PDA

View Full Version : Harian Apa yang salah dengan umpan saya ini ???



endy.cahyadi
02-05-2008, 11:01
Untuk para pendekar empang ikan mas saya mau tanya, apa ada yg salah dengan umpan saya ini karena ketika saya pakai kok tidak jalan sama sekali (kagak di makan ikan sama sekali).

Kondisinya sebagai berikut :

Keadaan empang :
Air berwarna hijau lumut, sirkulasi air hanya menggunakan blower tidak ada air masuk & keluar, kedalaman air +/- 1 meter, cuaca cerah tapi malamnya habis hujan.

umpan racikannya :
- 1 Bungkus Paikin logo merah
- 2 Butir Telor bebek (putihnya aja)
- Keju Kraft 1/2 kotak korek api
- Santan kara 1 sachet yg Rp. 1500,-
- Susu bayi merek Vitalac, 3 sendok makan
- Susu bendera kental manis 1 sachet
- Vanili bubuk 1 sachet
- Daun Pandan 3 lembar
- Deho 1/2 kaleng
- Kroto beras / yg kecil2x 1 ons
- Kinoy crystal untuk pengeras

nah itu bahan2xnya, pertanyaan saya, kenapa umpan tsb utk keadaan empang seperti itu tidak jalan sama sekali, apa ada yg kurang atau kelebihan dgn racikan tsb atau memang tidak cocok utk type empang seperti itu ?
Terima kasih sebelumnya, tolong ya.......

Endy Cahyadi

saiful
02-05-2008, 11:32
Bang Endy yg lg bingung....sy coba jawab yach...tp sy bukan pendekar, kl urusan bingun dengan umpan sy juga sering banget ngalamin ky gitu padahal umpan yg kita buat tdk dgn modal sedikit (harapan kita umpan kita yg paling maknyus di empang tersebut) nyatanya broncos....lah kok jadi ngawur sy..:p:p.

begini bang Endy...apakah pemancing lain mengalami hal serupa dengan anda???...jika iya berarti air diempang tersebut jelek & kotor (kurang perawatan), bukan umpan ente yg salah.

jika lapak lain masih tetep straike, kemungkinan ikan ngeblok ada, itu pun harus kita perhatikan jika volume straike dr pemancing lain cukup tinggi baru bisa kita tafsirkan kl ikannya ngeblok, tp kl volume straike pemancing lain sedikit/jarang2....menurut sy yg masih berguru ke mas Bams adalah kondisi air yg kurang bagus, sehingga berpengaruh juga ke nafsu makan ikan.

eeee...mo nulis apalagi yach :confused::confused::confused: takut salah...bukan ngebantu malah nyesatin lg...monggo dipersilakken tambahan yg lebih masuk akal buat bang endy...

saiful
02-05-2008, 11:41
nah itu bahan2xnya, pertanyaan saya, kenapa umpan tsb utk keadaan empang seperti itu tidak jalan sama sekali, apa ada yg kurang atau kelebihan dgn racikan tsb atau memang tidak cocok utk type empang seperti itu ?

Terima kasih sebelumnya, tolong ya.......
-----------

NB: kemungkinan jg umpan bang Endy kurang amisnya, vanili 1 sachet + pandan 3 lbr - 1/2 kaleng deho = wangi

coba rumusnya dirubah dikit....Vanili 1 sachet + pandan 2 lbr - deho 1 kaleng = amis wangi

ekoklipang
02-05-2008, 12:05
Salam Bung Endy,

Kalo menurut saya,kalo masih boleh pake kroto,cari aja kroto besar,pasang 3 bj,trus dikunci pake pelet merah agak besar yg sudah di rendem air anget.
Ato kalo pake kroto kecil,mending pake cara murah kayak gini:
- Kroto kecil 1 ons
- telur bebek 1 btr, diambil kuningnya aja .
- Pelet mang ikin secukupnya.
Caranya :
- kuning telur diaduk,jangan ampe berbusa
- masukin kroto dikit 2 sambil terus diaduk
- setelah kroto terlumuri kuning telor,taburi pelet bubuk kering dikit 2,
ampe agak kering
- cara pasangnya sisirin ke pancing,setelah gumpal agak gede dipenyet kaya pasang pelet.

Selama ini kalo untuk harian di sembarang air and cuaca gak pernah boncos.mungkin bisa dicoba,

Eko klipang :smt055

bam_gdar
16-05-2008, 14:37
Keadaan empang :
Air berwarna hijau lumut, sirkulasi air hanya menggunakan blower tidak ada air masuk & keluar, kedalaman air +/- 1 meter, cuaca cerah tapi malamnya habis hujan.

