PDA

View Full Version : Harian Boilies and Particles umpan miracle, part 1



charles
18-06-2008, 01:26
Adonan dari boilie-mix adalah telur,sedikit air dan suatu combinatie dari sekian macam tepung.Salah satu unsur yg penting ialah aroma.Kalau kita mau bikin suatu mix dari tepung2 yg rasanya/tastenya neutral kita harus berikan suatu essence,umpama vanille dan warna.
Kalau kita bikin mix ini basicnya 40% Fishflour(tepung ikan)dan 60% lain2 macam tepung berarti mix ini tak usah di kasih aroma lagi,karena Fishflour ini mempengaruh adonan/boilie.
Contoh2 tepung2 lain ialah,tepung semolina,wheat flour,rice meal/flour,milk flour,corn flour,soya flour,polenta flour dll.

Yang paling penting adalah jangan sampai mix ini,kalau sudah jadi bentuk bola kecil jadi terlalu kering,keadaannya mesti leggit(?),maka kita pakai per 100gr mix kering 1 telur,kalau mix ini masih menurut perasaan anda kering,kita kasih sedikit air atau nambah 1 telur.

Sekarang kita bikin boilie pakai tangan kalau tak ada peralatannya spt di europe.Kalau sudah banyak dibikin,kita rebus boilie ini kurang lebih 4 menit dan keringkan buat 12 jam.
Lebih lama di keringkan (24 jam) lebih keras jadi itu boilie.

Contoh mix 1kg : 40% fish meal/tepung ikan,20% corn flour,20% semolina,20% soya flour, 10 telur.
Mix tepung kering diaduk dulu biar merata,telur di kocok dulu baru mix tepung kering dimasukkan sedikit demi sedikit ditempat telur itu,kemudian kita remas2 bolak balik agar jadi suatu bol yg leggit(?).

pbof
18-06-2008, 01:32
wah terima kasih banyak share ilmunya pak.

yg saya bingung bikin bulat2nya itu.
kalau di jakarta bisa di dapat dimana ?

charles
18-06-2008, 03:37
Nah seterusnya ikutin step by step menurut cerita di part1.Habis di keringkan kita bisa simpan di freezer, pada hari kita mau mancing, 12 jam sebelumnya dikeluarin.
Info tambahan,kalau kita bikin boilies dari mix neutral,aroma(berupa cairan) dan warna kita campurin di telur2an,di kocok semua biar merata baru mix tepung kering di campurkan di telur sedikit demi sedikit biar mixnya merata.

resep boilie manis: 300 gr. semolina,250 gr. tepung soya, 200 gr.makanan burung(CEDE),200 gr.tepung jagung(corn flour),essence manis/aroma dan warna. Soal essence dan warna anda mesti ekspirimen sendiri utk menenu takar2an yg tepat.

Boilie "POP UP" dipakai utk mancing pada dasar yg lumpur dgn "Helicopter Rig"ada beberapa cara utk bikin,salah satu adalah ambil 10 boilies kemudian di keringkan di microwave selama 30-60sec.,jangan sampai boilies ini diwaktu didlm microwave melembung atau hangus(karena bisa pecah).Keluarin boilies buat beberapa menit terus ulangi kejadian ini,keluarin lagi boiliesnya dan biarkan jadi kering utk 2 jam diluar.Coba 1 di gelas atau panci sama air nanti kelihatan boilie itu ngambang.
Lain cara adalah ambil sedikit adonan di tangan terus lipat2 itu adonan di sekeliling bola kecil gabus(foto terachir,atau tempex),kemudian rebus dan keringin itu boilie berisi gabus, ambil gelas atau panci dan anda lihat bahwa boilie itu ngambang.

sigit_susilo
18-06-2008, 11:59
nice posting, mantabs tipsnya bung Charles.... menambah wawasan mancing ikan mas... moga-moga dapat cocok dengan kondisi di indonesia dan dapat mancing ikan mas babon... kalo di galatama boleh ngga ya pakai umpan ini hehehehe....;)

hariku19
18-06-2008, 12:13
Top banget .... Pak charles, ini akan menambah kazanah ilmu meramu umpan ya .... Thanks.
di Kolam pemancingan saya sering kejar dan lempar umpan jika ada buble/gelembung di air yang tentunya ada ikan di dasar, jika menggunakan umpan ini di lemparkan itu umpan beberapa kali enggak bakalan copot dari kail/hook ya karena kekuatan umpan ini campuran dari beberapa tepung, wah tentunya akan menghemat umpan kita.... maksudnya legit itu umpan teksturnya empuk atau rasanya yang legit...???

innoth
18-06-2008, 15:17
What a nice posting Om Charles..!!
Thanx for sharing.. saya akan coba praktekan, tapi tentunya tidak 100% mirip. Minimal mendekati, terutama dari Aromanya..

george80
18-06-2008, 15:23
[
Boilie "POP UP" dipakai utk mancing pada dasar yg lumpur dgn "Helicopter ......

