PDA

View Full Version : Harian Umpan Kentang Bundar



bam_gdar
10-11-2008, 09:57
Uji coba resep baru, tapi tidak jauh berbeda dng bahan utamanya dari umpan keju kirong I & II..!! cuma disini kejunya diganti dng keju import lain...!!! bisa dipakai keju apel dll (pokoknya keju import padat bukan keju mayones).

Bahan-bahannya :
1. 3 Kentang bulet yg agak besar
2. 1 sascet dancow putih
3. 1 sendok beras ketan rosebrand
4. 3 butir telur ayam negri (ambil kuningnya saja)
5. Ikan Pisang2an 4 potong
6. Semua jenis Keju Import (terserah pake yg mana) potong 1/4
7. 2 ons kroto
8. 3 butir telur ayam negri (ambil kuningnya)
9. Alumunium foil
10. 2 bks Indomie rebus (blender jd bubuk buat pengeras)

Caranya :
Kentang kita kupas...potong2...masukan kentang ke alumunium foil and kukus sampai matang (pengkukusan lamanya 1/2 jaman). Angkat and dinginkan...siapkan alat tumbuk...tumbuk kentang yg sudah dingin menjadi lunak semua (memang agak lengket sedikit) kalau gak mau ditumbuk blender saja kentangnya.

Ikan Pisang2an kita cuci bersih...buang kepalanya...masukan ke alumunium foil..kukus ikan pisang2an sampai matang...lamanya kira2 20 mnit...angkat and dinginkan...sudah dingin...pilih daging pisang2an...kembali kita tumbuk menjadi halus...

Ambil baskom...masukan kentang tumbuk...campurkan kuning telur 2 butir and aduk tambahkan sedikit demi sedikit 1 sacet dancow putih...aduk merata and tambahkan 1 sendok mkn beras ketan + parut 1/4 potong keju import...aduk sampai tercampur semua bahan......aduk lagi sampai kepekatan umpan menjadi satu and rata.

Kroto kita bersihkan...ambil plastik kiloan or panaskan dng air panas sebentar (waktu 2 menit saja)...angkat and tiriskan airnya.

Adonan yang didalam baskom....kita campurkan kroto + daging pisang2an yg putih aduk and masukan ke dalam alumunium foil..bunkus menjadi 2 umpan (hasilnya memang menjadi 2 bks umpan krn penambahan kroto + daging pisang2an)...kukus selama 1 jam...setiap 15 menit umpan yg didalam alumunium foil kita bolak - balik...!!! setelah 1 jam...umpan dinginkan...!!!

Kalau tuk pembuatan umpan mlm hari...biarkan umpan dlm tempat kukus..kl mau mancing pagi kita tambahkan air and kukus sebentar (waktu 2 menit saja) and angkat...biarkan umpan dlm alumunium foil..setelah kita sampai di empang...kita mau ikutan lomba buka 1 bungkus umpan yg didalam alumunium foil...waktu dibuka akan tercium aroma umpan yg bagus...aduk didlm baskom..and umpan sudah siap..kalau mau lebih yaduh lagi...beli kroto buat cuculannya...(hati2 pencampuran koto cucul...jng disatukan ke dalam umpan takut2 krotonya bau jd umpan kurang jalan)..!!

Bila umpan kurang kuat daya rekatnya...campurkan pengeras dng bubuk indomie..!!

Umpan ini efektif sekali bila kedaaan air warna coklat...karena aroma umpan sangat wangi aroma dikarenakan pencampuran daging pisang2an sangat kentara di umpan ini.

Report :
Umpan ini sudah dibuktikan and diturunkan hari minggu dengan ikut serta lomba mancing di Pinang Ranti mengangkat 19 ekor ikan rame + 1 ikan induk super seberat 2,4 kg.

Tuk mencari ikang pisang2an...ane dpt di Giant Kalibata and cari di Pasar Krmt. Jati (mlm adanya) dekat pemberhentian Busway...!! Kejunya pake keju Import lain spt keju apel dll...potong 1/4 saja..!!!

Demikian Umpan Kentang Bundar sudah ane bikin and sudah dibuktikan di empang lomba di Pinang Ranti...ikan makan umpan ini sangat bagus...terutama keadaan air coklat umpan sangat efektif sekali.

Tank's:smt055

zal_boy
10-11-2008, 10:10
bos... kalo kentangnya diganti jagung kira2 masih mantap gak?? coz ditempat saya biasa mancing yg paling maknyus itu pake jagung :confused:

bam_gdar
10-11-2008, 10:17
Ane gak pake jagung..cuma pake kentang saja...bikin umpan lain dari pada yg lain...kalau mau pake jagung gak apa2...cuma pakenya jng banyak2 cukup 3 or 4 bongkol saja...tapi mendingan pake kentang gampangan and ngupasnya juga gak susah hii...!!!tapi ada sedikit perbedaan kalau pake jagung and kantang :

Kalau memakai jagung warna dasar umpan menjadi kuning
Kalau memakai kentang warna dasar umpan menjadi putih

Itu saja sich perbedaanya...!!

sigit_susilo
10-11-2008, 11:41
bos... kalo kentangnya diganti jagung kira2 masih mantap gak?? coz ditempat saya biasa mancing yg paling maknyus itu pake jagung :confused:

Judulnya saja umpan Kentang... kalo diganti jagung.... judul asli jadi berubah... umpan jagung atau umpan kuning....:D

saiful
11-11-2008, 08:58
Hebat bener Master kita nyeng atu ini....aaada aja idenya & setiap ramuanya selalu membawa ke predikat juara/nominasi....salut..salut...salut.

Kl dilihat dr berbagai campuran kayaknya ikan pisang2an yg punya peranan yg paling penting yach Mas Bams???...ramuan tersebut cocok digunakan pada empang berair coklat....punya ramuan utk empang yg berair hijau ga mas Bams???...kayak di Kaseno gitu???..

