PDA

View Full Version : Ask tatanan line di spool (daiwa dan shimano)



ong_edward
04-05-2008, 02:18
bro mau tanya nih... saya pernah membeli reel daiwa dan langsung diisi dengan line PE. kebetulan tuh line udah masuk ke spool semua dan saya lihat bagian atas spool lebih banyak dari bagian bawah spool...
spontan saya protes ke yang jual. kok begini sih jadinya... yang jual bilang kalau daiwa menang designnya gitu... apakah benar?

spalnya selama ini saya membeli beberapa reel merk shimano semua tatanannya pad semua alias balance bagian atas dan bawah spoolnya...

apakah memang tatanannya begitu? daiwa mengerucut bagian atas lebih tebal, sedangkan shimano rata atas sampai bawah...

mohon penjelasan... gimana menyeimbangkan (ditambah ganjal atau dikurangi ganjal spool) dengan kondisi bagian atas yang leih tebal?

soalnya beberapa kali casting pada ketarik keluar semua tuh PE. jadi kribo deh...

tolong yaaa... thx

pbof
04-05-2008, 03:32
shimana sienna 2500 punya i juga gitu . kalo gak salah ryobi applause juga sama.

johnbudi
04-05-2008, 05:00
om edward,
coba di setel tambah kurang washer yang ada di poros reel yang nusuk ke spool itu, biasanya ada beberapa washer, bisa ditambah kurang disitu.

bonito
04-05-2008, 09:35
Coba ditambah spacer/ring di bawah spool yg menempel di as rotor.

bobbo
04-05-2008, 09:52
ya, Stella temen saya yang saya pinjam juga begitu... coba nanti kuikutin saran2 senior...

ong_edward
04-05-2008, 09:58
berarti kalau tatanan line cenderung lebih banyak di bagian atas spool tuh penyebabnya posisi spoolnya kurang maju yah???

okay deh nanti coba saya gulung ulang. soalnya saya masih ragu2 mau menambah atau mengurangi. kalau harusnya ditambah dan yang saya lakukan mengurangi kan bisa2 tambah kerjaan respooling terus hehehe....

oh iya bro satu pertanyaan lagi... plastik pengganjal itu sebenarnya fungsinya sebagai break (pengatur drag) atau hanya pengganjal saja si? kalau misalnya hilang bisa diganti dengan ring logam nga atau saya musti motong acrylic 1mm?

Marlin Jablai
04-05-2008, 10:00
Bro, jangan salahkan spool atawa merknya. Yang jelas cara menggulungnya yang mungkin salah. Coba deeh gulung sendiri aja, kawan juga kemaren ngalamin hal seperti itu ama reel shimano stella 20000, ketika digulung ama orang laen, trus kita gulung balik dengan cara pakai joran trus yang lama dikeluarkan balik ( biar cepet pake bor tangan ). Abis itu dipasang di gulungan dan di gulung ulang dengan cara ditahan pakai tangan gulungannya / agak di rem ( biar masuknya ketat dan rapih ). kalo nyuruh orang biasanya kan mo cepet aja. Cabo deeh eehh coba gulung sendiri dehhh...

pbof
04-05-2008, 13:53
berarti punya ane bermasalah juga donk. solusinya di ganjel yah

ong_edward
04-05-2008, 17:29
nah ada tambahan lagi nih... saya lupa sebutin di postingan pertama saya... tambahan :
"karena kurang puas dengan tatanan yang seperti itu saya iseng2 rapikan dengan tangan. jadinya benar2 rapi dan ballance. tapi hari berikutnya saya pakai casting udah kembali ke bentuk semuala. lebih banyak di bagian atas spool... "
berarti ini bukan karena yang ngerjain yang terburu2 kan boss??

saya bukan mau menomor 2 kan merk tertentu. sebenarnya saya lebih suka daiwa daripasa shimano. karena shimano bagus hanya di high classnya. sedangkan saya hanya main di kelas "teri"nya. jadi mau nga mau ambil daiwa saja yang masih memperhatikan kelas teri.