Ada cara lain lagi dengan mempergunakan foam! Cuman bikin lobangnya di boilie agak sulit,karena ada special tool buat ini(-puncher),semacam pipa yang ujungnya agak tajam! Lihat contoh!
Mix juga bisa ngambang kalau dikasih mix dari schrimp meal/flour! Tepung udang. Takaran tergantung mixnya bisa diantara 5% -20%! Kalau kebannyakan boilienya bisa terlalu lemah.
Juga besarnya boilie tergantung apa tidak ada ikan lain yang juga suka makan boilie ini,seperti di Europa banyak ikan bream yang tidak disukai ama carp fisherman,daripada itu ukuran 20-24mm banyak dipergunakan!
Kalau tidak ada saingan, dari 10mm juga bagus,sesuaikan besar mata kail & boilie!!!
Salam,
Victor.

charles
19-06-2008, 02:33
Salam Hariku,

Kata "teksturnya" yg saya cari,terima kasih Hariku.
Nah mix itu kalau sudah di campur aduk semua dan di remas2,teksturnya mesti spt adonan roti tetapi lebih keras sedikit,karena kita mesti bisa bikin boilie dgn cara ambil secuil dari adonan secukupnya utk di pelintir2 dgn 2 tangan jadi boilie sebesar kira2 gundu mainan.Salah satu unsur dari kekuatan boilie ialah jumlah telur yg kita pakai menurut resep,karena telur ini bikin suatu lapisan agar habis boilie dimasak, strukturnya jadi keras. Jadi mudah utk dilempar jauh2,atau di katapul.Salah satu tactic yg bagus kalau gunakan boilies adalah utk bikin 5-10kg, kemudian kalau kita ada rencana mau mancing, 2-3 hari sebelum kita datangin hotspotnya terus setiap hari kita katapulin 200-300 boilies dihotspotnya(ini kalau hotspotnya letak 40-60mtr dari darat), baru hari ke 4 kita mancing distu,ikan mas sudah kenalin boilies kita dan ggak ragu2 makan,termasuk rig kita dgn kail itu.

wass.charles

hariku19
19-06-2008, 08:22
Terima kasih Pak Victor & Pak Charles.

Memang setiap Mancing mania membuat umpan ikan mas tidak lupa mayoritas menggunakan telor sebagai campuran adonan, material itu membuat umpan kita menyatu ... Pak charles setiap kali membuat boilie ini apakah rasanya manis ? jadi carpfish ini menyukai aroma manis dan rasa yang manis juga ya ?
sebab di kolam pemancingan di kenal dengan umpan wangi dan umpan amis..
umpan wangi menggunakan beberapa campuran/adonan yang kalo kita cium beraroma manis sebab ada yang beberapa menggunakan campuran susu, madu atau malah snack rasa manis, tapi sy belum pernah mencicipi dengan lidah umpan wangi ini ....hi..hi.
sedangkan umpan amis pasti pak charles sudah tahu..

wassalam

george80
19-06-2008, 17:50
[quote=hariku19;205132]Terima kasih Pak Victor & Pak Charles.

Memang setiap Mancing mania membuat umpan ikan mas tidak lupa mayoritas menggunakan telor sebagai campuran adonan, material itu membuat umpan kita menyatu ... Pak charles setiap kali membuat boilie ini apakah rasanya manis ? jadi carpfish ini menyukai aroma manis dan rasa yang manis juga ya ?
sebab di kolam pemancingan di kenal dengan umpan wangi dan umpan amis.........,

Bung Hariku!
Memang ikan carp menyukai rasa manis! Tapi pada umumnya suka makan apapun asal jangan baunya keterlaluan! Perasaan mereka lebih kuat daripada manusia,daripada itu kalau anda mempergunakan aroma atau flavours manis,jangan keterlaluan,biasa kalau membikin bahan boilie dari sekitar 2kg, flavour max sekitar 5ml!! Soalnya ada bahan dari natural dan ada dari Synthetic! Kalau terlalu banyak,malah menjadi pahit!
Clear yang natural lebih baik:)
Entar Charles mungkin kasih recept dari ikan,soalnya kita banyak succes sama rasa ikan:D Salah satu flavour yang baik adalah dari durian.
Recept2 banyak sekali,tapi seperti kita sudah katakan,terjemahkan ke bahasa itulah kesulitan,tapi sabar, kita coba cari terjemahan yang baik!OK?
Good luck,
Victor.

innoth
19-06-2008, 21:43
Pak Viktor..

Saya bersama teman-teman di Indo, sering memakai umpan untuk Carp / Ikan Mas ini dengan bahan dasar Jagung,Telur,Keju,Susu,Mentega Roombutter Weisjman,Santan. Semua bahan itu di mix/campur lalu di campurkan dengan aroma ikan. Untuk lengkapnya bisa dilihat dari postingan yang di share oleh teman-teman di fishybait ini.
Untuk aroma ikan, sebagian besar memakai daging ikan aseli seperti ikan Tuna,Tongkol,Belut atau Mujair yang dikukus terlebih dahulu.
Cara pemakaian nya kurang lebih sama yaitu di bulatkan.

