PDA

View Full Version : Ask ukuran kapal u/ mesin 2x 40hp



chris
07-05-2008, 03:24
guys...

saya ada rencana dengan teman ingin membangun kapal mancing dengan body kayu lapis fiber dan menggunakan mesin tempel 2x 40hp.

berapakah ukuran ideal body kapalnya kalo menggunakan mesin tersebut ya?

oh iya, kalo saran suhu2 disini lebih baik manakah untuk pertamanya menggunakan 1bh mesin 40hp 4 stroke ato 2bh 40hp 2 stroke?
harap maklum soalnya harga 4 stroke 2x lbh mahal dari 2 stroke, hehehe...

thanx...

fishy
07-05-2008, 08:08
Chris:

Waktu di Jakarta sempet mancing pake kapal PLTU gak? Itu bisa jadi contoh tuh buat kapal kayu dg mesin 2x40HP.. Ukurannya mungkin sekitar 2-2,5 X 9-11 Meter? Larinya bisa sekitar 14 knot kalau kedua mesin nyala.

Mesin 4 stroke jauh lebih irit, apalagi dengan harga BBM yg terus naik pasti akan lebih ekonomis. Tapi kl pakai 1 mesin doang ya kapalnya mesti jauh lebih kecil dong

Sportfisherman
07-05-2008, 08:30
Mempunyai mesin 2 adalah untuk safety tetapi kalau saya mendingan pakai mesin 1 yang lebih besar dan mesin kecil , khususnya untuk kasus Chris ini daripada 2 x 40 HP saya cenderung menggunakan 1 x 70 HP + 1 x 10 PH , mesin kecil untuk safety + trolling .

Konfigurasi saya itu akan memberikan kecepatan yang lebih tinggi waktu cruising dan penggunaan BBM yang lebih irit , untuk jangka panjang bisa ada saving untuk dipikirkan sebagai gantinya membeli mesin lebih mahal .

Dgn 2 x 40 HP , kapal jadi berat dan rintangan menjadi lebih tinggi daripada 1 x 70 HP dan dgn yang 10 HP di-angkat / tidak digunakan waktu cruising , rintangan akan lebih rendah secara keseluruhan .

Bila argument nya 2 x 40 HP tuh bisa lari kencang waktu 1 mesin mati , itu tidak akan ter realisir krn beban yang harus dipikul oleh 1 mesin 40 hp dgn propeller yg diameter x pitch untuk cruising speed akan mengalami " slip " , mungkin dgn 10 HP yang pitch x diameter nya ideal bisa mencapai speed yang sama tetapi lebih irit dalam pemakaian BBM .

Dgn harga BBM yang tinggi , harus dipikirkan bagaimana memperoleh efficiency yang tertinggi dan 4 stroke ourboard bisa menjadi pilihan yang lebih bijaksana kendati harus dipikirkan juga maintenance nya kalau penggunaan nya di daerah yang belum ada agent resmi merk outboard 4 stroke tersebut .

Jon .

jst
07-05-2008, 09:03
Klaau bisa kapal kayu jangan di lapis fiber, pertama akan jadi berat yang kedua kayu cepat busuk yang membuat umur kapal jadi pendek.
Mesin kalau bisa ambil yang 4 stroke, di jakarta sini aja mulai memakai pertamax untuk bbm mesin nya karena susahnya mendapat bensin premium.

fishy
07-05-2008, 10:02
satu pertimbangan: Dalam 2-3 tahun ke depan harga BBM mungkin bisa mencapai Rp20.000 seliter.

Asie
07-05-2008, 11:03
KM Wilson mesin 200Pk X 2 -- kemarin ada masalah di satu mesin dan kapal jalan dgn satu mesin di rpm 4000 speed 15 knott. Begitu mesin yg satu lagi selesai (masalah aki) langsung ngacir di 33 knott.

Harga price list dari suzuki,

Mesin 2 stroke 30 Pk (DT 30 L) Rp16.500.000,

40 PK - DT 40 WS - 21 jt
DT 40 WL 21 jt, DT 40 WRS (electrick) 24jt -yg kareosen kaga perlu deh.

Mesin 4 stroke DF 40 TL - Rp40.500.000

Mesin 4 stroke 70 PK, DF 70 WTL - Rp51 jt (Shaft 20"), DF 70 WTX - Rp 53jt (shaft 25")

Mungkin Yamaha juga kisaran segitu.

