PDA

View Full Version : Harian Tehnik dasar mancing di saat lomba!!



bam_gdar
30-10-2008, 12:09
Sebenarnya mungkin ulasan2 ini sering di post ma kawan2 and suhu2 mancing disini tapi apa salahnya ane bikin kembali buat mengingatkan and memberikan pencerahan2 kalau kegiatan2 ini memang sangat berpengaruh dlm kita ikutan lomba or pengaruhnya kepada efek samping dr umpan2 yang kita punya...kadang2 kita juga merasa cuex and gak mau tahu kalau tindakan2 dibawah ini justru mebawa kita kedalam keboncosan dlm arena lomba..!!!!

Hal2 yang mesti kita ketahui sebelum kita terjun di arena lomba :
1. Faktor Hoki : faktor ini memang yg diatas yg tahu and kalau sudah dpt faktor ini kita akan selalu menjuarai dlm setiap lomba.
2. Faktor Pengukusan Umpan : menurut pakar2 mancing yg memang sudah menguasai jam terbang dlm tehnik2 mancing and umpan...cara pengukusan umpan memang ada tehnik tersendiri (baru dpt respnya sekarang)...kadang2 kita tidak sadari pada diri sendiri...akibatnya sungguh fatal...umpan menjadi basi and ikan gak mau makan. Cara pengukusan yang baik menurut pakar ikan adalah bila kita mengkukus umpan mentah...masukan umpan dlm alumunium foil and tutup yg rapat....biasakan spt itu... kl di cermati...umpan yg berada di dalam alumunium foil akan membuat umpan tidak kehilangan aroma and kandungan bahan2 yang ada didalamnya...ini bisa dibuktikan kok...and sudah diterapkan dlm tehnik pembuatan umpan...bila umpan telah dimasukan kedalam alumunium foil...ditutup rapat...and dimasukan kedalam plastik kiloan...tapi jng lupa tiup plastik menjadi besar agar udara tidak masuk and kematangan umpan dlm alumunium foil akan menjadi-jadi and baru kita kukus...silahkan buktikan sendiri.
3. Faktor Kondisi Tangan : biasakan bila kita akan memancing keadaan tangan kita harus streril dr bahan2 yng beraroma menyegat spt minyak angin, minyak gosok dsb...!!! apalagi kl kita memang mencandu rokok...biasakan rokok berada di tangan kiri and kalau perlu pergunakan sarung tangan plastik kalau gak bila kita membentuk umpan bundar2 pakai saja tangan kanan yg tidak terkontaminasi oleh bahan2 rokokk tsb...sering kalau ada acara lomba...kalau pemancing sedang merokok banyak yang menggunakan cangklong...usut punya usut ternyata cangkolng ini berguna untuk tangan kita tidak terkena pengaruh tembakaunya...kalau kita gak pd ma tangan kita bila mau acara lomba dimulai...ambil air kolam and basuh tangan kita dng air kolam tsb...!!!
4. Faktor Pemilihan bahan dasar umpan : cermati setiap bahan2 dasar umpan yang akan kita buat...kalau perlu tuk resep yg akan kita coba...tulis dulu and brapa takarannya agar kita tidak lupa besok...usahakan bahan2 dasar umpan spt ikan mas kita pergunakan refrensi2 kawan2 kita di forum and jangan lupa baca artikel ttg ikan mas and kegemaran ikan itu apa saja...yang paling penting dlm pemilihan bahan dasar tuk pembuatan umpan adalah pergunakan bahan2 yg memang kualitasnya