PDA

View Full Version : Info: Mancing pakai sandal jepit



adename
06-08-2008, 15:39
Hallo rekan mania, .................. saya ada pengalaman uniek and antiek.

Minggu lalu saya ke yogya, iseng2 ngajak teman di yogya mancing galatama.
Aku bilang kalau engga bawa alat dan tidak tahu tempatnya.
Teman saya bilang beres nanti tak siapkan alatnya................Pada waktu yang disepakati dia muncul dan membawa joran bambu yang disambung carbon tanpa reel,benang ukuran 0,16 dan pancing kecil (lupa ukurannya). Saya bilang mana alatnya,dia bilang ya ini.................... Saya tidak banyak ngomong tetapi dalam hati saya bilang temen ini belum tahu Galatama tombro:smt120.
Akhirnya kita bertiga berangkat.............tujuannya kolam pemancingan Galatama tombro P.Kebo di Babarsari. Sampai dipemancingan sekitar jam 15.00 ronde pertama sudah dimulai. disana ada sekitar 7 pemancing. Saya perhatikan semua pakai joran bambu sambung carbon yang panjangnya sekitar 135 - 155cm. Mancingnya pakai pelampung kecil dengan pemberat timah gulung yang tipis sekali. Walaupun sudah mulai kita tetap diijinkan ikut dengan bayar tiket 20 rb. Beli pelet bom (atau tepatnya pelet tabur) 2 bungkus dan pelet umpan 1 plastik kecil. Pelet umpan dalam kantong plastik diberi air sedikit terus ditiup dan ditutup, menurut temen saya supaya peletnya lunak................. Selanjutnya pelet ditusukan kepancing dan dilempar ke spot yang sebelumnya sudah di taburi dengan pelet tabur. Tidak lama pelampung nampak tenggelam dan.................strike. Selanjutnya beberapa kali pasang umpan tapi engga dapat. Nah...... disini mulai uniknya....................temen saya lalu menuju ketempat penimbangan dimana disitu digantung sepasang sandal plastik baru yang sponnya berlapis warna putih dan coklat. teman saya menggunting sponnya dan bagian yang warna coklat seperti warna pelet dibentuk seperti pelet terus di tusukkan kepancing dan dilemparkan kespot yang secara terus menerus ditebari pelet tabur. Tidak lama pelampung tenggelam dan waktu digentak ternyata strike juga. Teman saya bilang semua pemancing memakai trik yang sama yaitu umpan ............ sandal jepit............
Waktu saya perhatikan memang tidak ada pemancing yang mengganti umpan karena karet/ spon sandal jepit itu tetap utuh tertusuk dipancing.
......................Kreatif juga ini mania galatama tombro di Yogya.:smt023
Selamat bersandal jepit......murah, efektif dan kreatif...... engga pusing pakai essence apa dan bagaimana takaran campurannya.......

M-BEI
06-08-2008, 16:31
Tops:smt055

javano
06-08-2008, 16:34
Wah, aku baru tahu klo umpannya sandal....:)
Kolam Mas Kebo ini apa yg terletak di seberang irigasi yang airnya jernih dan cukup deras, Mas? Lokasinya agak turun dan sebelum sampai di situ pun kita harus melalui turunannya terjal dan masih tanah campur batu? Kalau betul, dulu aku sering mancing di sana. Mancing lele. Nah, di belakang kolam lele itu ada kolam galatamanya. Saat itu aku takjub liat mereka berlomba dapat besar2an atau banyak2an ikan. Tp sepertinya mereka bertaruh, dan pancingnya gak ada ruit/ri pandannya. Jadi senar harus selalu kenceng jika strike. Bener, mereka mancing sambil nabur umpan tebar (bubuk) utk mengundang ikan datang dan berkumpul. Aku malah gak tau klo umpan tiruannya terbuat dari sandal. Berarti itu termasuk lure, dong? Lure yg besarnya sak idep! :p.
Nah, kalau tempatnya bener, di bagian atasnya (menyeberangi saluran irigasi) ada kolam bawal untuk mancing harian? Itu di bagian atasnya aku dulu mancing sepat, Mas. Lumayan, 2-3 jari. Seneng aja ngakalin sepat. hehe
Salam manceeeeng!

ong_edward
06-08-2008, 16:35
kalau di salatiga ada kolam yang khusus umpannya pake spons. asal nga putus, utuh tuh umpan....

widyatmoko
06-08-2008, 16:43
hehehehe ... baru tau nih ada umpan unik buat GT !!