Asie
Semoga bermaanfaat

chris
07-05-2008, 20:21
@ Fishy: g sih pernah naik yang di PLTU bro, tapi g liat semua kapal disana bagian depannya agak rendahan, jadi agak riskan untuk dipakai ditempat g yang ombaknya agak gedean.

@ Sportfisherman: Pak Jon, koq bisa ya mesin tunggal yang 70 hp lebih kencang dan lebih irit dari 2x 40 hp? bukannya konsumsi bahan bakar yang 70hp lebih banyak dari 40hp?

@ Asie: bro asie, thanx infonya ya.. Mudah2an bisa nabung buat beli 4 stroke..

chris
07-05-2008, 20:24
Guys,

kalo misalnya aja nih bodi fiber ukuran 7x2mtr dengan mesin 1x 40hp bisa berapa jauh ya perbedaan speed n konsumsi bahan bakarnya dibandingkan dengan bodi kayu lapis fiber dengan mesin yang sama?

thanx...

Sportfisherman
07-05-2008, 20:29
@ Sportfisherman: Pak Jon, koq bisa ya mesin tunggal yang 70 hp lebih kencang dan lebih irit dari 2x 40 hp? bukannya konsumsi bahan bakar yang 70hp lebih banyak dari 40hp?



Secara berat , 2 x 40 HP > dari 1 x 70 HP , secara rintangan air 2 kaki > dari 1 kaki , hasilnya 1 x 70 hp lebih ringan dan rintangan nya juga lebih kecil = kapal lebih laju .

Secara bahan bakar 2 x 40 HP = 80 HP pasti makan lebih banyak BBM daripada 1 x 70 HP dan krn anda harus bawa BBM lebih banyak , kapalpun akan lebih berat lagi .

Kapal 2 mesin hanya unggul di " manouverability " , inipun kalau propeller nya counter rotating tetapi untuk mesin 40 HP tidak ada yang counter rotating jadi tidak relevant .

Jon .

chris
07-05-2008, 20:38
@ Sportfisherman: Apa sih maksud counter rotating Pak Jon? Apakah maksudnya putaran propeller satu yang ke kiri dan satunya ke kanan?

Sportfisherman
07-05-2008, 21:17
@ Sportfisherman: Apa sih maksud counter rotating Pak Jon? Apakah maksudnya putaran propeller satu yang ke kiri dan satunya ke kanan?

Benar , hanya ada pada mesin tempel yg HP besar .

Jon .

chris
09-05-2008, 06:40
@ Sportfisherman: Pak Jon, apa sih pengaruhnya kalo pemakaian 2bh mesin tanpa counter rotating yang berlawanan? Apakah itu membuat kecepatan kapal menjadi sedikit lebih lambat? Kalo iya kira2 berapa persen kah penurunan tersebut?

Thanx...

monyet
09-05-2008, 08:33
apa sih pengaruhnya kalo pemakaian 2bh mesin tanpa counter rotating yang berlawanan>> Chris

saya pernah nebeng kapal temen bodi fiber 9m, 2 mesin (yamaha 200pk) tanpa counter rotation ; waktu dipake rada kenceng tuch kapal jadi 'celeng' (berat sebelah) tambah kenceng tambah celeng. Malah waktu di atas 25 knot, sampe miring - kudu ditambah sampe 3 penumpang dewasa buat ngimbanginnya. Stir juga jadi berat sebelah.

fishy
09-05-2008, 08:35
Kalo buat mesin kecil sih pengaruhnya gak gitu berasa. Tapi keuntungan manouverability 2 mesin jadi hilang

Sportfisherman
09-05-2008, 08:39
apa sih pengaruhnya kalo pemakaian 2bh mesin tanpa counter rotating yang berlawanan>> Chris

saya pernah nebeng kapal temen bodi fiber 9m, 2 mesin (yamaha 200pk) tanpa counter rotation ; waktu dipake rada kenceng tuch kapal jadi 'celeng' (berat sebelah) tambah kenceng tambah celeng. Malah waktu di atas 25 knot, sampe miring - kudu ditambah sampe 3 penumpang dewasa buat ngimbanginnya. Stir juga jadi berat sebelah.