Satu lagi Mas bams & semoga salah.....untuk kentang sebagai campuran pokok apakah umpan tidak akan menjadi cepat basi???...saya pernah menggunakan kentang sebagai campuran pokok pada umpan, tapi umpan tersebut cepat banget basinya & kebetulan saya mancingnya malem..umpan sy ga tutupin apa2, umpan makin lama makin lembek aja..padahal pertamanya kekenyalannya udah pas....umpan dengan bahan kentang ini memang lumayan jalan ditempat saya mancing, setelah agak lembek ikan berhenti makannya....kenapa yach????

bam_gdar
11-11-2008, 09:48
Kang Saiful...kentangnya di kukus 2x kang...pertama kita kukus supaya lunak and di tumbuk...kedua...kita kukus kembali bersama campuran2 bahan2 tambahan spt kroto, dancow, beras ketan and keju...dijamingak bakalan basi kang...ane saja kemarin mancing sampai jam 04.00 umpan masih sisa lumayan tapi gak basi...lagi pula krotonya juga ikutan gak basi...!!!

Sebenarnya umpan ini juga bisa di air hijau kang...tapi lebih bagus makan ikan itu air coklat...tapi ane yakin 100% umpan ane ini bisa di jangkau di air hijau spt di kaseno..buktikan dech kang...nanti ente kasih report apa2 kekurangan umpan ini...pokoknya sesuai dng petunjuk bapak presiden xixixiix spt celotehan diatas kang saiful...dijamin 100% umpan gak akan basi and mengangkat ikan banyak...

Sebetulnya dari ciri khas umpan ane ini...bener apa yg kang saiful katakan diatas...peran dominannya ada pada ikan pisang2an...tapi faktor kejunya juga dominan...kalau dpt keju kirong itu lebih bagus...tapi banyak kawan kita yg sulit mencari keju kirong jdnya ane ganti dng keju import lain tapi kalau penggunaan keju kraft ane gak yakin banget 100%...tapi kalau kang saiful pake keju import specila (merk apa saja, mis : keju apel dll) ane jamin dng ramuan ini ente bisa ngakat itu ikan di kaseno..!!!

bam_gdar
11-11-2008, 10:26
Satu lagi Kang...takarannya kudu pas banget...kalau keju import berbentuk kotak pemakaiannya adalah dng memotong menjadi 4 bagian...pake 1 potong saja...sisanya bisa ditaruh di kulkas jng dimasukan di freser nanti beku and repot...masukan di kulkas tingkat 2 saja...!!!

Nich ane kasih penjelasan mengenai umpan ini, and semua cara2 pembuatan umpan yg ane buat selama ini..!!
1. Bahan Dasar : jenis2 bahan spt kentang, jagung, talas, umpan jadi pak ikin, singkong, Indomie, Pelet dll...adalah bahan tambahan yg berguna hanya tuk pembentukan umpan (baik tuk umpan kuning or putih) disini bahan2 spt diatas itu hanya bersifat sebagai penambahan saja...bukan bahan2 pokok...karena bahan2 diatas bisa kita ganti and kombinasikan dng pencampuran2 dng bahan yg lain and biasanya setiap kolam/empang di lomba, ikannya menyukai umpan warna apa???mungkin kuning : kita bisa buat dng bahan dasar jagung dll...or empang disini suka banget dng umpan putih...kita bisa buat dng pencampuran dng kentang or dng yg lain...jd bahan spt kentang dll itu hanya sebagai bahan dasar saja. Begitu juga dng bahan2 yg lain spt dancow, beras ketan, susu dll...itu juga termasuk dlm kategori bahan dasar saja. Begitu juga dng pengunaan telur ayam negri or bebek or kampung...ini sifatnya hanya tuk pembentukan umpan saja and perekat umpan and membuat aroma amis di umpan.
2. Bahan Utama : bahan ini adalah bahan2 yg harus ada and harus kita penuhi dlm tehnik pembuatan umpan, bahan2 utama itu spt apa??? keju...usahakan keju yg mengandung kualitas yg baik...baik dlm rasa and aromanya...biasanya pemancing membuat and merakit suatu umpan menggunakan keju padat, bukan keju mayones dikarena bahan keju cair (mayones) itu kurang efektif and biasanya juga umpan bisa akan menjadi basi karena efek samping dr pencampuran keju2 yg kualitasnya pun kurang bagus...knp ane bilang keju sbg bahan utama???dikarenakan keju merupakan bahan fital dlm tehnik pencampuran spy umpan kita bisa sempurna sekali and pastinya kalau umpan kita sempurna...pasti ikan akan makan dng lahap..!!
3. Bahan Utama lainnya : yang dimaksud dng bahan utama lainnya adalah bahan2 racikan yg mendukung dr bahan utama...diantaranya adalah spt : kroto..usahakan mencari kroto dng kualitas baik and biasakan pula dng merendam kroto 2x agar kroto yg akan dihasilkan tdk membuat umpan menjadi basi..kalau kita mempergunakan bahan dasar penambah aroma spt : ikan laut, essence or deho dll...kalau mempergunakan ikan laut...cari ikan yg aroma amisnya jng terlalu menyengat...kalau memakai essence takarannya harus tepat jng terlalu banyak or jng terlalu sedikit...begitu juga dng penggunaan deho...biasanya kita memakai deho mentah langsung dicampurkan kedalam umpan kita...and akibatnya umpn kita di siang hari menjadi basi...sebenarnya penyiasatan pemakaian deho bisa kita siasati dng cara : kalau kita buat umpan malam...deho kita buang minyaknya...tinggal dagingnya...kita taruh di plastik kiloan and kasih air panas sebantar...angkat and kemudian kita blender and masukan ke dalam plastik kiloan
buat pencampuran aroma amis di umpan...!!
4. Tehnik Pengkukusan : dalam menghasilkan umpan yg matang and kualitasnya baik and tidak mengurangi aroma dr umpan kita biasakan dng mengkukus umpan dng alumunium foil..or kalau gak kita kukus dng menggunakan plastik kiloan (tapi kalau menggunakan plastik kiloan resiko bocor 70% terjadi) sebaiknya pergunakan alumunium foil and lama pengkukus minimal 1/2 s.d 1 jam...umpan kita menjadi matang and umpan tidak akan basi sampai akhir acara lomba.

