PDA

View Full Version : Boat Fiber vs Boat kayu?



JackSparrow
04-12-2006, 15:05
Thread ini sebenarnya menyambung pembicaraan dengan Pak Babybarracuda yang barusan dapat beli boat murah di Australia.

Saya melalui forum ini ingin mendapat pencerahan dari para Indonesian boater,...apakah lebih effisein dan effective memakai boat fiber atau boat kayu dalam jangka panjang. Ini dikaitkan dengan harga BBM semakin mahal.

Saya mengajukan perbandingan fiber vs kayu karena ada alasan2 sbb:

1) Kayu semakin susah dicari dan semakin mahal. Kayu adalah sumber daya alam yang susah diperbaharui.
2)Penggunaan kayu yang intensif akan semakin menghabiskan kekayaan hutan kita yang merupakan paru2 alam
4) Bahan fiber adalah bahan kimia yang dihasilkan dari proses kimiawi, awet dan tahan lama

Saya juga berpikir bahwa Yamaha outboard 2x40PK akan lebih effesien mendorong fiber boat ukuran 7m x 2,5 m, dibandingkan harus mendorong boat kayu ukuran 13M x 2,5 m.

Mohon para senior mancing yang sekaligus juga mungkin seorang boater dapat memberikan pandangan-pandangan yang sangat berharga.

Salam,
Adri.

JackSparrow
05-12-2006, 16:24
Hallo Pak Bobby Halim, yang jago bikin boat......apakah Pak Bobby Halim juga anggota fishy forum? Tolong dong kami diberikan pencerahan....:confused: :confused: :confused: :confused: :confused:

babybaracuda
05-12-2006, 16:35
Kalo saya bilang, fibre > kayu. Berikut alasan saya:

Fibre lebih ringan dan mudah di customisasi. Mau bikin model apa yang kotak kota, bulet2, kaya pesawat terbang sekalipun bisa aja dibuat. Kalau kayu lebih susah dibentuk ya modelnya itu2 aja.

Fibreglass juga tidak kedap air, air bisa menyusup disela2 kayu apalagi kalo kapalnya mooring.

Fibreglass boat can be trailable.

Fibreglass sifatnya lebih ringan dibanding kayu.

Fibreglass lebih tahan lama memang apabila boat lama di mooring, bisa terjadi kebusukan tapi ini sebenarnya bukan busuk istilhnya osmosis kalau ga salah. Kalau kayu bisa lapuk lama2.

Fibreglass jeleknya kalau sudah pecah ke dalam berabe biasanya sih disini langsung di buang. Tapi kalo pecahnya baru dilapisan gel coat bisa di perbaiki.

Pak Adri hati2 kalau mau beli mesiin tempel (outboard) jangan sampai underpower, atau overpower. Kalau underpower kapal susah plain, bensin boros. Kapal 7 meter pake 40 PK x2 sangat underpower contohnya dan bensinya bisa lebih boros dari pake 1x 150 PK misalnya.

regards

JackSparrow
06-12-2006, 16:36
Kalo saya bilang, fibre > kayu. Berikut alasan saya:

Fibre lebih ringan dan mudah di customisasi. Mau bikin model apa yang kotak kota, bulet2, kaya pesawat terbang sekalipun bisa aja dibuat. Kalau kayu lebih susah dibentuk ya modelnya itu2 aja.

Fibreglass juga tidak kedap air, air bisa menyusup disela2 kayu apalagi kalo kapalnya mooring.

Fibreglass boat can be trailable.

Fibreglass sifatnya lebih ringan dibanding kayu.

Fibreglass lebih tahan lama memang apabila boat lama di mooring, bisa terjadi kebusukan tapi ini sebenarnya bukan busuk istilhnya osmosis kalau ga salah. Kalau kayu bisa lapuk lama2.

Fibreglass jeleknya kalau sudah pecah ke dalam berabe biasanya sih disini langsung di buang. Tapi kalo pecahnya baru dilapisan gel coat bisa di perbaiki.

