PDA

View Full Version : Ask cara nentuin ukuran propeller....



chris
10-06-2008, 05:35
guys...

minta panduan dong dari suhu yang udah pengalaman diperkapalan.

gimana ya caranya kita bisa tau bahwa ukuran propeller sudah cocok dengan kapal tersebut?

dan bagaimana juga kita bisa tau bahwa ukuran propeller tersebut terlalu kecil atopun terlalu besar untuk kapal tersebut?

sebagai info, ukuran kapal saya 16x3mtr dgn mesin colt diesel ps120 dan gear box 1:3

thanx...

Johan
11-06-2008, 14:41
Chris,
Mesinnya ada buku manualnya ga? Berapa rpm maximum utk mesin itu?
Kalau melebihi batas maximumnya, artinya propellernya kurang besar diameter/sudut pitch nya. Demikian juga sebaliknya.

chris
11-06-2008, 19:42
wah, ga ada buku manualnya bro, soalnya nih kapal saya belinya second..

btw thanx ya teorinya, itu sangat membantu saya...

sudharmoboy
01-07-2008, 16:06
Pak Chris saya tidak tahu cara hitungannya tetapi biasanya nelayan dan pemakai kapal kayu umumnya pakai ukuran 26" diameter Pitch nya 24 dan 4 Daun Shaft nya umumnya mereka pakai 1-3/4" antara 2 - 2.5 meter kebetulan saya jual Propeller jadi saya tau yang biasa mereka pakai!!!!

chris
01-07-2008, 18:30
Pak Chris saya tidak tahu cara hitungannya tetapi biasanya nelayan dan pemakai kapal kayu umumnya pakai ukuran 26" diameter Pitch nya 24 dan 4 Daun Shaft nya umumnya mereka pakai 1-3/4" antara 2 - 2.5 meter kebetulan saya jual Propeller jadi saya tau yang biasa mereka pakai!!!!
Pak Boy, sebenarnya kalo propeller bagusnya 3 daun ato 4 daun sih? efek antara kedua macam propeller ini apa ya? soalnya ada yang bilangin ke saya kalo 4 daun putaran agak berat...

trz untuk 1-3/4", 2-2,5 itu artinya apa sih? diameter as yang dipakai ya?

thanx...

sudharmoboy
02-07-2008, 11:15
Pak Chris soal tiga daun (daun Bambu atau daun Sirih/kuping gajah) dan empat daun itu tergantung dari fungsi Ruang Propeller itu sendiri. setahu saya daun tiga model "panjang" biasanya nelayan jakarta sebut daun Bambu karena kurus panjang kayak model daun bambu fungsinya untuk "narik" misalnya kapal dipergunakan untuk menarik "bagan" atau Jaring ( sejenis pukat Harimau ), kalau daun empat (juga model daun Bambu) dipergunakan untuk "lari" jadi daun 4 lebih ada larinya dibandingkan dengan daun 3 . dan daun empat juga berfungsi sebagai mengurangi ruang Propeller yang dipergunakan. karena kalau kita pakai daun tiga panjang ukuran diameternya 30" pitch nya 20 tapi kalau pakai yang empat daun diameternya cuma 26" beda sampai 4" di ruang Propellernya. tetapi harus ingat kalau pakai daun empat ruang "nafas" nya perlu lebih luas artinya ruang kosong diatas dan dibawah Propeller minimal harus lebih besar dari 2-1/2". dan jarak dari stern tube (koker/stangtif)nya juga harus ada 40 cm. untuk menghindari "air mati" disekitar propeller waktu berputar. karena mesin PS yang dipergunakan sebagai mesin penggerak biasanya Rpm nya udah diturunkan menjadi 2000 - 2500 rpm dengan merubah Fuel Injection Pump (bos pom) nya untuk menaikan Torsi dengan mengganti Balancing pada Governor Injection Pump tersebut. ditambah dengan Gear box yang 3 : 1 jadi rpm pada propellernya cuma sekitar 500 an dengan asumsi Gas yang kita mainkan disekitar 70 - 75%. jadi pada putaran yang rendah inilah kita membutuhkan nafas yang lebih besar untuk menghindari air mati di ruang propeller. Kalau yang 3 daun bulat (daun Sirih / daun kuping gajah) diantara keduanya...... yang dimasukkan dengan 1-3/4" adalah diameter Shaft Propeller (As Baling2 nya). kalau panjang kapal Pak Chris 17 meter mungkin lunasnya 14 meter atau malah 13 meter ya? setahu saya biasanya mesin "duduk" di titik 1/3 bagian dari balakang lunas, ditambah labar mesin , gear box dan rangkaiannya maka kemungkinan panjang As propellernya ada disekitar 2,5 meter panjangnya !! itulah yang saya maksudkan !!!!!!!!ulasan saya ini cuma sekedar pangalaman pribadi saya saja mungkin juga bisa salah jadi jangan dijadikan patokan 100% coba pak Chris juga diskusi dengan yang lainnya......................