baik...spt pemilihan keju...keju2 yg beradar di supermarket bisa kita buat referensi tuk acuan bahan2 umpan...juga kualitas kroto...usahakan cari kroto yg baik and bagus jng sampai kroto sudah menjadi basi...kl kita beli sore hari and mau kita olah...masukan freser es dulu baru kita olah tuk campuran umpan...usahakan kroto kita kukus or di masukan di air panas agar kroto yg kita punya tidak basi...kalau kita menggunakan bahan tambahan spt deho...usahakan deho kualitas baik...and jng sungkan tuk kita sisakan tuk acara mancing bila umpan kita mau habis...kalau kita menggunakan tambahan bahan yg lain spt kita tidak mempergunakan deho...kita pakai jenis ikan laut...usahakan pemilihan jenis ikan laut yg tidak terlalu menyengat aromanya or jng terlalu amis...!!!
5. Faktor Phisic badan kita : kesehatan kita jaga...bila besok mau mancing lomba..jaga kondisi badan anda...!!
6. Faktor ehm ma istri : nach ini dia yg masih tanda tanya...menurut kawan ane kalau mau acara lomba besok...tuch malam dilarang ehm ma bini katanya paginya bisa boncos...!!!mang bener yah begitu???apa ngaruhnya yah???:D
7. Faktor Arsenal : set alat2 arsenal anda bisa mau lomba besok...usahakan bila diakhir lomba senar dibersihin...kalau sampai rumah baru dibesihin lagi dng air yg bersih or di lap ma kain bersih...kadang2 kita males selesai mancing set arsenal and langsung taruh di tas...jadinya senar sering ketas or putus disaat kita mancing lagi...!!! and siapkan pumbul plampung, rangkaian kail and peralatan lain yg diusahakan tersedia dlm box peralatan mancing...!!!jangan lupa bawa korang yg panjang...bedanya korang pendek and panjang adalah bila yg pendek ikan akan bisa kehabisan oksigen karena korangpendek and letaknya pun hanya brapa jengkal di kedalam empang kl korang panjang ikan bisa berenang and akan dapat oksigen yg banyak..!!!
8. Faktor Baskom and lap tuk umpan : usahakan baskom bawa 2 (dua) dr rumah...1 buat umpan and 1 lagi buat cuci tangan kl gak pake sarung tangan...gunanya hanya tuk supaya sisa2 umpan yg biasa menempel di tangan gak kecampur dng umpan di baskom...lap tangan and and sterilkan!!!
9. Faktor Dan Lain-Lain (DLL) : faktor dan lain2 ini dimasud adalah bila kita mau berangkat mancing kita kudu mandi dulu and jangan lupa sisa sabun ditangan dibersihin dulu...sampai di empang...ambil air empang lap2 and bersih2 dng air empang kudu itu karena tangan kita bisa menyatu dng alamnya empang (katanya sich), hindarkan bila kawan sebelah ngasih permen mentos dll (:D) krn berakibat tangan kita terkontaminasi dng bahan2 yg tidak disukai oleh ikan...!!
10. Faktor Tehnik mancing : perhatikan pumbul bila berada di tengah blower...usahakan kalau empang tidak rata and masih ada tanahnya..pakai penyangga besi yg dibuat spt huruf Y...kalau dpt empang yg sudah di beton yah letakan saja joran kita diatasnya...biasakan dng melihat rembesan2 ikan...and jng lupa berdoa sebelum memulai aksinya..!!!