Si Kumpay
06-08-2008, 16:58
Keren,....ada umpan baru nih,....coba aaaahhhh,....he he he kan yang diatur timah, bukan umpan,...cobaa aaaahhh

mungkin logikanya ikan maennya di setengah air,...bukan di dasar,...jadi umpan nya ngambang,...baru dimakan

sigit_susilo
06-08-2008, 17:35
Unik bro...., pake lure sandal... ini bisa di sebut casting ngga ya...?
Galatama Casting.... mmmmm boleh juga tuh:rolleyes:

TheTonkTech
07-08-2008, 08:45
wah wah kemaren sudah heran ada yang pake lure tutup botol sekarang sandal jepit heheheehe hebat banget, gak nyangka banget ide umpan nya cah jogja iki..... salam strike !

adename
07-08-2008, 10:08
@javano,
Betul sekali bro, itu pemancingan p.Kebo. Sekarang ada kemajuan...... jalan yang turun sudah disemen, juga kolamnya disemen, tempatnya adem, lapaknya sekitar 20 an.
Saya juga heran mereka bisa dapat puluhan ekor selama satu sesi. .................... Waktu saya kesana juaranya dapat 50 kg lebih, kalau 1 kg 2 ekor (ikan rame) berarti lebih dari 100 ekor sampai keranjang timbangnya engga muat. Ikan masternya 3,8kg udah juara.
Tehnik mancingnya begitu strike joran harus diangkat tinggi dan ujung joran hampir tegak lurus supaya ikan jangan lepas karena pancing dan ruit-nya kecil sekali.
Didasar kolam ada ujung pipa air sebanyak 3 buah sebagai blowernya,jadi airnya mengalir terus.
Kolam harian juga masih ada
Saya juga diberitahu teman2 kadang2 mereka pakai umpan kapas.
Suasana mancingnya sangat familiar/ kekeluargaan, disamping sudah saling kenal mungkin juga karena jumlah pemancingnya sedikit, jarak antar pemancing dekat baik lapak sebelah maupun lapak seberang, P.Kebonya juga nungguin sambil bercanda......... asyiiiiiiiik.

@Veru
Memang tekniknya bukan teknik glosor, tapi pakai pelampung kecil jadi ikan makan umpan yang melayang didalam air.Pokonya semua harus serba kecil, benang/kenur kecil ,pancing kecil, pelampung kecil, lure sandal jepit juga seukuran butiran pelet cukup satu butir dipakai sepanjang sesi........... hemat kan? Kata mereka yang penting strike............. terus.

@Sigit,
Mungkin setengah casting, karena tidak terus menerus ditarik...............pancing dilempar keair jarak 1-2 m, dibiarkan sebentar sambil ditabur pelet, kalau gak dimakan baru diangkat langsung dilempar ke spot lain....................begicu, he...he...

adename
07-08-2008, 11:34
Tops:smt055

Buat M-BEI yang Pak MOD, thanks atas comment-nya. :grin::eek:
Kalau ada yang unik2 lain kali saya report
Salam

tommy123
07-08-2008, 11:56
Wah... unik juga ya Pak..
Klo bisa di posting Pak Foto joran ama umpannya...
jd penasaran pingin tau.. bentuknya
thanks.. atas reportnya... :smt023

sigit_susilo
07-08-2008, 12:08
@Sigit,
Mungkin setengah casting, karena tidak terus menerus ditarik...............pancing dilempar keair jarak 1-2 m, dibiarkan sebentar sambil ditabur pelet, kalau gak dimakan baru diangkat langsung dilempar ke spot lain....................begicu, he...he...

