PDA

View Full Version : propeller



erwanlukman
04-11-2006, 23:05
menarik sekali kalau para pakar perkapalan sudah turun gunung untuk berbagi ilmu. Nah, kepada Pak Ivan dan kawan-kawan yang lain, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan. Maklum, terus terang saya awam soal ini. Pertanyaan saya:
1. Seberapa jauh jarak yang paling efektif antara dua mesin (outboard) untuk menghasilkan tenaga dorong yang maksimum terhadap kapal. Kalau bisa Pak tolong diberikan perbandingan antara panjang dan lebar kapal dan PK mesin yang dibutuhkan.
2. Seberapa dalam masuknya mesin (propeller) ke dalam air untuk menghasilkan tenaga yang optimal.
3. Saya baca ada beberapa ukuran propeller untuk satu jenis mesin outboard. Apa pengaruh ukuran tersebut terhadap kecepatan kapal?
4. kalau ada. tolong informasi tentang tulisan atau literatur yang membahas soal ini. Apakah ada link khusus, atau di mana saya bisa mendapatkannya?
Segitu dulu Pak. Saya mohon bapak-bapak mau berbagi ilmu.

Salam

fishy
05-11-2006, 08:26
Pak, ini yang saya tahu:

1. Jarak 2 propeller makin dekat kecepatan makin tinggi, tapi manouverability makin rendah. Makin jauh sebaliknya.

3. Ukuran mesti pas, kalau terlalu besar beban mesin bertmbah, bisa mengakibatkan overheat, kecepatanpun bisa turun karena mesin tidak dapat mencapai RPM tinggi. Terlalu kecil kecepatan turun.

waklabu
05-11-2006, 22:07
Saya ndak begitu tau tentang jawaban teknisnya atas pertanyaan bapak karena saya juga masi baru dan juga awam ttg propeler, tapi bapak bisa liat disini http://www.thehulltruth.com

saya rasa postingan disitu ada yg mbahas ttg itu, kalopun gak ada silakan lempar pertanyaan ke forumnya jamin pasti dijawab,-

regard,-

erwanlukman
06-11-2006, 23:56
Pak Adrianus & walkabu, thank's a lot atas infonya

Salam,

Erwan

babybaracuda
07-11-2006, 15:16
menarik sekali kalau para pakar perkapalan sudah turun gunung untuk berbagi ilmu. Nah, kepada Pak Ivan dan kawan-kawan yang lain, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan. Maklum, terus terang saya awam soal ini. Pertanyaan saya:
1. Seberapa jauh jarak yang paling efektif antara dua mesin (outboard) untuk menghasilkan tenaga dorong yang maksimum terhadap kapal. Kalau bisa Pak tolong diberikan perbandingan antara panjang dan lebar kapal dan PK mesin yang dibutuhkan.
2. Seberapa dalam masuknya mesin (propeller) ke dalam air untuk menghasilkan tenaga yang optimal.
3. Saya baca ada beberapa ukuran propeller untuk satu jenis mesin outboard. Apa pengaruh ukuran tersebut terhadap kecepatan kapal?
4. kalau ada. tolong informasi tentang tulisan atau literatur yang membahas soal ini. Apakah ada link khusus, atau di mana saya bisa mendapatkannya?
Segitu dulu Pak. Saya mohon bapak-bapak mau berbagi ilmu.

Salam

1. Kalo soal berapa jarak dua mesin supaya optimal wah saya ga tau pastinya soalnya saya ga punya pengalaman teknis cuman yang om adri tulis itu ada benernya saya rasa, juga untuk pastinya berapa pk yang diperlukan, cuma dulu saya di kasi tau gini, pannjang kapal 15 feet min 40pk, 15-20 min 60pk ini juga tergantung berat kapalnya kapal a dan b mungkin sama panjangnya tapi kapal b punya cabin, etc etc ya lebih berat jadi perlu tenaga lebih. Mending tanya yang jual mesin deh kaya dealer yamaha etc.

2. Propeler makin ke dalam makin berat makin ke atas makin kenceng, atur aja pake feeling.

3. Ini bisa dijawab oleh dealer yamaha/suzuki, honda , etc

4. Iya mending ikut forum negara lain yang para anglernya sudah umum memakai kapal mancing seperti di aussie, america, nz etc. Untuk aussie, bisa ikut forum di www.fishnet.com.au atau www.fishvictoria.com
Disana ada boating section yang banyak topic2 yang di perbincangkan.