Demukian beberapa keterangan tehnik2 dari pembuatan umpan..mudah2an dpt diterima jikalau salah kata mohon dimaafkan...!!!

M-BEI
11-11-2008, 10:36
Salam kenal Pa Bam, .... thanks sharing umpannya pa, oia sekali-sekali di report dong pa ujicobanya gemana hasilnya!

thanks:smt055

bam_gdar
11-11-2008, 10:48
Salam kenal juga pak Iyek (weleh2 ini mah suhu mancing ane and kalau buat umpan memamang yahud wakakak)...sudah ane buat reportnya kang...!!!nanti ane sekali2 buat dng tambahan picnya kang...bahan2-nya ane pic...kebetulan banget ane mancing kagak mungkin bisa jepret sana-sini...pokoknya dijamin dech dng buatan umpan ane...setiap ane buat umpan...ane kasih report-nya (walaupun gak ada picnya) tapi kan itu semua tidak mengurangi keabsahan and hasilnya juga nyata om...!!!

rahardjoherutomo
12-11-2008, 12:44
Bos..... kalau memasak umpan yang benar itu direbus (umpan ditaruh diair mendidih) atau di kukus (umpan ditaruh di atas air mendidih) ... terima kasih ....

abu_yoga
12-11-2008, 13:01
Makasih resepnya mas Bambang...! Saya mo bikin tapi setengah resep biar ngirit... !! soale cuma pake 1 joran...

Salam-

bam_gdar
12-11-2008, 13:13
Bos..... kalau memasak umpan yang benar itu direbus (umpan ditaruh diair mendidih) atau di kukus (umpan ditaruh di atas air mendidih) ... terima kasih ....
Kalau mau umpan lebih matang...mendingan di kukus saja kang...pergunakan alumunium foil...letakan umpan didalamnya...tutup rapat2 and baru dikukus dng pengkukus kue...biasanya air dibawah...ada sekatan baru alumunium foil ditarud diatasnya...kalau pakai acara dikukus diatas air mempergunakan plastik kiloan...resiko bocor bisa terjadi kang...!!!:D

bam_gdar
12-11-2008, 13:17
Ok kang Abu...kemana wae nich?? kabarnya baik2 saja kan kang abu...!!! silahkan kang buat 1/2nya...nanti kalau sudah pake umpan ini tuk mancing bijimana reaksinya umpan ini dimakan ikan...nanti kalau umpan ini mantap kita buat buat acuan umpan...kalau sedikit kurang reaksinya baru kita kasih penambahan campuran dng bahan2 yg lain kang abu...tapi coba aja dulu...ane yakin kok...umpan ini disantap ikan..!!!

dapp04
12-11-2008, 16:12
Waduh.... mas Bam nih...
Umpan Keju Kirong II aja blom kita praktekin.... udah keluar edisi umpan baru lagi...
Pelan-pelan Ooommmmm.....

DaPp______

bam_gdar
13-11-2008, 10:44
Yah kang ali...maklumlah kadang2 manusia kepingin yg lebih sempurna...apalagi minggu kemarin dah dicoba umpan lain...timbul gagasan umpan baru...jadinya latah dech kepingin bikin umpan yg lebih lagi hiii...!!

sugenga
21-11-2008, 15:01
Sebagai pemancing pemula saya ucapkan terimakakasih kepada Mas Bambang atas inovasi umpan yang spectacular.
Dari mancing kiloan, saya ningkat ke mancing harian, kadang ikut lomba.
Berbekal dari ilmu yang sy dpt dari forum ini, saya jadi lebih pede dan gak pernah boncos.

Thanksss Massss:):smt109

bam_gdar
24-11-2008, 10:02
Makasih juga buat kang suggeng...!!yah begitulah kang di forum ini kita bisa memberikan info umpan dsb...buat rekan2 forum and kemajuan forum ini juga...!!salam kenal kang dari ane..!!

Among
28-11-2008, 19:24
kang bams ane mo coba buat resep yang ini , tapi ane gak dapet ikan pisang2an and kejunya ane pake keju apel,se moga aja umpan jalan diair warna hijau, untuk acara hari sabtu ada lomba deket rumah , nanti hasilnya ane report dech . thx

gentur_blacklotus
03-12-2008, 21:50
mas bams minggu kemaren ane coba umpan kentang bundar untuk mancing di daerah kalimalang nama empangnya sekar( telkomsel ) main 120rb cuma ada 15 lapak jadi cuma main babon aja ... paginya saya pake umpan itu cuma dapat 3 ekor tapi rembesan gila banget di hot spot cuma ikannya kurang makan paling cm sengol2 benang karena bingung ane iseng2 kasih sedikit biang susu lumayan nambah 7 ekor malalahnya yang makan bener ada 3 ekor sisanya 4 ekor lagi kena sengget kail .... itu kenapa bisa begitu ya ... apa karena ikannya jelek ato empangnya yang gak bagus ? .... untuk ukuran kemaren sih 10 ekor sudah termasuk hebat karena yang lain plg banyak 5 ekor ....

ane kukusnya pake plastik gak pake alumunium foil keju apelnya ane kasih 50 gram

mohon pencerahannya suhu

thanks

bam_gdar
04-12-2008, 08:43
mas bams minggu kemaren ane coba umpan kentang bundar untuk mancing di daerah kalimalang nama empangnya sekar( telkomsel ) main 120rb cuma ada 15 lapak jadi cuma main babon aja ... paginya saya pake umpan itu cuma dapat 3 ekor tapi rembesan gila banget di hot spot cuma ikannya kurang makan paling cm sengol2 benang karena bingung ane iseng2 kasih sedikit biang susu lumayan nambah 7 ekor malalahnya yang makan bener ada 3 ekor sisanya 4 ekor lagi kena sengget kail .... itu kenapa bisa begitu ya ... apa karena ikannya jelek ato empangnya yang gak bagus ? .... untuk ukuran kemaren sih 10 ekor sudah termasuk hebat karena yang lain plg banyak 5 ekor ....