Marlin Jablai
04-05-2008, 17:51
Coba digulung ulang, cuman perhatikan pada saat akan menggulung pertama, pastikan posisi spool ada di belakang/mundur ( kan spool bisa maju en mundur ), trus kalo pake PE agak ditahan sedikit biar agak ngepres/padat. selamat mencoba.

ong_edward
04-05-2008, 17:59
ok bro akan saya coba malam ini. thx

tonagaya
05-05-2008, 10:45
Ikutan sharing yaa... kalo pngalaman saya dengan navi8000, awalnya tu PE banyakan di depan daripada di bagian belakang.. tapi setelah semua benang masuk ke spool (+/- 250 meter)... benang tadi saya keluarkan lagi skitar 50 meter... lalu langkah berikutnya :
- Spool dilepas dulu
- Tambahkan 1 buah washer/spacer/ring ke as rotor (yang warna item, bulat, ada lubangnya)
- Pasang lagi spoolnya
- Gulung lagi sisa PE yang 50 meter tadi
- Hasilnya... gulungan PE jadi rata atas bawah.

Atau :
- Masukan benang 200 meter saja ke spool
- lepas spool
- Tambahkan 1 buahwasher/spacer/ring ke as rotor
- Pasang lagi spoolnya
- Gulung lagi sisa PE yang 50 meter
- Slesai...

Moga2 berguna...

ong_edward
05-05-2008, 10:59
bro, sudah saya gulung ulang dengan hati2 dan sabar. ternyata masih ngumpul didepan kok. malem ini nanti saya mau cobain yang ditambah spacernya. hehehe thx. tapi masih bingung mau bikin spacer pake apa ya soalnya nga dikasi cadangan dari pabrikan sih...

h0mer
05-05-2008, 12:15
Teman2 forum, memangnya apa sih yg menyebabkan reel jadi seperti yg disebut di atas (padahal awalnya baik2 saja) --> btw navi saya juga spt gitu pak, padahal dulu tidak. Apakah hal itu karena kesalahan dalam penggunaan atau memang takdir reel itu demikian ini??? Soalnya kalau penyebabnya ada pada kesalahan penggunaan kan mgkn lain kali bisa diminimalisir kesalahannya shg tidak spt gitu lagi...

Oyah untuk tambahin yg punya Pak Edward, saya pernah dikasih tahu salah satu toko pancing utk tambahan spacer tidak perlu repot2, gunting saja bekas kemasan plastik apa ajalah (yg rada kaku) apa memang bisa ya demikian??? --> mohon infonya ya....

tq all.
-rio-

sigit_y
05-05-2008, 12:48
......pake apa ya soalnya nga dikasi cadangan dari pabrikan sih...

Om Edward... bisa tau seri daiwanya? dulu pernah baca kalau gak salah di tackle direct atau apa(sorry lupa)..daiwa mengembangkan suatu teknologi/ sistem baru untuk mempermudah casting. Akibat teknologi ini gulungan senar numpuk didepan jadi tidak rata dengan kata lain berbentuk corong (CMIIW). Apakah seperti itu bentuk gulungan senarnya?

karena lupa-lupa ingat artikelnya ntar coba saya cari dulu..ya.

sgt

tonagaya
05-05-2008, 13:27
@ Edward
Coba pake spacer punya reel yang lain... atau coba buat pake kaleng softdrink

@ Rio
Kalo takdir... ga mungkin laah... mungkin tu reel perlu turun mesin kali, kalo udah kebanyakan dipake narik monster.

Lodewijk
05-05-2008, 13:40
... plastik pengganjal itu sebenarnya fungsinya sebagai break (pengatur drag) atau hanya pengganjal saja si? kalau misalnya hilang bisa diganti dengan ring logam nga atau saya musti motong acrylic 1mm?

Washer (ring) yg dimaksud adalah untuk 'line laying' (penataan kenur di spool) dan sebagai 'spacer' antara spool dan dudukannya di main shaft. Karena itu jangan pakai washer logam karena akan beradu dengan spool dan akibatnya spool anda akan 'cacat'.

Biasanya washer ini diberi 'extra' beberapa biji kalau kita membeli reel baru. Reel anda type apa sih ? Tambahkan washer apabila kenur mengumpul di bagian atas spool dan kurangi washer apabila kenur mengumpul di bagian bawah spool.

Untuk reel dengan kemampuan drag yg tinggi, kualitas washer ini juga menentukan 'smooth' tidaknya drag. Jadi sebaiknya jangan asal ganti dengan washer/ring dari acrylic/plastik. Karena takut drag jadi tidak 'smooth'. Kalau tidak ada, bisa dicarikan / memakai 'extra washer' dari reel yg lain yg kira2 ukurannya sama...;)

ong_edward
05-05-2008, 18:44
reel saya daiwa liberty kok boss yang ngaco ini. spacer saya akalin pakai tutup kaleng susu saya potong bentuk bulat hehehe.... tapi belum saya gulung balik nih... thx ya atas saran2 nya...