Cuma kalo saya sih, mau ngapain pusing2 in ginian hehehe, buat saya outboard yang penting 4stroke dah !!! hehehe Ga mau sentuh 2 stroke lagi. Oh kalo bisa propeler pake stainless, itu aja.

erwanlukman
10-11-2006, 00:58
Salam kenal pak Ivan, saya sudah banyak denger & baca penjelasan u ttg boat di sini, thanks atas jawabannya. Btw untuk beban & kondisi boat yg sama, dan apabila mesinnya jg sama pk nya, bagaimana efisiensi pemakaian gasoline outboard 4 stroke dibandingkan dgn 2 stroke. Apakah cukup signifikan? Bagaimana jg dgn powernya?? Mohon saya dikuliahin ttg ini donk, tks

Salam

Erwan

babybaracuda
10-11-2006, 15:53
Salam kenal pak Ivan, saya sudah banyak denger & baca penjelasan u ttg boat di sini, thanks atas jawabannya. Btw untuk beban & kondisi boat yg sama, dan apabila mesinnya jg sama pk nya, bagaimana efisiensi pemakaian gasoline outboard 4 stroke dibandingkan dgn 2 stroke. Apakah cukup signifikan? Bagaimana jg dgn powernya?? Mohon saya dikuliahin ttg ini donk, tks

Salam

Erwan

Untuk beban yang sama jelas 4 stroke lebih irit, dan bedanya jauh iritnya, kalo power jelas 2 stroke lebih unggul, ibarat motor 2 tak dan 4 tak pak, lebih cepet dapat powernya tapi kalo dah lari sih sama aja pa malah saya lebih demen 4 stroke soalnya ga berisik.

cuma mesin 4 stroke lebih perlu perhatian lebih. (ga boleh sampe oli kurang etc) Ibaratnya mesin mobil ga pake oli samping, pakenya oli mesin.

Temen saya bilang 2 stroke meski berisik dan boros tapi lebih user friendly, mesin mati di kitik2 dikit bisa nyala lagi (yang penting busi bersih, fuel filter bersih, mesin pasti nyala) kalo 4 stroke lebih canggih soalnya biasanya dah EFI kalo mati di laut, wah berabe hehehe. Tapi asal ngerawatnya bener s aya rasa ga bakal ada masalah. Saya sih setuju. Kemaren waktu ke laut pake si sarim berapa kali tuh mesin dia mati ntar yang kiri...ntar yang kanan, tapi dikilik2 idup lagi tuh hehehe.

Tapi pa, benernya sih kalo boatnya lebih dari 6meter pake inboard aja deh, diesel lebih bagus saya rasa. Irit lagi cuma ya ga bisa dikebut.

regards

regards

erwanlukman
10-11-2006, 22:53
Oke pak ivan, thanks a lot. Kalo inboard kayaknya ngak cocok di p 1000 mungkin akan saya pertimbangkan pake 4 stroke cuma harganya mahal boo. Kapan balik jkt lagi? kalo mau mancing saya ikutan ya, tks

salam

erwan

babybaracuda
14-11-2006, 15:14
Oke pak ivan, thanks a lot. Kalo inboard kayaknya ngak cocok di p 1000 mungkin akan saya pertimbangkan pake 4 stroke cuma harganya mahal boo. Kapan balik jkt lagi? kalo mau mancing saya ikutan ya, tks

salam

erwan
Balik jakarta mungkin taon depan sekitar bulan july, adik kemungkinan married, saya rasa inboard di p1000 cocok2 aja lah pa, yang penting kan di laut bukan di danau hehe.