SEKIAN AND TERIMA KASIH..!!:rolleyes:

myro_myth
30-10-2008, 12:50
Pak Bam_gdar sy tambahkan ya…Sebelum lomba terapkan strategi berikut; jika empang lomba yang bakal jadi arenanya belum pernah anda datangi. Carilah keterangan sebanyak-banyaknya tentang karakteristik empang, tempat-tempat terbaik yang dapat dibuat titik (hotspot) pelemparan umpan, kedalaman air, warna air, umpan yang biasa dipakai dan hal-hal lainnya yang perlu diketahui. Tanyakan pada teman atau pemancing lain yang pernah berlaga di sana, pada kedi atau kenek pancing yang mangkal di empang tersebut atau sekalian saja datangi (survey) lokasi mancing sebelum hari lomba. Bila semuanya telah jelas, jadikanlah keterangan-keterangan tadi sebagai modal dasar pengetahuan agar tidak canggung lagi sewaktu lomba. Sebagai tambahan, persiapan-persiapan yang diurai diatas tadi juga merupakan strategi sebelum lomba.
STRATEGI SAAT LOMBA


Pada saat lomba, yang menjadi strategi penting yaitu:

Datanglah satu jam sebelum lomba dimulai.
Lengkapi alat atau umpan yang belum dipunyai.
Siapkan peralatan pancing, periksa kembali kenur, ikatan, mata kail sekali lagi.
Buat umpan yang akan digunakan dan telah siap 15 menit sebelum lomba.
Setelah pengundian lapak, segera bawa semuanya ke sana.
Lempar pancing tanpa kail untuk mengukur kedalaman air.
Bila diijinkan melempar bom, lemparlah umpan bom ke tempat yang potensial.
Saat tanda lomba dimulai teruskan menebar umpan bom pada titik potensial lain.
Lontarkan pancing, ke tempat yang telah diberi umpan tebaran.
Jangan ragu menarik pancing dan melemparnya lagi ke tempat tersebut.
Jangan tergganggu oleh lapak tetangga yang telah lebih dulu manarik umpan.
Bila di salah satu titik, ikan mas telah makan maka teruslah untuk memancingnya di situ.
Ikan rame cenderung liar, usahakan jangan melewati lapak orang lain.
Kusut atau saling terkait kenur adalah sesuatu yang wajar, mintalah maaf jika terjadi.
Pada titik potensial (hotspot) yang sudah jadi, ikan akan terus berkumpul selama umpan di dasar ada.
Titik potensial (hotspot) yang sudah jadi ditandai oleh gelembung atau coklatnya air.
Teruskan mancing di titik tersebut hingga ikan-ikannya tidak lagi menyambar umpan.
Mulailah mencari titik lain yang tadi pagi sudah ditabur umpan.
Bila di semua titik jarang anda sambaran, coba perkecil bentuk umpan.
Atau coba gunakan rangkaian kail tunggal.
Bila tidak juga ada sambaran, biarkan saja dan bersantailah atau makan siang dahulu.
Buang umpan pagi hari dan aduklah umpan yang baru.
Lewat tengah hari kembali lontar umpan ke titik potensial pagi tadi.
Biasanya ikan akan kembali galak memakan umpan.
Jangan dilupakan titik potensial yang lain, cobalah melemparnya ke sana.
Bila mendapat ikan besar, cobalah untuk tenang menghadapinya.
Jangan gugup, mintalah maaf bila ikan melarikan diri ke lapak sebelah.
Timbang segera ikan bila dirasakan dapat masuk nominasi.
Jangan putus asa, berusahalah terus dan jangan segan mencoba trik-trik lain.
Bila lomba usai, kemasi peralatan dan jangan sampai tertinggal.
Bila belum berhasil jangan kecewa dengan apa yang dicapai hari ini.
Pelajari apa yang jadi penyebabnya untuk kesuksesan di lain hari.

bam_gdar
30-10-2008, 13:00
Makasih kang atas tambahannya..mudah2an info ini bisa berguna buat teman2 kita yg hobi main lomba...!!tanks atas tambahan infonya!!! ada lagi yg mau menambahkan???:rolleyes::rolleyes:

myro_myth
30-10-2008, 13:12
Ok sama2 Kang Makasih Juga atas Tips-nya, sesama pemacing dilarangan saling mendahului....:)

bam_gdar
30-10-2008, 13:44
Ok sama2 Kang Makasih Juga atas Tips-nya, sesama pemacing dilarangan saling mendahului....:)
sesama pemacing dilarangan saling mendahului <--- disamaain ma metromini :D:D

awaludin_arif_sujatmoko
30-10-2008, 14:47
sori nih kang... soal yang no 1 itu loh (hoki)... kira2 bisa dirubah ga yah? masalahnya kalo soal mancing bener2 aku cuma hobi doang palagi bikin umpannya (walau bini sering teriak2.. mixer ga boleh dipake, gas naik ngerebus jangan lama2, bersihin bekas2nya... palagi kalo pake telor bebek...amis!!! katanya)
kalo soal dapetnya sih... temen2 ku pada tau semua, julukan ku pemancing djisamsoe, soalnya kalo mancing dapetnya paling 2, kalo ga 3 kadang empat... jarang banget tuh dapat di atas sepuluh... suka juara tapi ya gitu dapetnya ga jauh dari 234... mungkin kena tulah dari istri, ibu ama nenek kali yah... kalo ketemu tuh orang tua pesennya cuma dua kurangin ngerokok sama jangan mancing mulu... susah kita kena tuah manjur kaya gitu...

bam_gdar
30-10-2008, 15:16
Kang Arief...orng mancing itu pertama2 adalah hobi duluan...selanjutnya juga akan menjadi kebiasaan dech...begitu juga dng kita meracik umpan...dr sekedar hobi akhirnya kita jd kebiasaan membuat umpan...ada juga pemancing yg tadinya sekedar hobi toch akhirnya malah menjadi mata pencariannya...!!