ini mirip casting bawal di bandung... oleh-oleh cerita trip ke Paris va Java.
katanya casting di sana lucu..... cuman lempar lure, lalu di diamkan (tidak di tarik/retrieve) tunggu ikan, di caplok, baru di tarik. :rolleyes:

adename
08-08-2008, 10:22
Wah... unik juga ya Pak..
Klo bisa di posting Pak Foto joran ama umpannya...
jd penasaran pingin tau.. bentuknya
thanks.. atas reportnya... :smt023

Mas Fitra, waduh sayang waktu itu saya lupa ambil fotonya karena asyik mancing. ............ Lain kali tak foto itu joran dan mancingnya.
Kebetulan saya kenal itu orang yang bikin jorannya.........waktu itu dia saranin beli saja satu untuk koleksi, tapi ribet bawanya karena 1 piece ........ lagian di jakarta kawatir dibilang katrok........he......he.

Cerita lanjutnya adalah............................................ ...........:confused:
Mania Yogya, Solo, Magelang dan sekitarnya.............pada demen sekali itu joran bambu karena uniek dan antiek......... jadi benar2 the real custom karena bambunya engga mungkin sama...... ada yang melengkung, ada yang merit, ruasnya pendek........ ruasnya jarang dst....... jadi kaya keris buatan mpu Gandring......... engga ada nyang sama........ dmk pula ampuhnya...he.

Para mania beli itu bambu,katanya sih di Kopeng atau Tawangmangu.....dan ujung joran beli ditoko pancing.........................akibatnya banyak toko pancing punya stock bagian bawah joran berlebih......... dan segi positifnya bagi mania lainnya............. itu bagian bawah joran biasa suka di sale...... ........... ini mungkin info bagus bagi mania yang butuh joran bagian bawah (blank) di Yogya harganya relatif murah........bukan promosi lho....... cuma sekedar info....................tainment.
Selamat borong blank di Yogya.........:grin:

Didi Afandy
08-08-2008, 10:45
He..he..he..kalau gak salah ini namanya tehnik sisiran,tehnik ini juga bisa dipakai dikolam harian tapi ya umpannya gak pake sendal jepit lagi,lha kemarin saya dikolam kaseno pakai tehnik ini(tali pakai 0,16mm,mata kail model sukabumi)lumayan bisa naikin 16 ekor,10 ekor diantaranya ikan goceng.

thank's

roel
08-08-2008, 11:01
pantes ente nyisir terus di pinggir kolam om didi :D

Bonny
08-08-2008, 11:14
@MB & SS : cobain di TL donk sapa tau jalan hehehehe ka enak ngga usah bw kompor lagi:p

tommy123
08-08-2008, 14:03
Ok.. Pak Martono thanks atas infonya... ;)

wongcerbon
08-08-2008, 14:09
Kang Didi ternyata pake teknik sandal tapi umpan bener
pantesan saja di kanan saya strike terus
denger sih dari awal pake pancing sukabumi
dan baru tahu terakhiran bahwa cuma pake 1 mata kail
mantap pa

urreh
11-08-2008, 12:12
ckckck... unik banget tuh umpan, pake sendal jepit aja strike mulu... hhmmm di TL jalan gak ya umpan model gini?... kalo jalan saya gak pake sendal jepit tapi saya beli sendal yg lebih bagusan spt : sedndal Y****I K******I atau B**A sebagai umpannya dgn harapan bisa hsil yg lebih bagus secara umpannya juga sendal mahalan wakakakak...

Roberts
11-08-2008, 13:50
maaf oot, aku juga pernah nyoba pakai umpan kapas/kapuk untuk mancing harian ikan mas, hasilnya lumayan juga bisa nipu ikan, apalagi kapasnya dicelupin essence strikenya lebih cepat, thx

monyet
15-08-2008, 17:14
buset dech gw baca sambil ketawa - tawa, lucu juga ada umpan sendal jepit... gimana kalo umpannya 'safety shoes"?? Besok gala-lawak TL gw mo gunting kolornya mister Rush akh.... sapa tau??...... ntar turnamen Merak gw juga mo cukur bulu ketek mister Rush akh, gw pasang di hook gedean, sapa tahu dimamam marlin???

roel
15-08-2008, 17:19
beuuuu... safety shoes, tuh ikan ntar dower bibir nya bos gigit besi :D

innoth
16-08-2008, 11:25
Mungkin prinsipnya sama dengan Rangkaian mancing ikan bandeng ala Kang Candra, Bandung..
Mengelabui ikan dengan umpan yg dibuat menyerupai makanan yg merupakan makanan sehari-hari ikan tsb..