Memang 4 stroke lebih mahal tapi biaya maintenance dan operasional sebenarnya lebih murah karena ga pake oli samping, service juga lebih lama jatohnya cuma paling cek oli mesin aja sama regular anti rust spray, perhatiin busi juga. Untuk long run 4 stroke bisa jauh lebih irit, saya dulu pake 2 stroke sekali mancing abis bensin 30 literan belom termasuk oli samping loh (2 stroke saya ga pake bensin campur)mancingnya ga jauh2 kalo disini paling jalan 20 menitan, sekarang padahal mesin lebih gede abis bensing paling 15 literan ga beli oli samping lagi.

regards anyway have fun deh.

saditya
25-02-2007, 11:41
salam kenal saya saditya anggota baru nih:p
1.menurut saya kapal dengan dua propeller itu kurang effisien bila diantaranya tidak ada penyekat, karena alirannya turbulent. bila aliran tersebut saling bersinggungan maka trust dari propeller tersebut tidak maksimal
2.klo propeller lebih baik harus tercelup kedalam air seluruhnya, klo tidak akan menyebabkan kavitasi pada propeller dan memperpendek umur propeller tersebut.
3. menururt saya kita tidak bisa memnentukan bahwa besar kecilnya propeller berpengaruh terhadap kecepatan kapal. untuk menentukan ukuran propeller yang tepat untuk sebuah kapal diperlukan perhitungan yang namanya engine propeller matching (EPM), nantinya berpengaruh terhadap daya mesin sehingga mesin yang kita pilih dayanya tidak terlalu besar or terlalu kecil.

mungkin bapak-bapak yang alain ada masukan

erwanlukman
05-03-2007, 23:18
salam kenal saya saditya anggota baru nih:p
1.menurut saya kapal dengan dua propeller itu kurang effisien bila diantaranya tidak ada penyekat, karena alirannya turbulent. bila aliran tersebut saling bersinggungan maka trust dari propeller tersebut tidak maksimal
2.klo propeller lebih baik harus tercelup kedalam air seluruhnya, klo tidak akan menyebabkan kavitasi pada propeller dan memperpendek umur propeller tersebut.
3. menururt saya kita tidak bisa memnentukan bahwa besar kecilnya propeller berpengaruh terhadap kecepatan kapal. untuk menentukan ukuran propeller yang tepat untuk sebuah kapal diperlukan perhitungan yang namanya engine propeller matching (EPM), nantinya berpengaruh terhadap daya mesin sehingga mesin yang kita pilih dayanya tidak terlalu besar or terlalu kecil.

mungkin bapak-bapak yang alain ada masukan

Pak saditya ada info gak dimana bisa dapetin epm?

saditya
16-03-2007, 15:37
masalah EPM merupakan bahan kuliah saya dulu sewaktu kuliah di T.sistem perkapalan, mungkin saya carikan dulu file2 ato catatan mengenai EPM.

Sportfisherman
16-03-2007, 16:07
Ukuran propeller bukan hanya tergantung dari engine rating saja tetapi juga bentuk hull , displacement nya serta water length dari hull tersebut . Bentuk Deep V sangat memerlukan HP yang besar sdangkan flat bottom tidak memerlukan HP terlalu besar , bedanya Deep V cocok untuk laut berombak sedangkan flat bottom lebih baik digunakan di danau .

Satu hull mempunyai kebutuhan min/max masing masing , setelah itu baru dipikirkan shaft angle nya , ukuran mx. propeller yang bisa digunakan , pitch nya kalau mau cepat atau ekonomi cruising , etc. . Kalau shaft angle nya terlalu menukik , tenaga dorong propeller cenderung membenamkan bagian depan kapal dan untuk ini , hull harus diperpanjang n mesin harus diposisikan lebih kedepan .

Single inboard engine dgn propeller besar pasti lebih efficient tetapi twin inboard engine dgn counter rotating propeller lebih manouverable dan mudah di setir nya plus , kalau mesin mati satu masih ada satu lagi .

Wah , banyak sekali factor nya tetapi setiap hull mempunyai kebutuhan masing masing .

Jon .

babybaracuda
16-03-2007, 16:17
Propeller is a sciece, mungkin untuk lebih jelas harus ditanya ke yang benar2 ahli dalam perkapalan (qualified atau certified shipping engineer)

Mungkin kalo mau tambahan info, harus tanya ke marine dealer.

erwanlukman
23-03-2007, 00:17
Propeller is a sciece, mungkin untuk lebih jelas harus ditanya ke yang benar2 ahli dalam perkapalan (qualified atau certified shipping engineer)

Mungkin kalo mau tambahan info, harus tanya ke marine dealer.