Hoki tidak bisa dirubah...kalau meracik umpan bisa kita ubah...krn hoki memang dasarnya adalah kemujuran...kemujuran dapat lapak bagus and umpan cocok (karena ikan mengumpul di palak dia)..!!!ok!!!

Imey
30-10-2008, 16:15
Wahh terimakasih atas pencerahannya dari Mas Bam dan Mas Myro diatas ..sangat membantu sekali buat saya dan rekan-rekan FF..
Cuma mau tanyak banyak..he he
Peryanyaan pertama:
- masukan umpan dlm alumunium foil and tutup yg rapat !!
Untuk umpan yg bahan dasar lembek atau kenyal mungkin agak mudah ..tapi untuk bahan dasarnya yang agak cair seperti Umpan si MaduI (agak cair karena pakai susu bantal dll) apa masih bisa pakai aluminium foil ???
Pertanyaan kedua:
-tapi jng lupa tiup plastik menjadi besar !!
Ketika umpan dimasukan plastik dan dikukus plastik biasanya mengembang malah kalau plastiknya tipis kadang suka pecah..sehingga umpan berserakan ketika dikukus ..apa ketika ketika umpan akan di kukus plastiknya ditiup dulu ngak akan tambah memuai atau plastiknya cepat pecah/meletus..???

mohon ma'af banyak tanya biar ilmu saya bertambah....
Sekali lagi trims atas berbagi ilmunya yg sangat berguna sekali..

Salam

Imey

dapp04
30-10-2008, 22:05
Wahh... Mantab tuh infonya mas Bam n mas Myro....
Tapi ada yg saya mau tanya lg nih Bro!!
1. Pengukusan umpan pake plastik 1kiloan aja gimana? apakah tidak bagus/efektip?
2. Penggunaan Kroto lebih baik dicampur dgn adonan trus di kukus ato kukus adunan aja, biar pemakaian kroto ditutul-tutul aja waktu mulai mancing??
3. Apa emang ada yg jual Kroto beras/super/murni, tanpa ada semut2 item ato coklat dan kapsulnya??(kalo ada dimana yg jual yah??)

Tolong dibantu yah bro.... msh binun nih
thanks
DaPp_____

bam_gdar
31-10-2008, 09:35
Tapi ada yg saya mau tanya lg nih Bro!!
1. Pengukusan umpan pake plastik 1kiloan aja gimana? apakah tidak bagus/efektip?
2. Penggunaan Kroto lebih baik dicampur dgn adonan trus di kukus ato kukus adunan aja, biar pemakaian kroto ditutul-tutul aja waktu mulai mancing??
3. Apa emang ada yg jual Kroto beras/super/murni, tanpa ada semut2 item ato coklat dan kapsulnya??(kalo ada dimana yg jual yah??)