Dari dulu saya mancing ikan mas, tapi blm pernah merasakan rasa nya manis atau tidak.. Kalau dari komposisi yang saya jelaskan diatas, memang mengandung rasa manis dan juga lemak + protein.
Tapi untuk memastikannya, bagaimana ya? masa kita harus merasakan langsung ?? :D:D

Salah satu yang membuat saya selalu tertarik untuk memancing ikan mas adalah bagaimana kita mengembangkan kretivitas dalam mengolah umpan..

charles
20-06-2008, 03:07
Disini ada 2 resep utk bikin boilies MANIS dan 1 resep AMIS,maafkan saya bahwa ggak di translate,tetapi saya kira tepung2 ini pasti ada disana juga,dan berusaha utk ekspirimen sendiri dgn macam2 tepung,aroma berupa gula jawa,kecap,terasi,vetsin dll,asal jangan banyak2 nanti aroma overkill itu boilie.

1) 100gr Maïsmeel.
- 75gr Gemalen vogelvoer.(makanan burung di giling)
- 125gr Griesmeel.
- 100gr Sojameel
- 75gr Rijstmeel
- 25gr Minamino.
- 5 Eieren.
- Flavour: Strawberry
Sedkit sweetner.

2) 200 gr maismeel
200 gr maisbloem
300 gr soya vet
100 gr tarwemeel
8-10 telur,dan sedikit kecap
200 gr griesmeel

30% Griesmeel
30% Maismeel
20% Sojameel
20% Vismeel(tepung ikan/pellets di bikin halus)
8-10 Eieren(telur)
(Zonnebloem) olie(1 sendok makan)



"PARTICLES",

Selain dari boilies juga ada umpan lain yg sering dipakai di Europe dan pun effektif sekali kalau di di combinasikan dgn boilies, ya itu "Particles".
Particles ini bisa kacang,kacang kedelai,jagung manis,white bean,red bean,tigernuts,kikkererwten, makanan burung dara(dedeg).

Kalau Particles dipakai bersama boilies ini,fungsi dari Particles itu attractor buat ikan,dan disitu letak boilie kita dgn kailnya.
Particles ini direbus tetapi jaga jangan sampai terlalu lembek/matang
strukturnya mesti tetap keras dan kasih sweetner.

Pakai katapul utk jarak tak lebih 20-30mtr.Buat Particles yg kecil sekali kita pakai PVA WEB,ini suatu jaringan yg dibuat dari bahan yg lenyap kalau masuk di air,Particles habis di godok di keringkan dulu baru di masukkan di PVA WEB, ini suatu system utk memudahkan kita terjangkaunya tempat hotspot.PVA WEB pun bisa dipakai utk Boilies,Boilies dibelah dua beberapa butir terus masukkan di PVA WEB.
Dibawah sini kita lihat ikan carp/mas di suatu hotspot penuh dgn Particles.

charles
20-06-2008, 04:38
Selain PVA WEB, ada pula PVA melt down Cord, ini berupa suatu benang dibuat dari bahan yg sama dgn PVA WEB.
Biasa ini dipakai buat Boilies(foto) dimana di ujung kail yg sudah ada umpan di hair,kita bikin string sama 5-6 boilies,kemudian string itu diikat di ujung kail ini.Dan kalau kita ada modal bisa kapal pakai remote kontrol.
Nah soal kail,kita pakai ukuran mulai dari nr.4-8,kecil asal tajam sekali.
Terachir kalau kita mancing system "RIG "ini, JANGAN sekali lupa buka drag kita atau kalau reelnya pakai system BAITRUNNER, BAITRUNNER ini di gunakan!!!!!

Selamat mancing dan berani bereksperimen!

Wass.charles

rdipanegara
20-06-2008, 07:18
Letak perbedaan antara umpan Indonesia dan European/USA ya dalam segi budget dan prasarananya. Umpan Indonesia dibuat dengan mengkondisikan situasi yang umum terdapat dalam masyarakat kita yaitu kesederhanaan dan pendayagunaan peralatan yang sedianya digunakan untuk keperluan lain ... mungkin lebih ekonomis atau mungkin juga refleksi dari kurang kreatif.
Seperti yang umum terdapat di negara2 maju, presentasi dan hygiene merupakan suatu unsur yang sangat penting dimana faktor2 ini kalau di Indonesia kurang mendapat perhatian. Untuk mendapatkan presentasi yang demikian bagus, maka diciptakanlah alat dan dapat juga berfungsi untuk mengurani kotoran baik dalam proses pembuatan maupun penggunaan.
Terima kasih Pak Charles sudah share kita tentang teknik pembuatan boilies dan particles. Saya pernah menggunakannya pada kolam di Indonesia dan terbukti cukup efektif walaupun masih tetap lebih galak penggunaan umpan menggunakan belut dan sejenis. Penggunaan boilies saya lihat akan lebih efektif untuk memancing di alam terbuka dimana ruang perairan yang luas dan boilies dapat di ketapel ke spot tertentu sampai ber-kg banyaknya untuk mengumpulkan ikan di spot tersebut. Penantian dapat berlangsung 1-2 hari sebelum ikan akhirnya berkumpul. Saya ingin mencoba di danau disekitar Jakarta tapi sampai saat ini masih belum menemukan waktu yang tepat. Bila ada, nanti saya akan posting hasilnya menggunakan resep dari Pak Charles.
Keep on posting pak ....

