PDA

View Full Version : mancing di siang hari atau malam hari



abdurrahman
13-11-2006, 13:11
salam,
mohon maaf nih kalo nanya terus, maklum masih OOT,mohon pencerahnnya dari bapak2 sekalian,
daerah saya terkenal dgn lokasi pemancinganya di maluku, bahkan sering nelayan 2 ilegal dari {Philipina dan mindanao yang mencuri ikan disini, tapi saya sendiri belum pernah mengangkat ikan yang ukuran diatas 50 cm
:( , bisanya cuma mancing di malam hari dan di kedalaman 15 meteranlah, cuman ikannya biasanya seukuran 10 - 30 cm saja, karena cuman pakai line ukuran, 20 - 25 lbs monofilament (yg umum dijual disini) dan hooknya ukuran 12, sedangkan umpannya sardines dipotong 3 (kurang lebih 2 cm). mungkin ini sebabnya sehingga ikan yg didapat juga hanya seukuran itu. lagian kalau mancing malam terus tidak kuat nahan kantuknya:D. jadi kalau boleh saya dibantu kira bagaimana caranya kalau mancing untuk ikan yang agak besar, terus apakah efektif kalau mancing di siang hari ( soalnya di sini umumnya mancing di malam hari), dan kalau mancing di siang hari sebaiknya caranya gimana, dan umpannya apakah bisa pakai sistem Jigging ( tapi pakai hand line ) dan kalau bisa jig seperti apa ang cocok untuk mancing disiang hari dan malam hari.
sekali lagi mohon pencerahannya.

Lodewijk
13-11-2006, 13:50
:D
Kalau saya boleh share.....

Mancing baik pada waktu siang atau malam tergantung dari ikan targetnya. Ikan2 tertentu hanya aktif / lebih aktif pada petang / malam hari (tergolong nocturnal), seperti barracouta, escolar, big-eye tuna, hiu, sword fish, etc......

Sedang untuk ikan2 karang biasanya memang yg besar2 lebih aktif di malam hari, seperti kakap2an, kerapu, dsb..... Saya pernah baca kalau di siang hari anda bisa dapat ikan karang uk. besar sebanyak 2 ekor, maka kemungkinan besar anda akan bisa dapat 8 ekor di malam harinya...... Dan saya percaya akan hal ini, selain juga tentu faktor2 lain sangat berpengaruh, mis. arus, pasang-surut, temperatur air, dsb.......

Saya juga percaya teori, ikan besar=umpan besar...... Kalau ingin menarget ikan besar, pakai umpan utuh saja, jangan dipotong-potong. Lebih bagus lagi kalau umpannya masih hidup. Bisa buat jeblug (dasaran) maupun ngoncer (drifting). Saya yakin di daerah pak Rahman masih potensi sekali ikan2 besarnya. Malah saya dengar pada musim2 tertentu (terbawa oleh arus air dingin dari Australia) terkadang ada Bluefin tuna-nya..... betul ? :roll:

fishy
13-11-2006, 14:07
Ikutan nimbrung - Di beberapa tempat ada kepercayaan bahwa kalau mancing siang gak ada ikannya. Contohnya: Karang tengah-Binuangeun. Disana para krew percaya bahwa kalau mancing siang paling banter dapat pakol/ayam-ayaman. Kalau malam? Ada kuwe, Dogtooth Tuna, Cablak, dll. Salah satu faktor yang berpengaruh, ini menurut saya, adalah karang tengah itu sangat besar/luas. Pada waktu mancing malam kapal biasanya menggunakan lampu sorot yang mengumpulkan baitfish, dan pada gilirannya mengumpulkan pemangsa/ikan besarnya juga.

Seperti kata Lod, ada beberapa jenis ikan yang hanya aktif di malam hari. Malah GT juga kalau gak salah lebih aktif di malam hari. Tapi ada juga ikan yg aktif di siang hari, jadi mancing siang/malam kalau menurut saya keduanya bisa dilakukan.

Sekali lagi setuju sama Lod, kalau mau ikan besar, coba umpan sardin anda gak usah dipotong. Lebih baik lagi jika anda bisa memperoleh sardin hidup untuk dijadikan umpan. Bisa coba mancing dasar, atau ngoncer tanpa pemberat. Cobalah kalau lain kali anda memperoleh ikan tongkol, kuwe, selar, kembung, atau sejenisnya, ikan itu dikait dengan pancing yg agak besar di punggungnya, lalu lepaskan lagi sebagai umpan.

abdurrahman
13-11-2006, 14:42
:D
Kalau saya boleh share.....

Saya yakin di daerah pak Rahman masih potensi sekali ikan2 besarnya. Malah saya dengar pada musim2 tertentu (terbawa oleh arus air dingin dari Australia) terkadang ada Bluefin tuna-nya..... betul ? :roll:

terima kasih sekali pak lod,

untuk tuna, memang didaerah saya sangat banyak nelayan ( nelayan bajo / suku dari sultra) yang selalu menangkapnya dalam jumlah yang banyak dan memang di perairan sini terkenal dengan hsil tuna nya.
justeru itulah saya mengajak rekan 2 bapak2( bisa dilihat pada postingan saya di thread trip sub region sulawesi dan maluku, atau juga di intro disitu ada postingan saya.

johnbudi
13-11-2006, 17:11
Pak Abdurrahman,
personal preference saya, lebih senang malam hari, kalau laut lagi tenang enak banget karena ndak panas, atau sore atau pagi,
kalau siang saya ndak tahan lama pak, saya jadi cepet kering....

kalau menurut saya, kalau dapat ikannya sih terserah lautnya ama rejekinya,
saya mancing lebih cari seneng, kalau dapat ikan syukur, kalau ndak asal seneng ngobrolnya ama nelayannya, udah worthed every cents i spent, tapi ini personal preference lho pak....