Ane jawab pertanyaannya yah mudah2an puas ..!!
1. Pengukusan umpan pake plastik 1kiloan aja gimana? apakah tidak bagus/efektip?
1. Memang ane jg sering mengkukus umpan hanya menggunakan plastik kiloan saja...tapi dlm kenyataannya sering dijumpai jikalau airnya asat or habis maka plastik akan menempel and akibatnya plastik akan menjadi bocor....jikalau menggunakan alumunium foil...bila plastik kita bocor...maka air yg masuk ke dalam plastik kiloan tidak akan masuk ke dalam alumunium foil yg tertutup rapat maka antisipasi alumunium foil ini gunanya selain tuk membuat aroma adonan umpan tidak keluar...akan membuat umpan yg berada di dalamnya menjadi matang merata and kita tidak perlu lagi membolak-balik umpan...karena matanya umpan didalam alumunium foil akan menjadi rata.
2. Penggunaan Kroto lebih baik dicampur dgn adonan trus di kukus ato kukus adunan aja, biar pemakaian kroto ditutul-tutul aja waktu mulai mancing??
2. Kroto kalau langsung dicampur dng umpan...kadang2 kroto yg kita beli kualitasnya bagus or gak...kadang2 kita dpt sisa kroto yg kualitasnya buruk...antisipasi dng memanaskan kroto dng air panas selama 2 menit baru kroto kita masukan ke dalam adonan...kalau dicampurkan ke dalam umpan langsung kadang2 kita menjumpai umpan yg sering basi...walaupun kroto sudah di kukus bersama umpan...!!!
3. Apa emang ada yg jual Kroto beras/super/murni, tanpa ada semut2 item ato coklat dan kapsulnya??(kalo ada dimana yg jual yah??)
3. Banyak kok yg jual kroto2 beras/super/murni...!!! biasanya kalau kroto super adalah kroto pilihan yg sudah di bersihkan and biasanya juga kroto jenis super harganya pun relatif lebih mahal dr kroto biasa dikarenakan ampas rang-rang and kotoran and kapsul yg biasa kita temui di besek itu sudah tidak ada alias sudah bersih and biasanya juga kroto super masih fresh sekali. Di Jatinegara kalau kita mau kesana disarankan pagi2 buta jikalau mau beli kroto super kualitas bagus.
Kalau kita menggunakan 2 fungsi kroto tuk mancing 1. untuk dicampurkan kedalam umpan 2. kita sisakan tuk tutul umpan...usahakan kroto kita rendam dulu kedalam air hangat sebelumnya kita bersihkan semua kotoran2 yg menempel di kroto tsb..!!!
- masukan umpan dlm alumunium foil and tutup yg rapat !!
Untuk umpan yg bahan dasar lembek atau kenyal mungkin agak mudah ..tapi untuk bahan dasarnya yang agak cair seperti Umpan si MaduI (agak cair karena pakai susu bantal dll) apa masih bisa pakai aluminium foil ???
Kegunaan alumunium foil selain bisa mengkukus umpan padat...bisa juga dipergunakan tuk umpan yg cair...misalkan umpan kita buat adonannya mengandung kekentalan and banyak menggunakan air...bentuk alumunium foil menjadi spt gelas or pergunakan wadah alumunium (spt gelas dll) and kita bentuk dech alumunium foil ke dalam wadah tsb agar bisa memuat bahan2 cair tsb..kalau gak mau pusing...kan ada penanak / pengkukus kue yg terbuat dr alumunium juga bila kita menjumpai di pembuatan kue or rumah tangga...pengkukus moderan dng air di bawahya and ada penyekat alumunium juga...alumunium foil bisa kita taruh diatasnya...baru kita tutup rapat spt kita membuat kue yg caranya di kukus.
-tapi jng lupa tiup plastik menjadi besar !!
Ketika umpan dimasukan plastik dan dikukus plastik biasanya mengembang malah kalau plastiknya tipis kadang suka pecah..sehingga umpan berserakan ketika dikukus ..apa ketika ketika umpan akan di kukus plastiknya ditiup dulu ngak akan tambah memuai atau plastiknya cepat pecah/meletus..???
Cara diatas dng mengembungkan plastik kiloan adalah agar udara tidak masuk and jikalau kita riskan karena takut plastik kita bocor maka bisa kita doubelkan/di lapas lagi dng plastik kiloan...!!!

Mudah2an puas yah...:D:D!!

dapp04
31-10-2008, 19:23
Tengkyu nih mas Bam, Atas pencerahanya...
Insyaallah besok miggu saya mau ikutan lomba kecil2an, sy akan praktekin tuh tehnik ngukus pake almunium foil dan ikan pisang-pisanganya (kalo dapet)
Doakan saya yah....
thanks

Dapp________

coy2cute
31-10-2008, 21:48
Tengkyu nih mas Bam, Atas pencerahanya...
Insyaallah besok miggu saya mau ikutan lomba kecil2an, sy akan praktekin tuh tehnik ngukus pake almunium foil dan ikan pisang-pisanganya (kalo dapet)
Doakan saya yah....
thanks

Dapp________


Good Luck bro....
Jangan lupa Reportnya ya, biar gw bisa praktekin juga. BTW mang lomba di mana pren??

dapp04
01-11-2008, 15:49
Mungkin di daerah pondok kopi or bintara (blakang idomart bintara)
ada lomba 65k, hadiah 250k. lmyn buat tes umpan bro...
Ikan pisang-pisangan gak dapet lg.... terpaksa pake tongkol nih...

dapp_____

takasima
01-11-2008, 21:44
tengkyu para master penjelasannya sangat sangat menbantu sekali mudah mudahan untuk trip mancing berikutnya no boncos any more...he..he..he..