Pak Adri hati2 kalau mau beli mesiin tempel (outboard) jangan sampai underpower, atau overpower. Kalau underpower kapal susah plain, bensin boros. Kapal 7 meter pake 40 PK x2 sangat underpower contohnya dan bensinya bisa lebih boros dari pake 1x 150 PK misalnya.

regards

Makasih Pak Baby, kalo bole nanya, kalau kita buat boat ukuran 5m xi 2.5 m, apakah masih ok dengan mesin 80 pk atau 2x40pk? Bagaimana sih membuat perbandingannya, agar tidak underpower atau overpower? Ada lagi yang menawarkan kepada saya untuk membuat dari alumunium ringan bukan dari fiberglass. Apa bedanya? Selain harga yang lebih mahal s/d 40%.

Salam,
Adri:rolleyes:

Sportfisherman
06-12-2006, 22:53
Thread ini sebenarnya menyambung pembicaraan dengan Pak Babybarracuda yang barusan dapat beli boat murah di Australia.

Saya melalui forum ini ingin mendapat pencerahan dari para Indonesian boater,...apakah lebih effisein dan effective memakai boat fiber atau boat kayu dalam jangka panjang. Ini dikaitkan dengan harga BBM semakin mahal.

Saya mengajukan perbandingan fiber vs kayu karena ada alasan2 sbb:

1) Kayu semakin susah dicari dan semakin mahal. Kayu adalah sumber daya alam yang susah diperbaharui.
2)Penggunaan kayu yang intensif akan semakin menghabiskan kekayaan hutan kita yang merupakan paru2 alam
4) Bahan fiber adalah bahan kimia yang dihasilkan dari proses kimiawi, awet dan tahan lama

Saya juga berpikir bahwa Yamaha outboard 2x40PK akan lebih effesien mendorong fiber boat ukuran 7m x 2,5 m, dibandingkan harus mendorong boat kayu ukuran 13M x 2,5 m.

Mohon para senior mancing yang sekaligus juga mungkin seorang boater dapat memberikan pandangan-pandangan yang sangat berharga.

Salam,
Adri.

Untuk kapal fiber 7m , paling sedikit perlu 2 x 85 hp , mungkin aluminium boat lebih cocok dech kendati 2 x 40 hp tuh masih marginal power nya . Tergantung bentuk hull nya , kalau deep V tentunya perlu hp lebih besar daripada flat bottom boat hanya saja kalau kena ombak , flat bottom boat bisa jadi seperti surfing dan susah dikendalikan .

Kalau kayu sih mahal maintenance nya , mungkin tidak cocok untuk pleasure boat dan kalau memang harus dari kayu , lebih baik menggunakan marina plywood dan cat epoxy , hanya saja nyari marine plywood sangat susah dan tidak murah juga .

Jon .

JackSparrow
07-12-2006, 16:10
Untuk kapal fiber 7m , paling sedikit perlu 2 x 85 hp , mungkin aluminium boat lebih cocok dech kendati 2 x 40 hp tuh masih marginal power nya . Tergantung bentuk hull nya , kalau deep V tentunya perlu hp lebih besar daripada flat bottom boat hanya saja kalau kena ombak , flat bottom boat bisa jadi seperti surfing dan susah dikendalikan .

Kalau kayu sih mahal maintenance nya , mungkin tidak cocok untuk pleasure boat dan kalau memang harus dari kayu , lebih baik menggunakan marina plywood dan cat epoxy , hanya saja nyari marine plywood sangat susah dan tidak murah juga .

Jon .

Saya ditawarkan boat aluminium 5mx2.5m seharga 80 juta dengan bentu V shape, diluar instrumen dan navigasi (boat kosong), mahal nggak sih????

Salam,
Adri:rolleyes: :rolleyes: :rolleyes: :rolleyes:

Sportfisherman
07-12-2006, 16:49
Saya ditawarkan boat aluminium 5mx2.5m seharga 80 juta dengan bentu V shape, diluar instrumen dan navigasi (boat kosong), mahal nggak sih????

Salam,
Adri:rolleyes: :rolleyes: :rolleyes: :rolleyes:

Baru/Bekas , Merk Import / Local , Tebal hull , Sudah di cat dan lain lain ?

Jon .

JackSparrow
07-12-2006, 16:53
Baru/Bekas , Merk Import / Local , Tebal hull , Sudah di cat dan lain lain ?

