PDA

View Full Version : Plontang



babybaracuda
08-12-2006, 11:48
Saya masih ga gitu jelas tentang how it works, yang setau saya, plontang dipake buat nandain karang and liat arus yang mana arah arus akan dipake buat boat positioning sehingga stern kapal menghadap ke plontang.

Pertanyaannya:

bagaimana sih liat arusnya?

Kenapa kalo nelayan disana lepas jangkar di pinggir/tubir karang malah kira2 sampai 100 meter dari karang sedangkan saya diajarin untuk memposisikan kapal diatas puncak karang, mana yang benar?

Bagaimana sih cara bikin plontang? Yang saya bingung, kan kedalaman laut beda2, nanti saya buat plontang dengan tali 20 meter ke laut 30 meter ya tenggelam plontangnya, hilang... Kalo saya buat plontang dengan tali 30 meter tapi mancing di karang 20 meter misalnya, ya talinya kepanjangan, jadi ga keliatan dong talinya lari kemana. Betul ga sih?

Gimana sih dan bahannya dari apa sih bikin plontang itu? Saya liat sih cuma dari gabus biasa.

Mohon pencerahannya.

fishy
08-12-2006, 12:00
Pak, plontang dibuat dengan dua buah pelampung, kadang ditambahi bendera sehingga lebih mudah dilihat. Pelampung pertama langsng dihubungkan dengan tali ke pemberat, plontang kedua dihubungkan dengan tali ke pelampung pertama. Arus ditentukan dengan melihat posisi kedua plontang, keduanya akan berada dalam garis lurus searah dengan arus.

Kedalaman ditentukan dengan depth sounder, setelah ketahuan, tali plontang diikat sesuai dengan kedalaman tsb.

Sportfisherman
08-12-2006, 12:27
Pak, plontang dibuat dengan dua buah pelampung, kadang ditambahi bendera sehingga lebih mudah dilihat. Pelampung pertama langsng dihubungkan dengan tali ke pemberat, plontang kedua dihubungkan dengan tali ke pelampung pertama. Arus ditentukan dengan melihat posisi kedua plontang, keduanya akan berada dalam garis lurus searah dengan arus.

Kedalaman ditentukan dengan depth sounder, setelah ketahuan, tali plontang diikat sesuai dengan kedalaman tsb.

Bendera nya 2 warna agar bisa melihat arah angin , umumnya waktu anchoring harus memperhitungkan " windage " agar posisi kapal sesuai
dgn effek arus + angin .

Baitfish umumnya ada didepan karang menyongsong arus yang penuh dgn nutrient / plankton , ikan besar nya ada disekitar baitfish tersebut .

Jon .

Lodewijk
08-12-2006, 14:25
Yang paling gampang pakai botol minuman mineral yg besar 1.5ltr. Kenur mono besar atau tali nylon kecil dengan pemberat timah secukupnya. Tali / kenur harus lebih panjang dari kedalaman, karena sewaktu kena arus tali akan miring. Kalau misal dalam 20m dengan tali 20m maka plontang akan hanyut, karena timah tidak sampai dasar, tali miring kena arus dan angin .....

Setelah sampai titik spot, plontang tinggal dilempar, maka botol akan berputar dengan sendirinya mengulur tali serta timah kedasar. Dan akan berhenti setelah timah sampai dasar. Plontang bisa diberi tambahan botol kedua (lebih kecil), bendera, light stick (kalau malam), dsb. untuk tambahan informasi arus, angin, dsb........

babybaracuda
08-12-2006, 14:40
Thank you, cuma saya tambah bingung nih, sorry yah..hehe

Pak fishy, yang dimaksud dengan pelampung itu maksudnya fender kapal? Atau apa aja yang ngapung? Terus benderanya di iket dimana? Kira2 ada gambar ga?
Trus tali di iket sesuai dengan kedalaman laut itu maksudnya di iket begimana? Misalnya tali saya 100 meter panjangnya, trus di sounder kebaca 40 meter, ngiket 60 meter ukurannya gimana??

Om jon, maksudnya arah angin gimana om? Kalo angin ke arah timur misalnya, posisi kapal harus dibaratnya gitu?

Lalu...

Apa arus laut sama dengan arah angin? Pertanyaan bodoh kaliya dari dulu saya pengen tau cuma lupa mulu mau nyanya. Kayanya sih sama yah :D

Trus ada lagi...

Nanti saya mau ke eden and bermagui, disana kedalaman laut (offshore) di Tuna ground nya katanya bisa sampe 50 meter, anchor saya masih manual pake pelampung (kapal muter2 sampe tali anchor nyangkut di pelampung) cuma kalo sedalam itu buset bisa berapa kali muter2, abis bensin dong... Nah sebenernya kalo ngoncer atau jigging itu, perlu ga sih anchoring? Apa drifting bisa? Saya blom pernah coba soalnya kalo menurut logika saya sih kayanya ga bisa, tapi apa bisa demikian? Kalo bisa saya mau coba, males aja ngurusin jangkar apalagi yang mancing cuma saya ama istri...welehweleh bisa klenger.

Ini soalnya pertama kali off shore sendirian pengalaman offshore cuma di indo(itupun cuma di laut jawa sama tukang perau), kalo mau nyari tuna apanya sih yang diliat om, pak fishy? Sounder?Karang?Keadaan air, pertemuan antara bluewater ama greenwater?Masa cuma nyari burung lagi makan bait fish doang, saya ga ada fly bridge (kapal kecil maklum...) jadi ga bisa liat jauh.
Trus chumming perlu berapa kilo ikan sardin? Rencana mau baya 5 kilo an dipotong2 disebar per kilo dengan interval 15 menit, katanya tuna pasti dateng, pertama yang kecil dulu trus yang gede belakangan, bener ga??

Tolong dong ajarin gimana cara nyari YFT, yang pasti disana lagi banyak katanya, puncaknya bulan maret buat yang guede2 sampe 20kg+ Saya nyari yang 5 kiloan aja deh, yang penting banyak.

Trus trolling sekarang...

Saya baru nanya sekarang karena dari dulu terus terang ga pernah mau trolling, ga suka karena buang2 bensin...tapi katanya cara paling effektif buat YFT? bener ga sih?

Ok kalo trolling emang perlu teaser? Saya cuma punya 2 overhead buat trolling, temen bilang minimum 4 gila apa? masa musti beli 2 overhead reel lagi?? Soalnya bisa cover 1st wave - 4th wave. Emang kalo cuma 2 ga bisa ya? Stella bisa dipake trolling ga?

Udah deh gitu dulu, ntar nanya lagi kalo kepikir lagi semangat nih, sekarang memberanikan diri off shore sendirian dulu ga berani, lagian towing boat dari melbourne ke eden bisa 6 jam, jauh banget. Kepengen coba sekarang makanya musti belajar crash course kilat dari bapak2 yang sudah trampil memainkan big fish hehe. Kalo ga dapet kan bener2 bisa bete gua.