PDA

View Full Version : mohon referensinya para senior/anggota ff : joran troling



edigun
13-04-2008, 07:21
mau beli joran troling neh tapi dgn budget 5 ratus ribu. merek apa yah yg lumayan lah. ga pake roda juga ga papa. mohon masukannya yah. terima kasih.

fishy
13-04-2008, 07:28
pake joran jigging aja kl gitu pak

The Old Man and the Sea
13-04-2008, 08:46
Saya dulu semangat beli joran lengkap dengan reel untuk trolling, karena waktu itu saya pikir untuk trolling harus punya peralatan sendiri. Tapi sekarang, kalau kita mau trolling di Binu misalnya, dan kita nyewa kapal yang rp.5 juta keatas, alat trolling bisa disediakan oleh pemilik kapal! Jadi sebenarnya enggak perlu beli sendiri. Uangnya mendingan dipakai beli lure (rapala atau kona head) nya saja.

Kecuali anda mau trolling di sungai, rawa atau danau atau juga di laut dengan target ikan2 ukuran dibawah 5 kg benar kata Bung Fishy, pakai saja joran jigging!

Yuri_5683
13-04-2008, 09:00
Saya punya tuch yang murmer joran troling, beli di Bursa Pancing Jl. Lodan, Harganya gak nyampe 500rb, kalo gak salah merek Heningway, dah pake roler, agak kaku, tapi sayang belom pernah strike........

fishy
13-04-2008, 10:04
Kalo trollingnya cuma buat nyari tenggiri sih mending pake Joran jigging + reel spinning. Tenggiri 10-15 kg aja sih gak akan masalah. Kalo targetnya mo nyari Marlin ya memang enaknya pake joran trolling beneran sih

edigun
13-04-2008, 16:56
apa aja seh pertimbangan buat joran toling yg bagus? kaku atau bagaimanakah?

klo joran jiging saya uda ada juga justru mau cari joran trolling buat melengkapi neh.

oh klo di binu tuch di sediakan yah pak ruki? kebetulan saya bln depan memang mancing dsana dgn kapal martabe.

fishy
13-04-2008, 17:12
Joran trolling yang baik biasanya terbuat dari grafit dengan roller dan butt buatan AFTCO. Harganya yaa lumayan sih, diatas 2 juta biasanya.

The Old Man and the Sea
13-04-2008, 20:22
oh klo di binu tuch di sediakan yah pak ruki? kebetulan saya bln depan memang mancing dsana dgn kapal martabe.

Ya, setahu saya semua kapal sewaan di Binu menyediakannya kalau kita minta. Free of charge pula! Tip yang kita berikan kepada KApten & ABK adalah untuk penggunaan alat tersebut. Tapi Rapala dan Kona hEad harus kita yang menyediakan. Seharusnya Martabe juga menyediakan. Silahkan tanya Bung Hermanto - Pengelola atau Pa Yohannes - pemiliknya!

edigun
13-04-2008, 21:49
terima kasih yak pak fishy dan pak ruky buat masukannya.

m3g4_putra
14-04-2008, 10:50
pak edi..., utk joran trolling bisa pake bambu kuning aja...kuat, lentur dan murah tuh pak edi...:D:D:D hehe, jangan marah yah pak eddy, cuma intermeso aja...hahaha kayaknya udah standby buat tgl 2 nih...hahaha...salam strike pak edi...

andykoshuma
14-04-2008, 14:10
Bisa juga anda coba cek Shimano Backbone 24Kg yang warna Biru, pake cincin Fuji jadinya bisa buat tali PE dan Mono harganya kurang dari Rp. 800Rb
Klo emang setiap mancing pake teknik Trolling, mending beli aja deh, jadi bangga joran sendiri yang kena strike!
Klo jarang mending nyewa deh seperti yg pak Ruki bilang!

Salam Strike

edigun
15-04-2008, 07:11
Terimakasih buat masukannya Pak andy.