Jon .

mau dibuatkan oleh local boat producer yang berlokasi di Mauk Tanggerang.Kalau Fiber harganya 55 juta, kalau aluminium 80 juta, sudah dicat dan delivery dalam bentuk kosong. Intrument,mesin dan setir beli sendiri.

Salam,
Adri:smt035 :smt035 :smt035 :smt035 :smt035

Sportfisherman
07-12-2006, 17:16
mau dibuatkan oleh local boat producer yang berlokasi di Mauk Tanggerang.Kalau Fiber harganya 55 juta, kalau aluminium 80 juta, sudah dicat dan delivery dalam bentuk kosong. Intrument,mesin dan setir beli sendiri.

Salam,
Adri:smt035 :smt035 :smt035 :smt035 :smt035

Coba tanya apa aluminium nya " marine grade " bukan , terus cat nya pakai system apa , jangan baru pakai sekali sudah pada delaminate . Ingat hull aluminium tidak cocok untuk ditinggal di atas air , sebaiknya setelah digunakan langsung diangkat n dicuci dgn air tawar . Juga jangan sembarang pasang peralatan yang bisa mengakibatkan galvanic corrosion dari dis-similar metals . Sekrup untuk accessories nya pastikan yang SUS316 ( Mahal ) dan
jangan sampai timah , uang logam kuningan dan sekrup besi bergeletak-kan di hull nya , setelah sekian lama hull bisa berlubang krn korosi .

Jon .

fishy
08-12-2006, 12:31
Kayaknya mending fiberglass ya? Perawatannya jauh lebih mudah.

Anyway, saya baru bicara dengan Bobby Halim. Dia ada kapal dg hull Boston Whaler, ukuran 4,75 X 1,75 meter harganya 50 jt body only. Kalau mau dipanjangin bisa sampai 6,5 meter katanya. Ada juga beberapa model kapal yg lain. Kalau ada wakt datang saja ke pabriknya lihat lihat dulu katanya. Kalau mau bisa telp dia di 0816763333 bilang aja temannya adrianus

Sportfisherman
08-12-2006, 13:19
Kayaknya mending fiberglass ya? Perawatannya jauh lebih mudah.



Dalam soal maintenance memang fiberglass lebih mudah tetapi berat n memerlukan HP yang lebih besar , kayu lebih enteng tetapi maintenance nya continuous sedangkan aluminium adalah yang paling enteng , hanya saja pengurusnya harus discipline dalam banyak hal .

Jon .

JackSparrow
08-12-2006, 13:21
Kayaknya mending fiberglass ya? Perawatannya jauh lebih mudah.

Anyway, saya baru bicara dengan Bobby Halim. Dia ada kapal dg hull Boston Whaler, ukuran 4,75 X 1,75 meter harganya 50 jt body only. Kalau mau dipanjangin bisa sampai 6,5 meter katanya. Ada juga beberapa model kapal yg lain. Kalau ada wakt datang saja ke pabriknya lihat lihat dulu katanya. Kalau mau bisa telp dia di 0816763333 bilang aja temannya adrianus

Wah. makasih nih infonya P.Adrianus:D :D :D Kapan2 saya ngajak Mas Okuma lihat pabriknya Om Bobby, dimana alamatnya Pak Adrianus????Kalau boleh tahu hehehehe:) :)

Salam,
Adri;) ;)

babybaracuda
08-12-2006, 15:08
Betul tuh kata om jon, 7 meter minumum 2x85 HP, tapi aku heran kenapa sih boaties Indo demennya pake twin outboard? Bukannya 1 lebih ekonomis?

Pak fishy, wah boston whaler itu bagus lho, hull import apa replika?

Pa Adrie, kalo alumunium/plate harus dipastikan pake marine grade, trus las2an juga must bagus. Tapi jangan pake alumunium dah, berisik, kalo kena ombak bunyinya kueerass, dhueng dhueng gitu.

Fibre dah pasti lebih enak, lebih soft ride, cuma allumunium katanya lebih stabil kalo lagi stationary lebih enak benernya buat mancing...

