PDA

View Full Version : Info Review: Daiwa Viento + Pinnacle Vision-T IM8 Graphite Series



Lodewijk
30-04-2008, 14:52
Minggu lalu saya bersama beberapa rekan menuju kolam bandeng. Rencananya akan 'testing' rod baitcaster Pinnacle Vision-T IM8 Graphite Series, model MPT 561 BCM dengan panjang 5'6", line weight 8-12lbs dan lure weight 1/4 - 1/8 oz. Rod ini model 1 piece (tanpa sambungan).

Eh, kebetulan rekan yg mempunyai rod yg sama plus reel baru Daiwa Viento juga menyatakan kesediaannya untuk hadir juga... wah, klop lah...jadi bisa ikutan merasakan Daiwa Viento yg baru ! :lol:

Review dari saya untuk rod:

Rod ini terbuat dari High Modulus Graphite (IM8, jadi sangat ringan dan kuat, sebaliknya rentan terhadap 'knocking' (getas).

Blank yg diproduksi oleh 'Silstar' ini cukup bagus dan enak dipakai casting. Meski max. lure weight hanya sekitar 7-8gr, tapi untuk casting spoon sekitar 13gr masih terasa enak. Demikian juga waktu 'fight' dengan bandeng, terasa lifting power dari rod ini sesuai sekali dengan kelasnya.

Blank yg lumayan bagus tidak ditunjang oleh asesories rod yg lainnya. Ring guide dan reel seat terlihat kasar bikinannya dan murahan. Tapi 'semurah' harganya juga sih...he3 ! Harga dari rod ini adalah sekitar Rp180rb saja, murah meriah ! :lol:

Review untuk Daiwa Viento:

http://www.tackletour.com/images/picdaiwaviento1.jpg

Bobotnya cukup ringan (sekitar 250gr), ini yg paling vital menurut saya. Karena kalau casting seharian biar tidak lekas capai.

Casting ability luar biasa 'smooth', jadi 'casting drag MagForce'-nya bagus. Saya pakai Shimano SpeedMaster jadi terasa kurang enak sehabis pakai reel Viento ini... :(

Feature baru yg cukup mencolok pada Viento ini adalah 'twitchin’ bar'. Ini adalah tambahan alat seperti tuas yg terletak di bagian atas reel (bentuk bulat, warna chrome). Pertama saya agak bingung melihatnya, buat apaan sih ? :confused:

Ternyata, kita bisa 'pencet' tuas untuk menggulung 'slack line' saat akan casting. Selain itu setelah cast, kita juga bisa memainkan/bekerja dengan lure kita hanya dengan memencet-mencet 'twitchin bar' ini... ! :shock:

Jadi semuanya hanya membutuhkan satu tangan saja ! Baik saat casting dan setelah casting (waktu memainkan lure). Wah...., sungguh cocok sekali kalau saat salah satu tangan kita cedera dan belum sembuh tapi sudah gatal untuk mancing ! :lol:
(walaupun pulang2 ibu jari jadi bengkak2.... )

Reel ini juga di anugerahi 'Innovation Award' oleh TackleTour. Bisa di lihat reviewnya di TackleTour untuk reel Daiwa Viento ini disini....

Revolutionary one handed slack pickup and twitchin' with the Daiwa Viento (http://www.tackletour.com/reviewdaiwaviento.html)

Silahkan rekan2 lain yg ikutan merasakan 'testing' rod & reel pada waktu itu bisa menambahkan pengalamannya... monggo. :cool:

reta
30-04-2008, 16:47
he3... nambahin dikit biar casting mania pada ngiler bacanya... huahahahaaa...

rod baitcaster Pinnacle Vision-T IM8 Graphite Series, model MPT 561 BCM pak lod udah kasih review lengkap bgt. jadi ogut cuma nambahin reel daiwa viento nya aja. awalnya pake reel BC (bukan low profil & punya abu garcia), agak berat memang reelnya buat casting lumayan kerasa pergelangan tangan. trus nyobain shimano speedmaster punya pak lod lebih smoth ketimbang reel yg awalnya ogut pake. cast juga bisa lumayan jauh. tapi begitu nyobain daiwa viento, jauh cast melebihi jarak cast dgn shimano speedmaster. gileee.... enak bener nih reel, jadi tambah ngiler nih huahahhaaaa....
pokoknya puas deh dgn performanya, nggak rugi tuh beli dgn harga Rp. 2.580.000 di fishy shop he3... (promosi nih, tapi ogut bukan salesnya F shop lho he3...)

Lodewijk
30-04-2008, 17:18
@Tera: Ohh iya..., saya juga membawa rod Loomis&Franklin + BC Abu Ambassadeur 6500CT SportMag. Thanks untuk mengingatkan kembali.

Memang kalau dibanding dengan rod&reel yg lain Loomis+BC Abu ini terasa 'berat'...he3 ! :lol:

kino
30-04-2008, 17:55
@reta
@Lodewijk

Trims berat infonya...Viento kiriman dari P' Admin blm belum bisa kasih review soalnya blm ada pasangannya sich;) masih cari2 rod yg 12 ~ 20 lbs atau lebih dan lure weight nya 1/2 ~ 1 oz panjang minimum 6'6....kira2 oke ndak yach???

Lodewijk
30-04-2008, 18:07
@Kino: Kalau bisa dapat, ambil rod Pinnacle Vision yg 5'6" saja, pak. Dijamin puas deh... rod ini 'worth for the money'. Juga gak terlalu mahal, untuk dipakai belajar casting misal sampai patahpun juga gak sakit hati. :D

Kelemahan dari rod ini adalah ring guide-nya yg pasti mudah berkarat. Tapi kalau anda pakainya untuk Fresh Water dan rajin merawat tentu akan awet juga. ;)

fishy
01-05-2008, 00:03
Lod, gw sendiri pake Viento juga. Sejak beli itu Antares V2 gw banyakkan nganggur tuh.