The Old Man and the Sea
15-04-2008, 08:57
Klo emang setiap mancing pake teknik Trolling, mending beli aja deh, jadi bangga joran sendiri yang kena strike!
Klo jarang mending nyewa deh seperti yg pak Ruki bilang!
Salam Strike

Sebenarnya alasannya lebih rasional dan ekonomi, bukan kebanggaan. Saya punya 2 buah joran trolling; Penn Senator dan Shimano TLD. Tapi kalau kapal yang sewa sudah menyediakan maka peralatan milik sendiri mendingan di hemat hemat kan? Baru kalau saya pergi ke daerah lain dimana pemancing harus pakai alat sendiri maka baru saya bawa! He, he, he, he!

andykoshuma
16-04-2008, 11:52
@Ruki :Sebenarnya alasannya lebih rasional dan ekonomi, bukan kebanggaan. Saya punya 2 buah joran trolling; Penn Senator dan Shimano TLD. Tapi kalau kapal yang sewa sudah menyediakan maka peralatan milik sendiri mendingan di hemat hemat kan? Baru kalau saya pergi ke daerah lain dimana pemancing harus pakai alat sendiri maka baru saya bawa! He, he, he, he!

Maaf pak! Tapi biasanya ada orang yang, senang sekali bila peralatannya yg kena Strike dan mendapatkan ikan! sehingga menjadi kenangan tersendiri dgn alat kita tersebut! Maaf bila saya salah! Tapi bila urusan ekonomi mungkin memang benar seperti yang bapak katakan! sekali lagi saya mohon maaf bila saya salah!

Salam kenal Pak!

fishy
16-04-2008, 12:51
Joran+Reel trolling saya ada berapa ya? Kayaknya mendekati 10 buah tuh, mulai dari Penn 70VS + Joran Pakula Excalibur, Sampai Shimano Charter Special 1000 + Joran Ian Miller shortstroker 6-8 kg. Dulu waktu masih sering trolling target saya adalah bisa trolling satu kapal sendirian, jadi minimal 5 buah. Setelah iu tercapai ternyata masih ada penambahan, hehe. Sebgian besar peralatan trolling saya adalah untuk kenur kecil (6kg, 8 kg, bahkan ada yg saya isi kenur 4 kg).

Kenapa mesti punya sendiri? Alasannya saya tidak percaya dengan peralatan trolling milik kapal. Apakah peralatan itu bermutu baik dan dirawat dengan baik? Bagaimana keadaan kenurnya? Apakah dragnya masih baik? Mancing, terutama trolling, biayanya sangat mahal. Satu trip biaya yang dikeluarkan berkisar 4-8 juta, dan saya tidak mau kehilangan ikan karena peralatan yang tidak berfungsi dengan baik.

edigun
16-04-2008, 21:35
wah masuk akal bener tuch yah pak fishy. jadi klo da bener2 suka troling mending pnya sendiri, lagian klo pinjem rusak musti ganti juga kan sama aja beli deh.

conen
16-04-2008, 22:23
Ayo, semangat..:smt068beli yg BARU aja, Pak {kompor...kompor..}, ntar kalo Pinjem, trus dapet ikan gd, ceritanya jd ngga seru, Pak {bensin...bensin...}...becanda, Pak..jgn dimasukin ke cool box, he...he..

The Old Man and the Sea
19-04-2008, 23:28
@ Andy Kusuma: Maaf pak! Tapi biasanya ada orang yang, senang sekali bila peralatannya yg kena Strike dan mendapatkan ikan! sehingga menjadi kenangan tersendiri dgn alat kita tersebut! Maaf bila saya salah! Tapi bila urusan ekonomi mungkin memang benar seperti yang bapak katakan! sekali lagi saya mohon maaf bila saya salah! Salam kenal Pak!

Bung Andy, tidak perlu minta maaf karena tidak ada yang salah dengan pendapat anda. Yang jelas adalah bahwa tiap orang punya pertimbangans endiri setiap saat. Baca saja penjelasan Bung Fishy (Admin kita). Beliau malah punya 10 dan alasannya jelas. Waktu dia gemar trolling dia lebih percaya alat miliknya sendiri.

Saya tidak ada niat untuk punya sebanyak itu. Pertama dari pengalaman di Binu, Selat Sunda dan teluk Jakarta, saat ini mancing dengan teknik trolling kurang menjanjikan. Kedua, setiap kali pergi kalau mau pakai alat sendiri sendiri, kalau tiap orang bawa 1 sudah terkumpul 5 sampai 6. Ketiga, kalau ada strike pun kami selalu fight bergiliran dan menawarkan siapa yang mau. Hasilnya pun tidak pernah jadi milik sendiri, selalu digabung dan dibagi rata.

