PDA

View Full Version : Harian Umpan Jaruh



myro_myth
14-05-2008, 11:44
Salam Kenal Mancing mania semua,
Berikut dua resep ramuan umpan jaruh

Resep 1
Bahan-bahannya :
- 1/2 bungkus pelet cacing
- 1/2 bungkus tepung mie instan
- Ikan Tongkol secukupnya (takarannya 1/2 kaleng tuna)
- Biji Nangka yg tua ( 8 s/d 10 biji)
- Kroto 1 ons
Caranya :
Pelet dan tepung mie instant diaduk dengan air panas, ikan tongkol dihaluskan, biji nangka direbus dan buang kulit luarnya kemudian parut hingga halus, campurkan semua bahan-bahan diatas sehingga tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras.
pada saat dikolam campurkan kroto pada umpan.

Resep 2
Bahan-bahannya :
- 1/2 bungkus pelet cacing
- tepung roti secukupnya (ukuran sama dgn pelet)
- Ikan Tongkol secukupnya (takarannya 1/2 kaleng tuna)
- betadin (2 tetes)
- Kroto 1 ons
Caranya :
Aduk pelet & tepung roti dgn air panas, haluskan ikan tongkol dan campurkan dengan pelet tadi kemudian tambahkan dgn 2 tetes betadin (obat luka luar), waktu di empang cocol dgn kroto.


~The Myro's~

bam_gdar
14-05-2008, 15:22
Terima kasih buat sdr. radhita atas share umpan2...kl dilihat dr unsur pembuatan umpan anda...semuanya mengacu pd umpan amis...cuma yg jd ganjalan dlm hati nich membaca ulasan umpan anda ada bahan2 yg sedikit ragu anda gunakan spt :
- Biji Nangka yg tua ( 8 s/d 10 biji)
tuk umpan no. 1 and :
- betadin (2 tetes)
Nach ini dia yg ak binun...satahu ak betadin itu buat obat luka...kalau ikan mas dikasih betadin apa gak eneg tuch???kalau biji nangka sich bisa dimaklumi...tolong pencerahan soal betadin ini!!!!:confused::confused:

myro_myth
14-05-2008, 16:10
Trimakasih Om Bams atas pencerahannya,
- Biji Nangka disini digunakan sebagai aroma wanginya jadi umpan tidak terlalu amis,
- sedangkan memakai 2 Tetes Betadin karena ikan jaruh (Ikan yang sudah pernah terpancing, tapi lepas) pasti mulutnya sudah dower dan bahkan ada yang sudah berdarah2, jadi menurut asumsi ak ikan ini perlu di obati.....hehehehe :D (sorry kalo ga nyambung)

pbof
14-05-2008, 22:32
kakakakakakak
alesannya itu loh.

tapi kalo gk salah umpan patin galatama juga ada yg pake betadine.

kakang
15-05-2008, 01:35
sedangkan memakai 2 Tetes Betadin karena ikan jaruh (Ikan yang sudah pernah terpancing, tapi lepas) pasti mulutnya sudah dower dan bahkan ada yang sudah berdarah2, jadi menurut asumsi ak ikan ini perlu di obati.....hehehehe


Terima kasih udah memposting umpannya bro..
Silahkan posting umpan umpan lainnya

Ikan jaruh = ikan yang sudah pernah terpancing, tapi lepas

Untuk kolam harian dan kiloan rasanya engga banyak ikan jaruh yang ada di kolam.
Mungkin lebih tepat kalau umpan jaruh ini penggunaannya untuk kolam galatama, tapi sayang umpannya umpan harian.

Mungkin penggunaan betadine, digunakan untuk mengelabuhi ikan yang pernah terpancing, karena ikan akan waspada terhadap umpan yang pernah membuatnya terpancing.

Jadi untuk ikan yang pernah terpancing, umpan yang aneh aneh kadang efektif karena belum pernah dikenalnya.

Saya sering mendengar penggunaan sari puspa dll, ini saya golongkan sama dengan betadine, umpan yang aneh aneh, umpan baru yang belum pernah dikenal oleh ikan.

Terima kasih, mohon dikoreksi

bam_gdar
15-05-2008, 08:54
Sedikit tanya nich Kang Wawan and Kang Radhita...kalau penggunaan betadin memang di specialkan tuk ikan yg pernah kena tapi mocel...tapi dilihat dari jenis bahan2 yg terkandung di dalam betadin tersebut kan mengadung lodine Povidon 10% (setara dng 1% lodium) and baunya juga sedikit menyengat sekali...apakah bahan2 betadin ini berpengaruh thp bahan2 dasar umpan yg lain?? and pasti pewarnaannya ikut berubah thp umpan ini??? Maaf nich karena ak baru denger penggunaan bahan2 dasar ini bisa dipergunakan tuk racikan umpan (maap sedikit oot) and satu lagi nich buat Kang Radhita...apakah umpan ini pernah di uji coba dlm suatu arena lomba or harian or galatama???Tank's!!!

kakang
15-05-2008, 10:14
Sedikit tanya nich Kang Wawan and Kang Radhita...kalau penggunaan betadin memang di specialkan tuk ikan yg pernah kena tapi mocel...

Bukan begitu maksud saya, saya tidak bilang betadin spesial untuk ikan jaruh.
Untuk ikan yang pernah terpancing, maka tingkat kewaspadaan terhadap umpan yang telah membuatnya terpancing akan sangat tinggi, sehingga kalau umpannya sama dengan yang telah membuatnya terpancing maka umpan tersebut kemungkinan engga bakal dimakan.

Untuk itulah kemudian pemancing kadang iseng mencampurkan segala macam yang aneh aneh terhadap umpan aslinya, sehingga merubah drastis umpan asli dan nyatanya umpan yang telah berubah tersebut dimakan ikan dan neter.

Jadi bukan karena betadinnya atau sari puspanya, tapi karena komposisi umpan telah berubah, dan membuat ikan tidak tau kalau umpan tersebut sama dengan umpan yang telah membuatnya terpancing.

saiful
15-05-2008, 10:45
Umpan Betadine????...

kayaknya Masbei pernah pake umpan ini dech, tp ga tau baca dimana yach???...hayyu dipersilakken untuk Masbei menjelasken...

myro_myth
15-05-2008, 11:20
buat Kang Radhita...apakah umpan ini pernah di uji coba dlm suatu arena lomba or harian or galatama???Tank's!!!

Umpan ini biasanya sy pakai pada kolam harian dan belum pernah sy pake untuk lomba, biasanya apabila hari sabtu kolam tersebut bekas lomba ataupun bekas borongan maka hari minggunya sy mancing dgn memakai umpan jaruh ini dan biasanya hasilnya cukup bagus.... (sy biasa mancing di sekitaran Cibubur)

Buat Kang Wawan, memang benar umpan ini memakai betadin karena untuk memberi aroma yang lain dari yg biasanya untuk mengalihkan ikan, tapi biasanya sy membuat cadangan umpan putih biasa untuk back-upnya juga, dikarenakan di kolam harian ad ikan yg barunya juga. Ok...Thanks atas responnya...

bam_gdar
15-05-2008, 12:44
Terima kasih buat Kang Wawan and Kang Radhita atas pencerahan soal umpan betadin ini...suatu masukan yg berharga buat diri-ku dlm mengenal bahan2 tuk pembuatan umpan...suatu masukan yg baik...tank's!!!