ane kukusnya pake plastik gak pake alumunium foil keju apelnya ane kasih 50 gram

mohon pencerahannya suhu

thanks
Kang guntur...kalau dipakai biang susu lebih dahsyat lagi tuch umpan...kalau pake biang susu..tuk susu dancownya jng dipakai..karena tidak berdampak thp umpan...apalagi kalau di kukusnya pake alumunium foil...umpan lebih bagus aromanya...memang tukmemanggil ikan umpan ini bagus banget...cuma mungkin tuk pemakaian keju apelnya jng terlalu banyak..coba dikurangi 50 grm menjadi 30 gram saja...karena kandungan keju apel sangat pekat sekali...!!!:smt045tapi top sudah ngangkat 7 ekor..!!!:smt045cuma sekarang memang keadaan cuaca bisa empengaruhi makan ikan...kadang2 mendung...kadang2 terik..makan ikan sekarang kurang bagus..tapi kalau empang sudah dihujani 1x saja...tuch umpan baru terasa khasiatnya...!!

gentur_blacklotus
04-12-2008, 09:16
thanks banget kang bams ... soalnya minggu depan ane mau pake umpan ini buat lomba di Pemancingan Liung ( daerah Sumir ) yang kondisi airnya coklat .... untuk pemakain kroto buat di kukus apa cuma 2 ons dan harus di rebus dulu ? bisa lebih gak dan gak usah di rebus?soalnya kalo lihat kondisi kroto saat ini lagi bagus kalo kejunya di ganti sama keju particubes ( keju Putih ) bisa gak? bau keju ini kencang juga

thanks

bam_gdar
04-12-2008, 09:25
Tuk kroto lebih dr 2 ons lebih baik kang gentur...!!!cuma kalau mau kroto awet sampai sore...mendingan di kukus or di rebus saja dulu menghindari kroto basi..pernah ane alami...mancreng dng mengunakan kroto cocolan beli di panitia lomba 1 ons...pertama2 umpan jalan....cuma waktu siang umpan malah gak disenggol2 padahal rembesan ikan banyak...selidik punya selidik...taunya krotonya malah basi...ane masukin ke plastik kiloan...ane suruh caddy rebus...baru umpan jalan lagi...!!! jd mendingan krotonya di rebus aja kang...!! tuk pengganti keju...jilakau masih berbentuk padat silahkan saja kang..asalkan jng yg type keju mayones...masih agak riskan ane buat umpan pake keju mayones...kalau mau pake keju yg berbau agak menyengat...pemakaian sedikit saja kang...takut umpan malah gak jalan gara2 kejunya kebanyakan...kalau mau disiasati dng penggunaan keju yg terlanjur banyak....tambahkan lagi susu dancow or susu yg lain + tambahkan terigu or rosebrand biar aroma keju ternetralisasi...!!ok kang..!!

Kalau akang mau mempergunakan umpan PS yg memerlukan bajet agak basar (tapi hasilnya buanyak mengangkat ikan sampai umpan neter) dikarenakan pemakaian kroto yg lebih dr takaran yg kita punya...kalau mau biang susunya tuk pemakaian 50 gr keju...lebihkan sedikit biang susunya...kadar biang susu yg akan kita kukus menjadi daya tarik umpan sehingga umpan menjadi lebih bagus...mengundang ikan datang krn aroma umpan yg kita punya.

Apalagi keadaan air coklat...weleh2..umpan putih amis suangat dahsyat kang....kalau tuk penggunaan ikan pisang2an tuk air coklat ane saranin penambahan daging ikan pisang2an juga ditambahkan...nanti akang akan tahu dech ke dahsayat umpan ini...jng dikukus dng plastik kiloan...tapi coba dng alumunium foil dech sekali2 kang...umpan kita pakai sedikit demi sedikit saja...kalau umpan sudah jalan...baru penggunaan umpan + kroto cocolan harus kita perhitungkan..ane jamin kl pengkukusannya pake alumunium foil..sampai sore juga aroma umpan ngak bakalan hilang!!!

r0ch2
04-12-2008, 10:08
Salam kenal Mas Bam, umpan kentang bundar emang dahsyat sudah saya coba buat harian, lumayan setengah hari ngangkat 12 biji, padahal saya sudah lama banget gak mancing ampul he he he masih bisa gentak juga.

Mas Bam, umpan kentang bundar ini bisa gak dipake buat mancing malam ? atau perlu ditambah atau dikurangi komposisi campuranya ?
soalnya di tempatku ada kolam lomba malam hari mulai dari jam 8.00 s/d 12.00. Terimkasih.

Salam Mancing.

bam_gdar
04-12-2008, 10:35
Lam kenal kang rochman...sukses akang sudah membuktikan umpan ini jalan dng mengangkat ikan 12 ekor..prestasi yg bagus kang...pertahankan umpan jikalu mau mancreng lagi suatu waktu...!!

Tuk umpan ini dipergunakan di waktu mlm...!!! ehmmmm...ane belum tahu khasiat umpan ini dipakai mlm hari..dikarenakan ane belum coba di waktu mlm...tapi kalau melihat dr medan and cuaca di waktu mlm...berarti air semakin dingin...mendingan tuk umpannya di beri tambahan aroma amisnya (penambahan daging ikan pisang2an)...dikarenakan kalau umpan amis waktu mlm agar ikan jadi datang ke lapak kita...!!! tapi kalau umpan ini ane yakin masih bisa di pergunakan di waktu mlm hari...tapi dng satu syarat...kondisi air memang stabil spt siang hari...apabila kondisi air di kolam sudah tercampur dng air hujan..ane saranin penambahan aroma amis dng menambahkan daging pisang2an or aroma amis lain ke dalam umpan ini...!!silahkan mencobanya kang..!!

Satu lagi kang...kalau mau mancreng malam..penggunaan umpan ini mendingan dibuat sore harinya...jadi aroma umpan masih hangat and masih berada di alumunium foil...!!!