Kapal miring krn TORQUE dari putaran propeller yang searah yang dihasilkan oleh 2 mesin yang tidak counter rotating , umumnya miring ke kanan dan kalau mau belok ke kiri sangat berat memutar kemudi , dgn 2 x 200 HP tentunya TORQUE tersebut sangat besar sehingga mengakibatkan apa yang diuraikan oleh pak Ferry .

Jon .

chris
09-05-2008, 08:50
wah.... itu bisa jadi masalah besar juga dong. jadi bingunng nih...?:smt120:smt120:smt120

monyet
09-05-2008, 10:07
wah.... itu bisa jadi masalah besar juga dong. jadi bingunng nih>> Chris

Wokeh bro, ini pendapat saya ; loe gak usah bingung, pake ajah 40pk 1 biji dan cadangan 10 pk (digantung - celup kalo mesin utama mogok - supaya gak membebani)

Pertimbangan
- kapal relatif kecil (7 x 2m)
- struktur ; kayu - so gak begitu butuh speed yg ekstrim. Dengan kondisi segini, kayaknya 12 knot mah bisa lewat (am I right Pak John?? Adri??)
- ekonomis dan bandel (Yamaha 40 pk terkenal alot)
- gak butuh perawatan yg terlalu rumit
- gak butuh aki : 40 pk mah masih 'cap betot'
- onderdil murah dan banyak

Tapi ini cuma pendapat sayah sebagai orang awam ajah.

Asie
09-05-2008, 11:42
Price List harga Suzuki

2 Stroke Engine -- 15 PK, DT 15 L Rp13jt Gasoline Manual
4 Stroke Engine -- 15 PK, DF 15 L Rp 16.5jt Gasoline Manual.

Yg 9.9 atau 10 PK suzuki kaga ada -- kalau mau ada yg DF 6 L Rp9 jt (4 Stroke).

PT. Indomobil Suzuki International
Jl. Raya bekasi.

kalau mau no telp nya saya ada -- dpt broushure dari pameran diving, krn saya rencana mau beli yg 30 PK 2 stroke buat di Jatiluhur (bukan laut). Tapi dgn bensin naik terus mikir2 lebih ekonomis pake Kubota diesel ketiting.

Beli di MGK di basement harga juga sama.

Semoga bermanfaat

Sportfisherman
09-05-2008, 11:51
wah.... itu bisa jadi masalah besar juga dong. jadi bingunng nih>> Chris

Wokeh bro, ini pendapat saya ; loe gak usah bingung, pake ajah 40pk 1 biji dan cadangan 10 pk (digantung - celup kalo mesin utama mogok - supaya gak membebani)

Pertimbangan
- kapal relatif kecil (7 x 2m)
- struktur ; kayu - so gak begitu butuh speed yg ekstrim. Dengan kondisi segini, kayaknya 12 knot mah bisa lewat (am I right Pak John?? Adri??)
- ekonomis dan bandel (Yamaha 40 pk terkenal alot)
- gak butuh perawatan yg terlalu rumit
- gak butuh aki : 40 pk mah masih 'cap betot'
- onderdil murah dan banyak

Tapi ini cuma pendapat sayah sebagai orang awam ajah.

Ferry / Chris ,

Saya pernah pake Yamaha 40 ( 2 stroke ) dgn Boston Whaler Montouk 17 , hasilnya agak under powered tuh kalau sudah di isi 4 orang + peralatan mancing + 80 liter fuel , setelah ganti pakai Mercury 70 ( 2 stroke ) baru meluncur dgn baik .

Tergantung dari type hull , kalau rencana nya menggunakan kayu lapis fibreglass pasti hull nya berat tetapi kalau bentuk hull nya type flat , mungkin sih 12 knot bisa tapi tidak akan lebih n mesin cenderung overloaded = fuel consumption nya tinggi . Waktu beli mesin harus cermat pilih diameter x pitch yang tepat , kalau tidak bisa under perform mesin nya .

Kenapa tidak langsung pakai fiberglass saja yah atau kalau mau lebih enteng lagi , pakai aluminium hull ?

