PDA

View Full Version : Info Bingung ,Pake poper besar atau sedang



popery
08-10-2008, 11:02
Mohon pencerahan Bapak Suhu,Senior dkk

Mohon maaf jika salah tempatnya.

Saya ini baru belajar make popper dan poppernya juga buatan sendiri
biar murah meriah,kendalanya gini daerah tempat mancing dekat dermaga
yang mana kadang2 saja ikan bergerombol masuk tapi gak deket dg dermaga
,untuk menarik ikan melihat poper apakah saya harus menggunakan popper yg besar dan panjang 20 cm atau cukup yang 14 cm saja ?
soalnya yg besar belom sempat di buat.

Berhubung saya masih juga baru belajar buat poper, mohon tolong bagi infonya tentang buat popper untuk yang besar diameter bulat di depan mesti berapa cm? tengah,dan belakang,kemudian yg bulat bagian depan mesti masuk berapa cm? terus untuk buat tutup kawat/kili tempat mata kail, yg dari timah gimana
cara buatnya dan pasangnya?

Dan cara buat Popper pake bahan fiber bagaimana caranya? dan campuran fibernya apa aja,masing-masing bahan RP (alat dan bahan ) mesti pakai cat apa?

Saya ingin belajar buat popper biar hasilnya halus mulus belajar sama siapa?
soalnya buatan saya masih hancur/kasar:confused: he.......he.

Jika bUat Popper pakai kayu matoa bisa tidak?

saya kurang paham dengan Cat exposi apa itu sama dengan cat pernis/vernis?:confused:
Soalnya kalo cat exposi kayaknya di daerah saya gak ada, kalo cat pernis/vernis ada.
Kalo untuk Resin dan hardener di daerah saya ada.
Maaf ya mohon pencerahannya banyak sx

Salam

Rudy 007
08-10-2008, 11:53
Ukuran popper yg di gunakan hrs di sesuaikan dgn ukuran rod, reel dan line (balance tackle). Juga ikan apa yg di target, average size? Misal rata2 ikan 0,5-1 kg, tdk mungkin dgn popper 120 gr ke atas.

Kalo urusan pembuatan popper . . .no comment. Mungkin anda bisa konsultasi dgn hampala aka Soni, atau Rudy/wooden lure. Mereka adalah pembuat popper yg mana produknya sdh byk di pakai member2 FFjg.

maskili
08-10-2008, 12:06
Pak Henry saya mau sedikit aja kasih masukan, masalah ukuran popper memang relatif tergantung ukuran target anda dan arsenal yang anda miliki apakah sudah sesuai untuk popping atau casting (paling ga), ini dimaksudkan agar lemparan anda bisa mancapai jarak yang cukup untuk menggoda target dan bila sudah strike jangan sampai mocel biar ga nyesel...:)

Rudy 007
08-10-2008, 13:37
Bukan hanya jarak lempar tp jg kerusakan tackles.

TheTonkTech
08-10-2008, 14:21
wah hebat bisa bikin poper sendiri, ajari saya nanti pak yaaa......

popery
10-10-2008, 07:52
Thaks untuk infonya Pak Rudi,Pak Wisnu.
Pak ichsan ,walah saya masih harus banyak belajar buat poper ,dan semua yg ada di FF, Gak janji deh kalo popper buatan saya dicium ikan baru saya kasih tahu ,tapi itu nanti mesti di koreksi para suhu pembuat poper dan rekan2 semua.

iwan rambe
11-10-2008, 17:42
bung henry epoxi itu nama lainnya dempul halus yg berfungsi sebagai lapisan penutup pori2 dari permukaan yg akan kita cat, warna nya abu2 dan dgn cara disemprot dgn spry gun, kalau mau hasil yg bagus saya sarankan , sesudah kering epoxi ini digosok dgn amplas yg paling halus lalu diwarnai popper tsb dgn selera kita , kemudian diakhirnya di beri lapisan clear. yg pernah saya coba seperti itu hasilnya glosi. cuma segitu yg sama bisa bantu mungkin ada rekan lain yg nambain.:eek:

Lodewijk
11-10-2008, 19:16
Tidak semua pemancing mau dan mampu untuk membuat umpannya sendiri. Entah itu jig, popper atau umpan trolling.
Seperti juga dengan fly fishing, membuat umpan sendiri dan bisa mendapatkan ikan adalah suatu sensasi yg tersendiri.