Tonny-arexs'sby
09-12-2008, 14:30
BOS,klo ga salah di bahan utama nya ada telor nya 2 kali (3 butir) tetapi yg di pakai ko cuma 2 butir aja (kuning nya) sebetul nya mana yg bener..? terus cara ngukus nya setelah di bungkus aluminium foil tidak perlu di masukin kedalam plastik...? mohon petunjuk nya MAS BAM....
btw..thanks... ya dah banyak kasih masukan n' bagi2 ilmu & PENGALAMAN nya

""arexs SBY""

bam_gdar
09-12-2008, 14:53
BOS,klo ga salah di bahan utama nya ada telor nya 2 kali (3 butir) tetapi yg di pakai ko cuma 2 butir aja (kuning nya) sebetul nya mana yg bener..? terus cara ngukus nya setelah di bungkus aluminium foil tidak perlu di masukin kedalam plastik...? mohon petunjuk nya MAS BAM....
btw..thanks... ya dah banyak kasih masukan n' bagi2 ilmu & PENGALAMAN nya

""arexs SBY""
Kang Tonny...kalau mempergunakan 3 butir telur yah ngak apa2 kang...semakin banyak telur yg dipakai daya erat umpan and buat aroma umpan semakin bagus...!!! kalau mau di kukus dng alumunium foil saja juga ngak apa2 kang...lebih bagus langsung saja pakai alumunium foil saja biar umpan lebih cepat matangnya and kalau di gabungkan dng plastik kiloan takutnya malah double...!!!

Tonny-arexs'sby
09-12-2008, 16:42
Uji coba resep baru, tapi tidak jauh berbeda dng bahan utamanya dari umpan keju kirong I & II..!! cuma disini kejunya diganti dng keju import lain...!!! bisa dipakai keju apel dll (pokoknya keju import padat bukan keju mayones).
(kukus selama 1 jam...setiap 15 menit umpan yg didalam alumunium foil kita bolak - balik...!!! setelah 1 jam...umpan dinginkan...!!!)
Tank's:smt055

maaf mas saya edit (takut kepanjangan)...kalo bolak balik umpan yg di dalam aluminium foil itu berarti dibuka aluminium foil nya lalu umpan diaduk-aduk(dan posisi masih diatas kompor yg menyala..?) ataukah umpan dalam foilnya tanpa dibuka langsung di bolak-balik sekaligus dgn aluminium foilnya...?(juga masih diatas kompor..?)
Dan apa benar kalo kelebihan tepung brs rose brand umpan jadi keras setelah matang..?(kaya lontong mas...hihihihi..:lol::lol:)
mohon penjelasan nya mas,makasih buaaanget ya..

bam_gdar
10-12-2008, 08:46
Kang Tonny...tuk pengkukusan yg menggunakan alumunium foil...kalau kita tidak mau repot tuk membolak-balik umpan...diamkan saja umpan berada di tempat pengkukusan...umpan juga akan matang dng sendirinya...dikarenakan alumunium foil dpt menghantarkan uap panas ke setiap permukaan umpan...kalau kita takut umpan kurang matang yah kita bisa membolak-balik umpan dng cara membalikan sisi alumunium foil tsb...!!!jangan dibuka alumunium foilnya...tetap utuh and rapat ditutupnya..!! resiko bila umpan terbuka...umpan akan lembek...and kematangannya menjadi kurang...biarkan saja umpan tertutup rapat di media pengkukusan..!!

Tuk pemakaian tepung beras rose brand diusahakan takarannya jng terlalu banyak...efeknya memang membuat umpan lebih keras...tapi kalau kita mempergunakan takaran yg sedikit...tepung beras rose brand hanya buat pelekat umpan saja...apalagi adanya tambahan bahan dasar telur yg ikutan membuat umpan kita menjadi lebih lengket lagi..!!

Ada sedikit tips buat pengkukusan dng menggunakan alumunium foil :
- Bila kita selesai mengkukus..maka aroma yg ada didalam umpan tidak akan hilang sampai sore and bila umpan kita buka maka akan tercium aroma umpan dr penggabungan bahan2 dasar lain...and bila umpan kita kukus dng alumunium foil ada sedikit menempel di permukaan alumunium foil siasati dng memberi blueband di permukaan alumunium foil...gunanya blueband disini adalah agar umpan kita tdk lengket di permukaan alumunium foil..tapi jng terlalu banyak penggunaan tambahan blueband ini..!!

Tonny-arexs'sby
10-12-2008, 10:02
weleh.....weleh.....mas Bam ni disamping ahli meracik umpan kayak nya ahli membaca pikiran orang juga ya...hehehe...:p:p..(habis saya belum tanya dah di jawab),tapi emg benar mas setiap buka umpan aluminium foil nya selalu sobek karena umpan terlalu lengket terhadap dinding aluminium nya
(pernah nyonya ku kasih saran olesin minyak kelapa,tapi takut nya ntar mempengaruhi aroma umpan) perlu diketahui saya kalo aduk umpan selalu sedikit demi sedikit(meskipun gi neter lho hehehe..)karena kalo langsung banyak takut kena radiasi udara,banyak lalat,yg paling parah kalo kena asap/abu rokok (saya perokok berat jisamsu) jadi meski umpan kita taruh dalam kantong plastik tanpa kita sadari kadang habis pegang rokok kita langsung pegang umpan/kail nya...menurut pengamatan n' pengalamn saya ikan mas paling SENSI terhadap puntung rokok apalagi yg non filter terutama JISAMSU...jadi (maaf bukan menggurui) kalo boleh kasih saran bagi pemancing yg gi merokok harus selalu sedia mangkok pencucitangan agar umpan bisa bebas dari rokok,maaf mas Bam jadi curhat sedikit nih mohon dikoreksi kalo salah ya,tengkyuuu.....

bam_gdar
10-12-2008, 10:26
hehehhe...kang Tonny ulasannya memang benar...malah kadang2 temen ane saranin (ane juga merokok juga kang tp bukan Dji Sam Soe) kl lg mancreng mendingan ente pake cangklong aja biar tuch umpan jng sampai kena abu rokok or nikotinnya wakakka...!!!mangkanya kita sering di kolam pemancingan memakai 2 (dua) baskom...1 baskom buat umpan yg satu lagi buat menampung air...gunanya tuk mencucu sisi umpan yg berada di tangan, selain itu mencucu tangan kita bila kita abiz merokok...!!!