Biccarix
05-05-2008, 18:58
Bro, gua punya caldia kix. Susunan juga bgt, gua liat di manual yg bhs rumput ada gambar kalo susunan tali daiwa memang seperti itu, apa ini memang cuma utk mid end saja ato termasuk low end? Perkiraan bentuk spol daiwa memang seperti itu.

ong_edward
05-05-2008, 19:07
boss rasanya cladia kix udah nga murah lho.... hmm.. pakar daiwa siapa ya? kelihatannya musti nonton vcd mr wong yang pake daiwa nih....

Lodewijk
05-05-2008, 19:12
Saya juga ada Caldia Kix 3000, buat light casting. Perasaan 'line laying'-nya juga biasa-biasa saja / normal tuh ? :confused:

ong_edward
05-05-2008, 19:20
okay boss benar apa yang anda jelaskan. ini udah diganjal lagi dan hasilnya yahud..... rata banget. tapi rada susah juga yah kalau musti cobain dulu gulung di reel dan kalau masih belum rata respool ulang. ada nga tips gimana ngeliat spool yang bakal perlu diganjal?

royrizal
05-05-2008, 20:05
Pak Edwar, permasalahan itu pernah saya alami termasuk beberapa teman saya juga dan bukan soal merk mau shimano atau daiwa.

Begini caranya;
Pertama ukur berapa space bagian bawah yang kosong, misal 1mm atau 2mm. Artinya pergerakan spool waktu naik kurangnya sekitar 1mm atau 2mm.
Kedua, lepasin spool, dan ring metalnya.
Ketiga, tambah ring apa aja (spacer) sesuai dengan kekosongan yang diukur tadi (umumnya 1mm; keliahatan lebar karena tumpukan tali)
Keempat, kembalikan ring metal dan pasang spool.
Kelima, gulung ulang dari awal.

Catatan: Penggulungan manual atau dengan alat lain, tidak akan sesuai dengan penggulungan waktu dipakai.

Ga menjamin, tapi mudah mudah berhasil.

Wassalam,
Roy

bonito
05-05-2008, 22:29
Om Edward... bisa tau seri daiwanya? dulu pernah baca kalau gak salah di tackle direct atau apa(sorry lupa)..daiwa mengembangkan suatu teknologi/ sistem baru untuk mempermudah casting. Akibat teknologi ini gulungan senar numpuk didepan jadi tidak rata dengan kata lain berbentuk corong (CMIIW). Apakah seperti itu bentuk gulungan senarnya?

karena lupa-lupa ingat artikelnya ntar coba saya cari dulu..ya.

sgt


Bro, gua punya caldia kix. Susunan juga bgt, gua liat di manual yg bhs rumput ada gambar kalo susunan tali daiwa memang seperti itu, apa ini memang cuma utk mid end saja ato termasuk low end? Perkiraan bentuk spol daiwa memang seperti itu.

Bros, Diawa Regal Xi gw juga begitu tuh. Memang design dari Daiwanya ABS Andvanced Ballistic Control shg mempermudah casting dan lebih jauh.

ong_edward
05-05-2008, 23:07
huahahahah berarti harus dirubah lagi nih. tapi mau cobain dulu enakan yang flat atau yang banyak didepan. kalau kurang enak yah balikin lagi alias lepas tambahan spacer dan gulung ulang.
hehehe...
thx bro...

Layaran
06-05-2008, 00:30
Bros, Diawa Regal Xi gw juga begitu tuh. Memang design dari Daiwanya ABS Andvanced Ballistic Control shg mempermudah casting dan lebih jauh.
bener bgt... saya punya jg gitu.. stealh baca manula katanya emg sengaja biar cating lebih ok/ jauh -CMIIW

Lodewijk
06-05-2008, 07:12
Reel Daiwa dengan ABS spool memang memiliki keunggulan dalam hal casting. Seharusnya casting jadi lebih 'enak' dalam arti terbebas dari masalah (kenur 'keriting', kusut, dsb.) dan dapat lebih jauh jaraknya...:D

Hanya masalahnya disini, kalau sampai kenur 'munggunung' pada bagian atas spool, apakah malah tidak bikin kenur kusut ? Karena besar kemungkinan saat casting menjadi 'birdnest' karena sebagian kenur yg masih ada di spool ikut keluar.