george80
20-06-2008, 09:27
[quote=rdipanegara;205760]Letak perbedaan antara umpan Indonesia dan European/USA ya dalam segi budget dan prasarananya. Umpan Indonesia .
......,
Bung Reza yang terhormat!
Memang anda mempergunakan the right words! Thanks,pergunaan boilies adalah system antara lain supaya kita tidak menangkap ikan yang tidak kita targetkan seperti breams yang banyak di Europa,selain itu adalah cara yang effective untuk menangkap nenek moyang ikan emas yang besar!Apalagi kalau mempergunakan anti eject system! System ini juga dengan succes dipergunakan untuk targetkan big catfish.Tentu juga di Barat kita mempergunakan bahan2 yang lebih murah seperti particles untuk mengumpulkan ikan itu di spot tersebut(-like biji hemp),dari beginning bolt rig ini menjadi populair,banyak carp fisherman mengatakan harus mempergunakan bahan2 murni seperti macam2 milk powder,albumen,pro-
tein dll.karena itu lebih disukai:confused: Tentu itu tidak benar,tapi manfaatnya memang luar biasa.
Contohnya di Amsterdam ada satu danau yang memang terkenal populatie ikan emasnya,walaupun dimusim dingin orang pada datang dari jauh(England) untuk memancing! Di pertahunan '80 saya hampir setiap hari mancing kecuali musim dingin(-lebih suka actief like spinning),ikannya banyak kita tangkap sampai dekat 15kg,itulah maxnya,kadang kedengaran ada 1 atau 2 yang agak lebih beratan.
Sekarang 15kg itu udah biasa,malah lebih dari 20kg ikan2 ini naik beratnya.
Melihat sisiknya ikan2 ini juga sekitar 10 a' 15 thn.Alasan pertama selain C&R adalah makanan protein yang banyak dilemparkan di spot2 danau ini.
Tentu anda pernah ke shop mancing di Europa,kan gila alat2 yang dipergunakan buat carp fishing ini? It's big business!!!
Ngomong2 kami harapkan cerita penghasilan dari bung Reza dan tentu rekan2 yang lain!:D Thanks buat input anda.
Regards,
Victor.

bam_gdar
20-06-2008, 10:16
Pak Victor...ikutan urung rembuk nich..!!!

Membaca penjelasan pak Victor diatas..ak salut sekali and ancungkan jempol buat Pak Victor dlm memberikan info penggunaan bahan2 tuk pakan ikan mas / Carp and beserta pic-nya....

Setahu ak nich yg masih pemancing ndeso....seperti kutipan pak victor :
Contohnya di Amsterdam ada satu danau yang memang terkenal populatie ikan emasnya,walaupun dimusim dingin orang pada datang dari jauh(England) untuk memancing! Di pertahunan '80 saya hampir setiap hari mancing kecuali musim dingin(-lebih suka actief like spinning),ikannya banyak kita tangkap sampai dekat 15kg,itulah maxnya,kadang kedengaran ada 1 atau 2 yang agak lebih beratan.
Sekarang 15kg itu udah biasa,malah lebih dari 20kg ikan2 ini naik beratnya.
Melihat sisiknya ikan2 ini juga sekitar 10 a' 15 thn.Alasan pertama selain C&R adalah makanan protein yang banyak dilemparkan di spot2 danau ini.

Kalau dilihat dari lokasi and alamnya...ikan mas / carp yg hidup disana sudah berada or sudah menghuni mungkin lebih dari 5 tahun or bahkan mungkin lebih lama...!! ikan mas / carp sudah menjadi bagian dr isi danau tersebut...jadi makanan or umpan yg kita buat dng menggunakan bahan dasar yg pak victor sebutkan diatas mungkin sudah menjadi favorit ikan mas disana...!!

Kalau kita kembali ke Indonesia...ikan mas/carp kebanyakan merupakan ikan pemijahan dr orang yg membudidayakan ikan tersebut...baik di kolam pemijahan or tambak apung sungai spt contoh di cirata. Kebanyakan pengembagan ikan mas/carp dalam segi pemberian pakan hanya menggunakan pelet belaka.