Kalau kang tonny mau meracik umpan di baskom..setelah kita ambil 1/2 bagian dr alumunium foil....tutup umpan rapat2 lagi agar tidak masuk lalat2 or abu rokok...pemakaian umpan mendingan pake 1/2 saja dahulu...tambahkan sedikit pengeras...baru kita aduk2 merata...jng sampai umpan mubazir berada di baskom bisa mengakibatkan aroma umpan hilang...!!! umpan sisa bisa kita pakai kembali bila umpan di baskom habis or bisa kita menambahkan beberapa bahan2 penunjang lain..spt pemaikaian tambahan sedikit deho, daging ikan laut or kroto...!!!tank's kang tonny atas curhatnya...semakin banyak ilmu kan semakin banyak pengetahuan kita tul gak wakakakak...yg penting mancreng..gentak...!!!

gentur_blacklotus
10-12-2008, 21:53
Laporan mancing memakai umpan ( kentang bundar ) :

- Hari minggu mancing di Liung cuma dapat 7 ekor ikan ngeblok di pinggir dan ngambang agak susah siasatinnya krn dr mata kail 1 sama pelampung gede gak ada pengaruhnya
- Hari rabu Mancing di empang Bang bahri kampung sumur buat umpan P.S dengan takeran 1/4 dr resep cuma paginya pake umpan kentang di campur sama biang susu sedikit karena ane takut umpan kentang basi hasil ( 9 s/d 13 siang ) neter babon 1 sama ikan ramenya 14 ekor .... ( 13.00 - 16.30 ) dapat babon lagi cuma benang putus kena bara rokok tetangga sebelah lumayan kesel sih tapi namanya juga belum rejeki ikan rame 12 ekor total timbangan 12 kg babon ketiban sama lapak pojok 4.1 .... hasil umpan ..... Sangat Memuaskan .... thanks SUHU

bam_gdar
11-12-2008, 08:09
Weleh2..kang gentur berhasil naklukin ikan babon...sedap kang...prestasi yg sangat memuaskan...!!!kang kalau umpan memakai kentang gak bakalan basi...apalagi pake di kukus alumunium foil..sampai sore juga gak bakalan basi...!!!! tuck takaran extrak susunya memang pemakaiannya cuma sedikit...lebih muantab lagi kalau penggunaan krotonya dilebihkan..baru umpan PS lebih sempurna kang gentur..!!!

gentur_blacklotus
11-12-2008, 09:17
saya kukusnya pake alumunium foil cuma berhubung umpan kentang nya sisa mancing hari minggu dan saya taruh kulkas n saya panasin lagi makanya agak takut basi makanya saya tambahin biang susu sedikit ... umpan P.S kenapa saya buat sedikit karena umpan kentangnya masih i bungkus lagi .... Kang .... kapan - kapan kopdar yuk kang sekalian adu umpan kentangnya antara suhu dan muridnya ....

hahahahahahahaha

bam_gdar
11-12-2008, 09:41
Boleh kang gentur...sekalian mencoba umpan PS buatan ente...cuma disayangkan tuk umpan yg terbuat dr kentang...jng dibuat sisa or jng dimasukan di frezer..karena kalau dilihat dr kasus akang diatas memang jd umpan bisa basi...ane jarang buat umpan jd sisa..kadang2 kalau ada sisa mancreng...ane kasih ke kolam ikan mas ane...!!!nanti kita mancreng bareng2 kang..sama kang saiful, kang arif, kang hari or kang didi di kolam pemacingan...!! alternatif sich di AJ saja..or dikolam kang gentur biasa mancreng dimana?? tapi ente kan punya stock extrak susu..weleh2 bisa modar umpan ane kl di adu ma umpan kentang ente kang..!! wakakk...!!

M-BEI
11-12-2008, 09:56
Boleh kang gentur...alternatif sich di AJ saja..!!

Lho ini alternatif apa wajib?!?!?!??!?!??!?!!!??? ternyata suhu BG tuh owner AJ, pantes aje ye!!!

bam_gdar
11-12-2008, 10:13
Lho ini alternatif apa wajib?!?!?!??!?!??!?!!!??? ternyata suhu BG tuh owner AJ, pantes aje ye!!!Wakakak...kuampret...nyamber aja !!!:smt077:smt077

gentur_blacklotus
11-12-2008, 10:30
abisnya sayang kang bams umpannya kalo ane buang masih 1 bungkus lagi .... gimana kalo kita coba empang Bahri ? di daerah duren sawit belakang pasar inpres tuh empang baru 2 x pake .... minggu kemaren main 500 rb hadiah 2 motor ikan 800 kg ... rabunya pas ane main tiket 150rb hadiah juara 1 Rp 1 .2jt 60 lapak ..... besok minggu tiket 150 rb hadiah nya 1 juta lapak cuma 40 .... mau gak ......... kalo empang AJ kan suhu sering juara ane bisa ngeper nih ....

bam_gdar
11-12-2008, 10:38
Yah kasih saja denahnya and ancar2annya kang gentur..sekalian lokasi masuk gerobak gak??kalau bisa ane mancreng di lokasi baru..sekalian uji umpan baru ane..!!ngomong2 masih ada stock ekstrak susu ngak??ada yg mau beli tuch kawan kita di ff ini...!!!

gentur_blacklotus
11-12-2008, 10:59
stok biang susu baru sore ini ada ... apa kita mancing Di Telaga Baru soalnya mas Daffi mw ujicoba umpan P.S disana ini alamatnya Kolam Telaga Baru
Jalan Raya Jati Mekar No.10 Pondok Gede Bekasi (200m dari keluar tol Jati Asih) Tel. (021) 99158111

bam_gdar
11-12-2008, 11:06
Minggu ini and minggu depan ane gak bisa mancreng kang...!!weleh2..kang dhafi mau uji coba umpan PS yah???dia masih penasaran tuch..kemarin di tiban ma umpan sejenis umpan PS ane wakakak...!!

gentur_blacklotus
11-12-2008, 13:30
minggu besok sih .... karena " biang susu sudah datang ",entar ane kasih reportnya kang daffi sama ane deh ... ente mw kemana kang tanggal 14 sama 21 ? mw galatama ya ?

bam_gdar
11-12-2008, 13:37
Tgl 14 rencana mau mancreng bareng ma kawan and sohib ane di ff ini...ikutan mancreng doank itu kalau SIM ane bisa keluar secepatnya hihih...tgl 21 ane ada tugas ke Bandung...!!!!oh yah kalau nanti kang dhafi mau pake umpan PS...usahakan tuk krotonya beli yg besekan and bagus...!!!apalagi ditambah ekstrak susunya...!!!kalau takaran ekstrak susunya sedikit banyak...pergunakan putih telurnya juga agak banyak biat sip umpannya...!!

bam_gdar
11-12-2008, 14:08
Ane minggu (14.12.2008) mancreng bareng ma sohib ane anak ff juga...tgl 21 ane ke Bandung acara kantor...!!