Sportfisherman
01-05-2008, 12:48
Adrianus ,

Anda punya Antares V2 dan Lod punya SpeedMaster adalah type deep spool jadi untuk casting lure enteng umumnya tidak ideal , kedua reel tersebut lebih diperuntukan estuary tackles menggunakan lure yang lebih berat daripada penggunaan freshwater sedangkan Viento/SMAK lebih diperuntukan untuk freshwater tackle , maka itu casting nya lebih refined untuk lure enteng . Spool nya Viento/SMAK juga sudah " wiffle " spool sedangkan Antares V2 n SpeedMaster masih deep spool .

Bentuk Viento/SMAK menurut saya agak besar bila dibandingkan dgn Zillion , setelah saya pakai Zillion di S.Atap , teman teman di Surabaya juga beli Zillion tetapi mereka memilih yang 7:1 speed nya . Untuk saya , Zillion lebih enak daripada Viento dalam " palming " krn ukuran nya lebih ramping dan juga sudah " wiffle " spool .

Mengenai " twitching bar " , feature ini memang cocok untuk beberapa type top water lures tetapi untuk diver dan lure lain nya mungkin gerakan rod tip harus tetap digunakan untuk menghasilkan action yang lebih aggresive .

Saya punya baitcaster rod 5'6" , 6'0" dan 6'8" , menurut saya rod pendek ada aplikasinya untuk tempat tempat tertentu tetapi untuk casting dari pinggir , mungkin 6'6" ~ 7' adalah pilihan yang terbaik . Tentang action dari rod tersebut , semua merk ada characteristic masing masing dan penggunanya menjadi terbiasa dgn rod masing masing , jadi tidak comment lah .

Jon .

ironi
03-05-2008, 15:15
Lodewijk : pak, mo tanya neh ,
cari rod baitcast murmer dimana pak? tertarik dgn rod diatas krn harganya tuh :)
trs kalo okuma indurion 250 cocok ga dgn rod di atas ? thx...

Andri Jangkoeng
03-05-2008, 18:40
Review yg sangat berguna nih, Pak Lod...
Rasanya tertarik juga untuk punya barang 1 set reel BC aja...
Pak, kalo jorannya berharga 180rb trus reel BC berharga 2 juta lebih kok rasanya gak imbang ya...:)
Apa ada reverensi Reel BC yang under 1jeti aja....
Trus kalo Daiwa Smak gimana nih, ada yg bisa review gak ya....:confused:
Thanks alot...

Lodewijk
03-05-2008, 19:25
@Ironi: Saya & rekan waktu itu beli di Johor Bahru (Malaysia), rod Pinnacle ini harga disananya RM60,-
Saya hari ini juga mengantar teman dari luar kota, keliling toko pancing di Surabaya, aneh... susah benar cari rod & reel BC low-profile disini yah ? :confused:
Padahal rod ini 'kan lumayan murah. :(
Bahkan ada toko yg jual blank rod dan asesories-nya (reel seat, dsb.) tapi cari reel seat yg type 'trigger' juga gak ada... :mad:

Hoi, para importir & owner toko pancing, tolong masukin dong rod2 BC, agar dunia permancingan di Indonesia khususnya untuk ultra light casting dng BC makin semarak ! :D

Rod Pinnacle ini Made in China (makanya bisa murah :)) dan di import ke Malaysia oleh "Haiyen Sport Fishing" S/B, Johor. Alamat No:36, Jl. Panggong Wayang Lama, 84900, Tangkok, Johor. Tel: 06-978-9588 & Fax: 06-978-1752.

Nah, semoga dalam waktu dekat, rod2 BC seperti ini membanjiri pasaran & tersedia di toko2 langganan kita... :D

p.s: maaf saya kurang familiar dengan reel okuma indurion 250...

@Andri Jangkoeng: Ha3...., rod & reel tidak imbang yah ? Seharusnya untuk rod jangan dulu dilihat harganya, pak. Seharusnya anda melihat dan mencoba dulu performanya baru menebak dan diberitahu harganya. ;)

Meskipun begitu, dalam waktu kurang-lebih satu-dua minggu ini paling tidak sudah 3-4 orang rekan invest untuk rod atau reel BC low-profile ! Ha3...., tanda2 apa yah ini ? :lol:

Beberapa juga invest pada BC low-profile yg tidak terlalu mahal, sekitar Rp700rb-an -> Shimano Coriolis.
Kebetulan pada sore ini, saya barusan juga ikutan 'test drive' Coriolis yg baru (fresh from the oven) punya seorang rekan.
Cukup smooth castingnya dan drag juga bagus. :cool:

Salam strike... !!! :smt003

Andri Jangkoeng
03-05-2008, 20:11
Maksudnya saya setuju dengan harga rodnya tapi keberatan dengan harga reelnya...he3....
Shimano Coriolis udah ada belon disini/Jakarta, Pak Lod...

Lodewijk
03-05-2008, 20:24
Untuk Shimano Coriolis, salah seorang rekan beli di Surabaya dan seorang lagi ambil dari Jakarta, pak. Harga kurang lebih sama saja... :D

Andri Jangkoeng
03-05-2008, 20:30
Thanks infonya Pak Lod...
Minggu depan saya mampir ke AR kalo gitu...