PDA

View Full Version : Teknik Mancing dan Karakter Ikan



ridwanrusmana
03-10-2006, 22:48
Wah, ini betul-betul forumnya para pakar mancing. Beruntung sekali bisa ikut. Sayangnya sejumlah trik adanya dalam thread yang terpisah-pisah. Jadi, untuk pemancing kayak saya agak repot ngikutinnya. Untuk itu, saya pengen tanya dan tentu saja berharap para pakar untuk membuat tulisan yang lebih komprehensif. Barangkali dengan mengulas jawaban dan pertanyaan berikut, yang kemudian dirangkum secara runtut. Bisa saja disebut sebagai tricks and tips.

1. Persiapan sebelum mancing apa saja yang diperlukan(piranti--ril, kenur, drag-- yang sesuai, kondisi laut dsbnya, mohon diulas panjang lebar ya om).
2, Teknik membuat rig, perambut, jenis-jenisnya dsb-nya.
3. Cara masang umpan (hidup, mati, artficial, dsb).
4. Teknik agar setiap disambar selalu hooked up (jenis mata kail, ukuran, dsb).
5. Teknik menghajar ikan (kapan saat paling kritis, kapan kesabaran paling dibutuhkan, pengaturan drag, kelas kenur dan sebagainya) untuk jenis spesies tertentu seperti tenggiri, layaran, jenahak, kuro dsbnya) karena masing-masing spesies mungkin punya karakter sendiri-sendiri .
6. Teknik mengangkat ikan ke perahu?
7. Kapan chumming diperlukan?
8. Pertanyaan-pertanyaan lain yang barangkali kawan-kawan juga punya.

Maaf ya Om bila pertanyaan saya ini terlalu mendasar. Maklum, saya pengen belajar banyak nih dari para pakar. Siapa tahu nanti saya bisa membuat sekolah mancing..ha...ha...ha.

Salam buat semua.

fishy
04-10-2006, 11:33
Waduh pak, Itu jawabannya bisa jadi satu buku tebal 1000 halaman tuh, hehehe. Manalagi teknik-teknik seperti itu setiap orang berbeda-beda, jadi disini tidak ada yang namanya 'kebenaran mutlak'. Disamping itu teknikpun terus berkembang, ada yg dianggap benar/baik saat ini mungkin setahun lagi sudah ditinggalkan karena ada cara yg dianggap 'lebih benar/lebih baik lagi.

Pada dasarnya memang itulah gunanya forum seperti ini, yaitu untuk berbagi.

benaol-chaser
05-10-2006, 22:25
malah bagus kan Pak, biasa dibuat buku sekalian, yang nerbitin formasi kerjasama dengan departemen kelautan ha..ha...ha. Saya iri dengan wong londo yang biisa nerbitin buku kayak gitu. Saya punya The Practical Fishing Encyclopedia, yang disunting Bruce Vaughan. Kayaknya Pak Adrianus dan kawan-kawan di formasi bisa jadi editornya deh.

fishy
06-10-2006, 09:45
Kalau menurut saya yang paling ideal tuh forum kayak gini. Jadi up to date terus. Perkembangan teknik dan peralatan bisa terus diikuti. Kalau buku kan cuma sekali terbit.

Dulu waktu saya getol-getolnya trolling banyak nimba ilmu dari Marlinnut dan Pakula Marlin Bar. Disana kita bisa langsung komunikasi dengan pakar-pakar mancing top dunia macam Bart Miller, Fred Archer, Peter Pakula, dll. Kalau untuk popping mungkin bisa ke Caranx.net, disana banyak pakar-pakar popping. Pak Jon Hambali juga sering nongkrong disana.

Sportfisherman
06-10-2006, 11:37
Kalau untuk popping mungkin bisa ke Caranx.net, disana banyak pakar-pakar popping. Pak Jon Hambali juga sering nongkrong disana.

Guys ,

Sudah tidak lagi tapi Lod masih tuh .

Jon .