Tonny-arexs'sby
11-12-2008, 15:39
Mas Bam didalam cuaca seperti sekarang ini (hujan sebentar panas lagi, mendung n' panas berganti) sehingga mempengaruhi keadaan air kolam kira-kira mana lebih bagus umpan WANGI or umpan AMIS....?? perlu diketahui klo keadaan normal (cuaca nya) biasa nya umpan wangi yg jalan didaerah sy,oya karena cuaca juga yg mengakibatkan air berwarna coklat nggak hijaupun nggak (warna nya jadi plin-plan tuh...hehehe...:confused::confused:...)
mohon petunjuk suhu.....n' thanks ya...

""...AREXS...""

gentur_blacklotus
11-12-2008, 16:17
Tgl 14 rencana mau mancreng bareng ma kawan and sohib ane di ff ini...ikutan mancreng doank itu kalau SIM ane bisa keluar secepatnya hihih...tgl 21 ane ada tugas ke Bandung...!!!!oh yah kalau nanti kang dhafi mau pake umpan PS...usahakan tuk krotonya beli yg besekan and bagus...!!!apalagi ditambah ekstrak susunya...!!!kalau takaran ekstrak susunya sedikit banyak...pergunakan putih telurnya juga agak banyak biat sip umpannya...!!

mancing dimana tanggal 14 sama sohib FF ? Di galatama tambok labu ya ?

sugenga
11-12-2008, 17:26
Thankssss Mas Gentur atas khabar baik biang susunya.
Besok saya tunggu kirimannya di kantor gd sampoerna ss
Mau coba umpan Mas Bam nich....PS....:lol:

saiful
12-12-2008, 08:11
Ane minggu (14.12.2008) mancreng bareng ma sohib ane anak ff juga...

Berarti kita semua disini ga dianggap sohibnya Masbams yach???...sampe2 nama sohib & alamat pemancingannya ga disebut...siapa tau kl nama pemancingannya disebut kita yg disini bisa nyusul utk sekedar memperhatikan & mempelajari teknik2 mancingnya Masbams, atau malah bisa sekalian mancing juga ditempat yg sama dengan Masbams....itu juga kl boleh..

Temen mancingnya lanang apa wadon Masbams???....;);)

gentur_blacklotus
12-12-2008, 08:46
Ane minggu (14.12.2008) mancreng bareng ma sohib ane anak ff juga...

Berarti kita semua disini ga dianggap sohibnya Masbams yach???...sampe2 nama sohib & alamat pemancingannya ga disebut...siapa tau kl nama pemancingannya disebut kita yg disini bisa nyusul utk sekedar memperhatikan & mempelajari teknik2 mancingnya Masbams, atau malah bisa sekalian mancing juga ditempat yg sama dengan Masbams....itu juga kl boleh..

Temen mancingnya lanang apa wadon Masbams???....;);)


mas bams lagi mau nuruntin ilmu tingkat tingginya ke salah satu murid kesayangannya anggota FF makanya gak di kasih tahu mw mancing sama siapa n tempat pemancingan .... hayoooo siapa ?:rolleyes:

Tonny-arexs'sby
12-12-2008, 09:00
Ane minggu (14.12.2008) mancreng bareng ma sohib ane anak ff juga...
Berarti kita semua disini ga dianggap sohibnya Masbams yach???...sampe2 nama sohib & alamat pemancingannya ga disebut...siapa tau kl nama pemancingannya disebut kita yg disini bisa nyusul utk sekedar memperhatikan & mempelajari teknik2 mancingnya Masbams, atau malah bisa sekalian mancing juga ditempat yg sama dengan Masbams....itu juga kl boleh..
Temen mancingnya lanang apa wadon Masbams???....;);)

Kang Saiful klo semua di kasih tw tempat n' nama pemancingan nya kan bisa berabe lha wong mas Bam mo ngincer HADIAH nya disitu lha klo semua sohib pd datang mancing dgn umpan yg sama (PS) mas Bam banyak saingan donk...wakakaka...terus ikan jadi bingung mo makan yg mana nih...lha wong umpan nya pd enuuuak semua...wakakakak...:p:p...akhir nya tuh ikan pusing kendiri mo pilih umpan yg mana...:smt013:smt013

bam_gdar
12-12-2008, 09:17
Mas Bam didalam cuaca seperti sekarang ini (hujan sebentar panas lagi, mendung n' panas berganti) sehingga mempengaruhi keadaan air kolam kira-kira mana lebih bagus umpan WANGI or umpan AMIS....?? perlu diketahui klo keadaan normal (cuaca nya) biasa nya umpan wangi yg jalan didaerah sy,oya karena cuaca juga yg mengakibatkan air berwarna coklat nggak hijaupun nggak (warna nya jadi plin-plan tuh...hehehe...:confused::confused:...)
mohon petunjuk suhu.....n' thanks ya...

""...AREXS...""
Tuk perubahan cuaca pada saat ini yang cenderung ke panas...hujan..mendung...tuk efektivitas penggunaan umpan lebih condong ke umpan WANGI tapi tidak tertutup kemungkinan bila umpan AMIZ juga masih jalan di kolam...!!siasati dng penggunaan double umpan di kail (bila memakai rangkaian kail lebih dari 1 kail) tuk pemakaian umpan WANGI saat ini...umpan jagung wangi sangat bagus dipergunakan saat ini...tuk umpan putih AMIZ pemakaian beberapa bahan2 dasar dr ikan laut and penggunaan deho juga umpan jalan di kolam..!!