Pertanyaan saya apakah Daiwa dengan spool ABS tsb. kalau diberi kenur (spooling), terlihat berbeda dengan spool yg lainnya (lain merk atau yg non-ABS) ? Dan memang terlihat kenur 'menggunung' di bagian atas spool ? :confused:

Karena beberapa reel Daiwa yg saya miliki tidak seperti itu. Jadi mohon input-nya...:D

Coba check photo Daiwa TDS dibawah ini, spool ABS yg telah berisi kenur juga terlihat 'normal' saja 'kan ?

http://www.tackletour.com/images/pictds3.jpg

Ini adalah review lengkapnya Review: Shimano Sustain vs Daiwa TDS (dengan ABS spool). (http://www.tackletour.com/reviewshootoutsustaintds.html)

Thanks... :D

tonagaya
06-05-2008, 09:56
.....jangan pakai washer logam karena akan beradu dengan spool dan akibatnya spool anda akan 'cacat'.

...jadi sebaiknya jangan asal ganti dengan washer/ring dari acrylic/plastik. Karena takut drag jadi tidak 'smooth'.

Makasih untuk penjelasannya om.. sangat berguna untuk pemula seperti saya.:smt023:smt023:smt023

bonito
06-05-2008, 10:01
Pak Lod, kalau tdk salah utk bbrp tipe reel Daiwa spt Regal Xi mempunyai spool jenis Back Tapered jadi diamater inner spool di bagian depan lebih besar dari belakang atau dasar spool cenderung menanjak ke depan.

Hal inilah yg membuat line tertumpuk/menebal di bagan depan spool.

Layaran
06-05-2008, 11:20
Reel Daiwa dengan ABS spool memang memiliki keunggulan dalam hal casting. Seharusnya casting jadi lebih 'enak' dalam arti terbebas dari masalah (kenur 'keriting', kusut, dsb.) dan dapat lebih jauh jaraknya...:D

Hanya masalahnya disini, kalau sampai kenur 'munggunung' pada bagian atas spool, apakah malah tidak bikin kenur kusut ? Karena besar kemungkinan saat casting menjadi 'birdnest' karena sebagian kenur yg masih ada di spool ikut keluar.

Pertanyaan saya apakah Daiwa dengan spool ABS tsb. kalau diberi kenur (spooling), terlihat berbeda dengan spool yg lainnya (lain merk atau yg non-ABS) ? Dan memang terlihat kenur 'menggunung' di bagian atas spool ? :confused:

Thanks... :D

saya jadi teringat dengan buku panduan reel dari Shimano coba baca deh...

"it is best to set the line to wind more to the front of the spool to avoid the problem of backlash"

Lodewijk
06-05-2008, 11:48
@Tonagaya: Sama-sama, bruda... :D

@Bonito: Thanks untuk klarifikasi-nya. :D

Kalau memang bentuk spoolnya dari awal sudah 'membesar' kedepan, tentu kenur seperti/kelihatannya 'mengumpul' dibagian atas spool, meski waktu spooling 'line laying'-nya merata...

@Layaran: Thanks juga sudah repot2 memberikan attachment dr photo/scan manual-nya... :D

Memang disitu ada 3 posisi kenur pada spool. Posisi 'normal' (merata kesemua bagian spool), menumpuk di bagian atas dan di bagian bawah spool.

Sayang quote dari anda kurang lengkap, seharusnya adalah harus satu kalimat utuh:

"When lines made of Fluorocarbon or other hard substances, it is best to set the line to wind more to the front of the spool to avoid the problem of backlash."

Nah, pertanyaan saya, bagaimana kalau line yg dipakai bukan dari Fluorocarbon atau jenis line yg 'keras' lainnya ? Seperti memakai PE line misalnya ? :confused:

Tapi apapun itu, saya sudah menangkap point-nya. Dan saya juga terima kasih sudah mendapat input baru tentang penataan kenur di bagian atas spool untuk kenur yg jenis 'hard'. ;)

Jadi sekarang sudah jelas dan mengenai setting spooling kenur, terserah anda akan memakai setting-an yg mana. Toh, yg penting adalah untuk menghindari 'backlash' / kenur kusut. :D

royrizal
06-05-2008, 15:49
Pak Lod, kalau tdk salah utk bbrp tipe reel Daiwa spt Regal Xi mempunyai spool jenis Back Tapered jadi diamater inner spool di bagian depan lebih besar dari belakang atau dasar spool cenderung menanjak ke depan.