Bener juga, pusing mikirin propeller. Terima beres aja ya pak ivan. Anyway thanks buat temen2


Salam

erwan

Demsy
05-04-2007, 18:23
menarik sekali kalau para pakar perkapalan sudah turun gunung untuk berbagi ilmu. Nah, kepada Pak Ivan dan kawan-kawan yang lain, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan. Maklum, terus terang saya awam soal ini. Pertanyaan saya:
1. Seberapa jauh jarak yang paling efektif antara dua mesin (outboard) untuk menghasilkan tenaga dorong yang maksimum terhadap kapal. Kalau bisa Pak tolong diberikan perbandingan antara panjang dan lebar kapal dan PK mesin yang dibutuhkan.
2. Seberapa dalam masuknya mesin (propeller) ke dalam air untuk menghasilkan tenaga yang optimal.
3. Saya baca ada beberapa ukuran propeller untuk satu jenis mesin outboard. Apa pengaruh ukuran tersebut terhadap kecepatan kapal?
4. kalau ada. tolong informasi tentang tulisan atau literatur yang membahas soal ini. Apakah ada link khusus, atau di mana saya bisa mendapatkannya?
Segitu dulu Pak. Saya mohon bapak-bapak mau berbagi ilmu.

Salam
Pak, anda mencari informasi mengenai propeller itu lebih untuk mesin apa, inboard atau outboard? Kalau sekedar untuk literatur dan penerapan praktisnya saya ada petunjuk praktis pemasangan mesin outboard. Posisi mesin ini ber-relasi pada posisi vertikal prop. Kedua juga cara praktis mengenai besar prop yang diperlukan untuk bisa mendapat randemen mesin yang sebaik2nya. Informasi yang saya punya untuk outboard motor ya pak, mungkin juga bisa diterapkan pada I/O motor. Saya tunggu kabarnya bila anda memerlukannya.
Salam

erwanlukman
14-04-2007, 01:50
Pak, anda mencari informasi mengenai propeller itu lebih untuk mesin apa, inboard atau outboard? Kalau sekedar untuk literatur dan penerapan praktisnya saya ada petunjuk praktis pemasangan mesin outboard. Posisi mesin ini ber-relasi pada posisi vertikal prop. Kedua juga cara praktis mengenai besar prop yang diperlukan untuk bisa mendapat randemen mesin yang sebaik2nya. Informasi yang saya punya untuk outboard motor ya pak, mungkin juga bisa diterapkan pada I/O motor. Saya tunggu kabarnya bila anda memerlukannya.
Salam

Salam kenal pak dede, sorry banget krn kesibukan baru skrg login lg di ff, memang saya sedang nyari info ttg uk propeler utk outboard. Kalo punya informasi tolong saya di ajarin donk. Terima kasih sebelumnya

erwan

Demsy
16-04-2007, 15:00
Salam kenal pak dede, sorry banget krn kesibukan baru skrg login lg di ff, memang saya sedang nyari info ttg uk propeler utk outboard. Kalo punya informasi tolong saya di ajarin donk. Terima kasih sebelumnya

erwan
Pak, saya ada tulis artikel utk pemasangan O/B motor dan prop dirubrik ini (FishyBoat). Rupanya kita pernah ketemu diGaruda kira2 3 minggu yl!

erwanlukman
17-04-2007, 23:11
Pak, saya ada tulis artikel utk pemasangan O/B motor dan prop dirubrik ini (FishyBoat). Rupanya kita pernah ketemu diGaruda kira2 3 minggu yl!

Iya pak sy inget, thanks a lot. Sy denger bapak mengerti banget ttg kapal bagi2 dikit donk sama kita

Demsy
18-04-2007, 10:01
Pak Erwan, saya mencoba membuat artikel sekedarnya utk pedoman pemasangan mesin & propnya. Ada diFishyBoat, beberapa artikel sebelum ini, namanya Pemasangan Mesin O/B & Penyesuaian Propeller. Bukannya tau banyak, cuma suka cari tahu saja bgmn cara2 praktis utk hal2 bgt tanpa banyak teori2. Mudah2an membantu ya.

erwanlukman
19-04-2007, 00:52
Pak Erwan, saya mencoba membuat artikel sekedarnya utk pedoman pemasangan mesin & propnya. Ada diFishyBoat, beberapa artikel sebelum ini, namanya Pemasangan Mesin O/B & Penyesuaian Propeller. Bukannya tau banyak, cuma suka cari tahu saja bgmn cara2 praktis utk hal2 bgt tanpa banyak teori2. Mudah2an membantu ya.

Ok pak ntar saya search, thanks banget.