Yang menjadi pertanayaan ak disini...pemakaian bahan dasar beraneka ragan yg diterangkan oleh pak victor diatas...apakah cukup efektif and bisa di pakai oleh pemancing Indonesia???sedangkan pemancing Indonesia banyak menggunakan bahan dasar umbi2an and hanya menggunakan sedikit pencampuran bahan2 cair yang lain (seperti kawan2 kita ulas diatas). Kalau ak salah mohon dimaafkan pak victor...ini cuma sedikit pencerahan saja...terima kasih!!!

rdipanegara
20-06-2008, 15:50
Pak Bambang, saya pernah menggunakan resep boilies pada ikan di kolam di Indonesia ini dan hasilnya memang OK kok (salah satunya jagung dengan fanta merah/sirup strawberry). Bahan dasar sih sebenarnya hampir sama ya ... kalau di USA mereka lebih condong menggunakan bahan dasar yang terbuat dari jagung (corn kernel, corn meal, etc) dan beberapa resep menggunakan bahan dasar tepung lainnya (seperti oat meal, dsb). Nah tepung kan sumber karbohidrat dan bahan2 makanan yang manis juga sumber karbohidrat selain daging2an ... sepertinya makanan mengandung karbohidrat tinggi memang disukai oleh ikan mas (dan saya yakin juga oleh ikan lainnya). Satu unsur lagi yang disukai adalah protein dan sumber makanan yang banyak terdapat unsur ini adalah daging, kacang2an, dan serangga.
Semua itu hasil analisa dari para pemancing di luar sana yang menghubungkan diet ikan mas dengan ilmu pengetahuan ... ya, harus kita akui bahwa di negeri seberang orang2 disana sudah jauh lebih maju dalam berpikir sementara banyak darikita disini masih memikirkan perut saja he.he.he.
Pak Charles dan Pak Victor mohon dikoreksi bila salah.

roel
20-06-2008, 15:51
info yg bagus...
terima kasih buat pak charles dan pak victor...
sharing terus ya pak cara memancing dan umpan" di sana :D

apa di sana juga ada telur semut pak (di sini namanya kroto ).
bahan ini hampir pasti di pakai di sini kalo mau mancing ikan carp/ mas ini,
bahkan kalo tidak ada bisa tidak jadi mancing ....
hehehehehe... penasaran nih..

george80
20-06-2008, 15:53
[quote=bam_gdar;205832]Pak Victor...ikutan urung rembuk nich..!!!

Membaca penjelasan pak Victor diatas..ak salut sekali and ancungkan jempol buat Pak Victor dlm memberikan info penggunaan bahan2 tuk pakan ikan mas / Carp and beserta pic-nya....
Bung Bam Gdar!
Salam kenal,jempol itu kita kasih ama Pak Charles,kan dia yang masukan bahan2 dan particles yang puluhan macam itu.:D
Saya cuman teman akrab waktu dulu gila mancing ikan emas ini.Sekarang kagak mancing ikan emas ini,sekali2 dengan mempergunakan pelampung.
Soalnya di Belanda udah padat sekali anggota pemancing ikan emas ini!
Seumpamanya kita dapat tempat yang kita kira tenang,relax,sekitar danau atau sungai,pond,dan kita udah pasang peralatan segala. Beberapa kali ada orang muda datang dan pada bilang:" tempat itu,tempat saya!:confused:
karena saya udah ketapel dan lemparkan bahan2 makanan buat ikan emas"
Saya jadi geger/panas kalau begitu, karena kalau orang meclaim tempat,dia harus mancing dan tidur di tempat tersebut!!
Begitulah populairnya cara mancing ini:smt120
Untunglah saya suka cara2 lain seperti spinning,flyfishing dll.


Yang menjadi pertanayaan ak disini...pemakaian bahan dasar beraneka ragan yg diterangkan oleh pak victor diatas...apakah cukup efektif and bisa di pakai oleh pemancing Indonesia???

Menjawab pertanyaan ini,saya berani bilang YESSS! Juga Pak Charles saya tahu mengatakan ini,karena pengalaman puluhan thn dari kita! Kita bisa mempergunakan bahan makanan apapun buat ikan emas,karena ikan ini memakan apapun yang bisa dimakan! Dari cacing,belut kecil,serangga,ubi dll. Memang ada jenis yang liar dan agak kecil,di Belanda dibilang boerenkarper atau ikan emas petani. ikan ini lebih menyukai cacing,belut etc. Yang saya maksudkan anda bisa mempergunakan apapun apalagi disuap beberapa hari!! Yang penting adalah rig systemnya!!
Dulu sebelum hair/bolt rig ini,kita banyak mancing dengan pelampung dan jagung manis! Sampai kita borong jagung2 dari kaleng,orang bule' pada melotot melihat kenapa anak Indo ini membeli jagung sebanyak begitu???
Tapi kita gasak ikan emas ini dengan puluhan tangkapan setiap kali.
Dan ada saatnya mereka(-ikan emas),curiga dengan mais,jagung ini,malahan ngibrit lari,bisa kelihatan seperti torpedo menembus air!
Itulah saatnya kita berobah lagi dan mempergunakan bahan particles lain!
Jadi tidak harus anda membikin boilies tapi seperti Pak Charles bilang, berexperimen!!!
Semoga agak jelasan,
Salam,
Victor.