Imey
03-11-2008, 08:16
Hatur nuhun pencerahannya Mas Bam....:smt023:smt023

erwinrizal
03-11-2008, 14:03
Maaf nih... boleh ya nambahin dikit.

Kalau saya, bila umpan yang matang setelah di kukus (kalo ngukusnya malam sblm mncng), maka ngga langsung di angkat, tapi di biarin aja di tempat pengukus...
Nah paginya pas baru mau berangkat mancing tuh baru dah umpanyya diangkat dari tempat pengukus, jadi kan umpan masih tetap hangat tuh.

Gitu aja. tks

silumba_lumba
03-11-2008, 21:46
para senior mohon infonya : sy masih asli newbie untuk masalah mancing, empang , kemarin iseng iseng liat kolam di PIk .
pertanyaannya :
1. apakah perlu kita memakai kedi and berapa kita harus bayarnya ?
2. tugas kedi ngapain aja sih.....?
thanks ya......sebelumnya

bam_gdar
04-11-2008, 09:22
para senior mohon infonya : sy masih asli newbie untuk masalah mancing, empang , kemarin iseng iseng liat kolam di PIk .
pertanyaannya :
1. apakah perlu kita memakai kedi and berapa kita harus bayarnya ?
2. tugas kedi ngapain aja sih.....?
thanks ya......sebelumnya
Yah sebenarnya pemakaian kedi disini adalah orng yg bertugas tuk membantu kita di arena lomba, diantaranya tugas kedi adalah :
1. Membuat umpan (jikalau kita tidak membuat umpan dr rumah)
2. Membuka ikan disaat kita mendapat ikan.
3. Membuka kail and memasang kembali kail.
4. Memasang kail yg sudah siap (kail yg sudah termasuk umpan)
5. Memberi arahan dimana ikan berada and memberi aba2 jikalau umpan dimakan ikan.
6. Ikutan mancing bila dlm 1 lapak bila memakai 2 joran
7. Ikut menyerok ikan and menimbang bila kita mendapat ikan super
8. Mengangkat hasil (ikan)tuk dimasukan ke dalam mobil.

Sebenarnya kedi itu dibilang perlu yah perlu dibilang tidak yah tidak...dibilang perlu apabila kita dtng ke arena lomba kita hanya seorang diri...sedangkan biasanya kita mancing di lomba...1 lapak menggunakan 2 joran...pastikan 1 joran nganggur sedangkan peserta lain mungkin membawa teman...kita bisa pergunakan jasa kedi tuk membantu kita dlm memancing di arena lomba..!!

Kalau tuk berapa bayaran kedi...kita kudu tanya ma panitia penyelenggara dulu brapa biasanya kedi dibayar...kalau gak yah serelanya kita lah...tung2 kita kasih tips yg lumayan besar biar kalau besok kita mancing lagi kita bisa memakai kedi tsb.

Tapi jng lupa : kedi perannya sangat penting bila kita memakai kedi diarena lomba...usahakan diservis yg bagus...pasti kedi akan menservis kita juga lebih baik...diberi rokok...makan siang and pulang kita kasih tips yg sekiranya berkenan dihatinya...jikalau kita mendapat juara and uang hasil juara tsb...sisihkan 10% buat kedi (diluar tips)..!!

Semoga anda puas dng jawaban ini..!!:smt055

bam_gdar
04-11-2008, 09:35
Maaf nih... boleh ya nambahin dikit.

Kalau saya, bila umpan yang matang setelah di kukus (kalo ngukusnya malam sblm mncng), maka ngga langsung di angkat, tapi di biarin aja di tempat pengukus...
Nah paginya pas baru mau berangkat mancing tuh baru dah umpanyya diangkat dari tempat pengukus, jadi kan umpan masih tetap hangat tuh.