Kalau menurut pengalaman and kebiasaan mancing dlm kondisi empang yg airnya berwarna hijau lumut...kolam tersebut harus dikuras dahulu and membuang airnya diganti dng air baru...kolam yg airnya berwarna hijau berarti kolam tersebut 24 jam dipakai tuk acara mancing...pakanan yg membusuk and campuran2 umpan2 yg berada di dasar empang pasti penyebab ikan ngak mau makan + lumpur + lumut yg mulai menumpuk...biarpun ikan di taruh melimpah...pasti akan kepancing rationya cuma 20% saja...80% ikan akan ngeblok and gak mau makan...biar pakai umpan secanggih2nya tetap saja ikan tak mau makan kecuali yg punya empang mengganti air kolam dng yg baru...baru umpan yg anda gunakan bisa jalan and pasti ikan akan makan...percuma dng keadaan air spt itu pemakaian umpan2 yg baik juga gak akan ada ikan yg mau makan!!!:D

monyet
16-05-2008, 14:51
kalo menurut 'pakem' sayah, ada bbrp pelanggaran prinsip dasar sayah :

- pake putihnya telor?? yg putihnya mah biasa saya buang pake kuningnya doank
- keju craft 1/2 kotak korek api?? pelit amat... minimal 1/4 kotak baru
- santan ama susu kental manis : mo bikin sirop???
- drpa pake daun pandan, mending pake essens pandan ; lebih murah, praktis, dan 'nendang'.
- umpan lo kurang 'amis' kalo aer diem dan ijo biasanya minta nyang lebih amis : tambah aja pake choya / tenggiri / kerupuk

udah akh kebanyakan ngomong, ntar dikirain sok jago.... padahal mah gw cuma kedi doank......

masih kurang?? loe baca mantera....

hong wilaheng....
taeun beulah, kantun dicolok
parab ngeunah, teu dilebok
poe magrib, sakola bolos
dasar goreng nasib, mancing ngan boncos

lantas loe ambil kamper (kapur barus) 4 biji, loe lemparin ke setiap sudut empang, dan loe kudu mancingnya di tengah empang..... Jamin mak nyoss.......

bam_gdar
16-05-2008, 15:04
Weleh Kang Fery bisa juga merendah yah....tapi kang ak sedikit ga sepaham nich...sebelumnya mohon maaf yah kang...kalau kita lihat dr komposisi dr umpan kang edy diatas mang sudah bagus and sudah lengkap...tapi jikalau airnya sudah berwarna hijau...berarti airnya sudah terkontaminasi dng umpan2 sisa yg berada di dasar kolam...lagi pula bila dng penambahan or kombinasi umpan apa saja..tetap saja ikan ngak mau makan..kecuali air kolam yg berwarna hijau telah diganti dng air baru...umpan2 yg kita punya pasti dimakan...pernah ak alami memancing dlm kondisi air spt ini...ikan gak ada yg makan...20% ikan cuma makannya 80% ikan ngeblok semua padahal lapaknya banyak and ikan melimpah...akhirnya pemilik empang mengganti airnya dng yg baru 1 minggu kemudian ak mancing lagi...ikan semuanya makan...ini cuma pengalaman saja yah kang ferry hii...!!!

monyet
16-05-2008, 15:08
gud inpo Kang Bambang, pasti sampeyan gak baca manteranyah ??? pantes ajah jadi ocozz..

sorry tadi sayah kurang, kamsud sayah adalah kalo kena 'aer mati' seperti itu, bau umpan kudu lebih nyengat..... kalo pergantian aer mah emang mutlak perlu, .... just in case ketemu 'aer mati' maka treatment nya yaa begitulah...

bam_gdar
16-05-2008, 15:21
nach kl penjelasannya kang fery begitu...sa-tu-ju kang hiii....komen yg bagus..cuma kl penggunaan kapus barus mah kudu tanya pemancing pojok kiri-pojok kanan...baru lempar...yg ada kita bukannya mancing malah ngerasain air kolam alias diceburin ma pemacing wakakak...!!!

tumbuh99
16-05-2008, 15:34
Kalau menurut saya, kmrin juga mancing dgn kondisi air yang sama
umpan mendekati ke umpan penyerap sukma
mancing harian dari jam 8-12, hasil nol, hasil setiap pemancing merata
timbul ide m enggunakan umpan dasar yaitu
Pelet jitu + kuning telur asin, hasilnya
1 super + 3 ekor ikan pita
mancing 40 rebo, maytan bisa jajan