Bravo inovasi nya..:D

Kang Ito
18-08-2008, 13:32
Wah telat baca thread ini..kebetulan lokasinya cukup dekat dengan rumah
saya di Jogja. Pada waktu tahun 2005 saya pernah mancing kesana pakai
arsenal yang saya bawa dari Jakarta saya malah di ketawain... semua pemancing komentar...mau mancing di laut mas he..he..he..he... dan satu lagi yang unik waktu nagkap ikanya tidak boleh pakai serokan dan gak ada kedi... mampus deh saya waktu itu..ikut 1 sesi badan amis semua...ha..ha..ha...,dan ada yang lebih lucu, saya dapet ikan gede selalu gak saya timbang..karena selama galatama di jakarta kan ikanya diatas 5 kg, saya dapet 3 kg saya taruh dikorang terus...gak taunya ikan super..jadi ketawa lagi satu kolam.............ha..ha..ha...ha
Pikir-pikir bego juga saya...ndak mau tanya-tanya..........., eh maaf jadi panjang ceritanya.....

RINTO_08
18-08-2008, 14:38
hahahaa,kreen juga tu Oom, pake spoon sendal jepit,
gimana kalau dipakai mancing ikan betok, strike g ya???
di samping rumah gw di kampung, kalau mancing betok, kita yang lambat ngasi upan,entar gw coba ah pake spoon SANDAL JEPIT,:D



:smt120:smt120:smt120:D

andri
23-08-2008, 14:52
Wah telat baca thread ini..kebetulan lokasinya cukup dekat dengan rumah
saya di Jogja. Pada waktu tahun 2005 saya pernah mancing kesana pakai
arsenal yang saya bawa dari Jakarta saya malah di ketawain... semua pemancing komentar...mau mancing di laut mas he..he..he..he... dan satu lagi yang unik waktu nagkap ikanya tidak boleh pakai serokan dan gak ada kedi... mampus deh saya waktu itu..ikut 1 sesi badan amis semua...ha..ha..ha...,dan ada yang lebih lucu, saya dapet ikan gede selalu gak saya timbang..karena selama galatama di jakarta kan ikanya diatas 5 kg, saya dapet 3 kg saya taruh dikorang terus...gak taunya ikan super..jadi ketawa lagi satu kolam.............ha..ha..ha...ha
Pikir-pikir bego juga saya...ndak mau tanya-tanya..........., eh maaf jadi panjang ceritanya.....

saya pernah satu kali mancing di sana
cuma saya yang pake joran+reel
sampai2 dipinjemin joran khas jogja itu oleh mr. kebo
tp cuma sebentar saya pake, sebab ribet (ngga biasa kali ya?)

kalau ngga salah, ikan yg sudah masuk korang bisa ikut kategori babon (cmiiw, soalnya tdk sy konfirmasi ke panitia)
waktu itu ketika penimbangan, di salah satu korang ada seekor ikan yg besar
trus oleh panitia ditimbang
saya ikut perhatiin, krn saat mancing (sebelum penimbangan) ikan saya terberat (2,8 kg)
bukan masalah besarnya hadiah (tiket cuma 15k), pada akhirnya saya juara
waa.. senangnya.... vini-vidi-vici

awan_awan
23-08-2008, 15:27
he.. he.. he... ini lagi..
mancing pake sandal jepit yang dibikin ala umpan-umpanan.. e... dapat pula.
ada yang pake kapas dapat juga..
kayaknya tu tempat cocok tuh kalo buat belajaran nge-fly.

ndandoenk
01-09-2008, 02:36
salam kenal buat semua teman anglers diyogya,
luar biasa.........,teknik yg betul2 inovatif en perlu dicoba,mohon pencerahan dari semua teman2,apakah teknik ini bisa diterapkan untuk kolam yg airnya tidak mengalir?
salam
ndandoenk