george80
20-06-2008, 16:09
...........................,
Semua itu hasil analisa dari para pemancing di luar sana yang menghubungkan diet ikan mas dengan ilmu pengetahuan ... ya, harus kita akui bahwa di negeri seberang orang2 disana sudah jauh lebih maju dalam berpikir sementara banyak darikita disini masih memikirkan perut saja he.he.he.
Pak Charles dan Pak Victor mohon dikoreksi bila salah.[/quote]

Bung Reza!
Memang betul yang anda katakan,banyak teman saya adalah biologist,dari mereka saya tahu cara analisa mereka mengenai ikan emas ini!!!
Thanks again buat input anda, :Dmaafkan kita orang karena kurang faham dengan bahasa Indonesia!!
Salam,
Victor.

charles
20-06-2008, 16:39
Salam Bambang,

Membaca cerita dari George80 mengenai suatu danau di Amsterdam dan ikan carp/masnya,memang ikan itu sudah penghuni lama di danau tsb.tetapi kita jangan lupa bahwa ikan carp/mas itu makan segala2 mulai dari umpan lunak sampai kerang2 kecil.

Jadi ggak masalah umpan apa yg digunakan,manis atau amis, dia toh makan,yg saya coba memberikan disini adalah suatu system berupa umpan: "boilies and particles", system "selfhooking tackle",berupa Rig and Hair.


" jadi makanan or umpan yg kita buat dng menggunakan bahan dasar yg pak victor sebutkan diatas mungkin sudah menjadi favorit ikan mas disana"...!! Ini pun ggak otomatis,menuruti suatu strategi yg kita laksankan yaitu tabur dan menyebar beberapa hari umpan/boilies/particles itu di hotspot yg kita sudah survey sebelum, ikan carp/mas pasti akan mulai makan itu.


Kalau bahannya ada utk bikin mix buat boilies atau anda pakai umpan particles dan anda ikutin strategi spt.diatas saya yakin :Dsukses!


wass.charles

charles
20-06-2008, 17:20
Salam Bung Reza,

Memang kadang2 susah utk memberi gambaran ini,kami pernah mengalami situasi yg sama dulu,waktu system2 baru melanda dari Inggris.
Saya dan George80 ikut mikir bagaimana cara supaya lebih jelas buat rekan2 mancing.Kami barangkali akan kumpulin material film berupa dvd utk di kirim ke sana dan mudah2 an bisa di putarin pada waktu ada FF-Gathering.
Btw thanx for the support and penjelasan soal sumber(koolhydrat/proteine) makanan,kami tadi tak mau lebih mendalamkan soal itu,pembaca tambah bingung lagi.

wass.charles

sigit_susilo
20-06-2008, 19:56
Nice discutions you all guys... ini bisa membuat kita lebih dapat pencerahan-pencerahan untuk menanggkap ikan-ikan mas/carp yang besar-besar....

Untuk Charles... kami akan mengadakan FF gathering tgl 6 juli 2008 di Jakarta tepatnya di Ragunan Zoo, ada kolam besar untuk mancing mas... Sekaligus turnament seri ke 3 (Final) GrandPrix FishyPond 2008....:D

innoth
20-06-2008, 21:21
@Roel
saya ga yakin kalo "Kroto" / Telur Semut dipakai di luar negeri.. nyarinya repot boo.. :D

Saya pribadi tidak terlalu fanatik pakai Kroto pada umpan kalau mancing ikan mas.. saya hanya memakai untuk chumming, umpannya memakai sedikit kroto atau malah ga pake (kalau kehabisan :p)

rdipanegara
20-06-2008, 22:27
@Pak Charles & Pak Victor: saya yakin banyak rekan2 disini (termasuk saya) haus akan informasi terutama tentang variasi umpan dan teknik memancing. Seperti biasa Eropa & US menjadi trendsetter dan the rest of the world menjadi trendfollower ... bagi saya itu tidak menjadi masalah, yang menjadi masalah adalah mendapatkan informasi itu secepatnya dan sedetil-detilnya. Nah disinilah peran Pak Charles & Pak Victor sangat dibutuhkan yang berfungsi sebagai mata dan telinga kami yang ada di nusantara ini. Jangan bosan dan ragu Pak menerangkan ke kami sedetil-detilnya ... kalau ada yang tidak kami mengerti pasti akan kami langsung tanyakan.
Saya setuju sekali bila Pak Victor & Pak Charles bisa share VDC/DVD mengenai teknik memancing di Eropa, saya yakin banyak yang ingin mengetahuinya (pastinya saya adalah salah satunya).
Kalau saya boleh usul, selain membahas umpan, berbagai macam rigging style juga dibahas mulai dari pembuatannya sampai successful rate-nya dan gadget2 lain seputaran carp fishing .... It's a big business and we have plenty of carp fishermen here so you're looking at a huge potential for the development of carp fishing business in Indonesia.
Saya tunggu post2 selanjutnya dari Pak Charles & Pak Victor (juga posting mengenai fly fishing ... I'm about to dive in).