chris
02-07-2008, 19:05
Pak Boy,

Jadi kalo menurut Pak Boy untuk body kapal saya ideal besar dan picth propeller 3 daun berapa ya?

Satu lagi Pak, apa Pak Boy bisa bantu saya mendapatkan rpm meter buat mesin ini? soalnya saya sudah capek nyari tapi yang ada harganya mahal banget. n apa semua mesin ini bisa dipasangin rpm meter pak?

thanx a lot...

sudharmoboy
11-07-2008, 11:49
Pak Chris ukuran Propeller tidak tergantung pada ukuran kapal tapi tergantung pada mesin dan gear box nya. jadi kalau Pak Chris pakai mesin PS 135 dan gear box 3 : 1 yaitu pakai yang ukuran 26 x 24 x 1-3/4" itupun kalau Ruang untuk Propellernya cukup untuk ukuran 26" jadi maksudnya ukuran diameter Propellernya 26" pitch nya 24 dan Shaft nya 1-3/4" karena rpm dari mesin Pak Chris cuma sekitar 500 an jadi jangan pakai yang pitch nya terlalu besar cukup 24 aja. kalau soal 3 daun dan 4 daun gak masalah Pak Chris tentuin sendiri aja sesuai dengan fungsi kapalnya seperti penjelasan saya diatas . (kalau pakai 3 daun harus yang Kuping Gajah / Daun sirih ukurannya sama saja dengan 4 daun tapi model daun Bambu). soal meteran rpm coba nanti saya tanyain teman saya yang biasa setting mesin beli dimana????

sudharmoboy
11-07-2008, 11:52
Oh ya pak Chris kan pakai mesin Mitsubhisi Colt Diesel kan ? kenapa ngga pakai yang asli dia aja??? yang seperti terpasang asli di mobil kan lebih simple ! kalau pakai yang lain kan nanti mesti harus di rubah lagi apa ngga repot?

chris
13-07-2008, 03:48
Pak Boy,

Sepertinya ada kekeliruan pada tipe mesin saya, karena yang saya pakai saat ini adalah PS120 bukan yang PS135 seperti Pak Boy utarakan. Nah untuk itu, kira2 kalo mesin saya PS120 ukuran kipas yang baik seberapa besar ya?

Sedangkan untuk meteran rpm saya tidak menggunakan yang aslinya karena saya sampai saat ini juga belum tau dan belum mendapatkan yang bawaan mesin tersebut.

Thanx....

sudharmoboy
14-07-2008, 10:14
Pak Chris PS 120 sama Ps 135 propellernya sama saja. kecuali "DOYOK" yang 90 PS itu beda karena system nya Indirct Injection. jadi torsinya jauh berbeda. kalau PS 120 dan 135 Torsinya paling beda sedikit walaupun PK nya beda 15 PS. dan soal Rpm meter saya tetap sarankan pakai yang asli Mitsubishi aja, selain tidak terlalu mahal juga tidak repot untuk merubahnya. tidak usah pakai seluruh Box Indicatornya cukup ambil meter rpm nya lalu dibuatkan "Rumah" dari fiber atau stainless aja lebih gampang dan murah bila belakangan hari rusak gampang nyari gantinya.

chris
14-07-2008, 22:22
Pak Boy, untuk pitch 24 apa gak kegedean tuh pak? Soalnya setau saya kebanyakan didaerah saya pitchnya hanya 19. Dan kalo boleh tau apa sih efek pitch besar ato kecil? Apa bener katanya kalo pitch besar pada saat menaikkan gas getaran akan sangat kuat? Thanx...