Satu hal yang saya bisa kasi advise, kalo mau build fibre boat, beam jangan kurang dari 2.4 meter, percaya dah. Boat diatas 6 meter beam paling bagus tuh 2.3 meter+, 2.5 meter lebih ok. Jadi lebih stabil dan lebih luas.

Kapal impian saya: fibre semi cabin semi centre console, dari ujung bow ke cabin 3 meter supaya bisa mancing di hull(bow rail setinggi pinggang), panjang 7.5, beam 2.6 mtr, game chair, 60 degree hull. Power 1x200HP 4 stroke atau 2x115 hp 4stroke, kalo inboard pake volvo penta. kalo mau lbh CIHUI, pake Autopilot deh muantappp!!

babybaracuda
08-12-2006, 15:11
Dalam soal maintenance memang fiberglass lebih mudah tetapi berat n memerlukan HP yang lebih besar , kayu lebih enteng tetapi maintenance nya continuous sedangkan aluminium adalah yang paling enteng , hanya saja pengurusnya harus discipline dalam banyak hal .

Jon .
Oh jadi kayu lebi ringan dari fibre toh? Masa sih? Katanya lebih berat om? Bukan katanya fibreglass dalam ukuran balok yang sama misalnya 2x2x2 dengan kayu balok ukuran 2x2x2 beratnya jauh kayu, tapi tergantung kayu apa dulu sih. Kalo jati??
hehehe

Sportfisherman
08-12-2006, 15:31
Oh jadi kayu lebi ringan dari fibre toh? Masa sih? Katanya lebih berat om? Bukan katanya fibreglass dalam ukuran balok yang sama misalnya 2x2x2 dengan kayu balok ukuran 2x2x2 beratnya jauh kayu, tapi tergantung kayu apa dulu sih. Kalo jati??
hehehe

Balok 2 x 2 x 2 kayu ngambang di air , fiberglass ......, pasti tenggelam !

Jon .

Sportfisherman
08-12-2006, 15:37
Betul tuh kata om jon, 7 meter minumum 2x85 HP, tapi aku heran kenapa sih boaties Indo demennya pake twin outboard? Bukannya 1 lebih ekonomis?

Pak fishy, wah boston whaler itu bagus lho, hull import apa replika?

Pa Adrie, kalo alumunium/plate harus dipastikan pake marine grade, trus las2an juga must bagus. Tapi jangan pake alumunium dah, berisik, kalo kena ombak bunyinya kueerass, dhueng dhueng gitu.

Fibre dah pasti lebih enak, lebih soft ride, cuma allumunium katanya lebih stabil kalo lagi stationary lebih enak benernya buat mancing...

Satu hal yang saya bisa kasi advise, kalo mau build fibre boat, beam jangan kurang dari 2.4 meter, percaya dah. Boat diatas 6 meter beam paling bagus tuh 2.3 meter+, 2.5 meter lebih ok. Jadi lebih stabil dan lebih luas.

Kapal impian saya: fibre semi cabin semi centre console, dari ujung bow ke cabin 3 meter supaya bisa mancing di hull(bow rail setinggi pinggang), panjang 7.5, beam 2.6 mtr, game chair, 60 degree hull. Power 1x200HP 4 stroke atau 2x115 hp 4stroke, kalo inboard pake volvo penta. kalo mau lbh CIHUI, pake Autopilot deh muantappp!!

Disini kalau pakai single outboard terus mati mesin nya , biar berkaok kaok di Marine VHF tidak ada yang datang jemput , maka itu kebanyak-kan disini twin outboard masih lebih disukai .

Saya sih lebih suka single outboard + 9.9 hp " kicker " , kalau untuk outboard
powered boat dibawah 23' , engga salah pilih Volvo Penta ? Kalau saya sih Yanmar forever !

Jon .

babybaracuda
08-12-2006, 16:28
hahaha iya juga ya tenggelem...

volvo penta lebih bagus om katanya, maklum belom pernah pake begituan jadi cuma denger2 aja, tapi suaranya juga lebih halus saya pernah denger yanmar agak kasar yah, kemaren waktu di boat show di demo di marina. Emang kenapa om dibawah 23 feet pake volvo penta?

fishy
09-12-2006, 07:00
Adri:

Pabriknya Bobby Halim ada di Jl. Perancis, Dadap, salah satu komp. Industri disana. Tepon aja langsung, ngobrol dulu.