charles
21-06-2008, 00:03
@Roel
saya ga yakin kalo "Kroto" / Telur Semut dipakai di luar negeri.. nyarinya repot boo.. :D

Saya pribadi tidak terlalu fanatik pakai Kroto pada umpan kalau mancing ikan mas.. saya hanya memakai untuk chumming, umpannya memakai sedikit kroto atau malah ga pake (kalau kehabisan :p)


Salam Andrie,

Mau tanya "kroto" itu apa sih,minta diterangkan.

wass.charles

charles
21-06-2008, 00:20
Nice discutions you all guys... ini bisa membuat kita lebih dapat pencerahan-pencerahan untuk menanggkap ikan-ikan mas/carp yang besar-besar....

Untuk Charles... kami akan mengadakan FF gathering tgl 6 juli 2008 di Jakarta tepatnya di Ragunan Zoo, ada kolam besar untuk mancing mas... Sekaligus turnament seri ke 3 (Final) GrandPrix FishyPond 2008....:D

Salam Sigit,

Wah sayang :smt022tak bisa hadir deh, pingin banget bertemu dgn FF member2 lain, biar saya bisa berguru sama mereka.
Semoga Gathering tgl 6 juli 2008 ini sukses sekali dan George80 dan saya doakan utk para pengurus agar semua berjalan:cool: lancar.

wass. charles

charles
21-06-2008, 00:47
Dear Reza,

Pak George80 dan saya selain pencinta:smt055 mancing juga pencinta:smt055 alam,kami merasa senang banget utk menshare segala hal yg ada di europe ini dibidang mancing. Kami akan brainstorm utk menghendel sebaik2nya info2 biar mudah dpt dimengerti utk rekan2 di indonesia soal "carp fishing" ini.


wass. charles.

innoth
21-06-2008, 18:22
Salam Andrie,
Mau tanya "kroto" itu apa sih,minta diterangkan.
wass.charles
Salam Pak Charles..
Saya coba menerangkan tentang Kroto ini...
Seperti yang Bpk Rully terangkan, Kalau Kroto itu bahasa lokal untuk Telur / Larva Semut. Ukuran nya rata2 kecil, kira-kira panjangnya 2-3mm. Kecuali telur/larva semut Ratu, bisa sekitar panjangnya 5mm
Di Indonesia, Semut Api (berwarna merah) banyak membuat sarang di pohon. Banyak orang di Indonesia, mengambil Kroto ini untuk keperluan tertentu, terutama memancing.. :D
Rata-rata pemancing Ikan Mas / Carp di Indo sini selalu memakai "Kroto" dalam Ramuan umpan nya. Beberapa teman mengatakan kalau Kroto ini mengandung wangi yg khas (Amis) yang sangat disukai ikan Mas / Carp.
Tetapi, walau disukai Ikan Mas, ada beberapa pendapat yang mengatakan, kalau Kroto ini juga tidak baik untuk kesehatan ikan (Ada efek buruknya.)
Beberapa Pengelola Kolam Pancing Ikan Mas / Carp ada yang tidak mengijinkan pemakaian Kroto dalam umpan. Karena sering menemukan Ikan Mas / Carp mati karena pemakaian Kroto dalam jumlah yang banyak (over)
Saya setuju dengan pendapat ini, jadi menurut pendapat saya apabila kita mau C & R, lebih baik untuk tidak memakainya...
Lagipula saya tidak yakin di Eropa sana ada yang menjualnya yah..?? Tidak mungkin juga kan kalau Pak Charles mengambil sendiri dari Pohon ?? he.he.he.:D:D
Saya dulu pernah mengambil langsung dari sarang Semut yang ada di Pohon..wah.. tangan saya langsung digerayangi...:( Pokoknya repot & gatal banget deh..

Saya coba upload contoh Foto-foto nya, Keterangannya :

1. Kroto / Larva Semut (dalam pembesaran)
2. Kumpulan Kroto (dalam jumlah banyak)
3. Kumpulan Kroto dalam sarangnya (Sarang telah dibuka)

Untuk lebih komplitnya, saya juga mendapatkan informasi di web ini : Kerengga / Rang Rang / Oecophylla / Weaver ant semut (http://www.blueboard.com/kerengga/perdagangan/cesard.htm)
Dalam web diatas diterangkan juga bagaimana cara mengambil kroto.

Selain untuk memancing, "Kroto" ini juga dipakai untuk makanan Burung pelihara-an.
Oleh karena 2 hal diatas, di Indonesia banyak yang memanfaatkan Kroto ini.