sudharmoboy
15-07-2008, 09:51
Pak Chris menurut pengalaman saya kalau pakai pitch 19 maka diameternya harus pakai yang 30" apa tidak kebesaran "di rumah" propeller nya??? setahu saya makin kecil pitch nya maka "tenaga" makin besar tetapi "lari" nya kurang! kalau pakai pitch kecil harus diimbangi dengan diameter besar agar tidak "kabur" (putaran cepat tetapi larinya tidak ada karena kekecilan propeller). soal getar setahu saya bukan pengaruh dari besar kecilnya pitch tapi pengaruh dari titik "centre" nya Shaft (as) Propeller kalau tidak centre maka akan timbul getaran , makin besar pitch nya makain geteran makin terasa. tapi kalau as kita centre maka tidak ada masalah mau pakai pitch sebesar apapun asalkan rpm mesin mendukung!!!!selama angka pitch nya lebih kecil dari angka diameter (maximal sama) maka untuk putaran rendah masih o.k saja!!!

chris
16-07-2008, 06:41
Pak Boy,

Satu lagi yang saya kurang mengerti yaitu jarak dari stern tube (koker/stangtif) sepanjang 40cm apa ya? Apakah yang dimaksudkan bahwa panjang as yang keluar dari ujung selongsong as diburitan kapal ke lubang as kipas sepanjang 40cm, apa benar demikian?

Thanx....

sudharmoboy
19-07-2008, 12:55
Ya benar Pak Chris 40 cm itu maximal yaitu jarak antara ujung strentube ke pangkal lubang Propeller. karena untuk propeller 26 x 24 tebal "kepala babi" nya kira2 16cm ditambah Moor kipas double sekitar 10 cm maka total as yang keluar dari ujung strentube seluruhnya kira2 65 cm. angka ini berdasarkan pengalaman montir2 di jakarta, kalau terlalu pendek nanti ketemu "air mati" tp kalau terlalu panjang selain bisa nyangkut kemudi juga bisa membal nantinya!!!

chris
19-07-2008, 22:38
Pak Boy,

Terima kasih sekali atas penjelasan Pak Boy sehingga saya sekarang lebih mengerti akan propeller ini.

saya ingin tanyakan lagim tapi jangan marah ya saya banyak tanya, hehehe....:)

Kalo untuk propeller 26x24 kira2 ruang diatas propeller (ruang air mati) minimum berapa cm dari ujung daun propeller ya?

Oh iya, gimana sih caranya kita bisa tau injector pumpnya sudah dimodifikasi untuk menurunkan rpm nya? Dan kalo injectornya masih seperti bawaan apa gak ada masalah dengan ukuran propeller 26x24?

Thanx...

chris
01-08-2008, 05:42
Pak Boy,

Mohon bantu dong untuk masukannya. Setelah saya liat langsung di kapal saya, yaitu kepala koker yang keluar dibelakang tiang boost ada sekitar 10-12cm. Apakah jarak yang 40cm ke kepala babi propeller diukur dari sisi tiang boost paling belakang ato langsung dari ujung kepala koker tersebut? Kan kalo diukur dari sisi tiang boost paling belakang jadinya panjang as yang kelihatan hanya sekitar 28-30cm. Atau maksud anda yang 40cm tersebut adalah panjang as yang kelihatan setelah kepala koker tersebut?

Pak Boy, bagaimana kalo saya pakai propeller ukuran diameter 27" atau 28" model 3 daun kuping gajah. Ukuran pitchnya yang cocok berapa ya?

Thanx...

sudharmoboy
01-08-2008, 09:33
Pak Chris yang saya maksudkan 40 cm itu dihitung mulai dari ujung koker ke pangkal kepala babi Propeller jadi kalau misalnya kita copotin Propeller As yang kelihatan nongol dari ujung Koker sekitar 60 - 65 cm soal jarak tiang bos ke koker itu tdk masalah karena seberapa jauhpun bos koker dengan tinag bos toh tetap diikat dengan baut ya kan? sedangkan kalau As yang keluar dari ukung Bos koker kan udah tidak ada yang "megangin" alias "gantung" jadi ukuran itu yang kita pehatikan dan perhitungkan. Soal ukuran Propeller yang mau dipakai 3 daun kuping gajah boleh saja tetapi ukurannya tetap aja 26" diameter Pitch 24 Kalau pakai ukuran 27 atau 28 menurut saya agak keberatan karena setahu saya Ukuran Propeller yang biasa dijual di pasaran Jakarta kalau diameternya 27 maka pitch nya 25 sedangkan kalau diameternya 28 pitch nya 26 kecuali Pak Chris bisa cari yang ukuran 27 pitchnya 23 dan 28 pitch nya 22. tapi kalaupun ketemu ukuran tersebut maka bentuk propellernya sudah tidak ideal karena pitch yang terlalu kecil maka lengkungannya seakan rata (mirip propeller kipas angin rumah) . jadi menurut saya lebih baik tetap pakai 26 x 24 saja Pak!

