PDA

View Full Version : Safety boating



babybaracuda
31-12-2004, 13:43
Tulisan ini saya sumbangkan untuk rekan2 pemancing di tanah air yang kebetulan mungkin gak gitu sadar akan bahaya di laut. Yang mendorong saya menulis ini adalah pengalaman rekan Alfonsus mati mesin di saat hujan dan musti mendayung segala di kondisi hujan.

Saya perhatikan kapal2 yang disewa rekan2 (karena saya kemaren pun sempat menikmati kapal bang tata dari kamal), tidak mempunyai safety equipment yang memadai karena mungkin kesadaran akan hal ini masih sangat kurang.

Mungkin baru sedikit kapal2 sewaan di sana yang mempunyai safety equipment yang memadai.

Pada dasarnya, sebuah kapal harus mempunyai:

1. Dayung
2. Panjang tali jangkar yang disesuaikan dengan panjang kapal
3. Jangkar
4. Safety vest tipe PFD-1(banyaknya disesuaikan dengan kapasitas penumpang sebuah kapal)
5. EPIRB (Emergency Position Indicating Radio Beacon, adalah sebuah device yang men transmit kan signal SOS selama 24 jam yang bisa dideteksi oleh satelit dan kapal terbang/helikopter yang sedang kebetulan terbang. Disini kalo sengaja mengaktifkan epirb tanpa ada apa2 bisa didenda ribuan dollar. Dan untuk membeli harus disertai registrasi identitas)
6. Distress flares (mirip kembang api yang mengeluarkan api berwarna. Disini setiap kapal wajib membawa 2 flares warna merah dan 2 warna orange. Merah bisa dilihat dalam radius 10 km dan kuning bisa dilihat dalam radius 4 km)
7. Pemadam api
8. Kompas
9. Lifebuoy
10. Torch/lantern
11. Ember
12. Pompa bailer. (bilge pump)

Tapi kita kan tidak bisa mengharapkan semua ini ada di kapal sewaan kita. Jadi lebih baik apabila kita yang mensuplai alat2 ini pribadi. Tentu saja kan gak bisa semua cuma dari 12 peralatan yang saya tulis diatas, yang paling portable yang bisa dibawa adalah: (urutkan dari yang paling penting)

1. Life vest tipe pfd-1
2. mobile phone
3. kompas
4. lampu senter
5. flare warna merah
6. Personal EPIRB (saya sebutkan terakhir karena blm tentu tersedia di Indonesia, harus dicek, dan harganya yang agak mahal sekitar AUD 250-400 disini.

Bisa ditambah lagi dengan GPS hand held dan 1 botol air mineral segar 1.5 ltr dan 1-2 buah jeruk. Juga sebenarnya bekal makanan. (yang ini sih sebenarnya gak usah dibilang, pasti dah inget semua)

Sebenarnya no 1-4 yang sangat penting dan harus ada dalam setiap tas mancing kita.

Kembali dalam kisah dari Alfonsus, puji Tuhan semua tidak apa2 tapi apabila terpaksa harus terapung2 di laut sampai beberapa saat, dehidrasi di laut lebih ccepat terjadi. Maka air mineral dan buah jeruk sangat membantu. Bahkan meski tidak ada apa2 pun sebaiknya mengkonsumsi buah2 an bervitamin c dan minum air seteguk 2 teguk all the time. Kencing mulu? Biarin buang aja ke pinggir kapal hehehe

Selama diatas kapal, even sebelum naik, PFD harus sudah dipakai. Kenakan PFD ALL THE TIME. Infact, PFD itulah penunjang hidup anda apabila kapal anda karam.

Saya bersedia membahas topik ini lebih dalam karena kebetulan sebelum saya beli kapal saya ikut kursus gratis yang di selenggarakan oleh Marine Safety Victoria untuk boat owners. Jadi kurang lebih saya mengerti dan kebetulan saya masih ada buku panduan nya jadi saya bisa menjelaskan lebih terperinci dan akurat.

Disini semua orang sebelum beli kapal harus punya SIM. Jadi harus tau ini semua.

Juga sebaiknya rekan2 mengerti mengenai navigasi dan tau melihat tanda2 atau signage laut (rambu2 laut).

So anyone yang interested, please, welcome untuk bertanya. Saya senang membantu karena saya sangat concern about safety di laut. Waktu saya pertama kali sewa kapal di Jkrta liburan kemaren, saya kaget sekali dan agak kawatir akan minimnya safety equipment kapal mang tata. Tapi saya percaya aja deh ama mang tata dan serahin aja ama diatas. Kalau tau begitu saya bawa pfd saya dari rumah.

Tambahan: kalo bisa beli pfd yang bisa di inflate dengan ditarik. JAdi apabila ditarik talinya, pelampung bisa terisi angin otomatis dari tabung gas kecil yang tersedia. Jadi gak ganggu mancing gitu. (inflatable life vest)

Kalo di sana tidak ada saya bisa bantu dari sini, saya kasi tau harganya dengan ongkos kirimnya tapi ancer2 sekitar AUD 300-450 memang agak mahal tapi bagus sekali. saya punya satu dan puji Tuhan sampai sekarang blom pernah saya gembungkan. Saya gak merasa rugi beli itu and infact, thats the most precious item I have in my boat storage.