Semoga Keterangan saya ini membantu :D

Salam..

george80
22-06-2008, 09:30
[quote=innoth;206408]Salam Pak Charles..
Saya coba menerangkan tentang Kroto ini...
Seperti yang Bpk Rully terangkan, Kalau Kroto itu bahasa lokal untuk Telur / Larva Semut. Ukuran nya rata2 kecil, kira-kira panjangnya 2-3mm. Kecuali telur/larva semut Ratu, bisa sekitar panjangnya 5mm
...............................................,
Bung Andrie!
Terima kasih buat menerangkan nama Kroto!! Memang di Europa kagak ada semut2 banyak seperti Rang Rang,wuiih! Sakit gatal nih, mencarinya!
Buat umpan di Europa banyak mempergunakan larva dari lalar(-maggots),saya tidak tahu namanya di bahasa Indonesia, ada peternakan special yang menghasilkan ini,biasa diambil dari jantung sapi dan lalar besar!
Bahan ini kadang2 dibikin merah juga dan sering dipergunakan buat perlombaan mancing ikan kecil! Ikan emas juga suka ama maggots ini,selain
kuat,juga tahan lama kalau disimpan di kulkas/cooler!
Salam,
Victor.

pbof
22-06-2008, 23:28
maggots = belatung .
cuma kalo saya liat di sana belatungnya gede.. bangkok booooow

paissar
01-07-2008, 21:36
:rolleyes: Pak Victor dan George, ini beda yang jelas antara carp fishing di Europe dan Indonesia. Di Europe, lebih disukai memancing ikan mas di danau dan ikan akan dilepas lagi. Di Indonesia lebih disukai memancing di kolam buatan sebagai suatu lomba, maka kami tidak ada waktu untuk menebar boillies atau particles untuk beberapa hari, di Indonesia lebih disuka membuat groundbait yang segera ditemukan oleh ikan mas. Saya pernah meniru European's atau American's bait, dapat hanya sedikit, tidak bisa jadi champion dengan umpan itu. Mungkin perbedaan flavour atau takaran....

rdipanegara
02-07-2008, 08:16
P'Paissar: ikan mas kan sebenarnya termasuk introduced fish di Indonesia sama halnya dengan beberapa jenis ikan patin. Jadi tidak ditemui di danau ataupun sungai di Indonesia kecuali di release ke sana oleh para peternak. Bila dibandingkan antara media lokasi pancing Indonesia dan di luar negeri sana jelas berbeda ... di luar negeri ikan mas terdapat di alam liar dan membutuhkan trick serta teknik tertentu untuk memanggil ikan menuju spot yang telah dipersiapkan sementara memancing ikan di kolam yang luasnya notabene jauh lebih kecil daripada ukuran danau tidak perlu menggunakan boiles yang ditebar berhari2 lagipula dengan banyaknya pemancing dalam satu kolam telah membuat 'efe' penyebaran boilies. Dari ujung kiri sampai kanan kolam sudah tersedia umpan bagi ikan tinggal tergantung umpan mana yang terbaik yang pada akhirnya akan diserbu oleh para ikan.
Konsep efek boiles juga diterapkan secara prinsip pada pemancingan sistem galatama dimana setiap kali kita cast umpan, selalu dibarengi dengan 'bom' yang tidak lain adalah umpan serupa boilies. Bom digunakan untuk mengumpulkan ikan ke spot dan umpan bom tidak digunakan sebagai umpan utama/andalan ... sama halnya dengan boilies/particles.
Jadi luas areal pancing mempengaruhi waktu untuk ikan berkumpul dan jumlah boilies atau bom yang digunakan juga tergantung pada luas areal pancing. Setelah ikan berkumpul maka digunakan umpan andalan kita yang dapat juga berupa boilies (dengan penambahan beberapa unsur andalan) ... Jadi prinsipnya tetap sama.

Pak Charles mungkin dapat ditambah atau dikoreksi.

charles
13-07-2008, 16:57
Dear P'Paissar,

Dengan penjelasan :Ddari Bung Reza saya kira cukup jelas sekali,effeknya itu utk menarik ikan Carp/Mas ke hotspot itu,di luar negeri ikanCarp/Mas ada banyak konkurensi/saingan dari ikan2 lain,maka terciptalah umpan "boilies" ini. Kita pun ada empang2 harian yg besarnya 3-4-5-10 HA besar tetapi tergantung :Dkelihaian kita utk mancing lain daripada pemancing2,apakah kita gunakan variasi Rig2 yg ada( Fishy Trick/Rig systems buat Ikan Carp/Mas). Kalau mancing di kolam harian/galatama,kita tak perlu menebar ber-hari2 karena sudah ada makanan tersedia menurut cerita Bung Reza dari ujung ke ujung kolam,dan barangkali para pemancing2 di sana memakai umpan yg bahan2 basic hampir sama,jadi pada ikan itu menampil suatu dressuur/kebiasaan,disini letak kreativitas kita utk memakai suatu umpan yg lain dari pada yg lain,apakah itu "umpan"strukturnya besar/kecil,bulat,atau rasanya manis,asin,amis,coba "Particles", itu semua kita mesti ;)bereksperimen!!!!


wass. charles

Bung Reza thx for your support;)!!