Baby:
Itu hull Replica.

Power outboard tergantung desain hullnya. Kalau deep V ya 7 meter bisa butuh 2 x 115 HP, tapi kalau model yg disini disebut 'longboat' ya gak sampai segitu.

Kapal fiber sama kayu beratan kayu dong pak, bahan fiber bisa jadi lebih berat dari kayu, tapi kan kalau kapal gak pake hull dari solid fiber setebal 3 cm? Fibernya pasti jauh lebih tipis dengan tulangan dan ditengahnya kosong atau diisi foam yg ringan.

Kecuali kalau kapal kayunya ada tulisannya Rybovich nah itu mungkin lebih ringan dari fiber tuh, hehehe.

Sportfisherman
09-12-2006, 07:32
Kita bicarakan kapal kayu bikinan mana nih ? Tentu apple to apple construction yah , Rybovich n Merrit vs Hatteras n Bertram dong !

Tetap secara S.G. ( Specific Gravity ) kapal fiberglass lebih berat , makanya banyak kapal fiberglass menggunakan balsacore/divinicell
untuk mengurangi berat .

Kalau yang dibandingkan kapal nelayan , wah itu khan bukan apple to apple comparison yah dan yang kita bicarakan nih kapal yang
menggunakan outboard , mana ada yang merk Rybovich ?

Hull kapal buatan luar ( merk terkenal nih ) umumnya jauh lebih awet daripada yang buatan local , saya sih kalau mau beli outboard
powered boat lagi , pasti nyari barang bekas buatan luar spt. Grady White !

Jon .

babybaracuda
09-12-2006, 15:05
Iya makanya saya juga bilang tergantung kayunya apaan kalo yang bagus ya enteng tapi kuat hehehe

Ngomong2 bertram om jon 42 feet ya? taon berapa? Katanya bertram banyak masalah yah om?? Disini kemaren saya sempet ngelirik (sebelum beli yang istri ke 3 ini) bertram flybridge 25 feet taun 86 mesinnya 4.3L sterndrive mercruiser. Harganya relative murah, coba deh search di www.boatpoint.com.au cuma sekitar 35000 (saya bilang murah karena dibanding flybridge yang laen seperti fourtwins, riviera seukuran harga segitu sih dibawah mereka), cuma temen banyak yang bilang jangan karena katanya biasanya yang dijual itu ownernya dah ga kuat ngongkosin problemnya.

Memang untuk hull bertram sih bagus banget deh, yang 25 feet disini masih bisa trailable cuma itung punya itung ternyata mobil saya ga kuat nariknya karena kapal beratnya ampir 2.5 tonne. Juga kegedean lah ngapain juga saya ga perlu gede2 sebenarnya, enak aja ada family compartmennya sekalian jadi holiday house hehehe

JackSparrow
12-12-2006, 11:40
Kita bicarakan kapal kayu bikinan mana nih ? Tentu apple to apple construction yah , Rybovich n Merrit vs Hatteras n Bertram dong !

Tetap secara S.G. ( Specific Gravity ) kapal fiberglass lebih berat , makanya banyak kapal fiberglass menggunakan balsacore/divinicell
untuk mengurangi berat .

Kalau yang dibandingkan kapal nelayan , wah itu khan bukan apple to apple comparison yah dan yang kita bicarakan nih kapal yang
menggunakan outboard , mana ada yang merk Rybovich ?

Hull kapal buatan luar ( merk terkenal nih ) umumnya jauh lebih awet daripada yang buatan local , saya sih kalau mau beli outboard
powered boat lagi , pasti nyari barang bekas buatan luar spt. Grady White !

Jon .

Om Jon,
Saya kapal mancing di PLTU rata2 pake mesin outboard 2x40PK, apakah karena perhitungan ekonomis dalam pemakaian bahan bakar, atau ada pertimbangan lain?

Rata2 kecepatan kapal mancing PLTU hanya 12 knot/jam, kalau diganti dengan 2 x 60 Pk masih ok nggak, dan berapa peningkatan kecerpatan diperoleh?

Salam,
Adri:D :D :D