Kalau ada rekan2 yang mau menambahkan silahkan...

Regards
Ivan

yopie
01-01-2005, 12:00
Saya 1.000% setuju dengan Ivan, seharusnya buat pemancing seperti kita ini soal keamanan adalah yang terpenting, safety first. Ingat kita ini kan mancing cuma untuk hobby dan senang-senang, bukan sedang cari makan seperti nelayan. Kalau kita pergi dengan ceroboh, kita sebenarnya kurang bertanggung jawab pada keluarga. Wong mau senang-senang kok ambil risiko. Kalau ada apa-apa, bagaimana dengan anak-anak? Istri?

Persoalannya, di Indonesia tidak ada law enforcement. Saya kira kalau ditelisik dengan seksama pasti ada aturan yang mengharuskan kapal-kapal sewaan publik untuk memenuhi standar minimal regulasi keamanan. Tapi mana ada polisi atau badan pemerintah lain yang ngurusi soal-soal seperti ini. Jadi, sebaiknya memang bawa sendiri.

Contoh, inflatable life vest, yang harganya cuma sekitar 1,5 - 2 juta (di beach road), umumnya tidak kita masukkan dalam list prioritas, tapi kalau blue rose atau stella pasti ada di every body's top list. Ini juga termasuk saya sendiri, :cry: Akhirnya saya cuma beli pelampung biasa di ace hardware. Dan ternyata, setelah tanya kiri-kanan, sebenarnya itu tidak laik untuk dipakai di laut...(itu lo yang warnanya kuning biru dan oranye..sebiji 300 ribu)

Jadi. pelan-pelan kita memang harus mengumpulkan item-item penyelamat itu, seperti halnya kita mengoleksi berhala mancing lainnya. saya sendiri sudah punya:

1. GPS Garmin 76 Map, ini lumayan tangguh dan tahan air, bisa mengapung.
2. Vest saya punya yang seadanya tadi (mungkin harus segera beli yang inflattabel agar terus dipakai selama di atas kapal, atau kalau perlu nyolong dari pesawat :twisted: ).
3. Saya juga sudah punya Satelite phone, merek ericsonn kemarin beli bekas dari orang PSN. Sat phone sudah gak mahal kok, harganya sebanding dengan HP biasa. Paket perdananya cuma 175 ribu sudah termasuk pulsa seratus ribu. Tarifnya nelpon rumah cuma 3500 per menit. kemain pas mancing dengan Dahlan di Kr Anyar sudah saya coba dan sangat berguna, Setidaknya orang rumah tidak was-was.
4. Kompas juga ada, senter sudah ada

Jadi, pertanyaan saya, di mana di jakarta kita bisa beli inflattable life vest dan flare?

Kalau yang canggih bangsa beacon itu, kita lupain dulu kali ya. Kalau toh kita nyalakan, mungkin di Indonesia SAR-nya harus rapat dan koordinasi dulu sebelum nyari kita...dan kita keburu out... :x

kalau marine radio gimana ya? Ada gak yang bisa ditentang-tentang dan dimiliki secara pribadi. Maklum neh,,,saya belum punya kapal. Spesifikasi apa yang paling pas untuk kita bawa-bawa...? Thanks berat atas sharenya soal safety

babybaracuda
01-01-2005, 18:43
Wah pernyataan mas yopie mungkin agak "nyentil" hati nurani kita nih hehehe

Quote: "Contoh, inflatable life vest, yang harganya cuma sekitar 1,5 - 2 juta (di beach road), umumnya tidak kita masukkan dalam list prioritas, tapi kalau blue rose atau stella pasti ada di every body's top list. Ini juga termasuk saya sendiri, Akhirnya saya cuma beli pelampung biasa di ace hardware. Dan ternyata, setelah tanya kiri-kanan, sebenarnya itu tidak laik untuk dipakai di laut...(itu lo yang warnanya kuning biru dan oranye..sebiji 300 ribu) "

Yeah bener, selama ini contohnya saya sendiri, dibilang sangat tidak perduli dengan keamanan. Tapi untungnya saja, setiap kapal yang dijual wajib untuk mempunyai safety equipment yang memadai. Jadi yang sebenarnya PFD-1 sudah tersedia di dalam boat storage saya cuma ya gitu bentuknya yang sangat bulky, tidak nyaman untuk dipakai. Jadi sebenarnya, inflatable life vest saya ini umurnya juga blom ada 2 bulan kok. Kemaren waktu boat show kebetulan ada diskon jadi saya beli.

