PDA

View Full Version : (ask) Jighead beli dimana?



boahaya
16-04-2008, 19:08
Rekan2, mohon bantuannya.
bbrp hr yg lalu saya nyasar ke blok m (gara2 ujan padahal mo latihan renang), iseng2 masuk ke toko klontong gitu, gak tau mo beli apa, eh ada lure softplastic. saya beli deh abis gak enak ama pemilik toko.
kira2 pake jighead ukuran berapa yah untuk lure ini dan bisa dibeli dimana jighead tersebut??
Thx atas bantuannya

Lodewijk
17-04-2008, 11:22
Kalau susah cari jig-head bisa pakai rangkaian biasa saja, pak. Maksud saya adalah rangkaian dasaran, ujung leader diberi timah luncur kecil bulat (running sinker) lalu ujung leader diberi mata kail. Dan mata kail ditusukkan ke umpan (SP), selesai.
Kalau tidak salah dulu pak Kyai (Magelang) pernah posting tentang hal ini untuk alternatif jig-head buat SP, tapi entah dimana... :confused:

Note: Mata kail-nya kalau bisa pakai yg 'long shank' (leher-nya panjang), agar bisa seimbang dengan umpannya yg memanjang.

bonito
17-04-2008, 16:37
Bro Aldo, coba lihat di Fishy Mart.
Bro Candra Bandung ada mau menjual jig headnya, siapa tau cocok.

silver_sanma
17-04-2008, 21:06
Mister Aldo,

Kalau lihat dari bentuknya, kayaknya itu termasuk curly tail, jadi ekornya bisa menari-nari sehingga bisa terlihat genit :D nah untuk soft lure yang seperti itu, setahu saya kita mesti pakai jig head/mata pancing yang tidak terlalu panjang, sekitar kurang dari setengah panjang bodi lure sehingga tidak mengganggu goyangannya.

Untuk besarnya jig head sih nggak kudu sekian gram, tapi sesuaikan dengan lokasi mancing apa berarus apa tidak. bisa juga dengan cara seperti pak Lod bilang. Itu cara sederhana dan cukup murah, apalagi kalau beli jig head hanya untuk 2 soft lure itu, apa gak mubadzir ... :D

Btw, itu di soft lurenya kok ada kuning-kuningnya yang kayaknya tembus ke body lurenya sih? Itu apaan?

candra
17-04-2008, 22:43
Coba pake rigging macam ini :
http://www.fishyforum.com/t8608/

@Bonito
Jighead yg di fishymart kayaknya agak gede ukurannya bro, mungkin perlu SP yg ukuran 4" ke atas;)

boahaya
19-04-2008, 08:26
@Pak Lodewijk, terima kasih infonya. Akan saya coba nanti.

@Bro Jerry, thx, btw saya udah sempat tanya ama pak candra :D

@Pak Lorensius, thx infonya, yg kuning2 ini kalo gak salah fiber optik, gunanya sebagai mata. Jadi se olah2 ada matanya dan katanya cukup pada saat sinar matahari kurang.

@Pak Candra, thx banget infonya. Saya akan coba.