Hal inilah yg membuat line tertumpuk/menebal di bagan depan spool.

Friends, ma'af ya saya ikut sharing.
Bro Jerry, saya pikir spool jenis tappered depan atau belakang adalah mengenai design yang menurut saya lebih mengarah kepada mekanisasi dan power yang akan dihasilkan dari reel itu sendiri.

Tappered spool, mestinya ballance dengan mekanik yang mengatur pergerakan piston dibagian dalam reel, yang tidak akan membuat tali bertumpuk atau berkurang diarea tertentu.

Pada umumnya pergerakan piston umumnya diatur oleh roda gigi dengan tuas yang menempel pada piston reel. Sedangkan shimano menggunakan sistim batangan logam disamping dengan desin double ulir. Ulir 1 untuk keatas, ulir kedua untuk kebawah. Design ini bisa mengatur tali mau menumpuk dimana. Untuk yang tappered ulirnya akan diatur lebih rapat dibagian yang akan diisi lebih banyak.

Ma'af sebelumnya kalau saya merasa ga sependapat kalau ada design membuat gulungan tali di spool yang tidak rata untuk alasan apapun; popping atau casting, dsb, mengingat kemungkinan akan terjadi seperti Pak Lodwijk bilang, kusut dan akan menurunkan pamor produk itu sendiri.

Yang paling baik dan ga ribeth..th.. menurut saya, selalu siapkan spacer dan kalau perlu buat sendiri. Dan benar juga kata pak Lodwijk, spacer itu usahakan yang soft dan kuat supaya ketika friksi ga makan Ring logamnya.
Kalau mau improfisasi dengan gaya gulungan, tinggal atur spacernya.

Wass,

ong_edward
06-05-2008, 16:34
wah ada pembahasan dari sisi mekanisnya nih... top bgt. thx rekan2 semuanya

Lodewijk
06-05-2008, 17:09
...Kalau mau improfisasi dengan gaya gulungan, tinggal atur spacernya.


Terima kasih pak Yusuf, atas kesediaan anda sharing disini. Saya quote kata2 anda diatas yg menurut saya pantas untuk digaris bawahi dan mewakili apa yg saya pikirkan juga... :D

royrizal
06-05-2008, 19:26
Wah, terima kasih juga pak Lod, padahal masih banyak ilmu yang harus saya curi dari Bapak. Terus terang saya banyak membaca komen komennya di beberapa thread, terasa cocok dan saya ambil sebagai tambahan wawasan saya.
Rgds,

bonito
06-05-2008, 23:28
@royrizal: Bro, utk bbrp tipe reel Daiwa yg dibicarakan belum memiliki slow oscillating system yg menggunakan worm shaft spt pd Shimano.
Oleh sebab itu mnrt sy tdk ada hubungan antara back tapered spool dgn mekanisme oscilationnya.

Justru Daiwa membuat spool dgn back tapered sebagai salah satu cara dpt melempar lebih jauh krn line layingnya belum sesempurna Shimano (worm shaft) agar line lebih gampang keluar dari spool (ABS) dan dpt casting lebih jauh.

royrizal
07-05-2008, 16:25
@royrizal:
Justru Daiwa membuat spool dgn back tapered sebagai salah satu cara dpt melempar lebih jauh krn line layingnya belum sesempurna Shimano (worm shaft) agar line lebih gampang keluar dari spool (ABS) dan dpt casting lebih jauh.

Hallo pak Jerry,
Saya pernah liat Daiwa dengan back tappered spool, tapi saya akui belum mengetahui banyak mengenai tujuannya.
Kalau tujuan daiwa seperti yang disebutkan diatas, tentunya Pak Jerry sudah mengetahui specnya dengan jelas, dan saya terima itu sebagai tambahan pengetahuan saya, karena tadinya saya pikir itu cuma soal design dan ciri khas sebuah produk.
Terima kasih pak Jerry.
Wass,