Mas Yopie, saya bisa bantu anda kalau anda mau. Saya bisa kirimkan dari sini, juga untuk rekan2 yang ada. Saya bisa bantu, paling saya untungin dikit untuk mengcover waktu dan biaya saya keliling. (saya sih fair aja, terbuka gitu)

Untuk EPIRB, mas Yopie, memang alat itu apabila diaktifkan, signalnya akan tertangkap oleh tim SAR disini tapi meskipun tim sar tidak "engeh" apabila ada heli atau pesawat yang liwat atau berada di radius signal, pasti akan tertangkap karena setiap pesawat pasti ada alat untuk menangkap signal SOS, itu sudah regulasi dari sononya, mungkin kalo Mas kiki membaca tulisan ini dia bisa mengkonfirm lebih detil karena mas kiki bekerja di Paradise Air.

Dan memang karena di sana safety equipment dimana2 di nomor duakan, jadi kita sendiri yang harus care atas diri kita.

yopie
03-01-2005, 12:46
kalau mau pesan life vest gimana teknisnya? Mis: berapa harganya, ongkos kirim, dsb. Transfernya yang enak dan cepat lewat mana ya? mana lebih mahal, di Ausie atau beach road? soalnya saya minggu depan mau ke beach road, saya sudah masukkan dalam top priority list dah...

Sportfisherman
03-01-2005, 13:12
:-D

Kenapa hrs ke Beach Rd ? Di Sumber Marine ataupun toko perlengkapan kapal disekitar jl. Tongkol dan yang nama ikan di JKT Utara pun banyak jual Life Vest . Beach Rd. itu utk tourist , coba dulu di JKT dan kalau tidak ada baru beli di SIN . :shock:

Jon . 8)

babybaracuda
04-01-2005, 05:06
Nah tuh mungkin di toko yang om jon sebut ada jual inflatable life vest. Tapi kalo disini, bisa juga langsung ama whitworth marine, beli melalui internet. Ini link nya

http://www.whitworths.com.au/main_subdepartments.asp?cat=144&Cat1Descr=Safety&Cat2=452&Cat2Descr=Lifejackets+%28PFD%27s%29&Cat3=345&Cat3Descr=Inflatable+Lifejackets

Kalo bisa beli merek hutchwilco:

Ini website nya: http://www.hutchwilco.co.nz/home.asp

Saya punya yang converter vest inflatable vest buat mancing sehari2 , juga bisa dipakai buat jaket anti dingin dan angin, memang agak mahal tapi convenient buat fishing.

Tapi catatan, inflatable vest yang ada disini bukan tipe pfd 1 tapi tipe pfd 2 karena kalau di inflate hanya cukup mengangkat kepala anda diatas air. Kalau mau proper life jacket atau pfd 1 beli yang mariner vest, saya ada 5 di boat storage sebagai minimum safety equipment buat penumpang juga.

babybaracuda
04-01-2005, 05:15
kalau mau pesan life vest gimana teknisnya? Mis: berapa harganya, ongkos kirim, dsb. Transfernya yang enak dan cepat lewat mana ya? mana lebih mahal, di Ausie atau beach road? soalnya saya minggu depan mau ke beach road, saya sudah masukkan dalam top priority list dah...

Cuma mau nambahin, pastikan rekan2 membeli life jacket bertipe PFD-1 (personal floating device type 1) Jangan yang PFD-2 dan 3.

According to Victorian recreational boating safety handbook:

Untuk jelasnya PFD-1 adalah : a recognized life jacket. It will provide a high level of buoyancy and keep wearer in safe floating position. They are made in HIGH VISIBILITY colours with retro reflective patches.

PFD2 adalah: buoyancy vest - not life jacket. It will provide less buoyancy than pfd-1 but sufficient to keep your head above water. It is also made in high visibility of colour but do not have reflective patches.

PFD 3 adalah: buoyancy garment - not a life jacket. They have similar buoyancy with pfd 2 but they are manufactured in variety of colour. (NOT HIGH VISIBILITY COLOUR)

High visibility colour maksudnya bukan sembarang warna yang mencolok tapi bahannya lebih kinclong maksudnya. Lalu reflective patch it seperti ada tembelan2 yang berwarna metalik atau bisa memantulkan cahaya seperti warna silver metalik.

Kiki
05-01-2005, 07:42
kalau mau pesan life vest gimana teknisnya? Mis: berapa harganya, ongkos kirim, dsb. Transfernya yang enak dan cepat lewat mana ya? mana lebih mahal, di Ausie atau beach road? soalnya saya minggu depan mau ke beach road, saya sudah masukkan dalam top priority list dah...

Dear Rekans,
Saya menggunakan PFD-1 Merk "Crew Saver", cuma yang tanpa BEACON. Model-nya kompak sekali, tidak mengganggu bila dipakai berbarengan saat kita beraktifitas mancing.
Sepertinya saya pernah liat di Pasaraya Sarinah Blok M ada yang jual. Ancer2 harga 1.5-2 Juta. Mungkin kalo di toko perlengkapan kapal di Priok seperti Pak Jon bilang bisa agak murahan sedikit harganya.

yopie
09-01-2005, 16:03
Thanks P Jon, saya akan coba cari...kaau bisa memang kita punya yang inflatable biar ndak malas makainya. Kalau beli yang sudah menggelembung suka-suka malas makainya...