Alwi
01-08-2008, 18:43
jadi menurut saya lebih baik tetap pakai 26 x 24 saja Pak!

Ikutan nimbrung Pak. Saya setuju dengan pilihan ini. Saya lihat ada tetangga di P. Panggang Kep. Seribu yang pakai mesin PS 120 dengan body kira-kira seukuran kapalnya Pak Chris. Dia pakai propeller 28x24 daun 4, tapi gear box rationya 1:2. Kapalnya termasuk yang paling cepat dikelasnya, bisa mencapai +/-16 knot.

chris
03-08-2008, 07:28
@ sudharmoboy: terimakasih replaynya pak..

@ alwi: wah.. seandainya kapal saya bisa secepat itu ya..? :D

chris
06-08-2008, 22:22
Chris,
Mesinnya ada buku manualnya ga? Berapa rpm maximum utk mesin itu?
Kalau melebihi batas maximumnya, artinya propellernya kurang besar diameter/sudut pitch nya. Demikian juga sebaliknya.
bos johan,

g pernah denger bahwa max rpm colt diesel ps120 3200rpm. tapi kan katanya kalo mesin itu buat dikapal pasti torsinya diturunkan dengan menyeting kembali injector pumpnya. nah yang g mau tanya apa kalo udah diturunkan rpm mesin masih sama sekitar 3200rpm ato gimana ya?

thanx...

Alwi
07-08-2008, 07:30
bos johan,
torsinya diturunkan dengan menyeting kembali injector pumpnya. nah yang g mau tanya apa kalo udah diturunkan rpm mesin masih sama sekitar 3200rpm ato gimana ya? thanx...

Betul injector pumpnya disetel agar mendapatkan momen yang besar saat mutar propeller. Dengan power mesin yang sama maka konsekwensinya kecepatan putarannya ( Rotasi ) menjadi turun. Dampak lainnya konsumsi bahan bakar perjamnya jadi besar/boros dibandingkan dengan sebelum disetel. Gue enggak tau persis berapa persentase penurunan kecepatan putarannya. Dari temen yang montir kapal dia pernah bilang mesin diesel RD28 yang g pake dikapal, dari semula maks. 3600 rpm setelah disetel menjadi +/- 2700 rpm.
Sorry kembali ketopik awal. Gue mau nambahin aja, bentuk dan ukuran body kapal juga sangat pengaruh terhadap kecepatannya. Kalo draftnya dalam, tentu akan berat. Kalo bentuk lambung gendut rata atau lancip kelunas, propeller kurang dapat air dan kapal cenderung oleng. Yang bagus 2/3 lambung dari bagian belakang bentuknya gendut samping. Propellernya dapat air dan kapal enggak oleng. Bentuk begini untuk ukuran kapal lo punya bisa bikin draftnya cuma 80 cm pada beban maks. Tapi emang nyari tukang buat perahu yang mau lebih banyak bakar papan susah banget. Ngawasinnya harus extra.

sudharmoboy
07-08-2008, 09:27
Pak Chris seperti kata Pak Alwi Fuel Injection Pump nya bukan hanya sekedar distel tapi Governor pada Fuel Pump diganti Balancer yang lebih berat, dengan tujuan untuk mendapatkan Torsi yang lebih besar dari Standardnya (Menaikan Torsi) konsekwensinya Rpm nya jadi turun di sekitar 2500 - 2800 tergantung berapa besar Balancer yang dipakai......Pak Chris seperti kata Pak Alwi lg kalau model kapalnya mendukung ada aja kemungkinan speed kapal yang Bapak bayangkan tercapai jangan pesimis dulu deh Pak . kita dari disini bantuin pakai doa aja........