Jon .

monyet
09-05-2008, 11:53
Tapi dgn bensin naik terus mikir2 lebih ekonomis pake Kubota diesel ketiting.>> Asie

Bozz, kayaknya mending beli diesel cungkuo dech. Yg sekarang kayaknya udah not so bad. Tuch kapal ojek di Kresek hampir 100% pake cungkuo (Jagoan, Dong Feng, Changcai, dsb). Di laut ajah, kalo di rawat bisa 3-4 thn gak turun mesin. Harga yg 16 - 20 pk sekitar 3jetong. Kalo jepun punya 1 pk = 1jt ; 20pk = 20jt. Yang suka sayah sewa (Pak Edi) pake merk Jagoan (cungkuo asembling Surabaya) udah jaklan 3 thn masih bagus tuch. Apalagi kalo di aer tawar, mestinya lebih awet. Sorry Pak Asie, cuma pendapat saya ajah.

pakai aluminium hull ?>> Pak John
You're truly right Pak. Kalo buat laut Utara mah mending pake aluminium ajah, dari segi harga kayaknya ga beda jauh sama kayu kualitas baik. Tapi buat jangka panjang, wooow jauh bener... enakan aluminium.

Asie
09-05-2008, 12:14
Perahu di Jatiluhur fungsi dan bentuk nya beda dgn yg di laut. Di Danau tdk ada pelabuah jadi kalau merapat harus sampe ke batu2. Ke 2 perahu sering di isi beban yg berat utk angkut pakan atau ikan jadi kalau di isi pakan/ikan tinggi perahu tinggal 3 jari dari air. Sedangkan kalau kosong juah dari air. Mesin ketiting di taruh di atas perahu jadi perahu bebes atau kosong tdk berpengaruh banyak. Jeleknya kalau ombak agak besar balik2 sering loncat dari air. Baling2 ketiting cuman Rp30.000 kalau yamaha 15 Pk Rp350.000.

Kubota yg di pake cuman 8.5PK dgn harga Rp7.5-8 jt an (cylinder satu). Semua perahu di Jatiluhur pakenya either Kubota atau Yanmar, Robin atau Honda (5.5HP). Kaga tau kenapa tdk ada yg pake made in China.

Perahu kayu berat di kasih 15 Pk dgn beban 4 org udah ngeden2 kalau 1-2 org ngacir. Lebih baik beli dgn power yg lebih besar daripada underpower (mesin lebih irit dan awet krn tdk di forsil). Dulu KM wilson pake 150 Pk X 2 kalau jalan full trottle terus, hasil boros dan jebol. Sejak di ganti 200 PK X 2 cukup dgn rpm 4000 speed 30-33 knott tergantung ombak.

Allumunium lebih ringan lagi tapi harganya mahal sekali.

c4del
09-05-2008, 13:31
Ikut nimbrung ah....Pak Asie kalo mesin merk Tohatsu dibanding dengan Yamaha atau Suzuki bagus mana ya ?

Kalo nyari mesin yg 4 stroke di Jakarta yg stok barangnya ready dimana ya? Soalnya aku tanya beberapa toko harus inden & lama lagi.

Tks

Salam

awi
10-05-2008, 20:06
bro, kalo pake dua mesin yg mana satunya gak difungsikan entar bgm peletakannya? apakah kapal gak lari miring kalo mesin yg sementara jalan posisinya ada agak kesamping?

chris
10-05-2008, 21:05
bro, kalo pake dua mesin yg mana satunya gak difungsikan entar bgm peletakannya? apakah kapal gak lari miring kalo mesin yg sementara jalan posisinya ada agak kesamping?
Bro Awi,

Maksud dari suhu2 kita itu mesin yang tidak difungsikan yaitu mesin yang lebih kecil dari yang utama misalnya 15pk dan difungsikan hanya sebagai cadangan. Makanya posisinya disamping, sedangkan mesin utama tetap ditengah..

ariesur
13-05-2008, 20:47
Bagaimanapun masih lebih baik menggunakan 4 stroke boss..kalo di itung2 selama pemakaian dengan bensin + Oli pasti jatuhnya akan sama.

chris
13-05-2008, 21:13
Iya sih bener Pak, tapi bensin untuk mesin 4tak harus bener2 murni. Kalo ga murni katanya akan banyak masalah...

chris
31-05-2008, 06:44
Kenapa tidak langsung pakai fiberglass saja yah atau kalau mau lebih enteng lagi , pakai aluminium hull ?

Jon .
Pak Jon, kalo alluminium hull sekitar berapaan sih ukuran 9x2mtr? dan kalo untuk bodi fiberglass ukuran segitu juga berapaan ya? pesan dimana yang murah ya?

Thanx...