warna putih susu jgn yg kekuning-kuningan coba lg deh pak mantaf kok,sori baru di balas:D:D:cool:

bam_gdar
24-04-2008, 09:39
Bos Bams lemaknya yg warna putih susu jgn yg kekuning-kuningan coba lg deh pak mantaf kok,sori baru di balas:D:D:cool:
Iya kang ponco...dach dicoba semuanya..lemak kambing yg putih...tapi hasilnya kurang maksimal sekali...