Kalau anda serius akan membuat popper, pelajarilah dengan membongkar popper yg menurut anda atau referensi dari banyak orang adalah popper yg bagus. Bagus disini terutama dalam hal 'action'-nya dan bukan pada 'finishing'-nya.

Dengan cara ini anda akan cepat belajar secara langsung kenapa popper tsb bagus. Apakah karena size-nya, diameter mulut (cup) -nya, berat jenis kayu-nya dan/atau balance-nya terhadap timah yg terletak dibelakang popper.

tonagaya
14-10-2008, 07:52
cara buat popper.. coba dilihat disini Salt-Water Plugs #2 | www.fishinghomemadelure.com (http://www.fishinghomemadelure.com/fishinghomemadelure08.php)
mudah2an bisa membantu..

popery
14-10-2008, 09:23
Thaks Pak Iwan , saya baru tahu jika bisa disemprot pake spry Gun,karena yg saya tahu selama ini ,dempul mesti pake pisau dempul he..he,thaks a lot.

Thaks Pak Lodewick saya gak sempat terpikir actionnya ternyata itu jauh lebih penting.

Thaks Pak Arief u websitenya

Thaks all untuk informasinya sangat penting buat saya yang baru belajar mancing pake popper dan belajar buat popper

Salam

Plojo
14-10-2008, 22:51
Paling gampang, Coba beli popper yg bener2 bagus actionnya (wood based), trs bawa ke tukang bubut,,minta dibuatin yg sama persis (jadi plagiat yah?). biasanya yg umum, make kayu mahoni tua. untuk kayu hrs bener2 diperhatiin karena sama2 kayu mahoni,,tapi bisa beda massa jenisnya. kalo make kayu yg agak muda,,biasanya massa jenisnya lbh ringan. ini bisa diakali dg nambahin pemberat sbg balancer. tapi agak ribet sih.
keunggulan kayu mahoni : keras tapi mudah dibentuk.
popper yg asli dimasukin ke dalam air,,coba perhatikan posisi popper dalam air,,misalnya tuh popper tegak berdiri,,cuman kepalanya aja yg nongol,,popper jadi yg sudah anda buat juga harus sama pas dimasukin dlm air. terakhir ya harus di tes,,supaya action poper bener2 sama. yg penting actionnya bro,,baru kalo popper dah bener jalannya,,baru ngurusin warna.

Note : kalo bisa sih bikin desain sendiri,, jgn jadi plagiat. hehehe..

d4ta
15-10-2008, 00:51
Bung henry papuanya dimana ya.?
Saya di Biak, juga baru coba2 buat popper sendiri, karena ada kenalan yang punya mesin bubut. Buatnya pake kayu matoa putih, lumayan kuat dan beratnya pun sepertinya cukup. cuma masalahnya belum bisa tegak berdiri di dalam air, mungkin karena pemberat di belakangnya kurang.
Mengenai pewarnaan pake epoxi dulu awalnya, baru cat warna, kemudian clear. Epoxi itu bahan yang dipake buat cat dasar mobil. warna abu2.

O ya, bentuk popper 100% plagiat, meniru yang udah ada, tapi bukan untuk tujuan diperjuabelikan tapi dipake sendiri.

Plojo
18-10-2008, 15:07
kalo gak berdiri tegak di air mirip yg asli,,jalannya jadi jelek lho.biasanya jalannya jadi gampang loncat2,,pas kita sentak joran agak kencang, jalannya gak stabil gak stabil. ditune lagi om,, Gw belajar bikin popper setelah gw pinjem popper temen yg gak dipakai (popper cubera80 pemberian dari almarhum heru hansiong). trs gw bawa ke tukang bubut,,gw liat2 konstruksinya,,gw masukin ke air n gw coba actionnya di dalem air. Hasil terakhir gw bikin,,dah agak mending jalannya. Pertama gw bikin dulu,,jeleknya minta ampun. Cuman finishingnya yg masih amburadul..

japra
18-10-2008, 16:30
Cuma mau ngasih dikit info untuk finishing,beli aja epoxy merk isamu, encerkan dengan thinner super glossy, amplas dengan kertas amplas duco 240 atau lebih halus,lakukan sekali lagi,selanjutnya di beri warna atau motif sesuai selera,terakhir tnggal di beri clear,atau top coat.

popery
20-10-2008, 06:51
Thaks all fisherman ,Saya posisi di Jayapura Pak Daniel.
Cara tahu Poper yang udah balance atau seimbang gimana?Popper kondisi didalam air mesti gimana posisinya mohon jika ada gambarnya tolong di upload dong.