Gitu aja. tks
Tank's kang erwin atas tipsnya...memang kalau dlm tehnik mengkukus jikalau kita tidak mau repot2 (setelah membuat and meracik umpan disaat mlm) kita bisa menggunakan tehnik yang kang erwin utarakan diatas...ini semua tergantung dr tehnik and selera kita...!!!

bam_gdar
04-11-2008, 09:55
Mungkin di daerah pondok kopi or bintara (blakang idomart bintara)
ada lomba 65k, hadiah 250k. lmyn buat tes umpan bro...
Ikan pisang-pisangan gak dapet lg.... terpaksa pake tongkol nih...

dapp_____
Duch sayang sekali ikan pisang2an tidak dapat kang...kalau tuk penggunaan tamabahan ikan tongkol...daging ikan tongkol bau amisnya sangat pekat sekali...dulu ane sering pake daging ikan tongkol dlm penambahan umpan..tapi gara2 memakai daging ikan tongkol...rasa and keampuhan keju menjadi hilang....mangkanya ane cara daging ikan apa yg sekiranya bau amisnya tidak terlalu menyengat...ternyata di dalam daging ikan pisang2an tidak mengeluarkan bau amis...and penambahan keju yg kita campur jd tidak sia2...!!!!coba dech kalau mau mancing lagi...usahakan dpt ikan pisang2an and buktikan sendiri perbedaan dng ikan2 laut yang lain...!!!:rolleyes:

Imey
04-11-2008, 14:00
Duhh susahnya nyari ikan pisang-pisangan..padahal mau saya uji untuk lomba..udah nyari ke pasar tradisional pagi sekali tapi engga dapet ..paling ikan kembung basah, kakap dll..mau ke pasar ikan di Bandung engga ada pasar ikan...he he..
apa engga bisa pakai alternatif lain selain ikan pisang-pisangan...misal pakai ikan kembung basah atau mujair..??

Thanks sebelumnya Mas Bam

bam_gdar
04-11-2008, 14:21
Duhh susahnya nyari ikan pisang-pisangan..padahal mau saya uji untuk lomba..udah nyari ke pasar tradisional pagi sekali tapi engga dapet ..paling ikan kembung basah, kakap dll..mau ke pasar ikan di Bandung engga ada pasar ikan...he he..
apa engga bisa pakai alternatif lain selain ikan pisang-pisangan...misal pakai ikan kembung basah atau mujair..??

Thanks sebelumnya Mas Bam
Kan ane bilang td diatas...tuk jenis ikan pisang2an memang sedikit susah karena pemancing sudah pada tahu akan kegunaan daging ikan pisang2an ini...!!! sebenarnya tuck pemakaian ikan2 yg lain sudah ane coba...hasilnya kurang memuaskan sekali kang Imey...tidak segalak kita memberikan tambahan daging ikan pisang2an ini...kalau mau kang imey mendingan pesan saja ke tk ikan...jenis ikan pisang2an and atur waktunya kapan mau diambil...pasti si-tkng ikan akan menyanggupi dech...!!!!coba anda ramu sendiri dng menggunakan jenis ikan yg lain...hasilnya spt apa???dng mempergunakan jenis ikan pisang2an hasilnya spt apa pula???akan terjawab setelah and tahu and mengelola umpannya...buktikan!!!

hariku19
04-11-2008, 15:23
Waduuuh pokoknya kalo Pak bambang yg ngasih artikel ....... bakalan top dan panjaaaanng banget, apalagi disertai dengan cara dan solusinya sampe sy males ngabacanya, di tambah dari bro myro soal tip mancing ..... weleh weleh, sy sih mancing tinggal mancing aja .....

anyway salut untuk Pak bambang untuk artikel ini

mardi_ruhendi2
04-11-2008, 16:13
Mas bambang ikan pisang2 an itu kira2 bentuknya mirip ikan apa ya??? terus jenisnya tawar apa laut thanks atas penjelasannya mas...:confused:

bam_gdar
05-11-2008, 15:10
Wakakkaak...bisa saja nich Kang Hari....!!ngemeng2 kemana aje nich???ngk kedengeran postya???gmn mau mancing di Aman Jaya???yuk kita janjian ma Kang didi...kita ubek di epang???

Buat Kang Mardi :
Ikan Pisang2an adalah jenis ikan laut...bentuknya agak buntek spt ikan cuek...tidak besar tidak kecil...warna dasar adalah merah di dekat sirip atas...bisa dijumpai di pasar pelelangan or di psr ikan...!!!ada kok picnya...!!!

hariku19
05-11-2008, 16:02
[quote=bam_gdar;257723]Wakakkaak...bisa saja nich Kang Hari....!!ngemeng2 kemana aje nich???ngk kedengeran postya???gmn mau mancing di Aman Jaya???yuk kita janjian ma Kang didi...kita ubek di epang???

