PDA

View Full Version : Line/leader membelit di treble hook



igo
20-12-2004, 14:18
Sabtu kemarin saya trolling di Muara Mahakam pake Rapala CD-Mag 14 Red Head. Setelah rapala diturunkan dan line diulur, ternyata rapala tidak mau menyelam ke dalam, hanya bermain di permukaan saja. Malah beberapa kali loncat ke udara.

Akibatnya leader dan line membelit di treble hook karena seringnya meloncat. Prediksi saya mungkin karena rapala diturunkan pada saat perahu sedang melaju (kecepatan tidak bisa diprediksi karena make perahu nelayan tradisional), jadi tidak sempat menyelem dulu.

Minta tolong advise agak kejadian seperti ini tidak berulang.

Thanks,
/160

yellowfin
20-12-2004, 14:55
:-D Kejadian yang sering banget dialamin oleh yang seneng trolling pake minnow ..

Analisa & Solusi :
- Kecepatan kapal mas Igo waktu trolling terlalu kenceng !
kecepatan trolling menggunakan minnow/plug harus disesuaikan dengan kemampuan minnow/plug. Jadi gak salah kalo CD 14-nya skipping di permukaan instead of dive :-D
- Untuk kecepatan tinggi seharusnya pake vibe plug/minnow seperti; Halco Giant Trembler, Yo-zuri Bonita, Vibe plug dari merk2 lain juga bisa spt keluaran Braid kalo gak salah namanya Marauder ??, kemudian ada Australian Runner dst... kalaupun tetep pengen pake plug juga, pasang ball bearing swivel berkualitas baik (sampoo, spro dst)di antara sambungan mainline dan leader serta ganti trebel dengan single hook (bisa J hook atau circle) atau kalau takut gak sempurna hook-upnya; tetep pake trebel tapi yang di buntut aja, trebel ditengah dicopot (biasanya trebel tengah yang jadi biang keladi nyangkuut)
- Solusi terakhir kalo males ganti trebel... coba trollingnya pake Skirt aja... bisa ngebut dan enggak membelit-belit :D

Ciao - Tony

fishy
21-12-2004, 09:08
tambahan dikit pak. Sarannya pak Tony sudah bagus. Satu hal yang masih bisa dilakukan adalah penyetelan lips dari plug. Kecepatan trolling rapala dengan lips yang sudah disetel dengan baik bisa mencapai 7 knots.