PDA

View Full Version : Plastik Cotton Buds "asuransi Tali Pancing Aus Tergores"



metzad
27-09-2006, 19:42
Running sinker alias timah bolong tentu bukan barang asing bagi para pemancing. Siapa pun dia, baik yang sehari-hari sangat betah mengayun joran di kolam pancingan, atau malah sukanya merenung di tepian kali, hingga yang paling tahan diayun ombak, pasti telah mengenal benda berbentuk bulat telur – ada yang Cuma sekecil telur cicak tapi ada pula yang segede telur ayam negeri – dengan lubang untuk meloloskan tali pancing di sepanjang porosnya.

Mudahnya kenur melewati timah sudah tentu merupakan keuntungan bagi pemancing, karena sensitivitas pancingan tetap terjaga. Sehingga meski tak mampu melihat, pemancing tetap dapat mengetahui setiap sentuhan ikan pada umpan.

Sayangnya, kelebihan yang dimiliki ternyata juga sekaligus merupakan kelemahan bagi timah bolong. Gesekan secara langsung dan berulang-ulang antara kenur dan timah, khususnya yang terjadi selama proses pengajaran, sudah pasti bakal membuat kenur bahkan yang telah dilapis bahan anti gores terbaik akan tetap sangat merana.

Anehnya, upaya solusi untuk mengatasi problema ini kerap jauh api dari arang. Bukannya mencari cara meminimalisir efek gesekan, malah mencari kenur paling alot. Usaha yang akan sia-sia belaka.

Plastik pelindung leader dari gesekan umpan kepala kona alias konahead menjadi sumber inspirasi solusi yang lebih baik dan hasilnya memuaskan. Padahal bahan yang digunakan tergolong sampah, yaitu plastik bekas cotton bud.
Sedotan plastik bekas minuman kotak juga alternatif yang cukup baik, terutama untuk dipasangkan ke timah pemberat yang ukurannya lebih besar.

Jangan lupa, ketika plastik pelindung mulai aus, buang dan ganti lagi dengan yang baru. Percayalah, manakala rencana mancing yang dibuat batal, ini dapat menjadi pelipur lara yang mengasyikkan.


By Choirul Arief
“Copied from Semen Gresik Fishing Club”

Djo
28-09-2006, 09:03
Boleh juga neh !
Thx mas Slamet atas ide kreatifnya. Kenur 10 lb masih bisa lolos dengan bebas ?

Didi Afandy
28-09-2006, 09:27
Satu Lagi Ide Kreatif,siapa lagi ??

thank's

metzad
30-09-2006, 07:46
Satu Lagi Ide Kreatif,siapa lagi ??

thank's


Ahh...bisa aja...aq cuma mentransfer ilmu aja yang di beri rekans pancinger disini ...... :) :) :)

metzad
16-12-2006, 18:46
Dear rekans sekalian, maaf topic ini saya angkat kembali :

Pengalaman beberapa waktu yang lalu, waktu night fishing telah memberi pelajaran berharga, bahwa persiapan mancing harus betul2 dimatangkan lebih dahulu termasuk timbal (Timah pemberat). Saya waktu itu ngga sempat membuat timbal yang diberi selongsong plastik cutton buds, jadi begitu habis beli dari toko, langsung masuk tas.

Kejadiannya waktu strike & betot2an sama ikan, reel TICA spin focus sampe ngedrag berkali2, tapi begitu 1/4 jalan, putus tuh line. Dan "putusnya" line tsb antara kili2 dan stopper knot (Berarti tempat Timbal, yach).....:( :( :(

sigit_y
18-12-2006, 16:29
Bos Metzad,

selain pake plastik cotton bud, bisa juga pake karet pentil yang biasa untuk dop pentil sepeda. lumayan lebih awet dari pada plastik cotton bud. Cuma timbal pemberatnya cari yang lubangnya besar dan memasukkannya agak susah. Selain itu sisa karet pentil bisa untuk jepret teman mancing haa...haa:twisted: :smt063 :smt096

metzad
18-12-2006, 17:22
Bos Metzad,

selain pake plastik cotton bud, bisa juga pake karet pentil yang biasa untuk dop pentil sepeda. lumayan lebih awet dari pada plastik cotton bud. Cuma timbal pemberatnya cari yang lubangnya besar dan memasukkannya agak susah. Selain itu sisa karet pentil bisa untuk jepret teman mancing haa...haa:twisted: :smt063 :smt096

Kenalan dulu ah.... Nama saya panggil Slamet saja.... Metzad itu cuma Nick name aja mas.
Karet pentil........Ok...ok...ini satu lagi Refrensi yang bagus, biar nanti kita sharing dengan rekans di Tuban sini.

Thank's

Klau yang terakhir itu....tidaklah....jangan....nanti sama teman anda dido'ain ngga dapet mancing ikannya.....hahahahaha

NB : mas, di Yogya masih musim belanak .... ???

deliaptech
18-12-2006, 18:46
:smt023
ide bagus, tapi ntar buat nya nggak pake "plastik cutton bud bekas" pake yang baru aja deh..kalo bekas kan jorok bekas ngupil2 telinga :D hehehe..
tapi belum pernah sih ampe putus gara2 timah.....
malah pernah ada kejadian timah di makan knob (alu2 baby) untung waktu itu timah saya pake kenur 80 lb.

nb. kalo ada angler berbodi kayak avatar ente..pasti casting bisa ber mil2 hehehe..