Sy masih di FF terusss, sering jg sy bales thread rekan2 FF jadi masih tetep online di FF ini........
sy di PM ama kakang soal acara di Cinangka kemarin cuma Maaf sy enggak ngikut, akhirnya mancing sorangan di kolam langganan daerah TMII seklian nyoba2 umpan buatan pak bam dan temen2 di FF ini,

tp saat ini sy lagi tertarik ngebaronang/ikan2 laut alias mancing di laut, sbb kemarin sebelum pulang kampung mau mancing di daerah jogja selatan ( laut selatan ) sy belanja arsenal buat di laut :D:D cuman yg murah meriah aja.,
sy mau coba ikan liar .... x aja tarikannya maaak wuuuuttt...gitcuuu. tp tetep di kolam mah enggak di tinggalin sbb cuaca skrg enggak mendukung banget buat kelaut. beberapa minggu yg lalu sy ngetrip ke pinggiran/batrean.

boljug tuh ke aman jaya.....ama pak didi lagi ( sekalian mau nanya soal tegeg dll )....weleh2 suhu semua nih.... sy ntar minder deh kalo begini .... tp reel buat di empang di pinjem satu ama temen yg ada reel buat kelaut..mana itu reel ukuran/type nya gede banget pak bam ..... gmn atuh..... tp boleh lah. sy tunggu ajakan trip nya lho pak bam..

SLY
05-11-2008, 16:35
wah ilmunya byk bgt nih..
thanks yah for sharing..
salam strike..!!!

cakandar
05-11-2008, 16:59
Salam kenal Pak Bambang,
Saya termasuk pemancing lomba pemula...tolong tanya mau lihat gambarnya ikan pisang2an ada dimana ya ?
Terus mungkin bisa dibantu kalo di Sby misalnya nama ikan ini apa ?
Kemudian cara memakainya dalam umpan seperti apa ya?

Terima kasih, maaf kalo mengganggu.....:)

silumba_lumba
05-11-2008, 21:06
Yah sebenarnya pemakaian kedi disini adalah orng yg bertugas tuk membantu kita di arena lomba, diantaranya tugas kedi adalah :
1. Membuat umpan (jikalau kita tidak membuat umpan dr rumah)
2. Membuka ikan disaat kita mendapat ikan.
3. Membuka kail and memasang kembali kail.
4. Memasang kail yg sudah siap (kail yg sudah termasuk umpan)
5. Memberi arahan dimana ikan berada and memberi aba2 jikalau umpan dimakan ikan.
6. Ikutan mancing bila dlm 1 lapak bila memakai 2 joran
7. Ikut menyerok ikan and menimbang bila kita mendapat ikan super
8. Mengangkat hasil (ikan)tuk dimasukan ke dalam mobil.

Sebenarnya kedi itu dibilang perlu yah perlu dibilang tidak yah tidak...dibilang perlu apabila kita dtng ke arena lomba kita hanya seorang diri...sedangkan biasanya kita mancing di lomba...1 lapak menggunakan 2 joran...pastikan 1 joran nganggur sedangkan peserta lain mungkin membawa teman...kita bisa pergunakan jasa kedi tuk membantu kita dlm memancing di arena lomba..!!

Kalau tuk berapa bayaran kedi...kita kudu tanya ma panitia penyelenggara dulu brapa biasanya kedi dibayar...kalau gak yah serelanya kita lah...tung2 kita kasih tips yg lumayan besar biar kalau besok kita mancing lagi kita bisa memakai kedi tsb.

Tapi jng lupa : kedi perannya sangat penting bila kita memakai kedi diarena lomba...usahakan diservis yg bagus...pasti kedi akan menservis kita juga lebih baik...diberi rokok...makan siang and pulang kita kasih tips yg sekiranya berkenan dihatinya...jikalau kita mendapat juara and uang hasil juara tsb...sisihkan 10% buat kedi (diluar tips)..!!

Semoga anda puas dng jawaban ini..!!:smt055
thanks atas pencerahaannya ya......