Tuk nanti acara mancreng bareng tgl 14.12.2008 ane memang ma sohib ane di ff ini (ngak ane sebutin namanya:smt077) karena peran ane disini cuma jd caddy doank wakakak...tapi doain saja bisa dpt juara...ikan soalnya buanyak...sohib ane riskan pake 1 joran...jdnya ane yg disuruh jd caddynya wakkakak...!!!:smt077

bam_gdar
12-12-2008, 09:22
Buat kang Sugeng : met mencoba umpan PS - ane...kunci dr umpan PS ini terletak di Kroto yg melebihi takaran...apalagi pemakaian kroto cucul..bahan dasar umpan yg seperti ane buat di postingan mengenai "Umpan Penyerap Sukma" pemakaian ekstrak susunya lebih sedikit dr takaran bila kita memakai susu yg lain...!!!usahakan umpan dibuat netral...and pemilihan putih telur sangat mempengaruhi kualitas umpan..mudah2an dng menggunakan umpan PS tuch ikan keangkat buanyak apalagi ekstrak susunya sudah mau dikirim ma kang Gentur...weleh2 lebih sempurna sekali dech tuch umpan...!!!

saiful
12-12-2008, 10:59
Tuk nanti acara mancreng bareng tgl 14.12.2008 ane memang ma sohib ane di ff ini (ngak ane sebutin namanya:smt077) karena peran ane disini cuma jd caddy doank wakakak...tapi doain saja bisa dpt juara...ikan soalnya buanyak...sohib ane riskan pake 1 joran...jdnya ane yg disuruh jd caddynya wakkakak...!!!:smt077

Masih perlu 1 org caddy lg ga temennya Masbams???...
sy bisa nyerok & pengalaman menyisipkan timah bulet kedalam mulut ikan tnp diketahui panitia..lumayan buat nambah2 berat ikan..heheheh..:smt077..:smt077

Bilang ama temennya caddy yg satu ini gampang ngurusnya, cumen dikasih nasi padang, kopi item, ama rokok kretek juga udah anteng :smt015

bam_gdar
12-12-2008, 11:20
Wakakakka...kang saiful bisa saja ach...!!!yg ane tahu sich sohib ane ini pake 2 lapak segala...1 lapak buat tuannya + cddy (ane)...1 lapak lagi buat caddy..jd nya penuh tuch...kalau kang saiful mau kopdar ma ohib ane dtng saja hr minggu..!!

saiful
12-12-2008, 11:39
yg ane tahu sich sohib ane ini pake 2 lapak segala...1 lapak buat tuannya + cddy (ane)...1 lapak lagi buat caddy..jd nya penuh tuch...kalau kang saiful mau kopdar ma ohib ane dtng saja hr minggu..!!

Nyusulna kamana atuh kang????....garut atawa majalengka????:confused::confused:

bam_gdar
12-12-2008, 13:16
Ke kolam pancingan donk kang saiful...masa ke asrama haji sich??wakakak...!!!

kompeni
12-12-2008, 23:41
mas bams lagi mau nuruntin ilmu tingkat tingginya ke salah satu murid kesayangannya anggota FF makanya gak di kasih tahu mw mancing sama siapa n tempat pemancingan

Kite tau Mas Bams mancing dengan siape hari minggu dan dimane....Tapi gak enak ah ngebocorin rahasia orang....hehehhe.
Denger-denger Mas Bam mau bawa umpan andalannya dan temennye itu bawa umpan buatannya kendiri....Mau ngetes umpan gitu umpan yg mana lebih jalan.
Wah kayaknya bakal seru neh suhu lawan muridnya mancing bareng............Ada yg mau taruhan gak neh, siapa yg dapet ikannya paling banyak? megang siapa Mas Bam atawe temannye? Gw yg bandarin dah Megang Mas Bam?? hahhahahaha.

Tunggu reportnya aja nanti dari Mas Bams pasti dikasih tau same siape dan dimane dan gimane hasilnye......hari minggu bentar lagi...sabar ! sabar !...hihihihi.

Tonny-arexs'sby
15-12-2008, 13:38
mas Bam gimana hasil mancing hari minggu kemarin...(kalo boleh tahu sih... hihihi...:confused::confused:) penasaran juga nih kata bang Kompeni ada murid yg mo ngetes guru (ngadu umpan...wakakakak...:smt077:smt077...hati hati mas murid ntar kuwalat lho kalo berani sama suhu...wakakaka...:lol::lol:...)
oya mas Bam saya sering juga pake umpan 2 rasa dgn 2 kail yg satu umpan amis dan satu nya lagi umpan wangi tapi karena takut saling mempengaruhi aroma masing-masing umpan maka sengaja saya bikin agak berjauhan waktu mengikat tali ke kail nya
tetapi sebetul nya saya masih ragu,kira kira efek/pengaruh nya kuat ga terhadap umpan amis or wangi nya mas (aroma mana yg lebih kuat...???)
thanks atas pencerahan nya mas

""AREX'S""

bam_gdar
15-12-2008, 15:34
Sebenarnya kalau umpan kita ada di dlm baskom ngak ada efek sampingnya kang..cuma yg itu dia usahakan kalau mau pake 2 umpan yg berlainan aroma pake saja 2 baskom...!!!reportnya sudah ane buat di fishypond...!!!

iwakfreaks
01-01-2009, 21:02
buat mas bam/di daerah saya ga ada ikan pisang2an...bisa diganti ikan laen ga?terus juga keju apel ngga ada.maklum ndeso supermarket aja ga ada paling ada keju kraft...bisa dipake ngga keju kraftnya?

gentur_blacklotus
01-01-2009, 21:07
buat mas bam/di daerah saya ga ada ikan pisang2an...bisa diganti ikan laen ga?terus juga keju apel ngga ada.maklum ndeso supermarket aja ga ada paling ada keju kraft...bisa dipake ngga keju kraftnya?

Bisa aja kang ... ganti sama layur ato tuna juga bisa ...kalo keju coba aja kang pake Kraft experimen aja ... kalo gak lihat thread sy yang baru .