PDA

View Full Version : Teknik re-spooling...



Lodewijk
19-12-2004, 10:35
Salam kenal,

Biasanya kalau habis fishing trip atau kalau kita ingin membalik kenur (yang di depan jadi di belakang) pasti ribet. Apalagi untuk kelas reel trolling yg isi kenurnya bisa 1000yrd....

Yang biasa saya lakukan adalah dengan membuat alat sederhana seperti dalam gambar att. Ide dasarnya sebetulnya dr salah satu majalah mancing,....saya sdh lupa majalahnya. Tetapi saya gunakan alat2 yg dengan mudah didapat di Indo.

Alatnya hanya 1 bor tangan (hand drill), botol plastik dan mata bor 'crop' (ada di toko bahan bangunan/pertukangan kayu) + clamp. Mata bor crop ini biasanya dipakai untuk melubangi papan atau multiplex. Sedang botol plastiknya jangan pakai botol plastik minuman mineral biasa, karena terlalu tipis. Pilih yg tebal, biasanya saya pakai bekas botol air minum O2. Kalau terlalu tipis nanti botolnya mudah 'mletot' (deformed).
Dengan cara menggulung balik kenur model begini ini, kenur tidak akan melintir karena keluarnya satu arah.

Kalau kenur sudah terlanjur melintir ? Wah, itu susah. Saya tidak tahu cara meluruskannya kalau di darat. Kalau di laut biasanya saya buat trolling tanpa apa2, jadi kenur tok. Kalau di darat ??? Apa ada yang tahu ???

Nah, semoga info ini dapat berguna.....

gatjipta
20-12-2004, 11:48
Terima kasih pak Lodewijk, idenya sangat membantu. :D :D
Selama ini saya secara manual, ya agak gempor deh kalo musti ngulung sampe 3 reel.

gatjipta
21-12-2004, 09:52
Pak Lodewijk, kecepatan putar bor-nya apakah tidak terlalu kencang?
Bisa tolong diberikan pencerahan :P

Lodewijk
21-12-2004, 10:45
Pak Lodewijk, kecepatan putar bor-nya apakah tidak terlalu kencang?
Bisa tolong diberikan pencerahan :P

P. Gabriel, terimakasih kembali.
Saya memakai bor tangan yang 'trigger'-nya berfungsi juga sebagai 'dimmer' atau 'attenuator'. Sehingga kalau kita hanya memencet sedikit, bor hanya berputar pelan sekali, dan sebaliknya.

gatjipta
21-12-2004, 11:13
Oh gitu toh caranya, tadinya saya pikir pak Lodewijk tangannya terampil banget, bisa ngikutin kecepatan berputarnya bor :smt017

Harus hati-hati dong pak, kalo kita kebablasan mencet triggernya bisa kusut juga kenurnya.

Hamzy
20-09-2005, 14:38
Kalau saya pakai MIXER. Idenya karena istri males bikin kue, jadi saya manfaatin buat gulung senar pancing. Gagang pada mata mixer tinggal dibalut dengan selotip dan akan pas sekali dengan gulungan kenur (Kalau beli kenur jangan dibuang eks gulungannya).






Hamzah

mobie
21-09-2005, 09:14
ide bagus, pake mixer tapi kalo pake blender bisa ngga ya :!: :-D hi hi hi kita mau gulung senar apa mau bikin roti :D :D