PDA

View Full Version : LIght Stick



alphonsus
13-01-2005, 09:41
:? :? om John,om adrianus dan om-om yang laen saya mau tanya nih, sebenernya penggunaan Light Stick atau LS untuk mancing malam hari terutama mancing dasar itu efektif nggak sih, kalau efektif bagaimana cara pemakaiannya atau rangkaiannya dan efek apa yang ditimbulkan pada ikan soalnya masih ada spot yang mancing malemnya tidak pernah dapat ikan tapi kalau pagi selalu ada ikan. Apakah kemungkinan kalau pakai LS akan membantu thangks

Lodewijk
13-01-2005, 15:24
Saya pernah baca article tentang light stick ini, setelah saya bongkar2 pelajaran SD :)...akhirnya ketemu ! Tetapi ternyata ini untuk mancing kelas 'berat'.

Mereka menggunakan cara ini untuk deepwater fishing. Biasanya di Oil-Rig lepas pantai (offshore), dengan kedalaman 1000 s/d 1200 feet !

Persenjataan-nya Penn 50W International yg di-isi 80 s/d 100 Power Pro Braided Line, Crowder 80 lbs deep-drop rod dengan roller guides, swivel tips dan butt yg bisa ditukar2 (bent & straight butt).

Sedang leader menggunakan 300 s/d 500 lbs mono. Leader dibagi 3 bagian, dihubungkan dengan swivel 3-arah. Tiap swivel dikoneksi dengan 12 inch (+/- 30cm) leader (wire) dengan 12/0 atau 14/0 circle hook.
Bagian paling dasar dihubungkan dengan mono 30lbs sepanjang 2 - 3 feet untuk sinker. Sinker dengan mono 30lbs untuk 'safety' kalau nyangkut di dasar, kita tidak kehilangan seluruh rangkaian.

Yang terakhir.....dan yg terpenting, sebuah 'light' di-ikat pada ujung rangkaian, dimana main line-nya juga di-ikat disitu.
Mereka menggunakan K-lights dan Sadu lights. (www.snlcorp.com)

Mereka juga selalu menggunakan electric reel terlebih dahulu untuk menge-'test' di dasar ada ikannya atau tidak (tentu sdh dengan bantuan sounder), karena mengingat untuk menggulung kenur dari dasar s/d keatas butuh waktu 45 menit !

Source: Sport Fishing - The Magazine of SaltWater Fishing, June 2001.

fishy
13-01-2005, 18:41
Pendapat saya, bisa membantu untuk mancing malam. Kalau yang besar (10-20 cm) umum digunakan untuk mancing ikan pedang (broadbill swordfish). Yang kecil kecil bisa membantu untuk mancing dasar, untuk menarik perhatian ikan.

alphonsus
14-01-2005, 08:19
:-D thangks om Lodwick dan om Adrianus he...he...he... akhirnya saya ada kemajuan mempelajari pelajaran SD maklum sekarang saya baru Play Group hi...hi...i... cuman sekarang teknisnya nih
1. Berapa cm jarak ideal antara Light Stick dengan first hook,
2.keliatanya disini jarang ya orang pake LS ya berarti kebanyakan pada mancing malem pake langsungan aja ya sama seperti rangkaian mancing dasar biasa unuk siang hari atau ada yang dibedakan ,mohon tipsnya please :wink: :wink:

fishy
14-01-2005, 10:43
Kalau buat mancing broadbill biasanya 1-2 meter kalau gak salah. Kalau mancing dasar saya gak tahu patokannya, mungkin sama tapi kepikiran juga kalau ada ikan bergigi nyamber lightsticknya gimana? Jadi mungkin dicoba coba saja pak, dan laporkan hasilnya disini.

Lodewijk
18-01-2005, 08:06
Terus terang saya tidak pernah menggunakan LS yg kecil u/ mancing dasar. Kalau u/ trolling malam pernah, tapi juga gak ada hasilnya. Mungkin ikan sini malahan takut, ya ?

Kalau teknik yang mirip2 sering saya lakukan juga untuk mancing dasar. Yaitu dengan mengolesi bahan 'scented' yang 'glow in the dark' pada umpan ikan tongkol irisan. Bisa di dapat di toko2 pancing. Kalau irisan cumi gak usah diolesi juga sudah nyala sendiri.... Yang saya pernah beli warnanya kuning fluoresence dan ber-aroma udang. It's work !
Cuma saya juga gak yakin ikan-nya makan gara2 itu atau bukan ???

Lodewijk
23-01-2005, 21:39
Coba check site ini, siapa tahu bisa berguna....

http://www.plat.co.jp/english/kemihotaru/fish.htm

rgds,
Lod.