Mohon informasi juga kondisi Minow yang bagus dalam air seperti apa? kalo ada
gambarnya mohon di upload.

Thaks all.

Lodewijk
20-10-2008, 09:28
IMHO, tidak bisa dibuat patokan pada posisi mengambangnya popper, kalau antara satu popper dan lainnya bahan2 dan komposisi materialnya berbeda (seperti berat jenis kayu, berat timah, dst.).

Yang penting, setelah popper jadi dan terpasang lengkap dengan treble-nya, kalau di test action-nya di air harus:

1. Mengambang, dalam arti tidak cuma mengambang saja, tetapi lebih baik lagi jika setelah di cast dan jatuh air tenggelamnya hanya sebentar saja lalu dengan cepat akan mengapung kembali. Ini yg dinamakan popper tsb. 'fast action'...

2. Menghasilkan percikan air dan bunyi yg sempurna (pop...pop) jika dimainkan. Lebih bagus lagi jika tidak perlu usaha yg keras, hanya perlu hentakan sedikit dan tidak terlalu makan tenaga sudah bisa menghasilkan percikan air dan bunyi.

Nah, itulah 2 hal terpenting dari popper. JMHO.

bobbo
20-10-2008, 10:32
kalau saya amati popper pabrikan dan juga beberapa popper kayu (handmade), yg mengambang cuma sekitar 'kepala' dan 'mulut' popper... CMIIW

popery
31-10-2008, 10:28
Rekan2 dan para suhu,
Saya jadi bingung soal cat,karena menurut info dari kalo salah2 pake clear u finishing bisa2 jadinya retak2 hasil clear atau cat warnax terangkat,jadi gimana dong?
Tolong dong infox.
Bisa tidak jika saya pake cat epoxi mobil u dasar (dempul) ,untuk warna pake cat kayu atau pake cat asturo kemudian terakhir pake clear,mohon menurut pengalaman dari rekan dan para suhu yang baikx gimana?

Thaks

R-30
12-11-2008, 21:20
Rekan2 dan para suhu,
Saya jadi bingung soal cat,karena menurut info dari kalo salah2 pake clear u finishing bisa2 jadinya retak2 hasil clear atau cat warnax terangkat,jadi gimana dong?
Tolong dong infox.
Bisa tidak jika saya pake cat epoxi mobil u dasar (dempul) ,untuk warna pake cat kayu atau pake cat asturo kemudian terakhir pake clear,mohon menurut pengalaman dari rekan dan para suhu yang baikx gimana?

Thaks

Pak buat dasaran, warna dan finishnya bahan harus sejenis, pak.
kalau cat kayu campuran pakai minyak (afduner) jangan ditumpuk sama cat (clear) yang campuran thiner, atau sebaliknya. rusak nanti hasilnya.
kalau mau cat warnanya pakai cat mobil juga saja.

popery
14-11-2008, 08:14
Thaks Pak Reo,
Maklum masih baru ,dan belom tahu cara pengecatan yang baik he......he ,gitu tanya teman yg biasa ngecat malah buat saya jadi bingung ,sekarang baru saya paham ternyata ngecat tak semudah yg ada di pikiran saya. he.......he

Salam

R-30
14-11-2008, 20:42
saya tambah lagi,pak.
semoga dapat membantu.
begini saja urutannya, setahu saya lho
1. dempul, pakai dempul plastik (2 komponen)atau dempul isamo.
2. cat dasar pakai cat epoksi, cat epoksi (2 komponen, 1 cat dan 1 hardener) adalah cat lapisan pertama supaya cat tidak cepat ngelupas. warnanya kuning, putih, kadang abu2.
3. cat warna, pilih cat mobil saja(contoh nippe, siken, top gloss,dll). jangan pakai cat kayu atau cat minyak (bee brand, bb junior, altex, avian, dll).
4. finish atau clear, juga cari yang untuk mobil. ini juga ada 2 pilihan yaitu clear gloss dan clear doff, tergantung selera.
nah begitu kira2 urutannya.
kalau masih bingung, coba lihat dibelakang kaleng cat biasanya ada urutan pengecatan dan petunjuknya yg sangat lengkap, sampai ke ukuran amplas yang harus dipakai.
selamat berkarya