So, kalau saya dan beberapa teman saya, tidak terlalu pusing, apakah alat itu milik sendiri atau milik orang lain. Kenyataannya, bila kita mancing di samudra, apalagi di perairan manapun di Australa atau New Zealand dengan menyewa kapal mancing besar mereka selalu sudah dilengkapi dengan peralatan trolling.

Sekali lagi, tiap orang punya pertimbangan sendiri dan prinsip sendiri!

andykoshuma
19-04-2008, 23:44
Sekali lagi, tiap orang punya pertimbangan sendiri dan prinsip sendiri!

Terima kasih atas pengertiannya Pak!

edigun
20-04-2008, 06:58
ya! sudah terbeli neh jorannya. saya beli shimano backbone yg 24kg. terima kasih banyak buat masukannya yah pak fishy, pak ruki, pak, mega, pak andy.

Kurniadi
20-04-2008, 10:04
ya! sudah terbeli neh jorannya. saya beli shimano backbone yg 24kg.

Congratttsss yah bro Edi...en ditunggu reportnya nih gimana sensasinyah strike dgn joran sendiri en masih baru lagi...hi..hi..hi

sixtysix
20-04-2008, 19:46
pak edi,biar gimanapun,tetap punya sendiri lebih sip.apalagi sampai tua tetap mau mancing kan?pilihan yg tepat shimano backbone,selain gak gitu mahal qualitynya ok pula.dijamin gak patah kalo kena marlin/layaran.he he he

ozi_xiii
22-04-2008, 11:01
pak edi kalo blh tau joran nya digandeng sama reel merk apa pak?
saya juga lg cari tackle utk trolling, maklum di sini, blm ada kapal yg dilengkapi perangkat mancing.

kalo joran shimano backbone udh "masuk", tinggal reel nya nih... biar balance (price and performance) ama shimano backbone pake reel apa ya?
mohon masukanya para senior

fishy
22-04-2008, 11:29
Untuk reel buka thread baru saja pak.

Buat joran shimano backbone, kalau yg menggunakan roller, harap diperhatikan perawtannya, sebaiknya setiap kali mancing dicuci bersih dan dilumasi lagi karena kualitasnya kurang baik, sehingga sering terjadi korosi disana. Korosi ini akan mengakibatkan roller macet.

willius
22-04-2008, 11:33
[QUOTE=The Old Man and the Sea;175196
Sekali lagi, tiap orang punya pertimbangan sendiri dan prinsip sendiri![/QUOTE]


Untuk hal mancing, memang prinsip beda-beda tapi hasilnya sama yaitu mancing.

Tapi yang saya tahu (karena sering ikut pertandingan besar), senior - senior selalu bilang : make preparation before you go for fishing. Misalnya untuk troling, dragnya harus distel dulu, mata kail harus di truncingin dulu. Pokoke persiapan dari rumah sampai di kapal, sehingga bila kita mendapat ikan besar dan mau masuk rekor bisa dipertanggungjawabkan oleh IGFA ataupun FORMASI. Bukan begitu pak Admin!.

The Old Man and the Sea
22-04-2008, 22:57
Tapi yang saya tahu (karena sering ikut pertandingan besar), senior - senior selalu bilang : make preparation before you go for fishing. Misalnya untuk troling, dragnya harus distel dulu, mata kail harus di truncingin dulu. Pokoke persiapan dari rumah sampai di kapal, sehingga bila kita mendapat ikan besar dan mau masuk rekor bisa dipertanggungjawabkan oleh IGFA ataupun FORMASI. Bukan begitu pak Admin!.

Bung Willius, dalam hal tersebut diatas anda benar sekali dan saya sangat setuju! Masalahnya, saya hanya pemancing "hobbyist" yang tidak pernah ikut pertandingan, jangankan yang besar, yang kecil saja tidak. Tujuan mancing saya hanya mencari hiburan lain selain bercanda dengan 4 cucu saya! Makanya prinsip saya dan cara saya boleh saja berbeda kan? He, he, he, he!

edigun
23-04-2008, 07:27
Bener banget tuch P.H.lee saya pasti mau mancing sampe tua nanti kaya P.Ruki walaupun da punya cucu 4 orang mancingnya ga knal relah. salut buat pak ruki.

saya uda memperkirakan pak fishy reel shimano backbone nya bakalan gampang korosi kna air laut jadi saya pilih yg cuma ada roler atasnya saja , yah krn saya termasuk pemakai yg jorok juga seh.