eriko susanto
08-05-2008, 15:23
pendapat saya , memang didesain demikian dan saya lebih prefer utk spool depan lebih banyak dr pada belakang,
alasannya... waktu bail arm dibuka antara line berada diantara guide dan spool, sebelah belakang lebih jauh dr bibir spool, menyenggol bibir spool baru ke guide, bagian depan langsung menyenggol bibir spool dan ke guide, sudut antara line didalam spool , bibir spool dan guide bisa menghambat laju benang , terutama kalau line sudah berkurang gesekan jadi makin besar, hal ini saya perhatikan kadang 2 waktu cast seperti tersendat oleh bibir spool ( terutama kalo bibir dah ga mulus lagi ), waktu jigging juga demikian , jigging di laut dalam waktu ngga ada arus , pake light jig, ketika sudah dalam sering tersendat dan ga mau ngulur.. kalo diperhatiin lebih sering di bagian depan karena sudut line dan bibir spool mendekati 45 derajad... , demikina yang saya amati. thanks

royrizal
08-05-2008, 21:00
Salam pak Eriko,
Ya bisa jadi demikian untuk gulungan yang paling puncak akan lebih mudah untuk dirilisnya. Tapi ketika mulai ada jarak dengan bibir spool akan tetap menyenggol bibir spool dan itu baru keluar kira2 15-20m, betul ga bro? Lagipula, ga semua reel ketika akan merilis tali harus membuka bail arm. Banyak juga reel yang dilengkapi dengan alat untuk merilis tali tanpa membuka bail armnya. Jadi tali dijamin ga akan menyenggol bibir spool, karena spoolnya akan berputar tanpa halangan/ gesekan dan tali meluncur langsung melalui guidenya. Contoh reelnya kalau ga salah; Okuma, Aligator, dll saya lupa tipenya.
Kemungkinan menyangkutnya tali bukan karena gesekan dengan bibir spool, tapi lebih kepada kondisi gulungan dan tali itu sendiri. Kalau tali braided/ PE biasanya karena kering dan ga terawat. Kalau tali mono, kemungkinan karena dia bersifat stretch, ketika strike ikan berat, gulungan tali sering masuk ke gulungan didalamnya. Nah waktu dikeluarkan lagi sering gulungan tali saling menjepit.
Kalau pendapat saya salah, mohon ada yang mau mengoreksi.

Wass,
Roy

eriko susanto
10-05-2008, 10:48
setuju bro,..
minta masukan nih... yang sering terhambat malah pada saat line pe dah basah beberapa kali naek turun (khusus u jigging) pada saat pake reel kecil, line dah keluar 1/2 spool baru tersendat sendat, saya pikir line basah malah menambah gesekan antara spool lips, guide & line, jadi kadang dikedut2 supaya line keluar lebih cepat, kalau line masih penuh cenderung lancar keluarnya... ngatasinnya gimana yah , atau ada kesalahan teknis...( padahal akhir 2 ini pe saya kasih silicone spray supaya lebih lancar )

royrizal
16-05-2008, 16:30
Maaf ya bro, maksud saya bukan basah kering air.
Sebenarnya oscilation system dan rationya dibuat sedemikian rupa sehingga kemungkinan tali saling menjepit sangat kecil, kecuali knur yang cenderung strech dan masuk kesela sela gulungan sebelumnya.

Menurut saya ada beberapa kemungkinan, mungkin bibir spoolnya memang dah ga smooth lagi, atau jenis PE yang dipakai mungkin ada batas waktunya.
Menurut saya lagi;
coba cek dengan rabaan seluruh bibir spoolnya,
kedua coba pake tali PE lain,
ketiga kalo masalahnya nyangkut dibibir spool, gunungan tali dipindahin kebelakang spool dengan mengurangi washer sebelum ring metal.
Keempat, ga ada salahnya mengecek line guide
Kelima, mudah mudahan problem is solved
Wass,

Plojo
19-05-2008, 13:00
Bro,,coba make reel yg didesain buat surf,,yg cenderung nggak dalem tapi msh bisa muat benang cukup panjang karena spoolnya panjang. benangnya pasti keluar lebih lancar walaupun benang yg keluar dah panjang

eriko susanto
22-05-2008, 22:29
Bro,,coba make reel yg didesain buat surf,,yg cenderung nggak dalem tapi msh bisa muat benang cukup panjang karena spoolnya panjang. benangnya pasti keluar lebih lancar walaupun benang yg keluar dah panjang

.. reel nya cenderung besar, dan dangkal , u mancing cast dan pop ok .. tapi u jig terlalu bulky dan berat, isi line juga dikit bro.. karena memang desain u long cast